cover
Contact Name
Hasruddin Nur
Contact Email
asrul23.23.a2@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
asrul23.23.a2@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Phinisi Integration Review
ISSN : 26142325     EISSN : 26142317     DOI : -
Phinisi integration review dikelola oleh program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan ISSN: 2614-2317 (online) dan ISSN: 2614-2325 (Cetak), terbit 2 kali dalam setahun pada bulan februari dan agustus. Phinisi integration review menerima artikel atau tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil kajian analitis, penelitian, aplikasi teori, dan pembahasan perpustakaan tentang ilmu pengetahuan sosial terdiri dari pendidikan sejarah, pendidikan IPS terpadu, pendidikan ekonomi, IPS Ke SD-an, Pendidikan Hukum dan Kewarganegaraan, pendidikan sosiologi, Pendidikan Antropologi.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Volume 7 Nomor 2 Tahun 2024" : 8 Documents clear
PENERAPAN PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR Amalia, Nur Afriani; Kaddas, Badruddin; Irviana, Ira
Phinisi Integration Review Volume 7 Nomor 2 Tahun 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v7i2.59505

Abstract

This research aims to determine (1) the application of video-based interactive multimedia learning media assisted by the Powtoon application in science subjects (2) improving student learning outcomes through video-based interactive multimedia learning media assisted by the Powtoon application in science subjects for elementary school students. This research uses Classroom Action Research. The research objects are Class V elementary school students. Data sources in this research are interviews, observations, tests and documentation. The data in this research were analyzed using descriptive quantitative statistical analysis. Based on the research that has been carried out, the results obtained (1) through the application of Powtoon media can help teachers create interesting, unique and interactive learning media in the classroom learning process (2) Based on the results of the first cycle and second cycle tests, namely, from 25 students declared to meet the KKM. This research has implications that through the application of video-based interactive multimedia learning media, learning in the classroom takes place actively and interactively, students appear more enthusiastic and motivated to pay attention to what is displayed and explained directly by the teacher. This can certainly improve student learning outcomes, especially in Natural Sciences (Science) subjects.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis video berbantuan aplikasi powtoon pada mata pelajaran IPA (2) peningkatan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran multimedia interaktif berbasis video berbantuan aplikasi powtoon pada mata pelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Adapun objek penelitiannya adalah siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sumber data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistic secara kuantitatif deskriptif.  Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil (1) melalui penerapan media powtoon dapat membantu guru dalam membuat media pembelajaran yang menarik, unik dan interaktif di dalam proses pembelajaran di kelas (2) Berdasarkan hasil tes siklus I dan siklus II yaitu, dari 25 orang siswa dinyatakan memenuhi KKM. Penelitian ini berimplikasi pada melalui penerapan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis video, pembelajaran di dalam keilas beirlangsung seicara aktif dan inteiraktif siswa teirlihat leibih antusias dan teirmoitivasi untuk meimpeirhatikan apa yang ditampilkan dan dijeilaskan seicara langsung oileih guru. Hal ini tentunya dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
AKULTURASI BUDAYA DAN AGAMA DALAM TRADISI SAYYANG PATTU’DU PADA MASYARAKAT MANDAR DI DESA PAMBUSUANG KABUPATEN POLEWALI MANDAR Amiruddin, Nur Aidhilah Ma’rufi; Manda, Darman; Idrus, Idham Irwansyah; Najamuddin, Najamuddin
Phinisi Integration Review Volume 7 Nomor 2 Tahun 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v7i2.59718

