Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan
Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Tinta

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PJBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Muh Ibnu Sholeh (Unknown)
Nur ‘Azah (Unknown)
Dinar Ayu Tasya' (Unknown)
Sokip (Unknown)
Asrop Syafi’i (Unknown)
Sahri (Unknown)
Hasyim Rosyidi (Unknown)
Zainur Arifin (Unknown)
Siti Fatinnah binti Ab Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di MA Al-Chodidjah Jombang. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menilai bagaimana PjBL dapat mempengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung keberhasilan implementasi PjBL di lingkungan pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Subyek penelitian terdiri dari siswa kelas X dan XI serta guru di MA Al-Chodidjah Jombang. Teknik pengambilan data meliputi observasi langsung selama proses pembelajaran, wawancara mendalam dengan siswa dan guru, serta analisis dokumen seperti rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan hasil proyek siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan metode analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema yang muncul dari data yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran, dan memperkuat keterampilan kolaboratif. Siswa menunjukkan peningkatan dalam kemampuan analisis, evaluasi, dan sintesis informasi melalui proyek-proyek yang diberikan. Guru berperan penting sebagai fasilitator dalam mendorong siswa untuk berpikir kritis dan mandiri. Temuan ini mendukung hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa PjBL efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif siswa. Kesimpulannya, PjBL merupakan metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis di MA Al-Chodidjah Jombang, dengan dukungan perencanaan yang baik dan bimbingan guru yang efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnaltinta

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This Journal covers the area of Teaching learning in Indonesia and the science of Teaching Learning at educational system in such areas of teaching science, teaching social knowledge, teaching language, teaching religion, teaching culture and teaching technology and publishes articles biannually in ...