cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
ISSN : -     EISSN : 2502471X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January 2016.
Arjuna Subject : -
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol.1, No.10, Oktober 2016" : 30 Documents clear
PENGARUH STRATEGI FLOW DIAGRAM DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS Vinda Nur Fitriana; Parno Parno; Wartono Wartono
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.10, Oktober 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.328 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i10.7171

Abstract

This study aims to determine differences in higher order thinking skills and science process skills of students learn who use guided inquiry learning with Flow Diagram strategy and guided inquiry learning. The research design uses quasi-experimental with Pretest-Posttest Control Group Design. The population in this study were students of class X MIA SMA Negeri 1 Kalitidu the academic year 2015/2016. The sample used in this research is class X MIA 4 as an experimental class and class X MIA 2 as the control class with a total of 2 class of 64 students. Instruments used include high-level thinking skills tests and observation sheets science process skills of students. Data analysis technique used is the multivariate analysis (MANOVA) at the 5% significance level with SPSS 17.0 for Windows. Based on the analysis obtained the following results. (1) There is the influence of higher-order thinking skills to learn to use guided inquiry learning with Flow Diagram strategy (0.000 <0.05); (2) There is the influence of science process skills that students learn to use guided inquiry learning strategy with Flow Diagram strategy (0.000 <0.05).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains siswa yang belajar menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi Flow Diagram dan pembelajaran inkuiri terbimbing. Rancangan penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Kalitidu tahun ajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan keseluruhan siswa dari 2 kelas sebanyak 64 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi tes keterampilan berpikir tingkat tinggi dan lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis multivarian (manova) pada taraf signifikansi 5% dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Berdasarkan analisis diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi Flow Diagram terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (0,000 < 0,05). Kedua, terdapat pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi Flow Diagram terhadap keterampilan proses sains siswa (0,000 < 0,05).
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STRATEGI SINEKTIK BERBANTUAN GAMBAR PADA MATA PELAJARAN AGAMA KATOLIK DI SD YPPK SANTO TARSIUS BIANKUK MERAUKE Paustina Ngali Mahuze; I Nyoman Sudana Degeng; Anselmus JE Toenlioe
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.10, Oktober 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.949 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i10.6883

Abstract

This study aims at (1) developing learning material based on synectics strategy using the picture for Catholics Religion subject; (2) examining the eligibility of the learning materials; (3) discovering the learning outcomes of the students. This study employed descriptive qualitative design and used development model suggested by Dick and Carey as the basis to answer the above-mentioned issues. The researcher collected the data through questionnaire and validation sheet. According to the validation of material, media, design expert and the trial to subject teacher and individual, it shows that the learning material based on synectics is valid and feasible to be applied within learning activity.  Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar berbasis strategi Sinektik berbantuan gambar pada pelajaran agama katolik; (2) menguji kelayakan bahan ajar berbasis strategi sinektik berbantuan gambar pada pelajaran agama katolik; (3) mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan bahan ajar berbasis strategi sinektik berbantuan media gambar pada mata pelajaran agama katolik. Penelitian ini menggunakan rancangan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan model pengembangan Dick & Carey sebagai landasan untuk menjawab tujuan di atas. Dalam hal ini, peneliti mengumpulkan data melalui angket dan lembaran validasi. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, ahli desain, uji coba guru bidang studi, dan uji coba perorangan menunjukkan hasil bahwa bahan ajar berbasis Sinektik sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.  
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DI SMUK Lusia Naimnule; Vinsensius Oetpah; Vinsensia Ulia Rita Sila
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.10, Oktober 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.225 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i10.7622