Abstract

This research aims to (i) explore and describe the process of cultural and religious acculturation in the Sayyang Pattu'du tradition in the Mandar community (ii) determine the views and meaning of the Mandar community towards the Sayyang Pattu'du tradition (iii). The research method used is descriptive qualitative. The number of informants in this study was 9 informants who were determined by considering the inclusion and exclusion criteria. Data collection techniques include observation, interviews and documentation. The research results found that (1) before Islam entered Mandar, Sayyang Pattu'du was only intended for traditional ritual events or as a means of welcoming nobles. However, after Islam entered the land of Mandar, precisely in the 16th century AD, during the 4th Balanipa king, Daetta Marra'dia, he then made children more active in reading the Koran, he announced to his people who was able to recite it. Al-Qur'an then he will be mounted on a dancing horse and paraded around the village. (2) The implementation of the Sayyang Pattu'du culture certainly has a big influence on people's lives, both from a social, religious and cultural perspective in the area. This celebration is a cultural celebration that is very meaningful and has a positive impact in the Muslim community, including the implementation of the Sayyang Pattu'du cultural celebration which can be a motivation for children to recite the Al-Quran.Penelitian ini bertujuan untuk (i) menggali dan mendeskripsikan proses akulturasi budaya dan agama dalam tradisi Sayyang Pattu’du pada masyarakat Mandar (ii) mengetahui pandangan dan pemaknaan masyarakat Mandar terhadap tradisi Sayyang Pattu’du (iii). Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif yang bersifat deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 9 informan yang ditentukan dengan memperhatikan kriteria inkluksi dan eksklusi. Teknik pengumpulan data dilakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) sebelum Islam masuk di Mandar, Sayyang Pattu’du hanya diperuntukkan pada acara ritual adat atau sebagai sarana penyambutan para bangsawan. Namun setelah Islam masuk di tanah Mandar tepatnya pada abad ke 16-M masa raja Balanipa ke-4 yaitu Daetta Marra’dia yang kemudian agar para anak-anak lebih giat dalam membaca Al-Qur’an beliau mengumumkan pada rakyatnya barang siapa yang mampu mengkhatamkan Al-Qur’an maka dia akan di naikkan di atas kuda yang menari dan di arak keliling kampung. (2) Dalam pelaksanaan budaya Sayyang Pattu’du tentu sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat, baik ditinjau dari segi sosial, agama ataupun budaya yang ada di wilayah tersebut. Perayaan ini menjadi suatu perayaan budaya yang sangat bermakna dan memiliki dampak positif di tengah-tengah masyarakat muslim diantaranya adalah pelaksanaan perayaan budaya Sayyang Pattu’du dapat menjadi motivasi bagi anak-anak untuk mengkhatamkan Al-Quran.
PERAN KESETARAAN GENDER DALAM MEMPENGARUHI KEMANDIRIAN DAN KEKUATAN PEREMPUAN BUGIS MASA KINI Darmayanti, Dyan Paramitha; Manda, Darman; Sadriani, Andi
Phinisi Integration Review Volume 7 Nomor 2 Tahun 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v7i2.62176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak kesetaraan gender terhadap kemandirian dan kekuatan perempuan Bugis saat ini. Peran perempuan dalam masyarakat Bugis telah lama menjadi bagian penting dari budaya mereka, di mana mereka memiliki kontribusi signifikan dalam berbagai aspek kehidupan. Penelitian ini mengkaji bagaimana nilai-nilai budaya Bugis memfasilitasi kesetaraan gender dan pengaruhnya terhadap perempuan Bugis di zaman sekarang. Melalui studi kasus tentang lima perempuan Bugis di Makassar, penelitian ini mengidentifikasi tantangan serta peluang yang dihadapi perempuan dalam pengembangan diri dan partisipasi dalam masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem kekerabatan bilateral dalam budaya Bugis, yang memberi penekanan pada kedua garis keturunan ibu dan ayah, turut berperan dalam kemandirian ekonomi dan sosial perempuan Bugis. Keterlibatan aktif perempuan Bugis dalam bidang sosial, politik, dan ekonomi mencerminkan implementasi praktik kesetaraan gender. Penelitian ini memberikan pemahaman baru tentang dinamika kesetaraan gender dalam budaya Bugis serta dampaknya terhadap pemberdayaan perempuan Bugis pada masa sekarang. Pada akhirnya, penelitian ini menyoroti pentingnya menjaga nilai-nilai budaya yang mendukung kesetaraan gender sebagai dasar bagi pembangunan sosial dan ekonomi yang inklusif.This research aims to explore the impact of gender equality on the independence and power of Bugis women today. The role of women in Bugis society has long been an important part of their culture, where they have made significant contributions in various aspects of life. This research examines how Bugis cultural values facilitate gender equality and its impact on Bugis women today. Through case studies of five Bugis women in Makassar, it identifies the challenges and opportunities women face in their self-development and participation in society. The results show that the bilateral kinship system in Bugis culture, which emphasizes both maternal and paternal lineages, contributes to Bugis women's economic and social independence. Bugis women's active involvement in social, political and economic spheres reflects the implementation of gender equality practices. This research provides new insights into the dynamics of gender equality in Bugis culture and its impact on the empowerment of Bugis women today. Finally, it highlights the importance of maintaining cultural values that support gender equality as the basis for inclusive social and economic development.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG PASAR RANTELEMO DI DESA RANTELEMO KECAMATAN BAMBANG KABUPATEN MAMASA SULAWESI BARAT Sapinah, Sapinah; Dwiyanti, Dwiyanti; Anan, Alvin
Phinisi Integration Review Volume 7 Nomor 2 Tahun 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v7i2.61839

