cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Manajemen & Supervisi Pendidikan
ISSN : 25803417     EISSN : 25414429]     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan [p-ISSN 2580-3417 | e-ISSN 2541-4429] was first published in 2016 by the Department of Educational Administration Faculty of Education State University of Malang. Published three times a year, March, July, and November. We accept research articles within the scope of the study of educational management, educational leadership and educational supervision.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2016): Vol. 1 No. 1 November 2016" : 13 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK MELALUI PENDAMPINGAN DAN SUPERVISI MANAJERIAL Astarini, Dwi
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 1, No 1 (2016): Vol. 1 No. 1 November 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.23 KB) | DOI: 10.17977/um025v1i12016p36

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to improve the ability of school principals inpreparing academic supervision programs through mentoring and managerial supervision.This study is intended to improve the performance of teachers in improving basic competenceand performance as a professional teacher. The draft before conducting research, compilingperformance assessment instruments principals in the description of the activities in the groupsupervision in KKKS forum. This study has two cycles through mentoring and managerialsupervision conducted by researchers in an attempt to improve the ability of the principal.Results of research conducted during two cycles and based the entire discussion and analysishas been done be concluded to see the ability of school principals in preparing the programof the academic supervision necessary technical support and managerial supervision bysupervisors. The results of the implementation of the first cycle and the second cycle bya watchdog have shown improvement. Criteria and instruments increase the ability ofprincipals has been achieved up to 87.5% on the principal in elementary Cluster 4 DistrictsMagersari Mojokerto.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalammenyusun program supervisi akademik melalui pendampingan dan supervisi manajerial.Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja guru dalam meningkatkan kompetensidasar dan performanya sebagai guru profesional. Rancangan sebelum mengadakan penelitian,menyusun instrumen penilaian kinerja kepala sekolah dalam uraian kegiatan dalam supervisikelompok di forum KKKS. Penelitian ini terdapat dua siklus melalui pendampingan dansupervisi menejerial yang dilakukan peneliti dalam upaya untuk meningkatkan kemampuankepala sekolah. Hasil penelitian yang telah dilakukan selama dua siklus dan berdasarkanseluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan diperoleh simpulan untuk melihatkemampuan kepala sekolah dalam menyusun program supervisi akademik perlu dilakukanpendampingan dan supervisi manajerial oleh pengawas. Hasil pelaksanaan Siklus I danSiklus II oleh pengawas telah menunjukkan peningkatan. Kriteria dan instrumen peningkatankemampuan kepala sekolah sudah dapat tercapai sampai 87,5% pada kepala sekolah di GugusSD 4 Kecamatan Magersari Kota Mojokerto.Kata kunci: kemampuan kepala sekolah, program supervisi akademik, pendampingan,supervisi manajerial
PENINGKATAN KUALITAS MENGAJAR GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS OLEH PENGAWAS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR Hadi, Hadi
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 1, No 1 (2016): Vol. 1 No. 1 November 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.197 KB) | DOI: 10.17977/um025v1i12016p74

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to: (1) determine the quality of teaching and teacher atSDN 1 Wangun Palang Tuban; (2) determine the relationship of the frequency of educationalsupervision by the principal with teaching quality of teachers at SDN 1 Wangun PalangTuban; and (c) describe the clinical supervision conducted by the principal to improve theteaching quality of teachers at SDN 1 Wangun Palang Tuban. This study used a descriptiveapproach. The technique of collecting data using questionnaires. The results of analysis showthat there is significant increase in the frequency of use of learning clinical supervision by theprincipal with the quality of teaching and teacher at SDN 1 Wangun Palang Tuban.Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kualitas pengajaran danguru di SDN 1 Wangun Palang Tuban; (2) mengetahui hubungan frekuensi pengawasanpendidikan oleh kepala sekolah dengan kualitas pengajaran guru di SDN 1 Wangun PalangTuban; dan (c) mendeskripsikan supervisi klinis yang dilaksanakan oleh kepala sekolahuntuk meningkatkan kualitas pengajaran guru SDN 1 Wangun Palang Tuban. Penelitianini menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakaninstrumen angket. Hasil analisis diketahui bahwa ada peningkatan signifikan dalam frekuensipenggunaan pembelajaran supervisi klinis oleh kepala sekolah dengan kualitas pengajarandan guru di SDN 1 Wangun Palang Tuban.Kata kunci: supervisi klinis, guru mengajar kualitas
MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PROSES bELAJAR MENGAJAR MELALUI SUPERVISI KELOMPOK Subandiyo, Subandiyo
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 1, No 1 (2016): Vol. 1 No. 1 November 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.298 KB) | DOI: 10.17977/um025v1i12016p42

