EMPATI
EMPATI - Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling, yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas PGRI Semarang. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, dibulan April dan Oktober, untuk memasukkan artikel dapat dikirim melalui email empatibkupgris@gmail.com.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 11, No 1 (2024): Empati"
:
10 Documents
clear
Pengaruh Resiliensi Akademik dan Self Efficacy Terhadap Stres Akademik
Nursaadah, Ila;
Widyaningrum, Bakti;
Sadiah, Ati
Jurnal Empati Bimbingan dan Konseling Vol 11, No 1 (2024): Empati
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/empati.v11i1.16213
Sistem pembelajaran yang semula pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online menimbulkan masalah yaitu stres akademik. Oleh karena itu, penting untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh resiliensi akademik dan self efficacy terhadap stres akademik pada peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri di Kecamatan Singaparna Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan yakni metode survey. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 293 peserta didik, dan sampel sebanyak 169 peserta didik dengan menggunakan teknik perhitungan rumus slovin serta teknik pengambilan sampel yaitu simpel random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner serta teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 25. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Resiliensi akademik berpengaruh yang signifikan terhadap stres akademik dengan nilai signifikansi 0,039. 2) Self efficacy berpengaruh yang signifikan terhadap stres akademik dengan nilai signifikansi 0,000. 3) Resiliensi akademik dan self efficacy berpengaruh yang signifikan terhadap stres akademik dengan nilai signifikansi 0,000.
Penerapan Berbagai Teknik Bimbingan dan Konseling Terhadap Psikologi Remaja Broken Home Korban Perceraian Orang Tua
Anzhali, Megga Nur
Jurnal Empati Bimbingan dan Konseling Vol 11, No 1 (2024): Empati
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/empati.v11i1.15943
. Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat. Keluarga juga merupakan sara yang tepat dalam pembentukan tumbuh kembang anak. Namun, perceraian yang terjadi dialam suatu keluarga dapat menyebabkan tumbuh kembang akang menjadi kurang optimal. Salah satu tahapan dalam perkembangan anak adalah masa remaja. Pada masa ini, anak-anak yang mengalami perceraian orang tua dengan tingkat emosional yang sangat labil menjadi tantangan tersendiri untuk dapat menerima dan menghadapi kenyataan pahit dari percerai kedua orang tuanya. Metode yang digunkan yakni studi literatur dengan menelaah 18 jurnal, 1 buku dan 3 skripsi berkaitan dengan topik yang akan dibahas. Kemudian hasil dari penelaahan tersebut akan menjadi hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian didapat beberapa dampak psikologis yang dialami oleh remaja dan menunjukan sikap-sikap negatif. Dalam hal ini terdapat berbagai teknik bimbingan dan konseling untuk menangani remaja broken home korban perceraian orang tua.
Tingkat Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Calon Karyawan Perhutani Group tahun 2023
Sabria, Shely Sheema
Jurnal Empati Bimbingan dan Konseling Vol 11, No 1 (2024): Empati
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/empati.v11i1.15309
Learning motivation can be used as a reference in developing learning outcomes in order to achieve maximum results and as expected. Researchers took this research because to find out how high a person's learning motivation level is, this is considered important because a person's learning motivation level differs from one another. The method used in this research is a quantitative method while using a survey approach with a research design that is a descriptive survey design. In carrying out this research, as many as 60 items were compiled from the development of several indicators that had been selected after carrying out the process of evaluating the items by the examiners and having carried out validity and reliability tests. The results obtained that as much as 70% of the subjects have a high level of motivation to learn.Keywords: motivation,learning,Perhutani
VALIDITY ANALYSIS OF EMOTIONAL STABILITY INSTRUMENT USING THE RASCH MODEL IN ADOLESCENTS
Suci, Kamila;
Budiman, Nandang;
Suryana, Dodi
Jurnal Empati Bimbingan dan Konseling Vol 11, No 1 (2024): Empati
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/empati.v11i1.14580
Alat ukur stabilitas emosi diperlukan supaya remaja mengetahui tingkat stabilitas emosi yang dimilikinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan instrumen yang valid sehingga dapat menguji tingkat stabilitas emosi remaja. Analisis validitas ini dilakukan untuk menguji apakah instrumen stabilitas emosi mampu mengungkap tingkat stabilitas emosi remaja secara akurat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei secara random sampling terhadap 152 responden terdiri dari 43 orang laki-laki dan 109 orang perempuan kelas XI pada salah satu sekolah di Sumedang, Jawa Barat. Analisis instrumen dilakukan menggunakan model RASCH dengan aplikasi winstep versi 3.73.0 dari John M. Linacre. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa instrumen stabilitas emosi cukup baik untuk mengukur kestabilan emosi pada remaja dengan nilai cronbach alpha yang mempresentasikan interaksi antara person dengan butir-butir item keseluruhan sebesar 0.62 termasuk kategori baik, nilai person realiability sebesar 0.57 sebagai indikator konsistensi jawaban responden, termasuk kategori cukup. Sedangkan item reability sebesar 0,98 sebagai indikator kualitas butir-butir item dalam instrumen, tergolong kategori istimewa.
