Tumbuh Kembang
Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD (P-ISSN: 2355-7443, E-ISSN: 2657-0785), adalah jurnal peer-review online yang bertujuan untuk menyediakan forum nasional bagi para peneliti, profesional, dosen, dan praktisi pendidikan pada semua topik yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini. Jurnal ini diterbitkan oleh PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya. Jurnal Tumbuh kembang terdiri dari naskah teknis berkualitas tinggi tentang kemajuan dan inovasi dalam pendidikan anak usia dini yang canggih; baik pendekatan teoretis dan pendekatan praktis yang berkaitan dengan perkembangan anak, psikologi, kurikulum dan semua hal yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini. Semua artikel yang diterbitkan dalam Jurnal tumbuh kembang dapat diakses secara bebas di situs website ini. Frekuensi terbitan: 2 Edisi per tahun (Mei dan November).
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 9, No 1 (2022): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI MEI"
:
10 Documents
clear
KOMPETENSI PEDAGOGIK DENGAN KEMAMPUAN ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
Erin Ariditya angga Saputri;
Fitri Oviyanti;
Yecha Febrieanitha Putri
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 1 (2022): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI MEI
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jtk.v9i1.16960
Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh guru saat menjalankan kewajibannya dalam menyampaikan ilmu pengetahuan kepada anak murid. Kemampuan asesmen perkembangan anak usia dini merupakan kemampuan guru dalam mengumpulkan informasi mengenai perkembangan anak usia dini dan hasil dari asesmen tersebut dapat dijadikan bahan untuk beberapa kepentingan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik dengan kemampuan asesmen perkembangan anak usia dini di RA Perwanida 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di RA Perwanida 2 Palembang yang berjumlah 14 orang Guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis korelasi product moment. Hasik penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat adanya hubungan antara kompetensi pedagogik dengan kemampuan asesmen perkembangan anak usia dini. Nilai rhitung yang diperoleh yakni 0,765 berada pada rentang nilai koefisien korelasi 0,60 – 0,79 dengan tingkat hubungan yang kuat. Nilai rhitung (0,765) juga berada pada status berkorelasi positif yang artinya bahwa variabel X dan variabel Y itu berjalan pararel atau hubungan kedua variabel tersebut searah, jika kompetensi pedagogik meningkat maka kemampuan asesmen perkembangan anak usia dini juga ikut meningkat
PEMANFAATAN MEDIA ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA PENILAIAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA LEMBAGA PAUD
Alimudin Alimudin;
Nihwan Nihwan;
Nur Aini Zaida
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 1 (2022): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI MEI
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jtk.v9i1.16947
Tujuan penulisan artike ini adalah untuk menyajikan media elektronik yang dapat digunakan untuk membantu pelaksanan proses penilaian pada kegiatan pembeljaran jarak jatuh. Metode yang diguankan adalah kulitatif dengan pendekatan kajian pustaka. Melalui kegiatan penilaian pembelajaran orang tua memperoleh umpan balik mengenai perkembangan dan pertumbuhan anak selama melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh serta menjadi alat evaluasi bagi pendidik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh. Penilaian pembelajaran jarak jauh tidak sama dengan penilaian pembelajaran tatap muka. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dapat memanfaatkan media elektronik sebagai alat bantu yang memudahkan guru dalam pelaksanaan penilaian. Beberapa media elektronik yang bisa digunakan untuk melakukan penilaian adalah zoom meeting, whatsapp dan google form. Penggunaan media elektronik tersebut tidak akan berjalan dengan baik tanpa bantuan orang tua murid. Karena pada dasarnya pelaksanaan pembelajaran jarak jatuh pada lembaga pendidikan anak usia dini harus didampingi oleh orang tua peserta didik. perlunya komunikasi guru dengan orang tua murid terjalin dengan baik agar penilaian pertumbuhan dan perkembangan anak bisa berjalan dengan baik.
PERAN ORANG TUA DALAM MENSTIMULASI SIKAP GIGIH ANAK USIA 5-6 TAHUN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN SRIJAYA
Dian Septiana;
Windi Dwi Andika
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 1 (2022): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI MEI
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jtk.v9i1.16891
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam menstimulasi sikap gigih anak 5-6 tahun selama masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Srijaya yang berjumlah 20 orang dengan mengunakan teknik Random sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket tertutup dan wawancara langsung kepada orang tua anak. Teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase penelitian menunjukkan bahwa telah terlaksana 61.405% keinginan yang kuat dan pantang menyerah, proses pencapaian, dan hambatan dengan baik. Hasil penelitian secara keseluruhan diperoleh beberapa kategori dari skor responden. Indikator peran orang tua yang sering dilakukan berada pada keinginan yang kuat dan pantang menyerah 83,75% anak dan indikator hambatan 81,87% anak. Sementara, persentase pada indikator paling rendah adalah proses pencapaian 80% anak. Dengan rincian sebanyak 90% anak berada pada kategori Selalu (SL), 8,3% anak berada pada kategori Sering (SR), 1,6% anak berada pada kategori Kadang-kadang (KK), dan 0% anak berada pada kategori Tidak Pernah (TP). Maka dari itu disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk lebih berfokus pada indikator proses pencapaian.