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to improve the ability of teachers to implementPBM through supervision group. The design of this study a qualitative research approachAction Research School. The results showed that the level of ability to carry out teaching andlearning activities teachers Class V increased significantly, in the first cycle obtain the value72.10 (qualifying well), the second cycle obtain the value of 80 (good qualification) and thethird cycle the average value of 86, 50 (excellent qualifications). Based on the results of thisstudy concluded that the ability of teachers to carry out teaching and learning activities throughsupervision groups to increase in value. Based on the conclusions presented suggestions forteachers to continuously improve their ability with the guidance of the school supervisor/principal and learn independently.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru melaksanakanPBM melalui supervisi kelompok. Rancangan penelitian ini penelitian kualitatif denganpendekatan Penelitian Tindakan Sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tingkatkemampuan melaksanakan PBM para guru Kelas V meningkat secara sinifikan, pada SiklusI memperoleh nilai 72,10 (kualifikasi baik), Siklus II memperoleh nilai 80 (kualifikasi baik),dan Siklus III nilai rata-rata 86,50 (kualifikasi sangat baik). Berdasarkan hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan PBM melalui supervisikelompok meningkat nilainya. Berdasarkan simpulan dikemukakan saran bagi guru untukterus meningkatkan kemampuannya dengan bimbingan dari pengawas sekolah/kepalasekolah maupun belajar secara mandiri.Kata kunci: kemampuan guru, proses belajar mengajar, supervisi kelompok
MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DASAR DALAM LATAR BUDAYA MASYARAKAT PENDALUNGAN Sobri, Ahmad Yusuf; Nurabadi, Ahmad; Juharyanto, Juharyanto
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 1, No 1 (2016): Vol. 1 No. 1 November 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.647 KB) | DOI: 10.17977/um025v1i12016p80

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik kepemimpinankepala sekolah dasar dalam latar budaya masyarakat Pendalungan, (2) mendeskripsikannilainilaiyang diterapkan oleh sekolah dalam budaya masyarakat Pendalungan, (3) menemukenalimodel peningkatan profesionalisme guru yang dilakukan kepala sekolah dasar dalam latarbudaya masyarakat Pendalungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif denganjenis penelitian fenomenologis sosiologis.Sumber data terdiri dari dua macam, yaitu insani(kepala sekolah, guru dan siswa) dan non insani (literatur dan bahan cetakan yang relevan).Teknikpengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Analisisdata dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian adalah (1)Kepemimpinankepala sekolah bersifat terbuka, bijaksana dan berwibawa terutama dalam pengambilankeputusan dengan kebijakan yang dibuat dengan melibatkan seluruh guru, (2) nilai-nilai yangditerapkan oleh sekolah berdasarkan nilai budaya masyarakat Pendalungan dan nilai-nilaiIslam, dan (3) pengembangan profesionalisme guru dalam rangka peningkatan kemampuanpersonel sekolah melaksanakan tugas dan fungsinya dilakukan dalam berbagai teknik.Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, budaya PendalunganAbtract: This study aims to (1) describe the characteristics of the leadership of schoolprincipals in the background of Pendalungan culture, (2) describe the values applied by thePendalungan culture, (3) identify the model of improving the professionalism of elementaryschool teacher conducted by principal in the background of Pendalungan culture. Thisstudy used a qualitative approach, sociological phenomenological research. The data sourceconsists of two kinds, human source (principals, teachers, and students), and non-humansource (literature and relevant printed materials). The technique of collecting data usinginterviews, observation and documentation. Data were analyzed by descriptive qualitativemethod. The results of the study are (1) the principal’s leadership is open, thoughtful andauthoritative, especially in decision-making with the policies made by involving all teachers,(2) the values adopted by the school based on the value of culture Pendalungan and Islamicvalues, and (3) professional development of teachers in order to improve the ability of schoolpersonnel carry out their duties and functions performed in various techniquesKeyword: the leadership of school principals, he professionalism of teacher, Pendalunganculture
MANAJEMEN PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN Maharani, Deviana Ika; A.Y, M. Huda; Arifin, Imron
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 1, No 1 (2016): Vol. 1 No. 1 November 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.882 KB) | DOI: 10.17977/um025v1i12016p17