ETIKA DALAM PELAKSANAAN KONSELING ONLINE DITINJAU DARI KODE ETIK ABKIN
Purnamasari, Yuniarti;
Budiman, Nandang;
Nadhiroh, Nadia Aulia
Jurnal Empati Bimbingan dan Konseling Vol 11, No 1 (2024): Empati
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/empati.v11i1.15552
The increasing need for online counseling has influenced counselors to be competent in carrying out online counseling. However, in practice there are still obstacles and limitations, so guidelines are needed as a reference for implementing online counseling. This study aims to find out how the ethics in implementing online counseling are viewed from the ABKIN code of ethics. The method used in writing this research is Systematic Literature Review. The research data comes from journal articles that are relevant to the research topic obtained from Google Scholar and the ABKIN Code of Ethics Book. The result of this research is that there is an ethical issue of online counseling, in order to obtain ethical development in the application of online counseling in terms of the ABKIN Code of Ethics.
TINGKAT PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 SEMARANG
Maulana, Moh Iqbal
Jurnal Empati Bimbingan dan Konseling Vol 11, No 1 (2024): Empati
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/empati.v11i1.15448
Abstract. The unemployment rate according to BPS data for 2022 places SMK graduates as the highest contributor to unemployment in Indonesia. Even though the purpose of SMK is to prepare students to be able to work in certain fields or in accordance with their majors or to be able to continue to education in accordance with the majors they have studied. From this, one of the contributing factors is the process of student career planning. The sample of this research is XI TME 1 SMK N 7 Semarang, totaling 36 respondents. The data collection method uses a questionnaire via social media, the WhatsApp application. The results of the research on the very low category with a percentage of 0%, the low category by 25%, the high category by 68.75% and the very high category by 6.25%. And the overall results in this category can be concluded that class XI students of SMK N 7 Semarang on career planning abilities are in the High category.Abstrak. Tingkat pengangguran menurut data BPS tahun 2022 menempatkan lulusan SMK sebagai penyumbang tertinggi pengangguran di Indonesia. Padahal tujuan SMK yaitu menyiapkan siswa untuk dapat bekerja di bidang tertentu atau sesuai dengan jurusannya atau dapat melanjutkan ke pendidikan yang sesuai dengan jurusan yang telah dipelajari. Dari hal tersebut salah satu faktor penyebabnya adalah proses perencanaan karir siswa. Sampel penelitian ini yaitu XI TME 1 SMK N 7 Semarang yang berjumlah 36 responden. Untuk metode pengumpulan data menggunakan cara menyebarkan kuisoner melalui media social aplikasi WhatsApp. Hasil dari penelitian pada kategori sangat rendah dengan persentase 0% kategori rendah sebesar 25% kategori tinggi sebesar 68,75% dan pada kategori sangat tinggi sebesar 6,25%. Dan hasil keseluruhan pada kategori ini dapat disimpulkan siswa kelas XI SMK N 7 Semarang pada kemampuan perencanaan karir di kategori Tinggi.
Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal dengan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Rifqi, Hany Muhammad;
Handayani, Arri;
Ajie, Gergorius Rohastono
Jurnal Empati Bimbingan dan Konseling Vol 11, No 1 (2024): Empati
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/empati.v11i1.10187
The problem that will be raised in this study is whether there is an effective classical guidance service with the discussion method to increase student motivation at SMA N 3 Pati. Based on the problem formulation, the purpose of this study was to find out how effective the discussion method classical guidance service was to increase student motivation at SMA N 3 Pati. This type of research is experimental. This research method uses a true experimental design with a posttest-only control design technique. The population in this study is class XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3, XI MIPA 4, XI MIPA 5, XI MIPA 6, XI MIPA 7, XI MIPA 8, XI MIPA 9, XI IPS 1, XI IPS 2, and XI IPS 3 with a total of 377 students. The sample in this study was selected randomly which was then divided into 2 classes, namely XI MIPA 4 experimental class and XI MIPA 5 control class. The sampling used is cluster random sampling. The results of this research analysis revealed that the independent sample test test obtained post-test data with a value of sig, 0.006 0.05, which means that there is a difference in the increase in student motivation to learn in the group given treatment or treatment through classical guidance services with the discussion method.