IDENTIFIKASI APLIKASI EDUKASI SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK USIA DINI DI KELURAHAN SRIJAYA PALEMBANG
Iis Aprilliani;
Hasmalena Hasmalena
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 1 (2022): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI MEI
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jtk.v9i1.16870
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam aplikasi edukasi selama pembelajaran daring yang digunakan oleh anak usia dini khususnya yang sudah bersekolah. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apa saja aplikasi yang digunakan anak usia dini selama melakukan pembelajaran daring dan berapa persentase dari masing-masing aplikasi yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, maka didapatkan bahwa anak belajar melalui pembelajaran daring 76,25% selanjutnya anak-anak menggunakan macam-macam aplikasi dengan hasil persentase 52,39%, namun diantara banyaknya aplikasi edukasi yang ada, whatsapp dan youtube adalah aplikasi yang paling sering digunakan selama pembelajaran daring. Sehingga secara keseluruhan, hasil penelitian aplikasi edukasi yang digunakan selama pembelajaran daring pada anak usia dini di Kelurahan Srijaya Palembang yaitu 128,64 atau berada dalam kategori sangat tinggi.Kata Kunci: Aplikasi Edukasi, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
PENGENALAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DALAM KONTEKS PANCASILA
Bebyi Riza Sativa;
Dadan Suryana
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 1 (2022): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI MEI
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jtk.v9i1.17704
Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap anak korban kejahatan seksual menurut hukum positif adalah harus berdasarkan Pancasila. Negara Indonesia adalah negara hukum yang berdasar pada Pancasila dan UUD 1945. Salah satu wujud dari konsep tersebut ialah perlindungan terhadap warga negaranya, Pancasila sebagai dasar negara merupakan sumber dari segala sumber hukum negara. Pancasila mengarahkan kehidupan dalam sistem kekeluargaan yang harmonis, tetapi saat ini marak terjadi kekerasan yang tidak sesuai dengan Pancasila. . Kekerasan seksual terhadap anak akan berdampak panjang, disamping berdampak pada masalah kesehatan di kemudian hari, juga akan menimbulkan trauma yang berkepanjangan pada anak, bahkan sampai dewasa. Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (Library Research), data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan Deskription Analysis Content, dengan tahapan Reduksi data, Penyajian data dan Verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan kejahatan kekerasan semakin marak, penguatan Pancasila perlu diimplementasikan secara terus menerus sejak usia dini. Kendala dalam penguatan Pancasila sebagai pemersatu bangsa dalam pencegahan kejahatan yaitu adanya faktor internal dan ektsternal.
PENGEMBANGAN MEDIA MAZE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM ADVENTURE PALEMBANG
Qori Saputri;
Kurnia Dewi
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 1 (2022): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI MEI
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jtk.v9i1.16716
Kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B di Tk Islam Adventure Palembang masih rendah karena kurangnya ketersediaan alat permainan edukatif dan proses pembelajaran lebih kepada kegiatan menulis sehingga anak kurang tertarik dengan kegiatan mengenal angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media maze terhadap kemampuan mengenal angka dan validitas media maze. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, angket, dokumentasi, pretest dan posttest. Hasil analisis uji validasi ahli materi mendapatkan skor 4,8 dengan kategori baik, uji validasi ahli media mendapatkan skor 4,2 dengan kategori baik, penilaian guru mendapatkan persentase 83,75% dengan kategori sangat layak, praktikalitas anak mendapatkan persentase 72% dengan kategori baik. Hasil uji efektivitas media maze diperoleh harga thit>ttable (8,42>2,37). Hal ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mengenal angka dengan menggunakan media maze.