Abstract

Abstract: Focus in this research is planning, implementation, and evaluation of learningislamic boarding school Darur Roja’. This study used qualitative methode; by case studya site design; Researchers as an instrument of this study; Data sources of this study are thevice principal of caregiver islamic boarding school, the foundation’s president, management,teacher and student; data were collected through indepth interview, observation, anddocumentation. Islamic boarding school Darur Roja’ learning plan in principle include thesyllabus and learning implementation plan but not yet documented. implementation of thelearning process is done every Saturday until Thursday. Teacher make methods of deliveryof material wear Sorogan and wetonan and the end discussion. Evaluation of learning usingformative evaluation is in the form of assessment test eonducted after the completion ofsubject studied students and summative.Keyword: learning management, islamic boarding school.Abstrak: Fokus pada penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasipembelajaran Pondok Pesantren Darur Roja’. Pendekatan kualitatif dengan rancangan studikasus tunggal; peneliti sebagai instrumen; sumber data meliputi pengasuh pondok pesantren,ketua yayasan, pengurus, ustadz dan santri pondok pesantren; teknik pengumpulan datadengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Perencanaan pembelajaran PondokPesantren Darur Roja’ secara prinsip dilengkapi silabus dan Rancangan PelaksanaanPembelajaran (RPP) tetapi belum didokumentasikan, Pelaksanaan proses belajar mengajardilaksanakan setiap hari Sabtu-Kamis, ustadz menyampaikan materi pelajaran denganmenggunakan metode penyampaian materi sorogan dan wetonan, dan diakhiri dengan tanyajawab. Evaluasi pembelajaran menggunakan evaluasi formatif yaitu penilaian berupa tesyang dilakukan setelah satu pokok bahasan selesai dipelajari santri dan evaluasi sumatif.Kata kunci: manajemen pembelajaran, pondok pesantren.
MANAJEMEN QUALITY ASSURANCE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP SEKOLAH Kalimantara, Brenda Resti Febrianti
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 1, No 1 (2016): Vol. 1 No. 1 November 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.389 KB) | DOI: 10.17977/um025v1i12016p52

Abstract

Abstract: The aims of the research are to describe: the formulation’s process of the QualityAssurance (QA), the implementation of QA on learning,the factors that supporting andhindering the implementation of QA, solutions to overcome barriers to the implementationof QA.This study used a case study of qualitative approach. The data collection were byhaving interviews, observation and documentation. The results showed the background of theimplementation of QA is an instruction from JSIT (Integrated Islamic School Network) andalso the needs of the school, implementation of the QA divided each month, the supporting andinhibiting factors are coming from inside and outside of the school.The general solution aremore involving the coordination between teachers, vice principals, principal and foundations.Keywords: quality assurance, public trust.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: proses perumusan QualityAssurance (QA), implementasi QA saat pembelajaran, faktor pendukung dan penghambatimplementasi QA, solusi untuk mengatasi hambatan implementasi QA. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan datamenggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkanlatarbelakang penerapan QA merupakan instruksi dari JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) danjuga merupakan kebutuhan sekolah, implementasi QA dibagi setiap bulan, faktor pendukungdan penghambat implementasi berasal dari dalam dan luar sekolah, solusi secara umum yaitudengan lebih melibatkan koordinasi antara kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan yayasan.Kata kunci: quality assurance, kepercayaan masyarakat.
MENAJEMEN SEKOLAH KHUSUS OLAHRAGAWAN INTERNASIONAL Sunu, La; Asbas, Andi Ichrar; Labulan, Labulan
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 1, No 1 (2016): Vol. 1 No. 1 November 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.017 KB) | DOI: 10.17977/um025v1i12016p88