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel modal, jam kerja, jumlah tenaga kerja, tingkat pendidikan terhadap pendapatan pedagang di Pasar Rantelemo baik secara induvidu maupun secara bersama sama.   Penelitian ini merupakan pelenelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei dengan wawancara langsung dalam pengambilan data. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan kombinasi proportionated sampling dengan area ramdom sampling. ukuran sampel yang diambil sebanyak 30 pedagang di Pasar Rantelemo dari populasi di Pasar Rantelemo yaitu sebanyak 53 pedagang. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda.  Dari hasil analisis data , secara Parsial Modal berpengaruh signifikan terhadap pendapatan yang ditandai dengan nilai t hitung 3.507 dengan signifikan 0.002<0.05, Jam Kerja berpengaruh signifikan terhadap pendapatan yang ditandai dengan nilai t hitung 0.241 dengan signifikan 0.004<0,05, Jumlah Tenaga Kerja berpengaruh signifikan terhadap pendapatan yang ditandai dengan nilai t hitung -0,328 dengan signifikan 0.041<0.05, dan tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap pendapatan yang ditandai dengan nilai t hitung -0,527 signifikan 0,603>0.05 maka dengan demikian menunjukkan bahwa variabel tingkat Pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. Secara Simultan Modal, Jam Kerja, Jumlah Tenaga Kerja dan Tingkat Pendidikan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan yang ditandai dengan F hitung 16.620 dengan signifikan 0.000<0.05.The aim of this research is to determine and analyze the influence of capital variables, working hours, number of workers, level of education on the income of traders at Rantelemo Market both individually and collectively. This research is descriptive research using a survey method with direct interviews for data collection. The sampling technique in this research used a combination of proportionated sampling with area random sampling. The sample size taken was 30 traders at Rantelemo Market from a population at Rantelemo Market of 53 traders. The data analysis technique used to test the hypothesis is multiple linear regression analysis. From the results of data analysis, Partial Capital has a significant effect on income as indicated by a calculated t value of 3.507 with a significance of 0.002<0.05, Working Hours has a significant effect on income as indicated by a calculated t value of 0.241 with a significance of 0.004<0.05, Number of Workers has an influence is significant on income as indicated by a t value of -0.328 with a significance of 0.041<0.05, and education level has no effect on income as indicated by a t value of -0.527 with a significance of 0.603>0.05, thus indicating that the education level variable has no significant effect on income. Simultaneously, capital, working hours, number of workers and education level have a significant effect on income as indicated by F count 16.620 with a significance of 0.000<0.05.
ANALISIS REPRESENTASI KELAS SOSIAL DALAM FILM SNOWPIERCER (2013) DAN MANFAATNYA DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA Kasim, Hasanudin; Nur, Hasruddin; Amir, Arfenti; Jalal, Jalal; Sriwahyuni, Sriwahyuni
Phinisi Integration Review Volume 7 Nomor 2 Tahun 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v7i2.61334

Abstract

Abstract. This research aimed to analyze and describe the representation of social class in the Snowpiercer (2013) and its benefits to study sociology in senior high school. The type of approach in this research was a qualitative descriptive method with the Snowpiercer (2013) as the data source. The data collection technique used documentation technique. Data analysis was content analysis by applying the Miles and Huberman model. The research results show that the representation of social class was very dominant and played an important role in the plot and narrative of the Snowpiercer (2013), including: a) upper class vs lower class; b) exploitation and oppression; c) resistance and revolution; d) visual symbolism; e) upper class decadence; and f) manipulation of information. Then, the benefits of the Snowpiercer (2013) in studying sociology of senior high school including: visualizing social structure in learning material, visualizing social inequality in learning material, visualizing diversity and identity in learning, and visualizing rebellion and social change in learning.Abstrak.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan representasi kelas sosial dalam Snowpiercer (2013) dan manfaatnya dalam pembelajaran sosiologi di SMA. Jenis pendekatan pada penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif metode deskriptif analisis dengan objek Snowpiercer (2013) sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi. Analisis data adalah analisis isi dengan menerapkan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa representasi kelas sosial sangat dominan dan memainkan peran penting dalam plot dan narasi Snowpiercer (2013) antara lain: a) kelas atas vs kelas bawah; b) eksploitasi dan penindasan; c) perlawanan dan revolusi; d) simbolisme visual; e) dekadensi kelas atas; dan f) manipulasi informasi. Kemudian adapun manfaat Snowpiercer (2013) dalam pembelajaran sosiologi di SMA antara lain: memvisualisasikan struktur sosial dalam materi pembelajaran, memvisualisasikan ketimpangan sosial dalam materi pembelajaran, memvisualisasikan diversitas dan identitas dalam pembelajaran, dan memvisualisasikan pemberontakan dan perubahan sosial dalam pembelajaran.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS LOC-R (LITERASI, ORIENTASI, KOLABORASI, DAN REFLEKSI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE Pasongli, Hernita; Aida, Elsa Nur; Marthinu, Eva; Aryuni, Vrita Tri; Salam, Ramdani; Amelia, Risky Nuri
Phinisi Integration Review Volume 7 Nomor 2 Tahun 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v7i2.61943

