cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI
Published by STMIK JAKARTA STI&K
ISSN : 14129434     EISSN : 25497227     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah Komputasi ISSN : 1412-9434 adalah jurnal ilmiah di bidang Komputer dan Komunikasi yang memuat tulisan-tulisan ilmiah mengenai penelitian-penelitian di bidang: perangkat keras, perangkat lunak, komputasi, jaringan komputer dan komunikasi data. Jurnal terbit empat kali dalam setahun yakni bulan Juni, September, Desember, Maret dan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer STI&K. Dewan penyunting merupakan mitra bestari dari beberapa perguruan tinggi yakni: Universitas Gunadarma (UG), Sekolah Tinggi Teknik Cendekia (STTC), Sekolah TinggiManajemen Informatika dan Komputer Pradnya Paramita Malang (STIMATA) dan Universitas Indonesia (UI). Redaksi mengundang para peneliti, praktisi, dan mahasiswa untuk menulis perkembangan ilmu di bidang-bidang tersebut.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 22 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 3, September 2023" : 15 Documents clear
Analisis User Experience Pada Aplikasi PeduliLindungi Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Rafi Dito Syahputra; Metty Mustikasari
Jurnal Ilmiah Komputasi Vol. 22 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 3, September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32409/jikstik.22.3.3365

Abstract

Wabah Covid-19 awal mula ditemukan penyebarannya dari kota Wuhan di Provinsi Hubei Tiongkok. Pada tanggal 11 Maret 2020. Di Indonesia pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi. Setiap orang yang sudah melakukan vaksinasi akan mendapatkan sertifikat vaksin yang akan dikirim menggunakan pesan singkat melalui telepon seluler sesuai dengan nomor telepon penerima vaksin. Perkembangan inovasi dan layanan yang hadir dalam bidang teknologi informasi pada saat ini sangat berdampak pada kehidupan manusia modern. Maka dari itu pemerintah Republik Indonesia yang bekerja sama dengan kementerian kesehatan membuat aplikasi bernama PeduliLindungi yang berguna untuk membantu pemerintah dalam melakukan pelacakan digital guna menghentikan penyebaran virus Covid-19 dan berfungsi untuk memberi peringatan kepada pengguna jika berada di keramaian atau di Kawasan zona merah. Dalam penelitian ini penulis menganalisis User Experience pada aplikasi PeduliLindungi dengan menggunakan metode Heuristic Evaluation untuk menemukan dan menentukan masalah dari aspek usability . Hasil perhitungan analisis pada aplikasi PeduliLindungi mendapatkan skor akhir 84.73% yang berarti bahwa aplikasi PeduliLindungi termasuk ke dalam kategori usability (ketergunaan) “Sangat Tinggi” karena berada dalam rentang persentase 84%-100%.
Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di RSUD Buton Selatan Menggunakan Task Centered System Design Sri Martianingsih Jibran; Irving Vitra Paputungan; Rahadian Kurniawan
Jurnal Ilmiah Komputasi Vol. 22 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 3, September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32409/jikstik.22.3.3376

Abstract

Dengan menggunakan SIMRS diharapkan Rumah Sakit dapat memberikan pelayanan yang cepat dan efektif serta memberikan kenyamanan pada pasien untuk mendapatkan layanan medis yang dibutuhkan. Permasalahan yang terjadi di RSUD Buton Selatan yaitu pengelolaan data medis yang kurang efektif dan masih manual sehingga pelayanan pasien menjadi lambat dan rekam medis pasien sering hilang atau tidak ditemukan. Sistem informasi manajemen ini bertujuan agar proses administrasi mulai dari registrasi pasien, penyimpanan data rekam medis sehingga memungkinkan seorang penata laksana kesehatan sampai dengan petugas administrasi rumah sakit untuk mengakses informasi secara cepat dan akurat. Metode pengembangan sistem ini menerapkan metode TCSD ( Task Centered System Design ) di dalam pembangunannya untuk mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan user dan juga kebutuhan task . Dengan implementasi penggunaan metode Task Centered system Design (TCSD) diharapkan sisi desain sistem SIMRS dapat membantu terutama pada kebutuhan task dan kebutuhan user yaitu tersedianya beberapa menu jalan pintas, presentasi data yang mudah dan menarik, struktur menu yang lebih user friendly , dan model pencarian yang bisa sangat membantu.
Klasifikasi Jenis Sampah Menggunakan Base ResNet-50 Jihan Nuariputri; Maimunah; Pristi Sukmasetya
Jurnal Ilmiah Komputasi Vol. 22 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 3, September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32409/jikstik.22.3.3380

