cover
Contact Name
Sulha
Contact Email
ojs_mk@uho.ac.id
Phone
+628114097029
Journal Mail Official
ojs_mk@uho.ac.id
Editorial Address
Kampus Hijau Bumi Tridharma, Jl. H.E.A. Mokodompit, Anduonohu, KENDARI 93232
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 25032712     DOI : http://dx.doi.org/10.33772/jmk.v7i2
Adapun bidang-bidang yang tercakup di dalam ruang lingkup Jurnal Media Konstruksi, namun tidak terbatas pada, antara lain: - Teknologi Informasi dan Komunikasi - Pemukiman dan Bencana - Bangunan Berorientasi Lingkungan - Transportasi - Teknologi Proses - Kelautan - Geoteknik - Struktur - Manajemen Konstruksi - Keairan
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020): MedKons" : 7 Documents clear
STUDI PARKIR PADA BADAN JALAN KANTOR WALI KOTA KENDARI (Studi Kasus: Jalan Abunawas) Edi Kusnadi; Muh. Thahir Azikin; Mappa Nashrun
Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2020): MedKons
Publisher : PRODI D3 TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.878 KB) | DOI: 10.33772/jmk.v5i1.24095

Abstract

Abstract The purpose of this study was to determine the parking characteristics of the parking at the study site including parking accumulation, parking volume, parking duration, parking turnover rate, and parking index and to determine the current parking space capacity whether it can still accommodate vehicles. The method used in this research is the method of direct observation and data collection in the field in the form of traffic volume and parking volume data as well as the. performance of road sections. These observations were made on Monday, Tuesday and Wednesday. Benefits of this study to determine the problem of the characteristics of vehicle parking at the Mayor's Office in Kendari. This approach is felt to be important for efforts to overcome the problem of vehicle parking and to know the vehicle parking capacity and further to provide parking space needs at the study location. The results of the analysis obtained parking characteristics for two-wheeled and four-wheeled vehicles have the highest parking volume of 75 vehicles and 50 vehicles, the duration of parking vehicles ranges from 1-2 to 2.5 hours for both, the highest accumulation of parking is 167 Vehicles / hour and 135 vehicles / hour , the average parking turnover rate is 90 cars / parking lots and 50 cars / parking lots and parking index is 146.11% and 109.33%. Judging from the characteristics of parking, so the current parking is not enough to accommodate the number of vehicles that park now.  Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui karakteristik parkir kedaraan pada lokasi studi meliputi akumulasi parkir, volume parkir, durasi parkir, tingkat pergantian parkir, dan indeks parkir dan untuk mengetahui kapasitas ruang parkir pada saat ini apakah masih dapat menampung kendaraan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengamatan langsung dan pengambilan data di lapangan berupa data volume lalu lintas danvolume parkir serta kinerja ruas jalan. Pengamatan ini dilakukan pada hari senin, selasa dan rabu. Manfaat Penelitian ini untuk mengetahui masalah karakteristik parkir kendaraan di Kantor Walikota Kendari. Pendekatan ini dirasakan penting untuk usaha mengatasi masalah parkir kendaraan dan mengetahui kapasitas parkir kendaraan serta lebih lanjut untuk menyediakan kebutuhan ruang parkir di lokasi studi. Hasil analisis yang diperoleh karakteristik parkir untuk roda dua dan roda empat memiliki volume parkir tertinggi  berturut-turut sebesar 75 kendaraan dan 50 kendaraan, Durasi kendaraan parkir berkisar1-2,5 jam untuk keduanya, akumulasi parkir tertinggi sebesar 167 Kendaraan/jam dan135 kendaraan/jam, tingkat pergantian parkir rata-rata sebesar 90 mobil/petak parkir dan 50 mobil/ petak parkir serta indeks parkir sebesar 146.11%  dan 109.33%. Ditinjau dari karakteristik parkir, sehingga parkir eksisting  saat ini tidak cukup menampung jumlah kendaraan yang parkir sekarang. 
EVALUASI METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN JALAN RIGID PAVEMENT (Studi Kasus: Jalan Malik Raya I, Kota Kendari) Haris Haris; Siti Nurjanah Ahmad; Ridwan Syah Nuhun
Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2020): MedKons
Publisher : PRODI D3 TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.926 KB) | DOI: 10.33772/jmk.v5i1.24101

