cover
Contact Name
Dr. Susilawati, M.Si
Contact Email
susilawati@lecturer.unri.ac.id
Phone
+6281268731997
Journal Mail Official
susilawati@lecturer.unri.ac.id
Editorial Address
Laboratorium Prodi Pendidikan Kimia PMIPA FKIP UNRI Kampus Binawidya Km 12,5 Panam, Pekanbaru Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Published by Universitas Riau
ISSN : 24778575     EISSN : 27215164     DOI : 10.33578/jpk-unri
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti penelitian pengembangan dan penelitian Penerapan pada Pendidikan Menengah, Pendidikan tinggi) dan semua bidang sains. JPK UNRI diterbitkan dibawah Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Riau.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2024)" : 10 Documents clear
ANALISIS IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING PADA MATERI KIMIA KELAS X DALAM KURIKULUM 2013 Nastiti, Endah; Sulistiawati, Reni; Muidah, Nugi Apriani; Destiana, Indah; Evelyn, Amelianada; Iman, Atep
Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau Vol 9, No 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Riau (UNRI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpk-unri.v9i1.7878

Abstract

Rendahnya capaian belajar dapat terjadi oleh sejumlah faktor seperti lemahnya proses pembelajaran dan kurang diasahnya kemampuan siswa dalam berpikir. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis implementasi dari metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam materi kimia dalam kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu literature review. Berdasarkan data yang diperoleh, beberapa materi kimia menunjukkan pengaruh yang cukup signifikan terutama dalam segi keaktifan dan keikutsertaan siswa di dalam kelas. Hal tersebut dapat diamati melalui data peningkatan pencapaian belajar siswa dalam siklus I dan siklus II. Pada materi sistem periodik unsur aspek aktivitas belajar persentase ketercapaian sebesar 69,22% pada siklus I dan bertambah menjadi 75,76% pada siklus II. Persentase ketercapaian aspek pengetahuan sebesar 52,94% pada siklus I, kemudian bertambah menjadi 73,53% pada siklus II. Sedangkan Persentase ketercapaian aspek keterampilan sebesar 82,35% pada siklus I dan bertambah menjadi 97,06% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian bisa ditarik kesimpulkan bahwa pengaplikasian metode Project Based Learning dapat mengoptimalkan capaian belajar kimia siswa.
IMPLEMENTASI PENGGUNAAN PANDUAN TEKNIS PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI Novita, Minda; Yusmaita, Eka
Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau Vol 9, No 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Riau (UNRI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpk-unri.v9i1.7901

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan panduan teknis pembelajaran project based learning berbasis literasi kimia pada materi laju reaksi untuk meningkatkan literasi kimia peserta didik kelas XI SMA N 2 Pariaman dilihat dari pretest dan posttest. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest posttest design. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA N 2 Pariaman sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal berbentuk uraian sebanyak 17 butir soal. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest peserta didik 20,93 dan nilai rata-rata posttest sebesar 78,57. Hasil posttest peserta didik menunjukkan bahwa kemampuan literasi kimia peserta didik meningkat. Nilai n-gain yang diperoleh adalah 0,73 dengan kategori tinggi. Kemampuan literasi kimia peserta didik menunjukan bahwa panduan teknis pembelajaran Project Based Learning berbasis literasi kimia pada materi laju reaksi efektif meningkatkan literasi kimia peserta didik kelas XI di SMA N 2 Pariaman.
ANALISIS KADAR ALKALOID TOTAL EKSTRAK DAUN PETAI CINA (Leucaena leucocephala (Lam) De Wit) DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS Citra, Widya; Marpaung, Mauritz Pandapotan
Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau Vol 9, No 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Riau (UNRI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpk-unri.v9i1.7873

