cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman
ISSN : 02164949     EISSN : 26154870     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 18 No 1: Januari 2023" : 7 Documents clear
Tasawuf dalam Lintas Sejarah: Sufism in Across History Said Syaripuddin
IQRA JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN & KEISLAMAN Vol 18 No 1: Januari 2023
Publisher : Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56338/iqra.v18i1.3028

Abstract

Di antara ciri kehidupan yang modern adalah berlangsungnya perubahan yang sangat cepat dan datangnya tuntutan yang terlalu banyak, semua itu menyebabkan manusia tidak lagi memiliki waktu yang cukup untuk refleksi tentang eksistensi diri, hingga manusia cenderung mudah letih jasmani dan rohani. Pada masyarakat Barat atau masyarakat yang mengikuti peradaban Barat yang sekuler, solusi yang ditawarkan untuk mengatasi problem kejiwaan itu dilakukan dengan menggunakan pendekatan psikologi, dalam hal ini kesehatan mental. Sedangkan pada masyarakat Islam, maka solusi yang ditawarkan lebih bersifat religius-spritual, yakni tasawuf. Keduanya menawarkan solusi bahwa manusia itu aka memperoleh kebahagiaan pada zaman apapun, jika hidupnya bermakna. Tulisan ini membahas tentang hakikat, pekembangan dan ajaran-ajaran tasawuf sebagai bahagian dari ajaran Islam yang mempunyai substansi kajiannya mengenai kedudukan jiwa dan akhlaq mulia dalam Islam.
Implementasi Nilai-nilai AIK dalam Pengembangan Kampus Islami pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Sulawesi Selatan (Studi pada UM Parepare dan UM Bulukumba): Implementation of AIK Values in Islamic Campus Development at Muhammadiyah Universities in South Sulawesi (Studies at UM Parepare and UM Bulukumba) M. Ilham Muchtar; Sandi Pratama
IQRA JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN & KEISLAMAN Vol 18 No 1: Januari 2023
Publisher : Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56338/iqra.v18i1.3056

Abstract

Salah satu permasalahan di lingkungan perguruan tinggi Muhammadiyah secara umum adalah masih rendahnya implementasi nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di lingkungan kampus, termasuk pada PTM di Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat implementasi nilai-nilai AIK dalam pengembangan kampus islami. Area penelitian meliputi dua kampus sebagai representasi PTM di Sulawesi Selatan, yakni Universitas Muhammadiyah Parepare dan Universitas Muhammadiyah Bulukumba, dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa input kampus islami pada dua representasi PTMA dalam perencanannya sudah cukup baik dengan adanya Pedoman SPMI PTM/PTA serta diperkuat dengan Peraturan dan Kebijakan Rektor tentang Kampus Islami. Proses implementasi kampus islami masih kurang diperhatikan. Karena banyak kendala yang dihadapi seperti SDM yang belum memadai. Penerapan busana islami sudah merata dan diberlakukan kepada setiap civitas akademika. Sarana dan prasarana ibadah masih kurang dimanfaatkan untuk meningkatkan pengembangan kampus islami. Area kampus belum benar-benar steril dari asap rokok. Hal ini juga karena LPPAIK tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk mengontrol seluruh kegiatan yang ada di kampus. Outcome/Output merujuk pada indikator dari penerapan kampus islami. Namun hal itu belum bisa dijadikan ukuran karena masih dalam proses penerapan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi nilai AIK dalam pengembangan kampus islami sudah cukup baik, namun masih perlu tingkatkan.
Pendidikan Menurut Filsafat Mulla Shadra (Sejarah Tokoh, Pemikiran dan Aliran): The Education Based On Mulla Shadra's Philosophy (History of Figure, Thought and School) Hasanuddin; Khojir
IQRA JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN & KEISLAMAN Vol 18 No 1: Januari 2023
Publisher : Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56338/iqra.v18i1.3071