Abstract

Abstract:the purpose of this study is to determine: (1) the recruitment of students / athletesSKOI, (2) the learning process of students / athletes SKOI, (3) the results of NationalExamination student / athletes SKOI. (4) the results of achievements at local, national, andinternational student / athletes SKOI, (5) barriers and solutions of the students / athletes SKOI.The approach used is qualitative method by using data collection techniques are observation.The results of the research is the process of admission of students / athletes by letter callsfrom diknas cities and counties. Learning process by using the same curriculum 2006 regularschools, but in practice there are some differences. The results of both semester exams andpassing the national exam 100%. Sporting achievements championship results obtained inthe national and international scale. Barriers faced is the lack of socialization with the district/ city, teaching hours, in contrast to regular schools, the semester schedule sometimes clashwith the event and national exams, as well as the lack of tournaments between students andthe lack of involvement in national and international championships.Keywords: school management, special school, athlete schoolAbstrak: tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) rekrutmen siswa/atlit SKOI,(2) proses pembelajaran siswa/atlit SKOI, (3) hasil Ujian Nasional siswa/atlit SKOI. (4)hasil prestasi daerah, nasional, dan internasional siswa/atlit SKOI, (5) hambatan dan solusiyang dimiliki siswa/atlit SKOI. Pendekatan yang digunakan yaitumetode kualitatif denganmenggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi.Hasil penelitian yaitu prosespenerimaan siswa/atlit dengan melalui surat panggilan dari diknas kota dan kabupaten. Prosespembelajaran dengan menggunakan kurikulum tahun 2006 sama sekolah reguler, namundalam pelaksanaannya ada beberapa perbedaan. Hasil ujian semester baik dan kelulusanujian nasional 100%. Prestasi olahraga hasil kejuaraan diperoleh dalam skala nasional daninternasional. Hambatan yang dihadapiyaitu kurangnya sosialisasi dengan kabupaten/kota,jam belajar berbeda dengan sekolah reguler, jadwal semester terkadang benturan denganacara dan ujian nasional, serta minimnya turnamen antar pelajar dan kurangnyaketerlibatandalam kejuaraannasional dan internasional.Kata kunci: manajemen sekolah, sekolah khusus, sekolah olahragawan
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MATA PELAJARAN SEJARAH DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI TEKNIK SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS Riyadi, Slamet
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 1, No 1 (2016): Vol. 1 No. 1 November 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.535 KB) | DOI: 10.17977/um025v1i12016p24

Abstract

Abstrak: Salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan merencanakan danmelaksanakan pembelajaran adalah melalui teknik supervisi kunjungan kelas. Tujuannyaadalah: 1) mengetahui implementasi teknik supervisi kunjungan kelas dalam rangkameningkatkan kemampuan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran guru bidangstudi Sejarah; 2) mengetahui apakah teknik supervisi kunjungan kelas dapat meningkatkankemampuan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran guru bidang studi Sejarah.Metode yang digunakan ialah rancangan Penelitian Tindakan Sekolah. Kesimpulannya: 1)teknik kunjungan kelas dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien; 2) teknis kunjungankelas terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaanpembelajaran; 3) teknik kunjungan kelas terbukti dapat meningkatkan kemampuanmelaksanakan pembelajaran guru bidang studi sejarah.Kata kunci: kemampuan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, teknik supervisikunjungan kelas.Abtract : One means to improve the ability to plan and carry out the engineering supervisionof learning is through classroom visits. The purpose of this study are: (1) knowing howthe implementation of classroom visits supervision technique in order to improve theability of teachers of History to plan and implement learning teachers at MAN RejotanganTulungagung; (2) determine whether classroom visits supervision technique can improvethe ability of teachers of History to plan and implement learning at MAN RejotanganTulungagung. The method used is the design of Educational Action Research. The resultsshowed that: (1) the implementation of supervision techniques can be implemented in theclassroom visits MAN Rejotangan Tulungagung effectively and efficiently; (2) classroomvisits supervision technique proven to increase the ability of teachers in preparing a lessonplan (RPP) as preparation for the implementation of the learning process; (3) technicalsupervision of classroom visits are proven to increase the ability of teachers to implementlearning the history of the MAN Rejotangan Tulungagung.Keyword: the ability to plan and to implement learning, he engineering supervision oflearning is through classroom visits.
MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH ALAM Hakim, Luqmanul
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 1, No 1 (2016): Vol. 1 No. 1 November 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.397 KB) | DOI: 10.17977/um025v1i12016p60