Abstract

Produksi sampah meningkat sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk. Pengelolaan sampah diperlukan untuk mengurangi sampah yang semakin meningkat salah satunya dengan pemilahan jenis-jenis sampah. Namun, masyarakat masih kesulitan dalam melakukan pemilahan sampah sehingga diperlukan teknologi yang membantu dalam memilah sampah agar tercipta pengelolaan sampah yang optimal. Pada penelitian ini, akan digunakan model ResNet-50 sebagai base model untuk melakukan klasifikasi jenis-jenis sampah. ResNet-50 akan dimodifikasi dengan ditambahkan beberapa layer dan fine-tuning untuk mendapatkan hasil yang optimal. Dari hasil penelitian yang membagi jenis-jenis sampah menjadi 7 kelas ( cardboard , glass , metal , paper , plastic , trash dan compost ) dengan menggunakan parameter batch size sebesar 16, jumlah epoch 18, learning rate sebesar 0.0001 dengan optimizer Adam menghasilkan nilai evaluasi kinerja dengan nilai akurasi mencapai 98.70%. Hasil penelitian ini dapat membantu memilah sampah dengan lebih maksimal.
SISWO (Sistem Informasi Wedding Organizer) berbasis Web sebagai solusi para pasangan mempersiapkan pernikahan Muhammad Ibnu Affan; Cindy Taurusta; Novia Ariyanti
Jurnal Ilmiah Komputasi Vol. 22 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 3, September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32409/jikstik.22.3.3382

Abstract

Wedding organizer adalah layanan yang membantu dalam persiapan dan pelaksanaan acara pernikahan. Indah Collection adalah salah satu penyedia jasa paket wedding organizer di Sidoarjo namun masih menggunakan pelayanan secara manual. Salah satu masalah yang sering muncul adalah kurangnya informasi yang membantu calon pengantin dalam mengambil keputusan terkait resepsi pernikahan dan perencanaan biaya yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, penulis merancang sebuah sistem informasi pemesanan jasa wedding organizer dengan tujuan memudahkan calon pengantin dalam proses pemesanan dan sebagai sarana promosi untuk Indah Collection. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Waterfall , yang digunakan sebagai panduan dalam merancang sistem ini, dan Black Box Testing , yang digunakan untuk menguji sistem yang telah dibangun. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan sebuah sistem informasi wedding organizer berbasis website yang dapat diakses dan digunakan oleh calon pelanggan untuk melakukan pemesanan pernikahan.
Implementasi Moodle dan Ubuntu Server Berbasis LAN untuk Evaluasi Pembelajaran Peserta Didik Susilo
Jurnal Ilmiah Komputasi Vol. 22 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 3, September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32409/jikstik.22.3.3384

Abstract

Evaluasi belajar merupakan rangkaian dari proses pembelajaran yang dilaksanakan setelah selesainya proses pembelajaran baik dari segi materi maupun waktu pembelajaran. Beberapa metode maupun media evaluasi ini dapat dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dalam proses kegiatan pembelajaran tersebut baik melalui lisan, tulisan maupun menggunakan aplikasi berbasis komputer. Saat ini di SMK PGRI 11 Ciledug Kota Tangerang menggunakan media kertas dan aplikasi google form untuk kegiatan evaluasi pembelajaran, dengan adanya beberapa kendala dan kelemahan pada saat ini maka penulis mencoba untuk melakukan implementasi Moodle dan Ubuntu Server yang berbasis jaringan lokal sebagai media untuk evaluasi pembelajaran siswa, adapun metode implementasi yang digunakan adalah metode Network Development Life Cycle (NDLC). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sistem evaluasi pembelajaran menggantikan sistem yang lama untuk menangani beberapa kelemahan dan kendala yang dihadapi selama menggunakan media yang sebelumnya dalam proses evaluasi pembelajaran di satuan pendidikan tersebut.
Implementasi Metode HOT FIT Terhadap Evaluasi Tingkat Kesuksesan Sistem Seleksi Calon ASN Ardita Widyasari; Anggraeni Ridwan
Jurnal Ilmiah Komputasi Vol. 22 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 3, September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32409/jikstik.22.3.3387