Abstract

Pendidikan Islam saat ini berhadapan dengan berbagai macam problem di tengah masyarakat dan salah satu diantaranya yaitu bagaimana membentuk keluhuran sikap yang mewatak pada pribadi seseorang. Problem tersebut melahirkan perdebatan antara kalangan teolog muslim (fuqoha’), filosof muslim paripatetik serta kaum irfani, kaum sufi dan filosof iluminasi. Teolog muslim beranggapan bahwa teks al-Qur’an dan al-Sunnah melalui penekanan otoritas teks menjustifikasi logika kebahasaan yang digali berdasarkan inferensi, kaum filosof paripatetik menampilkan gagasan yang lebih dominan untuk memperoleh kebenaran melalui argumentasi bahwa posisi al-Qur’an dan hadits sekedar alat legitimasi, sehingga membutuhkan ta’wil (rasional), sementara kaum filosof iluminasi dari kalangan irfani dan sufiesme beranggapan bahwa kebenaran yang absolut hanya dapat diraih melalui intuisi-mistik. Ditengah perdebatan ini lahirlah aliran filsafat al-Asfar al-Muta’aliyah sebagai poros tengah yang menyatukan perbedaan tersebut sebagai jalan memperoleh kebijaksanaan melalui pencerahan spiritual dan intuisi intelektual yang disajikan dalam bentuk rasional melalui penggunaan argumen empiris. Aliran ini merupakan jawaban atas problem pendidikan saat ini untuk membentuk kesempurnaan jiwa manusia melalui pengetahuan terhadap realitas entitas yang dibangun berdasarkan tradisi empiris kajian Islam, bukan sekedar prasangka ataupun taqlid dan sesuai kapasitas yang ada pada manusia.
Mata Rantai Pemikiran Tajdid Pasca Abad XIII Masehi: Links of Post XIII Century Tajdid Thought Finsa Adhi Pratama; Mohammad Annur Tri Putra; Aris Try Andreas Putra
IQRA JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN & KEISLAMAN Vol 18 No 1: Januari 2023
Publisher : Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56338/iqra.v18i1.3207

Abstract

Keruntuhan Daulah Abbasiyah pada abad XIII Masehi berdampak besar pada kondisi kaum muslimin di berabagai wilayah, kaum mulimin mengalami kemunduran di berbagai aspek kehidupan. Khazanah keilmuan menjadi sempit dan terbatas, kejumudan merajalela dimana-mana serta kekuatan ekonomi dan politik merosot drastis. Kondisi yang sedemikian rumit memaksa para tokoh dan kelompok muslim melakukan gerakan tajdid (pembaharuan) guna menjaga agama dan merangsang pola berfikir kaum muslimin untuk beranjak dari keterpurukan dan kejumudan. Peneliti menggunakan metode kualitatif kepustakaan dengan menggunakan analisis interpretative, Penelitian ini menggunakan triangulasi metode, waktu dan teori untuk keabsahan datanya. Penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa kemunduran kaum muslimin dipengaruhi oleh tauhi yang bercampur dengan macam khurafat, syirik, bid’ah serta pemahaman yang salah tentang tashawuf dan jauhnya jauhnya kaum muslimin dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemunduran kaum muslimin juga dipengaruhi oleh datanganya bangsa penjajah di negeri-negeri muslim. Semua gerakan tajdid (pembaharuan) yang terjadi pasca abad XIII Masehi memiliki ciri khas dan metodenya masing-masing namun semuanya nasab ilmu dan semangat yang saling terhubung.
Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak di Desa Tibo Kecamatan Sintora Kabupaten Donggala: The Role of Parents in Developing Children's Emotional Intelligence in Tibo Village, Sintora District, Donggala Regency Abdul Rahman; Rahmawati
IQRA JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN & KEISLAMAN Vol 18 No 1: Januari 2023
Publisher : Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56338/iqra.v18i1.3221

Abstract

Tujuan penelitian dalam penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak di Desa Tibo Kecamatan Sintora Kabupaten Donggala, dan. Dan untuk mengetahui dampak peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak di Desa Tibo Kecamatan Sintora Kabupaten Donggala. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode pendekatan Kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak di Desa Tibo Kecamatan Sintora Kabupaten Donggala adalah Melatih anak belajar disiplin, Membiasakan anak berprilaku sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama dan Harus ada kontrol orang tua untuk mengembangkannya kecerdasan emosional. Dampak peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak di Desa Tibo Kecamatan Sintora Kabupaten Donggala adalah Peran orang tua terealisasi dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak, karena orang tua memahami pikiran dan perasaan anak, orang tua mampu berperan sebagai pendidik utama, dan terjalin kerjasama yang baik antara orang tua dan anak. Orang tua harus belajar membuka diri, dengan cara menghargai keterbukaan dan membina kepercayaan dalam suatu hubungan serta mengetahui situasi yang aman untuk membicarakan tentang perasaan diri sendiri. Orang tua harus belajar mengembangkan pemahaman, dengan cara mengidentifikasi pola-pola kehidupan emosional dan reaksireaksinya serta mengenali pola-pola serupa pada orang lain. Orang tua harus belajar menerima kelebihan dan kekurangan anak.
Penerapan Media Audio dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada Anak di Raudhathul Atfhal Luwuk: Application of Audio Media in Improving Listening Ability in Children at Raudhathul Atfhal Luwuk Abdul Mufarik A. Marhum; Nirmala Paputungan; Ferry Payuhi
IQRA JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN & KEISLAMAN Vol 18 No 1: Januari 2023
Publisher : Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56338/iqra.v18i1.3222