Abstract

facilities and infrastructure of nature with through several functions, namely, planningfacilities and infrastructure nature, provision of school facilities and infrastructure of nature,an inventory of school facilities and infrastructure nature, maintenance of facilities andinfrastructure of the school of nature, the use of facilities and infrastructure nature school,and discuss the effectiveness of the use of school facilities and infrastructure nature. Researchqualitative approach with case study design. The technique of collecting data by interview,observation, documentation and then the data analysis is done through data reduction , thedisplay of the data and the verification data. The findings of the research include, functioningschool facilities and infrastructure management nature, planning, procurement, inventory,maintenance, use of facilities and infrastructure as well as the effectiveness of the use ofschool facilities and infrastructure nature.Keywords : management of facilities and infrastructure, natural schoolAbstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, mengetahui dan menjelaskan manajemensarana dan prasarana sekolah alam melakui beberapa fungsi yaitu, perencanaan sarana danprasarana alam, pengadaan sarana dan prasarana sekolah alam, inventarisasi sarana danprasarana sekolah alam, pemeliharaan sarana dan prasaran sekolah alam, pengunaan saranadan prasarana sekolah alam, dan membahas keefektifan pengunaan sarana dan prasaranasekolah alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitianstudi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi kemudiananalisis data dilakukan melalui reduksi data, penampilkan data dan verifikasi data. Temuanpenelitian meliputi, fungsi manajemen sarana dan prasarana sekolah alam, perencanaan,pengadaan, inventarisasi, pemeliharaan, penggunaan sarana dan prasarana serta keefektifanpenggunaan sarana dan prasarana sekolah alam.Kata Kunci : manajemen sarana dan prasarana, sekolah alam
MANAJEMEN PEMBELAJARAN KELAS OLAHRAGA Masputri, Serly; Sobri, Ahmad Yusuf; Kusumaningrum, Desi Eri
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) Vol 1, No 1 (2016): Vol. 1 No. 1 November 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.22 KB) | DOI: 10.17977/um025v1i12016p97

Abstract

Abstract: The aims of the research are to describe: the lesson planning of sport classroom,sport classroom teaching organizised, exercise class learning implementation, evaluation oflearning and resistance exercise class and gym class learning solutions. This study used a casestudy of qualitative approach. The data collection were by having interviews, observation anddocumentation. The results showed planners exercise class program involves the education,PENGCAB and KONI. Learning implementation is divided into academic and non-academiclearning that involves each PENGCAB, and conducted evaluation to measure the success aswell.Keywords: Learning management and sport classroom.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: perencanaan pembelajaran kelasolahraga, pengorganisasian pembelajaran kelas olahraga, pelaksanaan pembelajaran kelasolahraga, evaluasi pembelajaran kelas olahraga dan hambatan serta solusi pembelajarankelas olahraga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitianstudi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasilpenelitian menunjukkan perencana program kelas olahraga melibatkan dinas pendidikan,PENGCAB dan KONI. Pelaksanaan pembelajaran terbagi menjadi pembelajaran akademikdan pembelajaran non akademik yang melibatkan PENGCAB olahraga masing-masing, sertadilakukan evaluasi untuk mengukur keberhasilan pembelajaran kelas olahraga.Kata kunci: manajemen pembelajaran dan kelasolahraga.

Page 1 of 2 | Total Record : 13