Abstract

The study aims to improve activities and cognitive learning results trought the Think Talk Write. The study was in class X SMAK Warta Bhakti Kefamenanu with responden 35 people. Data collecting data through observation and tests students' cognitive learning outcomes. Data analysis using quantitative descriptive. Results of research on learning activities in the first cycle an average of 60%, and the second cycle reaches an average of 90%. Cognitive learning results in the first cycle an average of 72.53% and the second cycle average reached 94.59%. Based on these data concluded that an increase in activity and cognitive learning outcomes in each cycle through the implementation of learning model Think Talk Write.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran TTW. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMAK Warta Bakti Kefamenanu dengan jumlah responden 35 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada aktivitas belajar pada siklus I rata-rata 60% dan siklus II mencapai rata-rata 90%. Hasil belajar kognitif pada siklus I rata-rata 72,53% dan siklus II rata-rata mencapai 94,59%. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar kognitif di setiap siklus melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write.
PENGEMBANGAN MODUL GEOGRAFI PARIWISATA BERBASIS PAKET WISATA PULAU LOMBOK SEBAGAI UPAYA MEMUPUK RASA CINTA TANAH AIR PADA MAHASISWA Andrinata Andrinata; Sumarmi Sumarmi; I Komang Astina
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.10, Oktober 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.972 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i10.7339

Abstract

The purpose of the study is to produce the tourism geography module based on the Lombok tourism packages that is prepared in accordance with the module design of C Michael and Stephen J. Page. This study is designed with Dick & Carey model and simplified into six steps. The quality of product is known through the lecturer’s feedback and students during the field test. The trial subjects are the students of Geography Education STKIP Hamzanwadi Selong in the sixth semester in year 2013 who have taken the course. Based on the results of validation and field trials, the numbers of scores are obtained namely: (a) the assessment of the expert design towards the components of the module is 82.7%, (b) the assessment of the content/materials to components of the module is 83%, (c) the assessment of the language expert of language towards the module components is 76%, (d) the assessment of the lecturer of the course and students towards the questionnaires is distributed associated with the products and developed each score 84.28% and 86.4%. The average value of the results of validation and field trials, the module is developed and appropriately used as learning sources with percentage 82.5%.Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan modul Geografi Pariwisata Berbasis Paket Wisata Pulau Lombok yang disusun sesuai dengan desain modul C. Michael Hall dan Stephen J. Page. Penelitian ini didesain dengan pendekatan penelitian pengembangan model Dick & Carey yang disederhanakan menjadi enam langkah. Kualitas produk diketahui melalui hasil tanggapan dari dosen pengampu matakuliah dan mahasiswa pada saat uji lapangan. Subjek uji coba yakni mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Hamzanwadi Selong pada semester VI angkatan 2013 yang telah menempuh matakuliah tersebut. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan, jumlah skor yang didapat yakni: (a) penilaian ahli desain pembelajaran terhadap komponen modul adalah 82,7, (b) penilaian ahli isi/materi terhadap komponen modul 83%, (c) penilaian ahli bahasa terhadap komponen modul 76%, (d) penilaian dosen pengampu matakuliah dan mahasiswa terhadap angket yang dibagikan terkait dengan produk yang dikembangkan yakni masing-masing memperoleh nilai 84,28% dan 86,4%. Nilai rata-rata hasil validasi dan uji coba lapangan, modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar dengan tingkat persentase 82,5%. 
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENERIMAAN PERAWAT MELAKSANAKAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN BERBASIS KOMPUTER Gunawan Gunawan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.10, Oktober 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (818.479 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i10.6967