Abstract

Tata pemerintahan yang baik dalam pengelolaan sumberdaya manusia merupakan unsur utama dalam pencapaian tujuan membangun sistem birokasi yang diharapkan. Salah satu contoh dalam pengelolaan sumber daya manusia adalah melalui proses rekrutmen. Hasil observasi yang dilakukan penggunaan sistem layanan SSCASN pada instansi BKN belum pernah dilakukan evaluasi kesuksesan sistem dengan menggunakan metode tertentu Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kesuksesan Sistem layanan portal SSCASN yang diukur menggunakan metode HOT Fit, tingkat kualitas sistem layanan portal SSCASN dari sisi Manusia ( Human ), tingkat kualitas sistem layanan portal SSCASN dari sisi organisasi ( Organization ), tingkat kualitas sistem layanan portal SSCASN dari sisi teknologi ( Technolgy ). Metode yang digunakan adalah metode HOT Fit, yang terdiri dari tujuh karakteristik, yaitu Kualitas Sistem (Ks), Kualitas Informasi (Ki), Kualitas Layanan (Kl), Pengguna Sistem (Ps), Kepuasan Pengguna (Kp), Manfaat (Mn), dan Struktur Organisasi (So) dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling . Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis regresi linier berganda dengan jumlah responden 120 orang.
Analisis Tingkat Korelasi Variabel Penilaian Perilaku Kerja Pegawai Dengan Metode Regresi Linier Berganda Armita Widyasuri; Lintang Yuniar Banowosari; Dewi Agushinta Rahayu
Jurnal Ilmiah Komputasi Vol. 22 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 3, September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32409/jikstik.22.3.3388

Abstract

Komponen penilaian kinerja PNS terdiri dari aspek hasil yakni Sasaran Kinerja dengan bobot 60 % dan aspek Perilaku dengan bobot 40 %. Permasalahan terjadi pada penilaian aspek perilaku pada instansi BKN penilaian ini dilakukan berdasarkan orientasi pelayanan, komitmen, disiplin, integritas, dan kerjasama tetapi penilaian masih bersifat subyektif karena tidak memiliki acuan yang pasti. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Tingkat korelasi pada pegawai dengan jabatan fungsional dan struktural menunjukkan terdapat hubungan linier positif antara setiap variabel independen terhadap variabel dependen. Disimpulkan bahwa hasil pengujian signifikansi antara orientasi pelayanan, disiplin, komitmen, dan kerjasama terhadap integritas pada jabatan fungsional dan hasil pengujian signifikansi antara orientasi pelayanan, disiplin, kerjasama, dan kepemimpinan pada jabatan sturuktural memiliki pengaruh signifikan sehingga semakin baik variabel tersebut diterapkan, semakin tinggi kemampuan pegawai dalam bertindak sesuai dengan nilai, normal, dan etika. Sedangkan hasil pengujian signifikansi untuk variabel komitmen pada jabatan struktural tidak terdapat pengaruh yang signifikan.
Perubahan Perilaku Agen Cerdas menggunakan Metode Fuzzy State Machine pada Game Bank Sampah Syafei Karim; Fajar Ramadhani; Rudito Rudito
Jurnal Ilmiah Komputasi Vol. 22 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 3, September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32409/jikstik.22.3.3390