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media audio dalam meningkatkan kemampuan menyimak pada anak di Raudhatul Athfal Islamiyah Luwuk. Penulis menggunakan metode kualitatif Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media audio dalam meningkatkan kemampuan menyimak pada anak di Raudhatul Athfal Islamiyah Luwuk melalui beberapa tahapan antara lain : 1) Konsentrasi anak yakni di dahului dengan kegiatan Awal dimana langkah awal dalam Meningkatkan kemampuan menyimak adalah membuat anak konsentrasi terlebih dulu, karena dengan konsentrasi ilmu yang disampaikan guru atau yang didengar akan masuk di dalam telinga, dicerna oleh otak dan bereaksi berupa gerakan-gerakan. 2) Tahap pelaksanaan, yaitu tahap pelaksanaan dan dalam tahap pelaksanaan pada kegiatan inti saya mempersiapkan media yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran menyimak. Anak saya minta untuk duduk menjadi 2 baris. Sebelum kegiatan menyimak dimulai saya mengingatkan kembali aturan dalam belajar menyimak.
Efektivitas Dakwah Melalui Media Komunikasi pada Masyarakat Birobuli Utara Kecamatan Palu Selatan: The Effectiveness of Da'wah Through Communication Media in the North Birobuli Community, South Palu District Muh. Rizal Masdul; Fatmah; Abdul Halik
IQRA JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN & KEISLAMAN Vol 18 No 1: Januari 2023
Publisher : Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56338/iqra.v18i1.3223

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui dakwah melalui media komunikasi pada masyarakat birobuli utara kecamatan palu selatan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan masyarakat kelurahan Birobuli Utara memiliki media komunikasi berupa group WA dan group facebook yang dijadikan sebagai sarana komunikasi diantara anggota masyarakat dan anggota sesam group. Group WA yang dimiliki oleh masyarakat tersebut diberi nama Dirosah Shadaqatul Jannah sedangkan group facebook Komunitas Hijab Syar’i Pelangi Sosial Project keduanya digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah keagamaan Islam. Group WA tersebut di gunakan untuk menginformasikan kepada anggota masyarakat tentang pelaksanaan majelis taklim baik waktu, tempat maupun tanggal pelaksanaannya. Group WA tersebut dijadikan sebagai sarana komunikasi untuk memberikan motivasi kepada anggotanya agar dapat melanjutkan bacaan al-Qur’an melalui metode dirosah yang dilaksanakan oleh majelis taklim Kejari Palu. Group WA tersebut digunakan untuk mensharering video-video dakwah dan video ceramah agama yang dilaksanakan oleh majelis taklim tersebut. Group facebook di impelementasikan sebagai sarana media komunikasi untuk menguatkan sesama anggota group dalam menggunakan hijab syar’i dan membangun kepedulian terhadap kebersihan lingkunagn dan penggalangan dana untuk membantu masyarakat yang tertimpah musibah. kemudian implikasi media komunikasi terhadap efektivitas dakwah pada masyarakat Birobuli Utara Kecamatan Palu Selatan yaitu memudahkan penyampaian informasi keagamaan dan informasi kegiatan yang akan dilaksanakan oleh majelis taklim kejari palu dan Komunitas hijab syar’i,. Dapat memberikan motivasi dan penguatan tentang pemahaman keagamaan bagi semua anggota group dan masyarakat. Memberikan motivasi kepada masyarakat untuk melanjutkan belajar membaca al-Quran sesuai dengan metode dirosah yang di ajarkan. Memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh majelis taklim dan komunitas hijab syar’i bagi masyarakat yang tidak sempat mengikuti kegiatan tersebut. Sebagai media silaturahim,6. Sebagai bentuk kepedulian dari remaja Kelurahan Birobuli Utara terhadap kebersihan lingkungan dan kepedulian terhadap masyarakat yang tertimpa bencana.

Page 1 of 1 | Total Record : 7