Abstract

Model Pembelajaran Think Pair Share  (TPS) telah  banyak diimplementasikan oleh guru di sekolah dan output dari pembelajaran ini adalah peningkatan hasil belajar, aktivitas dan motivasi belajar. SMP Negeri 5 pertama kali memadukan pembelajaran Think Pair Sair (TPS) dengan LOCR. Pembelajaran LOCR merupakan pembelajaran baru yang dimodifikasi dari literasi peta yang terdiri dari Literasi, Orientasi, Kolaborasi dan Refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar (kognitif) dengan model pembelajaran TPS berbasis LOC-R di SMP 5 Kota Ternate. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah sampel 15 siswa yang terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan, teknik pengampilan sampel berdasarkan purposive sampling. Tes dan lembar observasi digunakan sebagai alat pengumpulan data dengan analisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Think Pair Share berbasis LOCR dapat meningkatkan hasil belajar. Peningkatan terjadi di siklus II setelah adanya perbaikan pembelajaran yang dilakukan  oleh guru setelah mendapatkan hasil refleksi dari observer dan dosen dari program studi pendidikan geografi. Model pembelajaran TPS dengan LOCR dapat memberikan rekomendasi kepada guru dalam memberikan pendampingan kepada siswa apabila membutuhkan bantuan.The Think Pair Share (TPS) learning model has been implemented by many teachers in schools and the output of this learning is increased learning outcomes, activity and learning motivation. SMP Negeri 5 first combined Think Pair Sair (TPS) learning with LOCR. LOCR learning is a new learning modified from map literacy which consists of Literacy, Orientation, Collaboration and Reflection. The aim of this research is to determine the improvement in learning outcomes (cognitive) with the LOC-R based TPS learning model at SMP 5 Ternate City. The method in this research is Classroom Action Research (PTK) with a sample size of 15 students consisting of 7 men and 8 women, the sample collection technique is based on purposive sampling. Tests and observation sheets are used as data collection tools with analysis using the percentage formula. The research results show that the LOCR-based Think Pair Share learning model can improve learning outcomes. The increase occurred in cycle II after improvements in learning carried out by the teacher after receiving reflection results from observers and lecturers from the geography education study program. The TPS learning model with LOCR can provide recommendations to teachers in providing assistance to students if they need help.
DOMINASI LELAKI TERHADAP PEREMPUAN DALAM KEPEMIMPINAN HMPS PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Pada Agustang, Andi Tenri; Rasyid, Rusman; Rasyid, A Ramli; Adiwisastra Pasca Agustang, Andi Yosi; Nur, Hasruddin
Phinisi Integration Review Volume 7 Nomor 2 Tahun 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v7i2.63317