Abstract

Saat ini, game sudah semakin berkembang dan banyak dimainkan oleh anak-anak. Banyak game yang dimainkan tidak sesuai dengan umur anak-anak. Banyak juga game yang dimainkan tidak bermanfaat bagi mereka. Diantara banyaknya jenis game, ada satu jenis game yang dapat dijadikan salah satu media pembelajaran yaitu game edukasi. Game edukasi sendiri merupakan media pembelajaran yang dirancang untuk memberikan pengalaman pendidikan atau pengalaman belajar. Dengan bermain game¸ anak-anak usia dini dapat bermain dengan belajar. Salah satu isu yang sangat cocok untuk pembelajaran kepada anak-anak adalah masalah kepedulian lingkungan khususnya tentang kepedulian membuang sampah. Game ini memiliki konsep dengan mengumpulkan sampah plastik dan organik yang dikumpulkan pada bank sampah untuk di daur ulang. Dengan adanya game ini dapat memberikan pembelajaran anak sejak dini perihal kepedulian lingkungan terhadap sampah. Untuk menyelesaikan penelitian ini menggunakan metode Multimedia Life Cycle yang memiliki 6 tahapan yaitu konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, hingga distribusi game yang sudah dibuat.
Sistem Pendukung Keputusan Aplikasi Streaming Film dengan Metode GAP Lukman Bachtiar; Toni Santoso
Jurnal Ilmiah Komputasi Vol. 22 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 3, September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32409/jikstik.22.3.3393

Abstract

Aplikasi video live streaming dan chat merupakan aplikasi berbagi video atau sharing video yang dapat disiarkan secara langung dimana penonton dapat melakukan interaksi melalui layanan yang dosediakan oleh aplikasi streaming film. Kemajuan teknologi dalam beberapa dekade terakhir, terutama di bidang teknologi digital dan jaringan internet, telah membawa dampak yang signifikan pada cara kita berkomunikasi, belajar, dan bersantai. Salah satu hasil kemajuan teknologi tersebut adalah aplikasi streaming atau SVOD (Subscription Video on Demand), yang memungkinkan pengguna untuk menonton berbagai acara TV, film, atau video lainnya dengan menggunakan koneksi internet dan membayar biaya langganan. Dalam konteks Indonesia, faktor-faktor seperti kemudahan layanan, kualitas layanan, dan kemapanan mempengaruhi keputusan pengguna dalam memilih aplikasi streaming. Untuk membantu pengambilan keputusan dalam memilih aplikasi streaming yang sesuai, digunakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK). SPK adalah sistem yang menggunakan teknologi dan algoritma kompleks untuk mengolah data dan informasi yang relevan guna memberikan saran dan rekomendasi yang terukur. Namun, SPK tidak dapat sepenuhnya menggantikan peran dan penilaian manusia dalam pengambilan keputusan. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode GAP atau profil matching. Metode ini membandingkan kompetensi individu dengan kompetensi ideal yang dicari untuk menentukan perbedaan kompetensi. Dalam proses ini, kriteria dan bobot nilai kriteria ditentukan, dan nilai GAP dihitung untuk setiap alternatif. Metode ini dapat digunakan untuk menentukan preferensi atau prioritas dari sejumlah kriteria yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bibit padi terbaik dengan menggunakan metode GAP. Selain itu, penelitian lain juga mengaplikasikan SPK dengan metode GAP dalam seleksi calon anggota BEM di sebuah universitas. Metode GAP dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti rekruitmen pegawai atau pemilihan produk/jasa, untuk penilaian yang lebih obyektif dan akurat. Metode penelitian ini melibatkan beberapa tahapan, mulai dari studi literatur, penentuan alternatif, penentuan kriteria dan subkriteria, penentuan target, penghitungan selisih target dan alternatif (GAP), pembobotan, penentuan nilai core factor dan secondary factor, hingga pencarian nilai akhir.Dengan menggunakan metode GAP dan SPK, diharapkan pengambil keputusan dapat memperoleh hasil yang lebih baik dan tepat dalam memilih aplikasi streaming, serta dalam konteks penelitian lain seperti penentuan bibit padi terbaik dan seleksi calon anggota BEM. Namun, perlu dilakukan penilaian yang cermat dan menyeluruh terhadap metode-metode yang tersedia, serta mempertimbangkan kebutuhan dan tujuan yang hendak dicapai.
Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode PIECES Terhadap Layanan BI-FAST Prihasto, Ayudha Dikho; Hardianto, Bambang Gunawan; Anggraini, Dina
Jurnal Ilmiah Komputasi Vol. 22 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 3, September 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32409/jikstik.22.3.3395

