cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JPsd ( Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar )
ISSN : -     EISSN : 25030558     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2016): JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)" : 10 Documents clear
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG Bilqis Bilqis; A Syachruroji; M Taufik
JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 2, No 2 (2016): JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
Publisher : Department of Primary education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Su

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.873 KB) | DOI: 10.30870/jpsd.v2i2.794

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa, hasil belajar siswa dengan model apa yang lebih tinggi, dan aktivitas siswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V pada materi peristiwa alam di Indonesia. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas V SDN Panancangan 3 Kota Serang tahun ajaran 2015/2016. Pada penelitian ini, kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas V A sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh dari uji inferensial terhadap hipotesis. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,94 > 2,000 maka H0 ditolak Ha diterima. Peneliti juga melakukan uji pihak kanan diperoleh diperoleh thitung > ttabel yaitu 2.94 > 1,167 maka H0 ditolak Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung serta hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Dilihat dari persentase hasil observasi aktivitas siswa secara keseluruhan memperoleh kriteria sangat baik, baik dan cukup sehingg dapat disimpulkan bahwa siswa pada kelas eksperimen terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci :  Model Problem Based Learning, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar Kognitif  Abstract. This research is aimed to find out the differences of study result, study result with any model higher, and the activity of students in the learning process by using a model of Problem Based Learning on the subjects of Natural Sciences class V on the material nature of events in Indonesia. This method used was quasi-experiments conducted on students of class V SDN Panancangan 3 Serang city 2015/2016 school year. In this study, class V B as an experimental class and class V A as the control class. The results were obtained from the inferential test of the hypothesis. From the results of different test values of both classes at significant level = 0.05 obtained thitung > ttabel is 2,94 > 2.000 then H0 is rejected Ha accepted. Investigators also obtained the right to test the obtained thitung > ttabel is 2,94 > 1.167 then H0 is rejected Ha accepted. Then can be concludid that study result towards the students of subject of natural class use the model of problem based learning and the model of direct learning is different significant and study result of students who used the model of Problem Based Learning is higher than students who used the model of direct learning l. Judging from the percentage of student activity observation as a whole possesses the criteria very well, good and enough so that it can be concluded that students in the experimental class were actively involved in the learning process. Keywords : Problem Based Learning, Direct Learning, Cognitive Learning
ANALISIS PROSES BERPIKIR DALAM PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN PEMBERIAN SCAFFOLDING Geri Syahril Sidik
JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 2, No 2 (2016): JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
Publisher : Department of Primary education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Su

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.98 KB) | DOI: 10.30870/jpsd.v2i2.799

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunikan hasil jawaban siswa SD ketika diberikan soal mengenai materi operasi hitung campuran bilangan buat. Jawaban tersebut, menggambarkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang proses berpikir siswa, kesulitan dan scaffolding yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data digunakan lembar tugas yang diberikan kepada seluruh siswa untuk mengetahui proses berpikir sebelum mendapatkan scaffolding. Kemudian dipilih dua orang siswa yang kemampuan matematikanya baik, dua orang siswa yang kemampuan matematikanya sedang, dan dua orang siswa yang kemampuan matematikanya rendah. Subjek yang terpilih diberikan wawancara klinis dan scaffolding untuk melihat proses berpikirnya. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa proses berpikir diklasifikasikan ke dalam dua jenis, yaitu proses berpikir instrumental dan proses berpikir relasional instrumental. Proses berpikir relasional instrumental terdiri dari empat bagian, yaitu (1) relasional kuat instrumental kuat, (2) relasional kuat instrumental lemah, (3) relasional lemah instrumental kuat, (4) relasional lemah instrumental lemah. Dengan dasar temuan pada penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan teknik scaffolding dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan memahami permasalahan dan guru perlu memperhatikan pemahaman siswa terhadap penguasaan konsep matematika dengan memberikan analogi cerita nyata yang dekat dengan lingkungan siswa terkait materi yang dipelajari.  Kata Kunci : Proses Berpikir, Pemahaman Matematis, Pemberian Scaffolding   Abstract. This research examined the thinking process of students before and when getting scaffolding at one of the elementary schools. The purpose of this study was to obtain information about the students’ thinking process, difficulties and scaffolding. This research is a descriptive qualitative. It aims to describe the thinking process of mathematical understanding of elementary school students. Assignment was taken to obtain the data. It was given to all students to know the thinking prrocess before getting the scaffolding. Then six students were choosen. Each two students were clasified by their abilities; high, medium and low. The choosen subjects were interviewd clinically to determine their thinking process. Besd on those data, thinking process is clasified into two types, namely the instrumental and relational instrumental thinking process. Intrumental relational thinking process consists of four part, they are (1) strong relational and instrumental, (2) strong relational weak instrumental, (3) strong instrumental weak relational, (4) weak relational and instrumental. Based on the findingdings of this research, reserchers suggest the teacher to use scaffolding technique in assistings their students who have obstacles on comprehending problem. Teacher are supposed to give more attention to students’ comprehension to ward the mastery of mathematical concept by delivering the analogy of real story which related to the given material.  Keywords : Thinking Process, Mathematical Understanding, Scaffolding Giving
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS KOLABORATIF MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA I Ratih Purnamasari; Rukmini Handayani; Lina Novita
JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 2, No 2 (2016): JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
Publisher : Department of Primary education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Su