Abstract

This study was conducted to determine the factors that influence the acceptance of nurse preparedness in implementing a computer-based nursing documentation in the RSI using models Technology Acceptance Model (TAM). This study was a survey research design using descriptive cross-sectional explanatory. The variables studied consisted of perceived ease of use (PEU), perceived usefulness (PU), attitude towards use (ATU) and behavioral intention (BI). The population of this study was 70 respondents of samples. The data were analyzed by using Excel 2010 software and Partial Least Square using Smart PLS 2.0. The descriptive analysis resulted the value of the mean, median, and mode for all variables are positive with values in the range of 4—7, except for the mean value of the variable BI 2.5. The outer test showed that the result of value model Convergent Validity and Discriminant Validity is valid and reliable. The inner models test results showed the t - table criteria of 1.67 (α = 0.05 and DF = 66). The PEU positively and significantly influence PU of 0.78. Therefore, the first hypothesis is proven. The T - statistic PEU towards ATU is 0.62 and the parameter coefficients are 0.06, meaning that there is no significant effect between PEU to the ATU. Thus, the second hypothesis is rejected. The PU significantly and positively influences ATU as much as 0.79. Thus, the third hypothesis is accepted. The PU positively and significantly affects BI as much as 0.37 and the fourth hypothesis is accepted. The ATU influence on BI is significant and positive at 0.36. Therefore, the fifth hypothesis is accepted.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kesiapan penerimaan perawat melaksanakan pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputer di RSI dengan menggunakan model Technologie Acceptance Model (TAM). Desain penelitian menggunakan rancangan riset survei dekskriptif eksplanatori dengan pendekatan cross sectional. Variabel yang diteliti terdiri atas perceived ease of use (PEU), perceived usefulness (PU), attitude towards use (ATU) dan behavior intention (BI). Populasi berjumlah 70 responden dan semuanya dijadikan sampel (total sampling). Analisa data secara deskriptif dengan piranti lunak excel 2010 dan secara analitik dengan Partial Least Square menggunakan Smart PLs 2.0. Hasil penelitian didapatkan secara deskriptif nilai mean, median, dan mode untuk semua variabel berada pada rentang positif dengan nilai 4—7, kecuali nilai mean variabel BI 2,5. Hasil uji Outer Model nilai Convergent Validity dan Discriminant Validity semua indikator valid dan reliabel. Hasil uji Inner Model dengan kriteria t-tabel 1,67 (α = 0,05 dan DF = 66). PEU berpengaruh positif dan signifikan terhadap PU sebesar 0,78. Hipotesis pertama diterima. T-statistik PEU terhadap ATU adalah 0,62 dan koefisien parameter 0,06, artinya tidak ada pengaruh secara signifikan antara PEU terhadap ATU dan hipotesis kedua ditolak. PU berpengaruh signifikan dan positif sebesar 0,79 terhadap ATU dan hipotesis ketiga diterima. PU positif dan signifikan memengaruhi BI sebesar 0,37 dan hipotesis keempat diterima. Pengaruh ATU terhadap BI signifikan dan positif sebesar 0,36 dan hipotesis kelima diterima.
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA SMA Erlin Fatima Helek; Vinsensius Oetpah; Yohanes Seran
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.10, Oktober 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.626 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i10.7621

Abstract

The purpose of this study is to improve motivation and learning outcomes biology in grade X SMAN 1 TASBAR through inquiry learning model. This research is a classroom action research, data collection technique through observation and tests. Subjects were students of the second semester class XB SMAN 1 TASBAR year 2011/2012 amounted to 35 students. The results obtained in this study showed an increased motivation and learning outcomes of students, the percentage of first cycle activity by 75% and the second cycle by 85%. While the percentage of mastery learning outcomes in the first cycle of 62.32% and a second cycle of 84.28%.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi pada siswa kelas X SMAN 1 TASBAR melalui model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XB semester II SMAN 1 TASBAR tahun 2011/2012 yang berjumlah 35 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, persentase aktivitas siklus pertama sebesar 75% dan siklus kedua sebesar 85%. Sementara itu, persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus pertama sebesar 62,32% dan siklus kedua sebesar 84,28%.
PENGARUH PENGGUNAAN MODUL INKUIRI DIPADU PJBL BERBAHAN AJAR POTENSI LOKAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA Akhiruddin Akhiruddin; Herawati Susilo; Ibrohim Ibrohim
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.10, Oktober 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.486 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i10.7212

