Articles
19 Documents
Search results for
, issue
"Vol 12, No 2 (2022): Malih Peddas, Volume 12, Nomor 2"
:
19 Documents
clear
PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTU ALAT PERAGA KENDI AJAIB DAN LUMBUNG PANCASILA DI KELAS IVB SD LABSCHOOL UNNES TAHUN PELAJARAN 2021/2022
nur, dhofi ramadhan
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 12, No 2 (2022): Malih Peddas, Volume 12, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v12i2.13458
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Khususnya pada aspek percaya diri dan prestasi belajar, Peserta didik masih kesulitan dalam mengelompokan contoh-contoh penerapan pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan metode diskusi berbantu alat peraga kendi ajaib dan lumbung pancasila. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan agustus 2022, bertempat di kelas IV B SD Labschool UNNES . Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif data berupa beberapa dokumen hasil pekerjaan peserta didik, daftar nilai, lembar angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode kooperatif diskusi mampu meningkatkan percaya diri dan hasil belajar peserta didik. Dari total 17 Peserta didik pada siklus pertama diperoleh 10 atau 58,82 % , sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 94.11%. Prestasi belajar peserta didik pada siklus pertama memperoleh 58,82% sedangkan pada siklus kedua terjadi peningkatan yakni 16 peserta didik atau 94.11% peserta didik sudah mendapat nilai diatas KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa percaya diri dan prestasi belajar peserta didik meningkat.Kata Kunci: Percaya diri, Prestasi belajar, Pembelajaran Kontekstual
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS ICT PADA SISWA KELAS IIIA SDN 2 LETEH TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Nisak, Nur Fadlilatun;
Subekti, Ervina Eka;
Susanti, Susi
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 12, No 2 (2022): Malih Peddas, Volume 12, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v12i2.13295
Pembelajaran kelas IIIA tema 1 perlu adanya model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Maka dari itu perlu menentukan model pembelajaran yang sesuai, merencanakan materi terlebih dahulu, menyusun strategi belajar mengajar, dan media ajar. Hasil pengamatan awal pada rata-rata nilai peserta didik pada Pra Siklus yang tuntas KKM adalah sebanyak 10 peserta didik (36%) dan sebanyak 18 peserta didik (64%) belum lulus KKM. Hal ini menunjukkan masih banyak peserta didik yang kurang memahami materi yang diajarkan. Tujuan penelitan ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IIIA dalam tema 1 pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP dengan menggunakan model Discovery Learning berbasis ICT. Pada Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian Siklus I yang tuntas KKM adalah sebanyak 16 peserta didik (57%). Pada siklus II yang tuntas KKM adalah sebanyak 19 peserta didik (68%). Dan pada siklus III yang tuntas KKM adalah sebanyak 24 peserta didik (86%) sehingga telah mencapai nilai KKM yang ditentukan. Hasil tersebut menunjukan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning berbasis ICT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran kelas IIIA tema 1 pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM OPERASI HITUNG BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) MELALUI MEDIA LIDI PADA SISWA KELAS I SD NEGERI NGABLAK 01 KECAMATAN CLUWAK KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2022/2023
Veronika, Maria Afwa;
Nugroho, Aryo Andri;
Murniati, Murniati
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 12, No 2 (2022): Malih Peddas, Volume 12, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v12i2.13318
Laporan penelitian ini berdasarkan pada hasil pembelajaran matematika yang belum mencapai ketuntasan dan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta motivasi siwa tentang materi operasi hitung bilangan bab penjumlahan pada siswa kelas 1 SD Negeri Ngablak 01 dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Number Head together (NHT) dan media benda lidi. Penelitian dilakukan karena pencapaian hasil belajar siswa di dalam proses pembelajaran Matematika pada tahap pra siklus belum memuaskan. Dari 23 siswa hanya 36 % siswa yang mencapai KKM 75. Oleh karena itu, penulis melaksanakan perbaikan pembelajaran tahap siklus I dan Siklus II. Pada tahap I, penulis melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dan media gambar lidi. Hasil yang di dapat sudah terdapat beberapa peningkatan, dari 36 % yang tuntas menjadi 64%. Karena hasil yang di dapat belum memuaskan, maka penulis melakukan perbaikan siklus II. Pada siklus II ini, media pembelajaran yang digunakan adalah lidi untuk mempermudah siswa mengerjakan soal. Hasil belajar yang dicapai pada siklus II ini sudah memuaskan karena seluruh siswa mencapai ketuntasan 100 % dengan nilai rata-rata 89,2. Simpulan penelitian ini adalah dengan model pebelajaran kooperatif NHT dan media lidi dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa kelas 1 SD Negeri Ngablak 01 tahun pelajaran 2022/2023.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN SENDANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Selfia, Pradista;