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.002 KB) | DOI: 10.30870/jpsd.v2i2.795

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan aktivitas kolaboratif mahasiswa pada mata kuliah pendidikan matematika I dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis lesson study. Penelitian dilakukan dengan tahapan-tahapan yang berlaku dalam pembelajaran berbasis lesson study yang terdiri dari plan, do dan see. Lokasi penelitian di FKIP UNPAK dengan waktu pelaksanaan antara bulan Mei-Juni 2013. Subyek penelitian mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) semester VI yang mengambil mata kuliah pendidikan matematika I. Pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, observasi, wawancara dan angket. Instrumen meliputi : lembar observasi, pedoman wawancara dan angket. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk mengetahui peningkatan aktivitas kolaboratif mahasiswa dalam kerja kelompok. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis lesson study dapat meningkatkan aktivitas kolaboratif mahasiswa dalam kerja kelompok pada mata kuliah pendidikan matematika I, khususnya pada materi KPK, FPB dan pecahan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketercapaian indikator kegiatan lesson study di setiap siklusnya, serta hasil angket respon mahasiswa yang mayoritas menyatakan positif terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Selain itu, hasil wawancara terhadap mahasiswa juga menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ternyata dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk belajar secara berkolaborasi. Alangkah baiknya jika para dosen dalam membelajarkan mata kuliah pendidikan matematika 1 mencoba menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis lesson study. Kata Kunci: Aktivitas Kolaboratif, Jigsaw, Lesson Study  Abstract. This study aimed to increase collaborative activities of students in the subject of Pendidikan Matematika I by implementing cooperative learning jigsaw-based lesson study. Research carried out by stages that apply in lesson study based learning consisting of plan, do and see. The research location FKIP UNPAK the execution time between the months of May-June 2013. The research subjects S1 Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) VI semester who take courses in mathematics education I. The collection of data by technical documentation, observation, interviews and questionnaires. Instruments include: observation sheets, interview and questionnaire. Data were analyzed descriptively qualitative observations to determine an increase in collaborative activity of students in group work. The results showed the application of cooperative learning jigsaw-based lesson study can increase the activity of students in the collaborative group work in mathematics education courses I, in particular on the material KPK, FPB and fractions. It can be seen from the increase in activity indicators lesson study achievement in each cycle, and the results of questionnaire responses that the majority of students expressed positive towards their lessons. Moreover, interviews conducted on college students also shows that the type cooperative learning jigsaw may increase student motivation to learn collaboratively. It would be nice if the lecturers in teaching mathematics education courses 1 tries to use cooperative learning jigsaw -based lesson study. Keywords: Collaboative Activities , Jigsaw , Lesson Study
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SELF-ESTEEM SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PKn) Usmaedi Usmaedi; Trian Pamungkas Alamsyah
JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 2, No 2 (2016): JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
Publisher : Department of Primary education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Su

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.569 KB) | DOI: 10.30870/jpsd.v2i2.800