Abstract

Tanaman petai cina telah digunakan dalam berbagai sistem pengobatan tradisional untuk pengobatan berbagai penyakit pada manusia. Senyawa aktif alkaloid di dalam daun petai Cina dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit, antara lain sebagai antibakteri, antiinflamasi, membasmi cacing gelang, sertadetoksifikasi tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kadar alkaloid ekstrak daun petai Cina dengan metode spektrofotometri UV-Vis. Penggunaan metode ekstraksi yaitu maserasi dengan pelarut etil asetat. Kadar alkaloid ditentukan dengan absorbansi pada panjang gelombang 273 nm menggunakan larutan standar kafein. Hasil penelitian menunjukkan secara kualitatif, ekstrak mengandung alkaloid. Secara kuantitatif, kadar alkaloid ekstrak daun petai cina diperoleh sebesar 61,78%.
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI KOLOID DI SMAN 2 MEDAN Wijaya, Serli; Eddiyanto, Eddiyanto; Derita Munte, Sitti Darna
Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau Vol 9, No 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Riau (UNRI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpk-unri.v9i1.7920

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Project Based Learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model kovensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA SMA Negeri 2 Medan. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan yaitu pembelajaran kimia dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning(PjBL), sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes kemampuan awal siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan pengujian Independent T-Test dengan α = 0,05 diperoleh nilai thitung sebesar 7,21 dan ttabel sebesar 2,71 (Ha diterima). Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model PjBL lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Hal ini berarti model Project Based Learning memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan model konvensional.
PRAKTIKALITAS LKPD MAKROMOLEKUL BERBASIS ETNOSAINS TERINTEGRASI STEAM PADA PEMBELAJARAN KIMIA Alqhorina, Vivi; Effendi, Effendi
Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau Vol 9, No 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Riau (UNRI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpk-unri.v9i1.7856

Abstract

This study aims to determine the practicality of the macromolecule LKPD (Student Worksheet) Based on ethnoscience integrated STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) in chemistry learning for class XII SMA. The type of research used in this research is research and development or R&D (Research and Development) with a 4-D development model. The subjects of this study were 2 people chemistry teacher and 23 new students of the Chemistry Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Padang State University in 2022. Based on the results of the study, the assessment of the LKPD obtained a practicality value of 92.8% which was included in the very practical category. This study concludes that the Ethnoscience-based STEAM-based macromolecular worksheets in chemistry learning for class XII SMA are included in the practical category and are suitable for use in learning.
ETNOSAINS PADA MAKANAN KHAS SERTA IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA Halimah, Nur; Mulyanti, Sri; Wibowo, Teguh
Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau Vol 9, No 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Riau (UNRI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpk-unri.v9i1.7902

Abstract

Kimia merupakan cabang ilmu yang mempelajari suatu materi sampai tingkat molekuler. Ilmu ini mempelajari tentang susunan, sifat, perubahan materi, struktur, serta perubahan energi yang muncul  pada perubahan materi tersebut. Oleh sebab itu, isi dari ilmu kimia dominan tentang konsep yang rumit dan abstrak sehingga sulit untuk dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali potensi kearifan lokal Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta khususnya pada makanan khas daerah seperti Kopi Joss, Torakur (Tomat Rasa Kurma), dan Brem yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar pada pembelajaran kimia sebagai bentuk pengintegrasian etnosains dalam pembelajaran kimia. Jenis penelitian yang diaplikasikan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data sekunder adalah sumber data yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makanan khas daerah seperti Kopi Joss, Torakur (Tomat Rasa Kurma), dan Brem memiliki potensi yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar pada pembelajaran kimia khususnya pada materi perubahan fisika dan kimia serta jenis-jenis reaksi kimia sebagai bentuk pengintegrasian etnosains dalam pembelajaran kimia.
PENGARUH SENYAWA KOMPLEKS KOORDINASI TRISBIPIRIDINA KROM(III), Cr(bpy)3, DALAM FOTOKIMIA DAN SPIN CROSSOVER MENGGUNAKAN METODE DFT DAN HF Maulana, Andre Safrie; Andang Paryawan, Baariq Fauzaan; Chairul Islam, Sultan Nazmi
Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau Vol 9, No 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Riau (UNRI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpk-unri.v9i1.7891