Abstract

Abstract Roads are infrastructure that connects one area to another which is very important in the community service system. (Wirahadikusumah, 2007). The pavement layer functions to receive traffic loads and spread it to the layer below it, then forward it to the subgrade.As we all know that to build a means of transportation requires a correct and precise method. Therefore it is necessary to plan road construction and planning road works that are optimal and meet the technical requirements according to the function, volume and nature of traffic so that the construction of these constructions can be of immoral use for the development of the surrounding area.The observations made on Malik Raya I Street Kota Kendari with a length of 550 meters aim to evaluate the implementation of the road using the 2018 Bina Marga method to find out the results in the field and the specifications of Bina Marga 2018 whether it is in accordance with the implementation.From the results of field observations on Malk Raya I Street Kendari City, there are several work items that have not met specifications in the form of field compaction and sand cone testing processes  Abstrak Jalan merupakan infrastruktur yang menghubungkan satu daerah dengan daerah yang lain yang sangat penting dalam sistem pelayanan masyarakat. (Wirahadikusumah, 2007). Lapis perkerasan jalan berfungsi untuk menerima beban lalu lintas dan menyebarkan ke lapis dibawahnya kemudian diteruskan ke tanah dasar.Seperti kita ketahui bersama bahwa untuk membangun suatu sarana transportasi memerlukan metode yang benar dan tepat. Oleh sebab itu diperlukan perencanaan kontruksi jalan dan perencanaan pekerjaan jalan yang optimal dan memenuhi syarat teknis menurut fungsi, volume maupun sifat lalu lintas sehingga pembangunan kontruksi tersebut dapat berguna maksiat bagi perkembangan daerah sekitarnya. Pengamatan yang dilakukan pada jalan Malik Raya I Kota Kendari dengan panjang 550 meter bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan jalan menggunakan metode Bina Marga 2018 untuk mengetahui hasil dilapangan dan di Spesifikasi Bina Marga 2018 apakah sudah sesuai pelaksanaannya.Dari hasil pengamatan dilapangan di jalan Malik Raya I Kota Kendari terdapat beberapa item pekerjaan yang belum sesuai spesifikasi berupa proses pemadatan dilapangan dan proses pengujian sand cone. 
EVALUASI METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN PENGASPALAN PADA PROYEK PAKET 4 PHJD SULTRA TAHUN 2020 (Studi Kasus: Jln. Dewi Sartika Kota Kendari) Evika Hatma; Muh. Thahir Azikin; Hermanto Hermanto; Try Sugiyarto Soeparyanto
Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2020): MedKons
Publisher : PRODI D3 TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.95 KB) | DOI: 10.33772/jmk.v5i1.24097