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning terhadap hasil belajar dan Self-Esteem siswa pada mata pelajaran PKn. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen karena pada penelitian ini subjek tidak dikelompokkan secara acak, tetapi peneliti menerima keadaan apa adanya. Sampel berdasarkan populasi tersebut dipilih dua kelas yaitu kelas V di SDN 1 Rangkasbitung sebagai kelas kontrol dan SDN 1 Muara Ciujung Timur sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik penyebaran angket, tes perlakuan dan perbuatan serta tes tertulis bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran CTL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran biasa, 2) Self-Esteem siswa yang mendapat metode pembelajaran CTL tidak lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran biasa.  Kata Kunci: Contextual Teaching Learning (CTL), Self-Esteem , PKn  Abstract. The purpose of this study was to determine the application of learning methods Contextual Teaching Learning for learning outcomes and Self-Esteem students in the PKn. The method used was Quasi-Experiments for the study of this subject is not grouped randomly, but researchers accept what their circumstances. The population-based sample have two classes of fifth grade at SDN 1 Rangkasbitung as the control class and SDN 1 Muara Ciujung Timurt as an experimental class. The collection of data carried out by the technical questionnaire, the test treatment and deeds as well as a written test in narrative form. The results showed that: 1) Learning outcomes of students who obtain CTL better learning than students who received the usual learning 2) Self-Esteem learning methods CTL student gets no better than students who received regular learning.. Keywords: Contextual Teaching Learning (CTL), Self-Esteem , PKn 
KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR MATEMATIKA Hanna Filen Sopia
JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 2, No 2 (2016): JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
Publisher : Department of Primary education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Su

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (49.277 KB) | DOI: 10.30870/jpsd.v2i2.791

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana kepercayaan diri mahasiswa pada mata kuliah Konsep Dasar Matematika I (KDM) pada mahasiswa S1 PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa S1 PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang Semester I Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel penelitian sebanyak tiga kelas yaitu kelas G, H, dan I. Data yang dikumpulkan diperoleh melalui angket kepercayaan diri matematika yang didistribusikan kepada sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri mahasiswa S1 PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang Tahun Akademik 2015/2016 terhadap mata kuliah KDM I secara umum sudah baik, karena setengah dari jumlah mahasiswa mencapai kriteria tinggi untuk kepercayaan dirinya terhadap matematika terutama pada mata kuliah KDM I. Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Konsep Dasar Matematika   Abstract. This study aims to describe students’ self confidence in subject 1st Basic Concept of Mathematics of 1st grade students’ Basic Education of Muhammadiyah Tangerang University. This research was a description method. The research population is 1st grade students’ Basic Education of Muhammadiyah Tangerang University of Academic Year 2015/2016. The sample consisted of three classes such as G, H, and I. Research instrument is non test (questionnaire’s self-confidence of mathematics). The result of the study shows that students’ self-confidence of 1st grade student Basic Education of Muhammadiyah Tangerang University reach out a good criteria, it cause a half of the amount of student reach out a high criteria for self confidence in subject 1st Basic Concept of Mathematics. Keywords: Self-Confidence, Basic Concept of Mathematics
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPS Mega Utami Pratiwi; Damanhuri Damanhuri; Zerri Rahman Hakim
JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 2, No 2 (2016): JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
Publisher : Department of Primary education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Su

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.837 KB) | DOI: 10.30870/jpsd.v2i2.796

Abstract

Abstrak. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Proklamsi Kemerdekaan Indonesia menggunakan model pembelajaran inquiri pada siswa kelas V SDN Anyar II Kecamatan Anyar Kabupaten Serang. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah mengguankan model pembelajaran Inquiri  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN Anyar II Kecamatan Anyar Kabupaten Serang Tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Anyar II Kecamatan Anyar Kabupaten Serang yang berjumlah 70 siswa yang terdiri 35 siswa kelas A dan 35 kelas B.Data hasil penelitian diperoleh dari pretest, postest, dokumentasi, untuk analisi data kuantitatif tersebut diolah dengan rumus-rumus statistika. Berdasrkan hasil analisis data penelitian dan pengujian hipotesis berdasarkan hasil analisis data penelitian dan pengujian hipotesis Terdapat perbedaan yang signifikan pada mata pelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Inquiri, dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Inquiri, Penelitian Kuantitatif  Abstract. The Purpose of this research is to improve to improve the learning outcomes of students in Social Science learning material Indonesia proclamation of independence using a model learning enquiries on grade V SDN Anyer Anyer Sub-District II of the Serang Regency. The hypothesis in this study is the Act of using a Model learning Enquiries can improve student learning outcomes in learning IPS class V SDN Anyer Anyer Sub-District II of the Serang Regency Year 2016/2017 lessons. This type of research is quantitative research. The subject in this study is the grade V SDN Anyer Anyer Sub-District II of Serang district 70 students composed 35 students of class A and class B 35. Data research results obtained from the pretest, postest, documentation, to the analysis of quanitative data processed with statistical formulas. Based on the results of the analysis of research data and hypothesis testing can be concluded that: based on the results of data analysis and hypothesis testing. There are significant differences in social science studies on learning outcomes of students using the Learning Model of Enquiry , and students using direct learning model. Keywords: Results Of The Study, IPS, Enquiries, Quantitative Research
KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SD MELALUI CIRCUIT LEARNING Jayanti Putri Purwaningrum
JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 2, No 2 (2016): JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
Publisher : Department of Primary education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Su

