cover
Contact Name
Didik Supriyanto
Contact Email
didiksupriyanto21@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmodeling@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
ISSN : 24423661     EISSN : 2477667X     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 110 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2024): Maret" : 110 Documents clear
Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur dengan Model Discovery Learning Mengunakan Media Audio Visual di Universtitas Bina Sehat PPNI Widiyanti, Diya Sri
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 1 (2024): Maret
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i1.1873

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis teks prosedur dengan metode pembelajaran discovery learning mengunakan media audio visual. Metode penelitian yang digunakan untuk mengkaji hal ini mengunakan metode R&D digunakan untuk mengembangkan dan mengvalidasi produk pendidikan. Penelitian ini juga dilakukan di universitas Bina Sehat PPNI dengan pertimbangan mahasiswa tersebut juga sedang menempuh mata kuliah teks prosedur sehingga sesuai untuk menjadi objek yang diteliti. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah dari 75 mahasiswa menunjukan 89,5% merespon positif dengan adanya pembelajaran ini. Dari data presentase data 89,5% berada pada interval skor 85% yang berarti respon yang diberikan oleh mahasiswa sangatlah positif. Menurut Hobri (2009), kreteria keefektifan suatu model dikaitkan dengan ketuntasan hasil belajar siswa dan respon positif mereka. Pembelajaran efektif terjadi bila ada keaktifan mahasiswa yang dilibatkan untuk mengorganisasikan dan menemukan hubungan informasi yang diberikan.
Pemanfaatan Alat Peraga Geoboard Berbasis Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika pada Siswa Kelas V: Pemanfaatan Alat Peraga Geoboard Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Pendidikan Dasar Arifin, Moch. Bahak Udin By; Amalia, Sarah Rizki
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 1 (2024): Maret
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i1.1903

Abstract

Penggunaan alat peraga sangat diperlukan dalam bidang pendidikan, agar proses pembelajaran siswa menjadi menarik dan tidak membosankan. Jika pembelajaran Matematika tidak dilakukan dengan cara yang menyenangkan, maka siswa akan menganggap Matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan siswa akan kesulitan untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Geoboard adalah alat peraga Matematika yang berbasis digital yang di gunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa, Penggunaan alat peraga berbasis digital lebih efektif digunakan pada pembelajaran sekarang ini yang dilakukan secara online maupun offline. Selain itu, alat peraga berbasis digital juga tidak memakan banyak waktu dalam pelaksanaannya sehingga dapat lebih efektif dalam menyelesaikan materi pembelajaran dan juga siswa tidak akan lagi menganggap Matematika sebagai mata pelajaran yang susah dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat alat peraga geoboard berbasis digital untuk meningkatkan minat belajar Matematika pada siswa kelas V. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu kualitatif deskriptif yang di lakukan pada siswa kelas V MI Darussalam sugihwaras. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara : 1) observasi; 2) wawancara; 3) dokumentasi.
Peran Sedekah Subuh dalam Membentuk Nilai Karakter Siswa: Studi Kasus di MI Ma’arif 01 Gentasari Umiyah, Inarotul; Suharto, Abdul Wachid Bambang
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 1 (2024): Maret
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i1.1967

Abstract

Sedekah subuh merupakan ibadah dengan berbagai keutamaan dan manfaat. Sedekah subuh dapat berupa sumbangan dalam bentuk uang, makanan, atau apapun yang bermanfaat bagi penerima. Peran penting dari sedekah subuh dalam membentuk karakter individu terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan kecerdasan spiritual, membangun rasa peduli, dan meningkatkan disiplin. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi bagaimana sedekah subuh berkontribusi membentuk nilai karakter siswa di MI Ma’arif 01 Gentasari. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui praktik sedekah subuh, terjadi perubahan sikap siswa. Nilai-nilai karakter yang terkembangkan meliputi sikap religius, kejujuran, toleransi, kemandirian, kepedulian sosial, dan tanggung jawab.
Peningkatan Ecoliteracy Siswa SD melalui Metode Field-Trip Kegiatan Ekonomi pada Mata Pelajaran IPS Di SDN 015 Sumber Makmur Meilawati, Dewi; Ananda, Rizki; Surya, Yenni Fitra; Mufarizuddin, Mufarizuddin; Joni, Joni
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 1 (2024): Maret
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i1.1980

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya Ecoliteracy siswa kelas IV SDN 015 Sumber Makmur. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan Ecoliteracy siswa menggunakan metode Field-Trip dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN 015 Sumber Makmur. Ecoliteracy siswa diukur dari indikator rasa empati, bertanggung jawab, bijaksana dan tes pengetahuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 015 Sumber Makmur yang berjumlah 20 orang. Tahapan siklus dalam penelitian ini menggunakan langah perencanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes pengetahuan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitaif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Field-Trip dapat meningkatkan Ecoliteracy siswa. hal ini ditunjukkan oleh perolehan hasil observasi dan tes pengetahuan pada siklus I pertemuan I dari 20 orang , diketahui bahwa kemampuan Ecoliteracy siswa yang masuk dalam kategori tuntas ada 9 siswa atau 45% dan siklus I pertemuan II yang masuk dalam kategori tuntas ada 13 siswa atau 65% kemudian hasil siklus I ke siklus II mengalami peningkatan kemampuan Ecoliteracy siswa pada siklus II pertemuan I yang masuk dalam kategori tuntas ada 15 atau 75% kemudian meningkat di pertemuan II yaitu kategori tuntas menjadi 18 siswa atau 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Field-Trip dapat meningkatkan kemampuan Ecoliteracy siswa kelas IV SDN 015 Sumber Makmur.
Upaya Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Munawir, Munawir; Mujaroh Putri, Alvia Amalani; Amaliah, Rizky
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 1 (2024): Maret
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i1.1998