Abstract

Abstract Roads are the basic infrastructure in driving the regional economy, given that the function of roads is very important to encourage the distribution of  goods and services as well as population mobility. This requires a pavement structure that is strong, durable, and has high resistance to deformation.This study aims to determine the method of implementing the asphalting at Jln. Dewi Sartika, Poasia District, Kendari City, Southeast Sulawesi Province. The work items reviewed at Jln. Dewi Sartika, namely the method of implementing the top layer of the foundation and the method of implementing the surface layer of AC-BC. The implementation method refers to the 2018 General Specifications.The results showed that the implementation of the foundation layer and surface layer at Jln. Dewi Sartika with 100% progress with the evaluation results in accordance with the provisions required in the 2018 General Specifications.  Abstrak Jalan merupakan prasarana dasar dalam menggerakkan perekonomian daerah, mengingat fungsi jalan begitu penting untuk mendorong distribusi barang dan jasa sekaligus mobilitas penduduk. Untuk itu diperlukan struktur perkerasan yang kuat, tahan lama, dan mempunyai daya tahan tinggi terhadap deformasi yang terjadi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pelaksanaan pengaspalan pada Jln. Dewi Sartika, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Item pekerjaan yang ditinjau pada Jln. Dewi Sartika yaitu metode pelaksanaan lapis pondasi atas   dan metode pelaksanaan lapis permukaa AC-BC. Dengan metode pelaksanaan mengacu pada Spesifikasi Umum 2018.Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan lapis pondasi atas dan lapis permukaan di Jln. Dewi sartika dengan progres 100% dengan hasil evaluasi telah sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan pada Spesifikasi Umum 2018. 
KARAKTERISTIK BATU KAPUR DESA LATUGHO KABUPATEN MUNA BARAT SEBAGAI AGREGAT KONSTRUKSI PERKERASAN JALAN Irhan Irhan; Nasrul Nasrul; Wayan Mustika
Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2020): MedKons
Publisher : PRODI D3 TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.53 KB) | DOI: 10.33772/jmk.v5i1.24098

Abstract

Abstract Limestone is a sedimentary rock which is mainly composed of calcium carbonate (CaCO3) in the form of the mineral calcite which is a metastable mineral because at a certain time it can turn into calcite (CaCO3). Other minerals commonly found in association with limestone or dolomite, but in small amounts are siderite (FeCO3), ancarerite (Ca2MgFe(CO3)4), and magnesite (MgCO3).The purpose of this research is to find out whether the limestone materials in Latugho Village of west Muna Regency can meet the specifications as a pavement construction material by referring to the general specifications of Bina Marga 2018. The data collection method in this data obtained from the internet and books related to the object to be examined. From  the results of testing and examination of limestone in Latugho Village, West Muna Regency which was carried out in the material testing laboratory, Faculty of Engineering, Halu Oleo University, where the results of data analysis were obtained, namely limestone in Latugho Village, West Muna regency has an Abrasion value = 90% and CBR = 47,70%.  Abstrak Batu kapur adalah batuan sedimen yang utamanya tersusun oleh kalsium karbonat (CaCO3) dalam bentuk mineral kalsit yang merupakan mineral metastable karena pada kurun  waktu  tertentu dapat berubah menjadi kalsit (CaCO3). Mineral lainnya yang umum ditemukan berasosiasi dengan batu kapur atau dolomit, tetapi dalam jumlah kecil adalah Siderit (FeCO3), ankarerit (Ca2MgFe(CO3)4), dan magnesit (MgCO3).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah material batu kapur Desa Latugho Kabupaten Muna Barat dapat memenuhi spesifikasi sebagai bahan konstruksi perkerasan jalan dengan mengacu pada spesifikasi umum Bina Marga 2018. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh dari referensi dan literatur dari internet dan buku buku yang berkaitan dengan objek yang akan teliti.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di laboratorium uji bahan, Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo, dimana hasil analisa data yang diperoleh yaitu, batu kapur Desa Latugho Kabupaten Muna Barat memiliki nilai Abrasi = 90% dan CBR = 47,70 %. 
EFISIENSI BIAYA DAN WAKTU PELAKSANAAN PEKERJAAN LAPIS PERKERASAN AGREGAT KELAS B PADA RUAS JALAN SORUMBA KOTA KENDARI La Ode Haji; Mappa Nashrun; Umran Sarita; Sultan Machmud Hasan Masikki; Ainussalbi Al Ikhsan
Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2020): MedKons
Publisher : PRODI D3 TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.586 KB) | DOI: 10.33772/jmk.v5i1.24099