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.705 KB) | DOI: 10.30870/jpsd.v2i2.792

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) perbedaan rata-rata antara hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa dengan Kriteria Kentutasan Maksimum (KKM) pada siswa yang belajar melalui circuit learning; (2) kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar melalui circuit learning mencapai ketuntasan klasikal 75%; (3) circuit learning dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa; dan (4) respon siswa tehadap pembelajaran matematika melalui circuit learning. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental design, dengan desain one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV pada salah satu SD di Kabpuaten Kudus dengan banyaknya siswa adalah 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan koneksi matematis, perangkat pembelajaran, skala sikap siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menyatakan: (1) terdapat perbedaan rata-rata antara hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa dengan Kriteria Kentutasan Maksimum (KKM) pada siswa yang belajar melalui circuit learning; (2) kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar melalui circuit learning mencapai ketuntasan klasikal 75%; (3) circuit learning dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa; dan (4) siswa merespon positif tehadap pembelajaran matematika melalui circuit learning.  Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Circuit Learning Abstract. This study aims to assess: (1) the different average between the results of students' mathematic connection ability test with the Kriteria Kentutasan Maksimum (KKM) on students who learn through the learning circuit; (2) the ability of students mathematic connections who learn through circuit learning reaches classical completeness 75%; (3) circuit learning can improve students' mathematic connections ability; and (4) the students’ respons of learning mathematics through circuit learning. The method of the research used is pre experimental design, with one group pretest-posttest design. Subjects in this study are students of grade IV at one of the primary school in the Kudus Regency with the number of students is 20 students. The research instrument used is the mathematic connection ability test, learning tools, students' attitudes scale and observation sheet. The study states: (1) there is a difference between the average the results of students' mathematic connection ability test with the Kriteria Kentutasan Maksimum (KKM) on students who learn through the learning circuit; (2) the ability of students mathematic connections who learn through circuit learning reaches classical completeness 75%; (3) circuit learning can improve students' mathematic connections ability; and (4) students respond positively on mathematic learning through circuit learning. Keywords: Mathematic Connection Ability, Circuit Learning
PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN EKSPOSITORI PADA KONSEP ENERGI Citra Nur Kesumaningrum; A Syachruroji
JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 2, No 2 (2016): JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
Publisher : Department of Primary education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Su

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (75.789 KB) | DOI: 10.30870/jpsd.v2i2.797

