cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
SASINDO
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2024): Januari 2024" : 20 Documents clear
Penyimpangan Berbahasa Bidang Fonologi pada Iklan Spanduk di Pekalongan—Batang (Kajian Fonologi Bahasa Iklan Spanduk di Ranah Publik ) Kustriyono, Erwan
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i1.18412

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penghilangan fonem pada iklan spanduk  di Pekalongan-Batang, mengetahui penambahan fonem pada iklan spanduk di Pekalongan – Batang, dan mengetahui perubahan fonem pada iklan spanduk di Pekalongan-Batang. Hasil dari penelitian ini adalah yakni a) penghilangan fonem pada kata ‘ketua’ dan ‘oke’ menjadi ‘ket’. serta ‘ok’, maka ada penghilangan fonem /e/, /u/, /a/ , b) penambahan fonem pada kata ‘enak’ dan ‘sedap’ menjadi kata ‘uenaaak’ dan ‘sedaap’ ada penambahan fonem /u/, /a/, /a/ dan /a/ , c) perubahan fonem terdapat pada kata ‘alun-alun’ dan ‘mantap’ menjadi kata ‘aloen-aloen’ dan ‘mantep’ yang perubahan feonemnya /u/ menjadi /o/ /e/ serta /a/ menjadi /e/.
Gaya Bahasa Perbandingan dalam Kumpulan Cerpen Di Tengah Kegelapan Inuvik Karya Sori Siregar: Kajian Stilistika Rakhman, Danna Aulia; Muhajir, Muhajir; Handayani, Pipit Mugi
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i1.18374

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa perbandingan dalam kumpulan cerpen Di Tengah Kegelapan Inuvik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriprif kualitatif dengan data berupa frasa, klausa dan kalimat yang mengandung unsur gaya bahasa. Hasil penelitian ini adalah gaya bahasa sori siregar terbilang sederhana dalam memanfaatkan metafora sebagai pembanding, gaya bahasa penulis dalam melekatkan sifat-sifat insani pada benda yang tidak bernyawa, penulis sering menggunakan kalimat yang memberikan bayangan menjadi gambaran yang khas. Gaya bahasa yang ditemukan dalam buku kumpulan cerpen, diantaranya adalah gaya bahasa perumpamaan (12), metafora (15), personifikasi (6), Depersonifikasi (6), pleonasme (7), perifrasis (6), antitesis (3). Dari data tersebut, gaya bahasa yang mendominasi pada buku kumpulan cerpen ialah gaya bahasa perumpamaan dengan 12 poin dan metafora dengan 15 poin.
Nilai Moral dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar Emshihas, Elma; Asriningsari, Ambarini; Andrian, Setia Naka
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i1.18380

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral yang terdapat dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar. Adapun tujuan pada penelitian ini yaitu bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis akhir yang dilakukan berdasarkan penelitian terhadap nilai moral dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar yaitu hubungan nilai moral yang tergambar dalam hubungan manusia dengan diri sendiri yang tergambar melalui hubungan manusia dengan diri sendiri yang dapat dilihat dari kesabaran, keikhlasan, dan tanggung jawab siswa terhadap pendidikan. Selain itu, nilai moral hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial yang meliputi, kasih sayang orang tua terhadap anak, dan kasih sayang antar teman. Kemudian nilai moral dalam hubungan manusia dengan Tuhannya meliputi beriman, berdoa kepada Tuhan dan
Majas Sindiran dalam Tulisan Bak Truk di Jalan Semarang—Jepara Tahun 2021 Kurniawan, Wahyu; Asropah, Asropah; Mukhlis, Mukhlis
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i1.18348

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud majas sindiran dalam tulisan bak truk di jalan Semarang—Jepara tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan interactive model, meliputi: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) verifikasi data. Hasil akhir menyatakan bahwa kelima wujud majas sindiran telah terpenuhi dengan baik. Adapun wujud majas sindiran yang ditemukan yakni majas ironi, sarkasme, sinisme, satire, dan innuendo.ABSTRACTThe purpose of this study is to describe the form of satire figure of speech in writing like a truck on the Semarang-Jepara road in 2021. The research method used is descriptive qualitative method. Data collection techniques were carried out by observation and documentation methods. Data analysis techniques using interactive models, including: (1) data reduction; (2) data presentation; and (3) data verification. The final result states that the five forms of satire figure of speech have been well fulfilled. The forms of satire figure of speech found are irony, sarcasm, cynicism, satire, and innuendo.
Fungsi Bahasa dan Sastra melalui Tradisi Manopeng untuk Memperkuat Karakter Kepemimpinan Bangsa Noortyani, Rusma; Rahmawati, Rina
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i1.18414

