Sebagai pendamping langsung siswa, GP tidak hanya bertanggung jawab memberikan bimbingan pedagogis tetapi juga menjadi teladan dalam penerapan nilai-nilai profesionalisme dalam pendidikan. Oleh karena itu penting melakukan evaluasi sebagai refleksi untuk merancang strategi pengembangan profesional yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk evaluasi kinerja GP dalam mendukung pembelajaran di PPG. Penelitian ini merupakan metode survey dengan mengirimkan survey kepada mahasiswa PPG. Berdasarkan hasil survei, sebagian besar responden menunjukkan pandangan yang sangat positif terhadap berbagai aspek kinerja GP. Sebanyak 83,7% responden sangat setuju bahwa GP berlaku adil dalam memperlakukan siswa, 81,4% menyatakan GP menjadi teladan yang baik, dan 80,6% menilai GP memiliki kebijaksanaan dalam pengambilan keputusan. Selain itu, keterampilan GP dalam menghidupkan suasana kelas (82,9%) dan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi (80,6%) mencerminkan kapasitas Guru untuk menjawab tantangan pendidikan modern berbasis digital dan kolaboratif.
Copyrights © 2025