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat kimia dari senyawa kompleks koordinasi trisbipiridina krom (III) menggunakan metode DFT dan HF. Metode yang digunakan dalam perhitungan komputasi adalah metode Hartree Fock. Hartree Fock merupakan suatu metode hampiran untuk menentukan fungsi gelombang dan energi dari sistem benda-banyak kuantum dalam keadaan stasioner. Selain itu terdapat metode Density Functional Theory (DFT). Hasil pengamatan perubahan nilai momen magnet pada berbagai variasi suhu ditampilkan sebagai kurva transisi spin, yang menggambarkan pola transisi. Besarnya nilai momen magnetik dapat dikonversi sebagai fraksi keadaan spin tinggi (γHS).
POTENSI CHEMICAL SURFAKTAN UNTUK MENINGKATKAN PEROLEHAN MINYAK BUMI DENGAN METODE ENHANCED OIL RECOVERY PADA SUMUR MINYAK Annasit, Annasit; Murtafi'in, Ahmad; Setiyono, Agus
Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau Vol 9, No 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Riau (UNRI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpk-unri.v9i1.7910

Abstract

Produksi minyak bumi di Indonesia mengalami penurunan tiap tahunnya, maka dari itu perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan perolehan minyak dan mendukung progam SKK Migas yaitu jumlah produksi minyak sebesar 1 juta barel per hari di tahun 2030. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Enhanced Oil Recovery (EOR) pada sumur-sumur minyak. EOR merupakan suatu proses peningkatan perolehan minyak bumi tahap lanjut dengan cara menginjeksikan senyawa kimia, gas atau energi termal ke dalam reservoir. Adapun senyawa kimia yang diinjeksikan antara lain adalah alkali, polimer dan surfaktan. Maksud dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi chemical surfaktan untuk meningkatkan perolehan minyak bumi. Sebelum dilakukannya uji lapangan terlebih dahulu dilakukan uji laboratorium. Hasil penelitian surfaktan dengan variasi salinitas yang dilarutkan menggunakan synthetic brine yang dimana surfaktan memiliki salinitas optimum dapat bekerja pada salinitas 1,00%.
URGENSI RESILIENSI PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI MASA PANDEMI Pujiati, Anik; Patimah, Fatwa
Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau Vol 9, No 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Riau (UNRI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpk-unri.v9i1.7897

Abstract

Resiliensi merupakan faktor internal yang bisa menentukan keberhasilan dalam pembelajaran khususnya selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah resiliensi utamanya resiliensi matematis memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kimia mahasiswa selama pembelajaran daring. Sampel penelitian adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah kimia lanjut di program studi pendidikan matematika universitas Indraprasta PGRI sebanyak 51 mahasiswa dengan teknik sampling purposive. Penelitian ini merupakan penelitian survei korelasional dua variabel, yaitu resiliensi matematis dan hasil belajar kimia. Teknik pengambilan data dengan instrumen angket dan tes yang sebelumnya sudah divalidasi. Analisis data dengan korelasi regresi sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi matematis memberikan kontribusi pengaruh signifikan, walaupun kecil yaitu hanya 10,6% terhadap hasil belajar kimia. Dari hasil ini dapat diketahui hasil belajar kimia 89,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain, baik internal maupun eksternal.
ANALISIS KESULITAN SISWA BELAJAR KIMIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19 Suherman, Usep; Afifatuzzahro, Salwa; Sofiyah, Siti
Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau Vol 9, No 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Riau (UNRI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpk-unri.v9i1.7892

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu data kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam suatu pembelajaran Ilmu Kimia pada saat covid-19 melanda. Sejak adanya Covid-19, proses pembelajaran yang pada awalnya dilakukan secara tatap muka beralih menjadi pembelajaran secara daring. Oleh karena itu, peneliti memiliki keinginan menganalisis kesulitan siswa belajar kimia dalam proses pembelajaran selama Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif yang disebarkan kepada siswa dari berbagai SMA/SMK yang ada di wilayah Bandung. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa selama Covid-19, 66% siswa menyatakan bahwa mereka tidak dapat memahami pembelajaran kimia.  

Page 1 of 1 | Total Record : 10