Abstract

Abstract In planning a project that is done with heavy equipment, one thing that is important is how to calculate the cost and time efficiency of the machine. The first step in calculating the cost and time of a machine is to carry out a theoretical calculation. Then with this final project to determine the cost efficiency and time of heavy equipment used during the Wua-Wua Area Road Improvement project process (DAK 2019) - Jalan Sorumba, Kendari City.The data in this study are secondary data obtained from the executing contractor which includes the budget plan for the implementation process of class B aggregate pavement work.The cost of implementing the rental of tools and materials from the calculation is Rp. 1.581.019.052,29, while the value of the contract fee is Rp. 1.597.496.916,63. The implementation time of class B aggregate pavement work (LPB) from the calculation, which takes 35 (thirty five) calendar days and is still in accordance with the estimated implementation of the work in the contract.  Abstrak Dalam merencanakan proyek yang dikerjakan dengan alat berat, satu hal yang penting adalah bagaimana menghitung efisiensi biaya dan waktu alat berat. Langkah pertama dalam menghitung biaya dan waktu alat berat adalah melakukan perhitungan secara teoritis. Kemudian dengan adanya tugas akhir ini untuk mengetahui efisiensi biaya dan waktu alat berat yang digunakan selama proses proyek Peningkatan Jalan Kawasan Wua-Wua (DAK 2019) – Jalan Sorumba, Kota Kendari.Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari kontraktor pelaksana yang meliputi laporan rencana anggaran biaya proses pelaksanaan pekerjaan perkerasan pondasi agregat kelas B.Adapun biaya pelaksanaan sewa alat dan bahan dari perhitungan yakni sebesar Rp. 1.581.019.052,29, sedangkan nilai dari biaya kontrak yakni sebesar Rp. 1.597.496.916,63. Waktu pelaksanaan pekerjaan perkerasan agregat kelas B (LPB) dari perhitungan yakni membutuhkan waktu 35 (tiga puluh lima) hari kalender dan masih sesuai dengan estimasi pelaksanaan pekerjaan dalam kontrak. 
ANALISIS TINGKAT RESIKO KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJAAN CABLE STAYED (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Jembatan Teluk Kendari) Imam Mulyono; Fitriah Mas'ud; Mappa Nashrun; La Ode Muhamad Nurrakhmad Arsyad; Fathur Rahman Rustan
Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2020): MedKons
Publisher : PRODI D3 TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.93 KB) | DOI: 10.33772/jmk.v5i1.24094