Reffiane, Fine;
Kiswati, Kiswati
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 12, No 2 (2022): Malih Peddas, Volume 12, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v12i2.13289
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tema organ gerak hewan dan manusia dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas V SDN Sendang tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar tematik siswa dan kualitatif untuk mengetahui aktivitas kinerja guru dan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran. Keberhasilan penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas kinerja guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar tematik siswa pada tiap siklusnya. Â Hasil analisis aktivitas kinerja guru pada siklus I mencapai persentase 77%, siklus II 83%, dan siklus III 88%. Sedangkan persentase aktivitas siswa mencapai 75% pada siklus I, 80% pada siklus II, dan 86% pada siklus III. Peningkatan hasil belajar tematik siswa dilihat dari pencapaian ketuntasan klasikal pada tiap siklusnya. Persentase ketuntasan klasikal pada pra siklus yaitu 33%, pada siklus I 56%, pada siklus II 78%, dan pada siklus III mencapai 89%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar tema organ gerak hewan dan manusia pada siswa kelas V SDN Sendang tahun pelajaran 2022/2023.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS V SEMESTER 1 SD NEGERI ROGOMULYO 01 PATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Maulana, Novan;
Sumarno, Sumarno;
Rahayu, Wahyuningsih
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 12, No 2 (2022): Malih Peddas, Volume 12, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v12i2.13361
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning (PBL) pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia kelas V semester 1 SD Negeri Rogomulyo 01 Pati tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 17 peserta didik. Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes dan observasi. Berdasarkan analisis data penelitian peningkatan hasil belajar kognitif, rata- rata nilai peserta didik pada kondisi awal (prasiklus) 54,71 dengan ketuntasan klasikal sebesar 29% (5 siswa) dari 17 siswa. Pada siklus I meningkat menjadi 67,06 dengan ketuntasan klasikal sebesar 59% (10 siswa). Pada Siklus II meningkat menjadi 78,82 dengan ketuntasan klasikal 82% (14 siswa), Pada Siklus III meningkat menjadi 85,29 dengan ketuntasan rata- rata nilai klasikal 94% (16 siswa). Peningkatan hasil belajar afektif pada kondisi awal (pra siklus) belum ada peserta didik yang mencapai minimal berpredikat baik. Pada siklus I terdapat 29% (5 siswa), siklus II meningkat menjadi 82% (14 siswa), siklus III meningkat menjadi 94% (16 siswa) yang mencapai predikat minimal baik. Peningkatan hasil belajar psikomotorik pada kondisi awal (pra siklus) terdapat 24% (4 siswa) mencapai predikat minimal baik. Pada siklus I meningkat 41% (7 siswa), siklus II meningkat menjadi 71% (12 siswa), siklus III meningkat menjadi 94% (16 siswa) yang mencapai predikat minimal baik.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK BERBASIS CERITA DESKRIPSI TEMA CITA-CITA KELAS IV SDN 2 KADUJAJAR MALINGPING LEBAK BANTEN
rohilah, siti;
Vivi Yandari, Indhira Asih;
Alamsyah, Trian Pamungkas
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 12, No 2 (2022): Malih Peddas, Volume 12, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v12i2.12002
ABSTRAKpeneliti menemukan bahwa masih banyak peserta didik sekolah dasar yang belum mampu menuangkan bahasa tulisnya kedalam bahasa lisan. Spesifikasi produk yang dikembangkan dalam penelitian ini yakni media pembelajaran yang layak digunakan untuk kegiatan pembelajran dalam meningkatkan keterampilan berbahsa, sehingga peneliti mengangkat judul Pengembangan “Media Pembelajaran Big Book Beerbasis Cerita Deskripsi dikelas IV SDN 2 Kadujajarâ€. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, penelitian dan pengembangan Research and Development (RD) Desain penelitian dan pengembangan yang akan dilaksanakan merujuk 6 langkah yaitu analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produkKelayakan media pembelajaran diperoleh persentase dari ahli media 1 sebesar 86% dan ahli media 2 sebesar 90%, dari dua ahli bahasa ahli bahasa 1 sebesar 84% dan ahli bahasa 2 sebesar 96%, dan dari dua ahli materi, ahli materi 1 sebesar 95% dan ahli materi 2 sebesar 81% sehingga diperoleh rata-rata sebesar 88% dengan kategori “Sangat Layakâ€. Respons peserta didik terhadap media pembelajaran big book berbasis cerita deskripsi di kelas IV uji coba lapangan yang melibatkan 12 peserta didik memperoleh persentase 82% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baikâ€.Kata Kunci : Media Pembelajran, Big Book, Cerita Deskripsi, Kelas IV SD
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 4 SROBYONG JEPARA
Husni, Fahrizal;
Sukamto, Sukamto;