Abstract

Kebutuhan masyarakat atas sistem pembayaran yang tersedia 24 jam dan non-stop 7 hari seminggu serta berlangsung secara instan ( real-time ), membuat Bank Indonesia mengembangkan BI-FAST sebagai moderenisasi sistem pembayaraan yang ada. Sebagai sistem baru yang diimplementasikan akhir tahun 2021, BI-FAST semakin diminati oleh masyarakat yang ingin melakukan transfer dana maksimal Rp250.000.000,- (dua ratus lima puluh juta Rupiah) per transfer. Oleh sebab itu, analisis kepuasan pengguna BI-FAST diperlukan untuk memberikan masukan terhadap pengembangan dan penyempurnaan BI-FAST. Metode analisis dilakukan menggunakan PIECES Framework yang terdiri dari variabel Performance , Information/Data , Economy , Control/Security , Efficiency , dan Service . Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner via Google Form terhadap 125 responden yang diperoleh berdasarkan metode Hair . Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pengguna terlihat dari nilai di tiap variabel PIECES dengan Performance sebesar 4,496, Information sebesar 4,480, Economy sebesar 4,620, Control sebesar 4,416, dan Efficiency sebesar 4,460 serta Services sebesar 4,506. Terhadap nilai PIECES yang berada di atas 4,4 diartikan bahwa BI-FAST memenuhi tingkat kepuasan pengguna dan sangat layak untuk digunakan untuk memenuhi kebutuhan transfer dana penggunanya. Nilai tertinggi diperoleh pada variabel Economy dengan 4,620 menunjukkan nilai ekonomis dari sisi biaya yang dikenakan kepada pengguna, merupakan faktor yang sangat diminati oleh pengguna BI-FAST.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 24 No. 3 (2025): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 24 No 3, September 2025 Vol. 24 No. 2 (2025): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 24 No 2, Juni 2025 Vol. 24 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 24 No 1, Maret 2025 Vol. 23 No. 4 (2024): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 23 No 4, Desember 2024 Vol. 23 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 23 No 3, September 2024 Vol. 23 No. 2 (2024): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 23 No 2, Juni 2024 Vol. 23 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 23 No 1, Maret 2024 Vol. 22 No. 4 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 4, Desember 2023 Vol. 22 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 3, September 2023 Vol. 22 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 2, Juni 2023 Vol. 22 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 1, Maret 2023 Vol. 21 No. 4 (2022): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 21 No 4, Desember 2022 Vol. 21 No. 3 (2022): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 21 No 3, September 2022 Vol. 21 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 21 No. 2, Juni 2022 Vol. 21 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 21 No. 1, Maret 2022 Vol. 21 No. 2 (2022): Juni 2022 Vol. 20 No. 4 (2021): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 20 No. 4, Desember 2021 Vol. 20 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 20 No. 1, Maret 2021 Vol. 19 No. 4 (2020): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 19 No. 4, Desember 2020 Vol. 19 No. 3 (2020): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 19 No. 3, September 2020 Vol. 19 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 19 No. 2, Juni 2020 Vol. 19 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 19 No. 1, Maret 2020 Vol 19, No 2 (2020): Juni Vol 19, No 1 (2020): Maret Vol 18, No 4 (2019): Desember Vol 18, No 3 (2019): September Vol 18, No 2 (2019): Juni Vol 18, No 1 (2019): Maret Vol 17, No 4 (2018): Desember Vol 17, No 3 (2018): September Vol 17, No 2 (2018): Juni Vol 17, No 1 (2018): Maret Vol 17, No 1 (2018): Maret Vol 16, No 3 (2017): Desember Vol 16, No 2 (2017): September Vol 16, No 1 (2017): Juni Vol 15, No 2 (2016): Desember Vol 15, No 1 (2016): Juni Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol 14, No 2 (2015): Desember Vol 14, No 2 (2015): Desember Vol 14, No 1 (2015): Juni Vol. 12 No. 2 (2013): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 12 No. 2, Desember 2013 Vol. 12 No. 1 (2013): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 12 No. 1, Juni 2013 Vol 12, No 2 (2013): Desember More Issue