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis (1) kekuasaan lelaki yang mendominasi perempuan dalam memimpin HMPS Pendidikan Sosiologi (2) resistensi perempuan dominasi kekuasaan lelaki dalam HMPS Pendidikan Sosiologi beserta implikasi dari resistensinya. Guna mencapai tujuan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian geneologi Foucaultdian. Pengumpulan data melalui observasi partisipatif strategi non-intervensi, wawancara non-struktur dan dokumentasi. Data-data kemudian dianalisis melalui teknik reduksi data, penyajian data, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kekuasaan lelaki mendominasi perempuan dalam memimpin HMPS Pendidikan Sosiologi dengan menempatkan perempuan hanya pada posisi bendahara umum dan bidang media dan informasi, serta bidang kewirausahaan, hal tersebut disebabkan oleh faktor intervensi lelaki alumni HMPS Pendidikan Sosiologi periode 2011-2012 sebagai senior menseminasikan wacana perempuan adalah “mahluk emosial”, perempuan tidak akurat dalam mengambil suatu keputusan” sehingga “kurang baik dijadikan sebagai pemimpin” (2) Resistensi yang dilakukan perempuan terhadap dominasi tersebut dengan cara membentuk bidang pemberdayaan perempuan, merumuskan pendidikan politik sebagai modal pengetahuan, dan membangun relasi kepada senior perempuan alumni HMPS Pendidikan Sosiologi sebagai modal sosial sehingga berimplikasi terhadap periode 2023-2024 perempuan dapat mencalonkan diri dan menjadi pemimpin HMPS Pendidikan Sosiologi.This study aims to analyze (1) the power of men who dominate women in the leadership of HMPS Education Sociology. (2) the resistance of women to the domination of men's power in HMSP Education Sociology as well as the implications of its resistance. To achieve that goal, this study uses the Foucaultdian genealogy approach. Data is collected through participatory observations of non-intervention strategies, non-structural interviews, and documentation. The data is then analyzed through data reduction techniques, data presentation, interpretation, and conclusion drawings. The results of this study show that (1) male power dominates women in the leadership of HMPS Education Sociology by placing women only in positions of public treasury and the field of media and information, as well as in the area of entrepreneurship. This is due to the intervention factor of male alumni. HMSP Education sociology period 2011-2012 as senior nominating the discourse of women is “emotional inclusion," women are inaccurate in making a decision, so “less well made as a leader." (2) Resistance done by women against such domination by forming the fields of empowerment of women, formulating political education as the capital of knowledge, and building relationships with senior female alumni of HMPS Education Sociology as the social capital, thus implying that for the period 2023-2024, women can nominate themselves and become the general chair of HMPS Educational Sociology.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MEDIA MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS DI KELAS V UPT SD NEGERI 37 TUNGKA KABUPATEN ENRKEANG Shasliani, Shasliani; Ilmi, Nur; Intan, Sry Nur
Phinisi Integration Review Volume 7 Nomor 2 Tahun 2024
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v7i2.60007

Abstract

Studi ini mengkaji penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPS di kelas V UPT SD Negeri 37 Tungka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V UPT SD Negeri 37 Tungka. Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan media macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPS di kelas V. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran project based learning berbantuan media macromedia flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPS di kelas V. Pendekatan dalam penelitian ini ialah pendekatan Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 16 orang. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan 2 siklus. Pada siklus I hasil penelitian untuk proses pembelajaran berada pada kualifikasi (C) dan hasil tes evaluasi belajar berada pada kualifikasi (C). Siklus II hasil penelitian pada proses pembelarajaran berada pada kulifikasi (B) dan hasil tes evaluasi belajar berada pada kualifikasi (B). Kesimpulannya ialah pada penelitian ini dengan menerapkan model pembelajaran project based learning berbantuan media macromedia flash dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada muatan IPS di kelas V UPT SD Negeri 37 Tungka.This study examines the application of the Project Based Learning learning model assisted by macromedia flash media to improve student learning outcomes in social studies content in class V UPT SD Negeri 37 Tungka. This research was motivated by the low learning outcomes of grade V students of UPT SD Negeri 37 Tungka. The problem in this study is how to apply the project-based learning model assisted by macromedia flash media to improve student learning outcomes in social studies content in class V. This research uses Classroom Action Research (PTK) which aims to find out the process and learning outcomes after applying the project-based learning model assisted by macromedia flash media can improve student learning outcomes in social studies content in class V. The approach of this research is a qualitative approach. The approach in this research is a qualitative approach. The data collection techniques used were observation, tests and documentation. The research subjects were class teachers and students totaling 16 people. The research was conducted using 2 cycles. In cycle I the research results for the learning process were at qualification (C) and the learning evaluation test results were at qualification (C). Cycle II research results on the learning process were at qualification (B) and the results of the learning evaluation test were at qualification (B). The conclusion is that in this study by applying the project-based learning model assisted by macromedia flash media can improve the process and learning outcomes of students on social studies content in class V UPT SD Negeri 37 Tungka.

Page 1 of 1 | Total Record : 8