Abstract

Penelitian ini bertujuan memaparkan fungsi bahasa dan sastra melalui tradisi manopeng untuk memperkuat karakter kepemimpinan bangsa. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi berupa rekaman video di youtube Media Center Banjarmasin. Teknik analisis data dilaksanakan dengan empat tahap, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian memaparkan bahwa bahasa dan sastra melalui tradisi manopeng dapat memenuhi fungsi-fungsi berikut. (1) komunikasi efektif, (2) identitas dan persatuan budaya, (3) empati dan pemahaman, (4) nilai etika dan pedoman moral, (5) inspirasi dan visi, dan (6) partisipasi dan pemberdayaan masyarakat. Ringkasnya, bahasa dan sastra dapat memperkuat kepemimpinan bangsa dengan memfasilitasi komunikasi yang efektif, membentuk identitas budaya, mempromosikan nilai-nilai etika, dan menginspirasi kepemimpinan visioner. Pemimpin yang menghargai kekuatan bahasa dan sastra lebih siap untuk terhubung dengan konstituen, membuat keputusan yang tepat, dan memimpin bangsa menuju kemajuan dan kemakmuran.
Refleksi Sosial Dalam Kumpulan Cerpen Semua Untuk Hindia Karya Iksaka Banu Sofia, Mila; Asriningsari, Ambarini; Murywantobroto, Murywantobroto
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i1.18375

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan refleksi sosial dalam kumpulan cerpen Semua untuk Hindia karya Iksaka Banu. Penelitian ini menggunakan objek karya sastra cerpen yang berjudul Semua untuk Hindia karya Iksaka Banu. Hasil dari penelitian ini, ditemukan adanya kesenjangan antar kelas sosial yang mengakibatkan tidak adanya keselarasan kehidupan. Banyak ditemukan diskriminasi, intimidasi, perebutan kekuasaan, dan penyalahgunaan kekuasaaan. Pola kehidupan tersebut tidak menguntungkan bagi seseorang atau sekelompok orang yang tidak memiliki status sosial tertentu. Selain itu, ditemukan adanya gambaran konflik sosial yang dapat dijadikan sebagai renungan untuk saling lebih menghormati dan menghargai perbedaan yang ada.
Kesalahan Ejaan pada Teks Eksplanasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022 Salsabila, Farkhatun Azzahro; Mukhlis, Mukhlis; Nayla, Azzah
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i1.18381

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kesalahan ejaan pada teks eksplanasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bulakamba Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks eksplanasi karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bulakamba. Data dalam penelitian ini berupa kesalahan ejaan pada teks eksplanasi karya peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bulakamba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak. Teknik lanjutan yang digunakan yaitu teknik catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode agih. Teknik dasar dalam metode agih disebut teknik bagi unsur langsung atau teknik BUL. Teknik selanjutnya yang digunakan dalam metode agih yaitu teknik ganti, teknik lesap, dan teknik sisip. Metode yang digunakan dalam penyajian hasil analisis data menggunakan metode penyajian informal. Hasil penelitian ini diperoleh lima bentuk kesalahan ejaan ada teks eksplanasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bulakamba tahun pelajaran 2021/2022. Adapun bentuk kesalahan ejaan yang ditemukan yaitu kesalahan huruf kapital, kesalahan huruf miring, kesalahan penulisan kata, kesalahan penulisan angka dan bilangan, dan kesalahan tanda baca.
Pemanfaatan Media Digital Webtoon Nusantara Droid War Karya Vega Mandalika untuk Mengenalkan Tokoh Pewayangan Cerita Rakyat Nusantara kepada Siswa SMA Abdunnashir, Naufal; Umaya, Nazla Maharani; Andriyan, Setia Naka
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i1.18349