Abstract

Abstract Analysis of the Risk Level of Work Accidents at Cable Stayed Work (Kendari Bay Bridge Construction Project)" Supervised by Mts. Fitriah Mas’ud as supervisor I and Mr. Mappa Nasrun as mentor II. Occupational Health and Safety (K3) problems in general are still neglected in Indonesia, this is shown by the high accident rate and the low level of concern from the business world towards work safety. This general problem regarding K3 also occurs in the implementation of construction projects.This study discusses and identifies the risks of work accidents and controls the risk of work accidents in every implementation of Cable Stayed work at the Kendari Bay Bridge Construction Project, knowing about the application of SMK3 and K3 to Cable Stayed Work at the Kendari Bay Bridge Construction Project. Identification of the level of risk for work accidents is taken from the results of observations and interviews with respondents, and data processing is done manually with the formula Risk value = probable weight x weight severity. (Puspitasari, 2010).The research results show that the possibility and risk level of work accidents with the highest risk level is the prestressed wire installation work with the results of high risk / risk value × 100% = 12 ÷ 16 × 100 = 75% (high category) As for overcoming this risk the project party holds daily meetings, to urge workers to wear K3 equipment when doing work.  Abstrak Analisis Tingkat Resiko Kecelakaan Kerja Pada Pekerjaan Cable Stayed (Proyek Pembangunan Jembatan Teluk Kendari)” Dibimbing oleh Ibu Fitriah Mas’ud selaku pembimbing I dan Bapak Mappa Nashrun selaku pembimbing II. Permasalahan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara umum di indonesia  masih terabaikan, hal ini ditunjukkan dengan  angka  kecelakaan yang masih tinggi  dan tingkat kepedulian dunia usaha terhadap keselamatan kerja yang masih rendah. Masalah umum mengenai K3 ini juga terjadi pada penyelenggaraan proyek - proyek konstruksi.Pada penelitian ini membahas serta mengidentifikasi resiko - resiko kecelakaan kerja dan pengendalian resiko kecelakaan kerja disetiap  pelaksanaan  pekerjaan Cable Stayed di Proyek Pembangunan Jembatan Teluk Kendari, mengetahui tentang penerapan SMK3 dan K3 terhadap Pekerjaan Cable Stayed  di Proyek Pembangunan Jembatan Teluk Kendari. Identifikasi tingkat nilai resiko kecelakaan kerja diambil dari hasil observasi dan wawancara kepada responden, dan pengolahan data dilakukan secara manual dengan rumus Nilai resiko = Bobot kemungkinan x Bobot keparahan. (Puspitasari, 2010). Pada hasil penelitian diperoleh kemungkinan dan tingkat resiko kecelakaan kerja yang paling tinggi tingkat resikonya yaitu pada  pekerjaan pemasangan kawat prategang dengan hasil nilai resiko / nilai resiko tinggi × 100% = 12 ÷ 16 × 100 = 75% (kategori tinggi). Adapun untuk menanggulangi resiko tersebut pihak proyek melakukan meeting harian, untuk menghimbau para pekerja mamakai  perlengkapan K3 pada saat melakukan pekerjaan. 
DESAIN SIMPANG JALAN BERKESELAMATAN (Studi Kasus: Simpang Tapak Kuda) Asri Asri; Adris Ade Putra; Try Sugiyarto Soeparyanto
Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2020): MedKons
Publisher : PRODI D3 TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.229 KB) | DOI: 10.33772/jmk.v5i1.24100

Abstract

Abstract The preparation of this implementation method is carried out by retrieving primary data and secondary data obtained from the relevant agencies in this study and the results of direct observations from the research site.Based on the results of calculations obtained in the capacity field that occurred at the intersection of three Jl. Tapak Kuda – Jl. Buburanda kendari city. Monday at 08.00 – 17.00 for each north short, south and east are 2285 smp/hr, 1849 smp/hr and 1352 smp/hr. Wednesday at 08.00 – 17.00 for north, south and east shorts respectively are 1850 smp/hr, 1515 smp/hr and 1927 smp/hr. Saturday at 08.00 – 17.00 for each - north, south and east shorts are 2107 smp /hr, 1578 smp/hr and 1477 smp/hr. The data was taken at the top of the survey 3 days survey in the field. In applying the intersection Jl.Tapak Kuda – Jl. Buburanda need to be done safety intersection design so that road users feel safe.  Abstrak Penyusunan metode pelaksanaan ini dilakukan dengan pengambilan data primer dan data sekunder yang diperoleh dari instansi yang terkait pada penelitian ini dan hasil pengamatan langsung dari lokasi penelitian. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh di lapangan kapasitas yang terjadi di simpang tiga Jl. Tapak Kuda – Jl. Buburanda Kota Kendari. Senin pukul 08.00 – 17.00 untuk masing – masing pendekat utara, selatan dan timur adalah 2285 smp/jam, 1849 smp/jam dan 1352 smp/jam. Rabu pukul 08.00 – 17.00 untuk masing – masing pendekat utara, selatan dan timur adalah 1850 smp/jam, 1515 smp/jam dan 1927 smp/jam. Sabtu pukul 08.00 – 17.00 untuk masing – masing pendekat utara, selatan dan timur adalah 2107 smp/jam, 1578 smp/jam dan 1477 smp/jam. Data tersebut diambil pada pengambilan survey paling  puncak 3 hari survei di lapangan. Dalam mengaplikasikan simpang Jl. Tapak Kuda – Jl. Buburanda perlu dilakukan desain simpang berkeselamatan agar pengguna jalan merasa aman. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7