Abstract

The module based on inquiry-learning and project-based learning, is a teaching material implemented in the laboratory where students conduct experiments or investigations to uncover concepts and utilize their local potentials through project-based learning activities. This study aimed to investigate the effects of using the module on the students’ scientific process skills. This study employed one group pretest-posttest design. The results showed that the means of the students’ scientific skills resulted in 38.97% respectively. This suggested that there was a significant effect of using the module on the dependent variables.Modul pembelajaran inkuiri dipadu PjBL merupakan bahan ajar yang dalam implementasinya dilaksanakan di laboratorium untuk melakukan percobaan atau investigasi dalam menemukan konsep dan pemanfaatan potensi lokal yang dimiliki siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek. Tujuan dari penggunaan modul ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul terhadap keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMAN 1 Suralaga. Rancangan penelitian yang digunakan, yaitu one group pretest posttes design. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai keterampilan proses sains siswa sebesar 38.97%. Disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan modul inkuiri dipadu PjBL bersumber bahan ajar potensi lokal. 
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN KIMIA PADA MATERI KIMIA INTI DENGAN KEMAMPUAN SELF REGULATED LEARNING BERBEDA Chintia Rhamandica; Surjani Wonorahardjo; Munzil Arief
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.10, Oktober 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.539 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i10.6895

Abstract

This research aimed to identify the influence of web-based learning on the learning outcomes of the students which was seen from different  self regulated learning and interaction between students with, contens, students, and teacher on web based learning with different self regulated learning ability. This research employed quasi-experimental design with posttest only control group design. Subjects were the students in the second semester of  Chemistry Department in Malang. The treatment instruments used in this research were syllabus, RPP, teaching materials, LKM, and online media. The other instruments of this research was measurement instrument which consists of self regulated learning questionnaire and learning outcomes test consist of 23 multiple choices. Data analysis was done with t-test and post hoc anova. The results of the study showed that (1) there is no significant difference in the cognitive learning outcomes of the students that are taught to use either blog or moodle as the web based learning media on different  self regulated learning, and (2) on the blog class learning media more contribute to the learning process rather than students’ SRL ability, while on the moodle class students’ SRL ability more contribute to the process of learning rather than learning media.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis web terhadap hasil belajar ditinjau dari kemampuan self regulated learning yang berbeda, serta interaksi antara mahasiswa dengan konten, mahasiswa, dan dosen pada pembelajaran berbasis web dengan kemampuan self regulated learning yang berbeda. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan posttest only control group design. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 2 jurusan kimia salah satu perguruan tinggi negeri di Malang. Instrumen perlakuan terdiri dari silabus, RPP, bahan ajar, LKM, dan media online, yaitu blog dan moodle. Instrumen pengukuran terdiri dari angket self regulated learning dan tes hasil belajar yang terdiri dari 23 soal pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan uji-t dan post hoc anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran berbasis web dengan media blog maupun moodle dari SRL yang berbeda, dan (2) pada kelas blog media pembelajaran lebih memberikan kontribusi pada proses pembelajaran daripada kemampuan SRL yang dimiliki mahasiswa, sedangkan pada kelas moodle kemampuan SRL yang dimiliki mahasiswa lebih memberikan kontribusi pada proses pembelajaran daripada media pembelajaran.
ANALISIS PERMASALAHAN GURU TERKAIT PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL INQUIRY DAN PERMASALAHAN SISWA TERKAIT KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA Nuraini Nuraini; Makrina Tindangen; Elsje Theodora Maasawet
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.10, Oktober 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.412 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i10.7653