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengenalkan tokoh pewayangan, cerita rakyat, legenda nusantara kepada siswa SMA khususnya kelas 12, serta untuk meningkatkan minat baca siswa melalui webtoon Nusantara Droid War. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil pengumpulan data yang dilakukan disekolah dapat disimpulkan bahwa lebih dari 74,2% siswa telah membaca webtoon tersebut dan sisanya masih jarang membacanya atau masih tidak tau soal webtoon tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membekan siswa kuisioner yang berisikan 10 pertanyaan, kemudian siswa diminta untuk membaca beberapa chapter/halaman dari webtoon Nusantara Droid War yang telah dibagikan sebelumnya dan kemudian siswa diminta memberikan tanggapan dari webtoon tersebut. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian siswa di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang suka membaca terutama membaca webtoon.ABSTRACT The purpose of the study was to introduce wayang characters, folklore, archipelago legends to high school students, especially grade 12, as well as to increase students' reading interest through the Nusantara Droid War webtoon. This study uses a qualitative descriptive research method. From the results of data collection conducted in schools, it can be concluded that more than 74.2% of students have read the webtoon and the rest still rarely read it or still do not know about the webtoon. Data collection was done by giving students a questionnaire containing 10 questions, then students were asked to read several chapters/pages of the Nusantara Droid War webtoon that had been distributed previously and then students were asked to provide responses from the webtoon. From this research, it can be concluded that some students at SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang like to read, especially reading webtoons.
Serbuan Bahasa Inggris terhadap Bahasa Indonesia Sabhan, Sabhan
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i1.18417

Abstract

AbstrakEntah sudah berapa lama bahasa Inggris (Baing) menyerbu bahasa Indonesia (BI)? Hal itu sepertinya tidak disadari oleh bangsa Indonesia. Selain itu, sebagian serbuan Baing tersebut didukung oleh bangsa Indonesia. Hal itu terbukti dengan banyak kosakata Baing yang digunakan oleh bangsa kita meskipun sudah ada kosakata BInya. Serbuan bahasa tersebut terjadi secara lisan dan tulisan. Kita dapat menyimak hal itu berbagai acara, baik di forum resmi maupun nonresmi. Begitu juga dengan penulisan nama bangunan pemerintah, hotel, toko, undangan, merek dagang, dan spanduk banyak menggunakan Baing. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kata Baing yang masuk ke dalam BI (BI). Data diperoleh melalui observasi, diskusi, dan wawancara dengan sejumlah dosen, mahasiswa, dan tendik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serbuan Baing tersebut merugikan BI dalam bidang struktur dan kosakata. Struktur BI yang memakai hukum D-M (Diterangkan-Menerangkan) diserang struktur Baing yang memakai hukum M-D (Menerangkan-Diterangkan). Begitu juga dengan kosakata, banyak kosakata BI yang diganti dengan kosakata Baing.
Penerapan Media Powtoon dalam Menulis Teks Persuasif Kelas VIII Smp Negeri 5 Jepara Prastiwi, Dinda Oktania; Mukhlis, Mukhlis; Nayla, Azzah
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 12, No 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v12i1.18376

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan hasil penerapan media Powtoon dalam pembelajaran menulis teks persuasif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Jepara tahun pembelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penerapan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis hasil wawancara, soal, dan observasi yang didapatkan dari penelitian 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar soal Bahasa Indonesia, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan media powtoon dalam menulis teks persuasif dapat diterapkan dengan baik didukung dengan hasil yang baik, hal ini dapat dilihat dari hasil tes dalam penelitian. Nilai rata-rata yang diperoleh 82. Sebanyak 10 peserta didik memperoleh nilai di atas KKM. Peserta didik yang memperoleh rentang nilai 70-85 dengan kategori baik berjumlah delapan orang, dan dua orang peserta didik memperoleh rentang nilai 86-100 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis data belajar menulis teks persuasif menggunakan media powtoon dapat diterapkan dengan baik, dibuktikan dengan nilai rata- rata siswa yaitu 82. Hal ini diperkuat dengan hasil wawancara dan hasil observasi yang memperlihatkan bahwa penggunaan media powtoon dalam pembelajaran menulis teks persuasif dapat diterapkan dan dapat meningkatkan daya tarik peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menulis teks persuasif peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 5 Jepara.

Page 1 of 2 | Total Record : 20