Miyarti, Miyarti
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 12, No 2 (2022): Malih Peddas, Volume 12, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v12i2.13358
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas III SD Negeri 4 Srobyong tahun pelajaran 2022/2023 pada tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan 1 kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 4 Srobyong yang terdiri dari 18 siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan observasi, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas III pra siklus sebesar 68,3, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 74,4, kemudian meningkat menjadi 78,3 pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 84,4 pada siklus III. Persentase jumlah siswa tuntas KKM mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada pra siklus persentase siswa tuntas KKM sebesar 44%, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 61%, kemudian meningkat menjadi 72% pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 89% pada siklus III. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas III SD Negeri 4 Srobyong Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup.Â
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA CANVA DI KELAS III SEMESTER 1 SDN 2 KENDENGSIDIALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Antika, Hendi;
Huda, Choirul;
Murniati, Murniati
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 12, No 2 (2022): Malih Peddas, Volume 12, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v12i2.13294
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif pembelajaran tematik kelas III SDN 2 Kendengsidialit. Sebesar 38,46% peserta didik yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal tersebut disebabkan karena kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran yang bervariasi saat proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Canva di Kelas III Semester 1 SDN 2 Kendengsidialit Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023?â€. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas III SDN 2 Kendengsidialit Jepara yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantu media Canva dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu minimal 75%. Pada siklus I persentase ketuntasan peserta didik yaitu 53,84%. Siklus II mengalami peningkatan yaitu 73,08%, dan siklus III yaitu 88,46%. Berdasarkan hasil data tersebut penelitian yang dilakukan dinyatakan telah berhasil.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU PPT INTERAKTIF DI KELAS III SDN 3 BAWU TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Mulya, Intan Nur Fatikha;
Artharina, Filia Prima;
Miyarti, Miyarti
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 12, No 2 (2022): Malih Peddas, Volume 12, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v12i2.13313
HHasil belajar siswa kelas III SDN 3 Bawu pada pra siklus yaitu 20 peserta didik mendapat nilai tuntas dengan rata-rata kelas 67,5. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan model Problem Based Learning berbantu media Interaktif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dalam 3 siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penelitian tindakan kelas pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup SDN 3 Bawu Jepara dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu PPT Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar kognitif pada pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup SDN 3 Bawu Jepara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mengalami kenaikan yang signifikan yaitu pada siklus I adalah 65%, siklus II 80% dan naik menjadi 85% di siklus III dengan KKM 70 pada semua siklus.
PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI MEDIA ANIMASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAGI SISWA KELAS V SDN LOBANG 02
MEGASARI, SABTI NUR;
ROSHAYANTI, FENNY;
SUMARNO, SUMARNO
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 12, No 2 (2022): Malih Peddas, Volume 12, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v12i2.13006
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya media animasi powtoon dalam pembelajaran materi sistem peredaran darah manusia siswa kelas V SDN Lobang 02. Jenis penelitian ini merupakan penelitian campuran atau kombinasi dari penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru kelas V SDN Lobang 02 dan siswa kelas V SDN Lobang 02. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, lembar angket, dan lembar test. Berdasarkan tes yang dikerjakan siswa diperoleh rata – rata pretest yaitu 65,77 sedangkan hasil perolehan nilai posttest adalah 85,77. Dari penghitungan Uji-t diperoleh hasil 0,000 0,05. Pada penghitungan uji N-Gain hasilnya yaitu sebesar 0,3 ≤ 0,6020 ≤ 0,7 maka Ngain score termasuk kategori sedang. Dan untuk nilai N-Gain persen diperoleh hasil mean yaitu 60,1954 yang berarti efektifitas N-Gain score termasuk dalam kategori cukup efektif. Kesimpulannya penggunaan media animasi powtoon dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Lobang 02.