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebosanan siswa saat belajar karena kecenderungan penggunaan model pembelajaran ekspositori, yang berdampak pada rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, sekitar 60,8 % nilai UAS IPA siswa masih di bawah standar KKM yang ditentukan. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan ekspositori terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa, khususnya pada konsep energi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karawaci Baru 3 Kota Tangerang tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Non-Probability Sampling tipe Purposive Sampling untuk memilih 2 kelas sebagai subjek penelitian. Pada penelitian ini, kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan model pembelajaran ekspositori. Kata Kunci : Make A Match, Ekspositori, Hasil Belajar Kognitif, Ilmu Pengetahuan Alam.   Abstract. This research was backgrounded by students’ boredom when they learned because of the expository learning model using tendencies, which affects the low ability of understanding the concept and cognitive learning result in science subjects. Based on preliminary studies conducted by researcher, about 60.8% value of students’ science test were below the criteria of minimum score that has been specified. One of the effort to overcome these problems was used cooperative learning model type make a match. The purpose of this research was to know the differences of cooperative learning model type make a match and expository toward students’ science cognitive learning result, especially on the concept of energy. This research was conducted in SD Negeri Karawaci Baru 3 Kota Tangerang on 2015/2016. The method which used was a quasi-experimental research with Nonequivalent Control Group Design. The sampling technique which used was Non-Probability Sampling type purposive sampling to selected two classes as a research subject. In this research, the IV A as a control class and IV B as the experimental class.  Keywords: Make A Match, Expository, Cognitive Learning Result, Sciences
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PADA SISWA SD KELAS IV Talakua M; Tehupuring J F
JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 2, No 2 (2016): JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
Publisher : Department of Primary education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Su

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.31 KB) | DOI: 10.30870/jpsd.v2i2.793

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada salah satu SD di kota Ambon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yang menggambarkan tentang hasil belajar siswa terkait penggunaan pendekatan lingkungan. Subjek penelitian adalah 20 orang siswa pada tahun ajaran 2015/2016. Tipe data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa tes awal dan tes akhir, dan N-gain. Hasil yang diperoleh bahwa penggunaan pendekatan lingkungan efektif meningkatkan hasil belajar siswa SD kelas IV pada konsep makluk hidup dan lingkungannya yang didapatkan dari hasil analisis gain ternormalisasi. Kata Kunci : Pendekatan Lingkungan, Hasil Belajar   Abstract. This study aims to determine how much the learning outcome of fourth grade students at one elementary school in the city of Ambon. This research uses descriptive quantitative research methods describing student learning outcomes related to the use of environmental approach. The subjects were 20 students in the academic year 2015/2016. Types of data are analyzed in this research is quantitative data in the form of preliminary tests and the final test, and N-gain. The results that use environmentally effective approach to improve student learning outcomes grade IV on the concept of a living creature and its environment obtained from the analysis of normalized gain. Keywords : Environmental Approach, Learning Outcomes
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY DAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) Fiky Ernawati; Nana Hendracipta; Ana Nurhasanah
JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 2, No 2 (2016): JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
Publisher : Department of Primary education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Su

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.398 KB) | DOI: 10.30870/jpsd.v2i2.798

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar pada mata pelajaran IPA setelah menggunakan pendekatan pembelajaran Guided Discovery dengan pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa  kelas  IV SD Negeri  3  Kramatwatu.  Metode  penelitian yang digunakan adalah metode kuasi ekpserimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Ada dua kelas dalam penelitian ini, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen yaitu siswa  kelas  IV-A  terdiri  dari  35  siswa  yang  diberikan  perlakuan  dengan pendekatan pembelajaran Guided Discovery dan kelas kontrol yaitu siswa kelas IV-B terdiri dari 33 siswa yang diberikan perlakuan pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Ada pun teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi tes hasil belajar berupa posttest serta nontes berupa dokumentasi.   Berdasarkan   hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa   terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar IPA siswa kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen yaitu 76,07 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 69,34. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Guided Discovery, Contextual Teaching and Learning   Abstract. This research attempts to know the comparison of the results learning on subject’s science  class  after  using  learning  guided  discovery  approach  with  contextual teaching  and  learning  approach  to  their  student’s  grade  4  of  public  school Kramatwatu  7.  Research methodology used  is the method quasi  experiments, while design research used is non equivalent control group design.There are two classes  in  this  research,  namely  experiment  group  and  control  groups.  The experiment group that is a student IV-A consisting of 35 students who given treatment learning guided discovery approach and control group that is a student IV-B consisting 33 students who given treatment contextual teaching and learning approach. As for technique data collection was about the test results learn of posttest and nontest of documentation. Based on the research results show that there are the differences between experiment class with control class. It can be proofed  by  the  result  of  t-test  normal  and  homogeneous  data  quantification: The result of learning science in experiment class was more than control class. The average of science learning outcomes in experiment class is 76,07 and control class got an average of 69,34. Keywords : Study   Results   Science   Class,   Guided   Discovery   Approach, Contextual Teaching and Learning Approach

Page 1 of 1 | Total Record : 10