Abstract

The aim of this study is to obtain (1) description of the understanding level of high school teachers related biology learning tools through the Inquiry based learning model, (2) the solutions formulation to solve the problems of teachers solutions related to the development of Biology learning tools in high school, (3) description of the level of problem-solving skills of students related to learning biology-based Inquiry models, (4) the solutions formulation to solve the students problem solving skills related to Inquiry based biology learning model. The observation results of teachers and students problems were analyzed by descriptive qualitative showed that (1) the understanding level of teachers related inquiry based model of biology learning tools is still lacking, so its usage in the learning process has not done optimally, (2) Teachers have trouble in making learning tools. Therefore, teachers need a reference benchmark, mentoring activities and socialization in inquiry based learning model development, (3) Students are still difficult to solve problems in the learning process in the classroom, (4) lack of problem-solving skills students need to be addressed with the full guidance teacher to student related problem solving skills.Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh (1) gambaran pemahaman guru SMA terkait perangkat pembelajaran Biologi melalui model pembelajaran berbasis Inquiry, (2) rumusan solusi dalam mengatasi permasalahan guru terkait pengembangan perangkat pembelajarann Biologi di SMA, (3) gambaran tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa terkait pembelajaran Biologi berbasis model Inquiry, dan (4) rumusan solusi dalam mengatasi kemampuan pemecahan masalah siswa terkait pembelajaran Biologi berbasis model Inquiry. Hasil observasi permasalahan guru dan siswa yang dianalisis secara deskriptif kualitatif menunjukkan bahwa (1) pemahaman guru terkait perangkat pembelajaran Biologi berbasis model inkuiri masih kurang sehingga penggunaannya pada proses pembelajaran belum dilakukan secara optimal, (2) guru mengalami kendala dalam pembuatan perangkat pembelajaran. Oleh karena itu, guru memerlukan referensi acuan, kegiatan pendampingan dan sosialisasi dalam pengembangangan perangkat pembelajaran berbasis model Inquiry, (3) Siswa masih sulit dalam memecahkan permasalahan pada proses pembelajaran di kelas, dan (4) rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa perlu diatasi dengan bimbingan penuh guru kepada siswa terkait kemampuan pemecahan masalah.
KEMAMPUAN METAKOGNISI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS MATARAM Sakila Pujiank; Jamaluddin Jamaluddin; Gito Hadiprayitno
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.10, Oktober 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.904 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i10.7413

Abstract

The research aims are (1) to analyse the metacognition abilities of biology student for each components of metacognition, (2) analyse the metacognition abilities for each class and (3) analyse the metacognition abilities generally. The subject is 204 students. Data were collected by metacognitive awareness inventory and analyse with descriptive qualitative. The results show that student metacognition abilities included into already developed category (72,93%). The metacognition ability for each class is 2013 (75,38%), 2011 (72,93%), 2012 (72,03%) and 2010 (70,38%). Metacognition abilities for each component included already developed category (67,51%—77,55%) except the debugging strategies included into developed very good category (88,92%).Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis kemampuan metakognisi mahasiswa pendidikan biologi pada setiap komponen metakognisi; (2) menganalisis kemampuan metakognisi mahasiswa setiap angkatan; (3) menganalisis kemampuan metakognisi mahasiswa secara keseluruhan. Subjek penelitian terdiri atas 204 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognisi mahasiswa sudah berkembang baik (72,93%). Rata-rata skor kemampuan metakognisi setiap angkatan adalah 2013 (75,38%), 2011 (72,93%), 2012 (72,03%) dan 2010 (70,38%). Kemampuan metakognisi mahasiswa untuk setiap komponen metakognisi dikategorikan sudah berkembang baik (67,51%—77,55%), kecuali pada kemampuan debugging strategies yang dikategorikan berkembang sangat baik (88,92%).