PERSEPSI GURU TENTANG PENERAPAN NILAI KEADILAN SOSIAL DI PAUD
Khilyatul Wardah;
Eka Eka Oktavianingsih;
Siti Fadjryana Fitroh
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 1 (2022): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI MEI
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jtk.v9i1.16913
Kebutuhan pendidikan anak pada dasarnya terdiri dari tiga dimensi, yaitu dimensi kognitif, afektif, dan konatif, tetapi saat ini masih banyak guru yang hanya memperhatikan dimensi kognitif dan konatif saja tanpa memperhatikan dimensi afektif. Fenomena tersebut muncul karena memang banyak tuntutan dari orangtua untuk lebih mengedepankan dimensi kognitif anak. Akibatnya saat ini dimensi afektif anak kurang diperhatikan oleh guru, sehingga anak mempunyai peluang untuk melakukan nilai ketidak adilan sosial di sekolah seperti bullying dan ketidaksetaraan gender. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru tentang penerapan nilai keadilan sosial di PAUD. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Responden dalam penelitian ini berjumlah empat guru. Lokasi penelitian ini di TK Muslimat NU Darun Najah Kamal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam. Teknik analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian menjelaskan anak didik di TK Muslimat NU Darun Najah berasal dari latar belakang sosial ekonomi yang berbeda-beda. Guru juga sudah menerapkan nilai keadilan sosial tingkat dasar dengan beberapa hal pada anak didik karena guru mempunyai persepsi bahwa nilai keadilan sosial pada anak usia dini sangat penting untuk diterapkan.
LAGU DENGAN MUSIK AKUSTIK BERTEMA BINATANG UNTUK ANAK USIA (4-5) TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 2 PALEMBANG
Tasyfiah Aliya Luthfi;
Mahyumi Rantina
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 1 (2022): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI MEI
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jtk.v9i1.17593
Penelitian ini bertujuan mengembangkan lagu dengan musik akustik bertema binatang untuk anak usia (4-5) tahun di taman kanak-kanak yang teruji validitas dan praktisnya. Model pengembangan yang digunakan model ADDIE (analyze, design, develop, implement, evaluate), dan evaluasi formatif Tessmer dengan tahapan self evaluation, expert review, one to one evaluation dan small group. Teknik analisis data yaitu wawancara, observasi dan lembar ceklis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas materi sebesar 90% dan validitas media sebesar 96%, diperoleh rata rata validitas produk sebesar 93% dengan kategori sangat valid. Tahap one to one evaluation melibatkan tiga orang anak dengan hasil 88,6% dan tahap small group evaluation melibatkan sembilan orang anak dengan hasil 93,8%, dari keduanya diperoleh rata-rata sebesar 91,2% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan lagu dengan musik akustik untuk anak usia (4-5) tahun dinyatakan valid dan praktis dan layak digunakan untuk pembelajaran.
PROTOTYPE VIDEO CERITA ANAK TEMA BUDAYA LOKAL PALEMBANG
Wahyu Pratiwi;
Syafdaningisih Syafdaningsih
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 1 (2022): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI MEI
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jtk.v9i1.17392
Bercerita merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan dan anak akan mengetahui banyak hal-hal baru. Di masa pandemi media pembelajaran audio visual sangat dibutuhkan guna mempermudah akses dan meminimalisis keterbatasan ruang dan waktu. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video cerita anak tema budaya lokal yang teruji valid. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan prosedur penelitian yang dikembangkan oleh Dick & Carry yaitu ADDIE. Adapun tahapannya yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap evaluasi yang telah dilalui yaitu self evaluation dan expert review sesuai dengan prosedur yang dikembangkan oleh Tessmer. Pengumpulan data dilakukan dengan walkthrough yang diberikan pada ahli media guna mendapatkan validasi data terhadap prototype yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dari instrument pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas media terhadap prototype sebesar 4,75% dan uji validitas materi sebesar 4,125%, sehingga menunjukkan bahwa prototype yang telah dibuat terbukti valid.
PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI BATURONO KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG
Pin Hanjanti;
Aprilian Ria Adisti1 Adisti;
Sri Marwiyati
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 1 (2022): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI MEI
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36706/jtk.v9i1.22180
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter apa saja yang dikembangkan di TK Pertiwi Baturono serta peran guru dalam mengembangkan karakter anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Baturono Kecamatan Salam Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru serta siswa TK Pertiwi Baturono usia 4-5 tahun. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: karakter yang dikembangkan pada 4-5 tahun di TK Pertiwi Baturono Kecamatan Salam Kabupaten Magelang ialah karakter religius, peduli lingkungan dan rasa ingin tahu. Peran guru dalam mengembangkan karakter anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Baturono Kecamatan Salam Kabupaten Magelang ialah guru berperan sebagai sumber belajar, guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator. Peran guru dalam mengembangkan karakter anak usia dini membantu anak mengembangkan rasa empati, disiplin, mandiri, dan tanggung jawab sehingga anak memiliki moral dan kebiasaan yang baik.