GAMBARAN EFIKASI DIRI DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA
Rozalia, Sindi;
Nadiyah, Alzhafirah;
Putri, Rani Mega
Jurnal Empati Bimbingan dan Konseling Vol 11, No 1 (2024): Empati
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/empati.v11i1.16119
This study aims to analyze the relationship between self-efficacy and communication skills of class XI students at SMA Negeri 10 Palembang. This research uses quantitative methods with correlational design. The total population in this study was 605 students and a sample of 86 students using simple random sampling techniques. Data analysis was performed using the Pearson Product Moment formula in the SPSS version 16.0 application. The results of the analysis obtained by most students had self-efficacy dominant is in the low category, namely 31 students while in the variable communication skills dominant is the medium category, namely 32 students then obtained a correlation coefficient of sebesar = 0,559 which is where = 0,559 0,214 so that the research hypothesis Ha is accepted, namely there is a positive relationship between self- efficacy and communication skills of class XI students at SMA Negeri 10 Palembang, which means that the higher the self-efficacy, the higher the communication skills.
KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 TANJUNG
Susilowati, Putri Suci;
Rakhmawati, Dini;
Hartini, Tri
Jurnal Empati Bimbingan dan Konseling Vol 11, No 1 (2024): Empati
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/empati.v11i1.10173
The purpose of this study was to determine how effective group guidance services with sociodrama techniques are to increase the self-confidence of class XI science students at SMA Negeri 1 Tanjung. This type of research is a quantitative experiment with a True Experiment research method using a pretest posttest control group design. The samples taken were 20 students, 10 students for the experimental group and 10 students for the control group using purposive random sampling. In this study, data were obtained through research instruments in the form of a self-confidence scale and interviews. The research design used was pretest, treatment, and posttest. The treatment was carried out five times in the experimental group with an average of 69 to 86.1, an increase of 17.1. The results of the hypothesis test obtained that tcount = 100,662 were consulted with a significance level of 5% (0,05) namely 2,101. This shows that tcount = 100,662 ttable = 2,101 It was concluded that group guidance services with sociodrama techniques were effective in increasing the self-confidence of class XI science students at SMA Negeri 1 Tanjung.
Upaya Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon Melalui Penguatan Kemampuan Regulasi Diri
'ulya, himatul;
gumiandari, septi
Jurnal Empati Bimbingan dan Konseling Vol 11, No 1 (2024): Empati
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/empati.v11i1.15521
Dalam lingkungan Pendidikan, menemukan kesulitan dan tantangan adalah hal yang wajar. Seseorang yang mampu beradaptasi dan mengatasi kesulitan serta tantangan tersebut artinya ia memiliki kemampuan resiliensi akademik. Resiliensi akademik dapat ditingkatkan menggunakan kemampuan regulasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) resiliensi akademik; (2) regulasi diri; (3) upaya mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam meningkatkan resiliensi akademik melalui penguatan kemampuan regulasi diri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan wawancara. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa mayoritas mahasiswa memiliki tingkat kemampuasn resiliensi akademik yang cukup tinggi. Mereka mengatakan bahwa mereka akan melawan rasa panik dan rasa takut terhadap kesulitan dan kegagalan yang menghampiri mereka. Bahkan ketika mendapatkan tugas yang sulit, mereka justru merasa tertantang dan termotivasi. Mayoritas mahasiswa juga memiliki tingkat kemampuan regulasi diri yang cukup tinggi. Mereka mampu menetapkan target dalam mengerjakan tugas dan menyelesaikannya tepat waktu sesuai dengan target waktu yang mereka tetapkan sendiri maupun deadline yang ditetapkan oleh dosen. Adapun upaya yang dilakukan mahasiswa dalam meningkatkan resiliensi yaitu dengan cara menguatkan kemampuan regulasi diri mereka, misalnya membuat target dalam mengerjakan tugas, tidak mengulur waktu dan menunda tugas, serta menetapkan skala prioritas.