Page 1 of 3 | Total Record : 30


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 8: AUGUST 2025 VOL 10, NO 7: JULY 2025 Vol 10, No 4: APRIL 2025 Vol 10, No 3: MARCH 2025 Vol 10, No 2: FEBRUARY 2025 Vol 10, No 1: JANUARY 2025 Vol 9, No 12: DECEMBER 2024 Vol 9, No 11: NOVEMBER 2024 Vol 9, No 10: OCTOBER 2024 Vol 9, No 9: SEPTEMBER 2024 Vol 9, No 8: AUGUST 2024 Vol 9, No 7: JULY 2024 Vol 9, No 6: JUNE 2024 Vol 9, No 5: MAY 2024 Vol 9, No 4: APRIL 2024 Vol 9, No 3: MARCH 2024 Vol 9, No 2: FEBRUARY 2024 Vol 9, No 1: JANUARY 2024 Vol 8, No 10: OCTOBER 2023 Vol 8, No 9: SEPTEMBER 2023 Vol 8, No 8: AUGUST 2023 Vol 8, No 7: JULY 2023 Vol 8, No 6: JUNE 2023 Vol 8, No 5: MAY 2023 Vol 8, No 4: APRIL 2023 Vol 8, No 3: MARCH 2023 Vol 8, No 2: FEBRUARY 2023 Vol 8, No 1: JANUARI 2023 Vol 7, No 12: DECEMBER 2022 Vol 7, No 11: NOVEMBER 2022 Vol 7, No 10: OKTOBER 2022 Vol 7, No 9: SEPTEMBER 2022 Vol 7, No 8: AGUSTUS 2022 Vol 7, No 7: JULI 2022 Vol 7, No 6: JUNI 2022 Vol 7, No 5: MAY 2022 Vol 7, No 4: APRIL 2022 Vol 7, No 3: MARET 2022 Vol 7, No 2: FEBRUARI 2022 Vol 7, No 1: JANUARI 2022 Vol 6, No 12: DESEMBER 2021 Vol 6, No 11: NOVEMBER 2021 Vol 6, No 10: OKTOBER 2021 Vol 6, No 9: SEPTEMBER 2021 Vol 6, No 8: AGUSTUS 2021 Vol 6, No 7: JULI 2021 Vol 6, No 6: JUNI 2021 Vol 6, No 5: MEI 2021 Vol 6, No 4: APRIL 2021 Vol 6, No 3: MARET 2021 Vol 6, No 2: FEBRUARI 2021 Vol 6, No 1: JANUARI 2021 Vol 5, No 12: DESEMBER 2020 Vol 5, No 11: NOVEMBER 2020 Vol 5, No 10: OKTOBER 2020 Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020 Vol 5, No 8: AGUSTUS 2020 Vol 5, No 7: JULI 2020 Vol 5, No 6: JUNI 2020 Vol 5, No 5: MEI 2020 Vol 5, No 4: APRIL 2020 Vol 5, No 3: MARET 2020 Vol 5, No 2: FEBRUARI 2020 Vol 5, No 1: JANUARI 2020 Vol 4, No 12: DESEMBER 2019 Vol 4, No 11: NOVEMBER 2019 Vol 4, No 10: Oktober 2019 Vol 4, No 9: SEPTEMBER 2019 Vol 4, No 8: AGUSTUS 2019 Vol 4, No 7: JULI 2019 Vol 4, No 6: JUNI 2019 Vol 4, No 5: MEI 2019 Vol 4, No 4: APRIL 2019 Vol 4, No 3: MARET 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 1: JANUARI 2019 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 11: NOVEMBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 7: JULI 2018 Vol 3, No 6: JUNI 2018 Vol 3, No 5: MEI 2018 Vol 3, No 4: APRIL 2018 Vol 3, No 3: MARET 2018 Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 2, No 12: Desember 2017 Vol 2, No 11: November 2017 Vol 2, No 10: Oktober 2017 Vol 2, No 9: September 2017 Vol 2, No 8: AGUSTUS 2017 Vol 2, No 7: JULI 2017 Vol 2, No 6: Juni 2017 Vol 2, No 5: Mei 2017 Vol 2, No 4: April, 2017 Vol.2, No.3, Maret 2017 Vol.2, No.2, Februari 2017 Vol.2, No.1, Januari 2017 Vol.1, No.12, Desember 2016 Vol.1, No.11, Nopember 2016 Vol.1, No.10, Oktober 2016 Vol.1, No.9, September 2016 Vol.1, No.8, Agustus 2016 Vol.1, No.7, Juli 2016 Vol.1, No.6, Juni 2016 Vol.1, No.5, Mei 2016 Vol.1, No.4, April 2016 Vol.1, No.3, Maret 2016 Vol.1, No.2, Februari 2016 Vol.1, No.1, Januari 2016 More Issue