Abstract

The history of Islamic culture is a type of Islamic education which in the learning process often faces several problems both in terms of strategies, methods and the media used. With several problems being faced, efforts are needed to overcome them. The purpose of this research is to describe SKI learning at Madrasah Ibtidaiyah and the teacher's efforts in planning and implementing learning in the classroom. This research uses a method (literature review) with a qualitative approach. The results of the research show that efforts can be made by educators to improve the quality of learning the history of Islamic culture by using appropriate methods and media during learning so that students can be enthusiastic and easily understand the material presented by teachers in learning the history of Islamic culture. The appropriate methods are lectures, drills, recitations and discussions. Media that can be used in SKI learning include PPT (Powerpoint) and educational games (Quizizz).
Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Group Investigation (GI) pada Pembelajaran PKn Kelas IV SDIT An-Najiyah Pekanbaru Fadenila, Lastriana; Mufarizuddin, Mufarizuddin; Surya, Yenni Fitra; Sumianto, Sumianto; Fadhillaturrahmi, Fadhillaturrahmi
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 1 (2024): Maret
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i1.2001

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa kelas IV untuk memahami materi pada mata pelajaran PKN. Hal ini diketahui dari hasil wawancara dan dokumentasi pada kegiatan dan dokumentasi pada kegiatan pra siklus. Hal tersebut disebabkan model yang digunakan guru yaitu cenderung ceramah dan penggunaan media kurang menarik antusias siswa. Dari jumlah 25 siswa masih terdapat 13 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi, yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif, dengan cara pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT An-Najiyah tahun pelajaran 2023-2024 yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Group Investigation dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran PKN dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yang memperoleh skor sebesar 66,41(cukup) dan meningkatkan pada siklus II sebesar 87,12 (baik), sedangkan pada aktivitas siswa di siklus I memperoleh skor sebesar 63,46 (cukup) dan meningkatkan pada siklus II sebesar 97,11 (sangat baik). 2) Peningkatan pemahaman pada pelajaran PKN siswa kelas IV setelah diterapkan model pembelajaran Group Investigation) terlihat hasil nilai rata-rata siswa, pada pra siklus sebesar 59,39 (kurang) dengan persentase ketuntasan sebesar 42,81% (kurang), menjadi sebesar 70,3 (cukup) pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 52% (kurang), dan meningkat pada siklus II sebesar 84 (baik) dengan presentase ketuntasan sebesar 89% (baik).
Pendidikan Islam dalam Perspektif Trimurti Pendiri Pesantren Gontor Kusuma Wardani, Ayu Pramudia; Ibrahim, Rustam
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 1 (2024): Maret
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i1.2035

Abstract

Modernisasi pendidikan Islam di satu sisi, lahir dari pengaruh modernisasi pemikiran Islam, termasuk didalamnya modernisasi bidang pendidikan. Di sisi lain, modernisasi ini dipengaruhi oleh model pendidikan yang dibawa oleh penjajah belanda. Pondok Modern Darussalam Gontor Lahir, tahun 1926 ditengah hangatnya pertemuan dua sistem pendidikan; sistem pendidikan modern barat dan sistem pendidikan modern Islam yang dimotori oleh gerakan modernis dan reformis muslim. Suasana ini tidak dapat dipungkiri ikut mewarnai pembukaan Gontor Baru.Pondok gontor baru dibangun di atas warisan nilai-nilai luhur pesantren yang diintegrasikan dengan sistem dan metode pendidikan modern. Idealisme, jiwa dan falsafah hidup pesantren tetap menjadi ruh pondok gontor.Tetapi penanaman itu dilakukan secara efektif dan efesien dengan menggunakan sistem dan metode pendidikan modern. Cara ini pada berikutnya dapat melahirkan dan mengembangkan etos–etos tertentu yang membuat anak didik menjadi lebih dinamis, kritis dan kreatif. Tulisan ini, mencoba menelaah konsep pendidikan modern yang digagas oleh pendiri pondok modern darussalam gontor, dalam cakupan pembaruan pendidikan Islam di Indonesia pada saat itu.
Analisis Penggunaan Quizizz sebagai Media Berbasis Website untuk Evaluasi Kognitif pada Pembelajaran di Sekolah Dasar Saputri, Hera Apriliana; Zulhijrah, Zulhijrah; Bella, Sinta; Prastowo, Andi
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 1 (2024): Maret
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i1.2036

Abstract

Karena perkembangan teknologi yang semakin pesat di era globalisasi ini Quizizz hadir untuk memudahkan evaluasi kognitif pada pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan penggunaan quizizz sebagai media berbasis website untuk evaluasi kognitif pada pembelajaran di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data dalam bentuk observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, informan pada penelitian ini adalah guru kelas 4 di Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Hasil wawancara menunjukan bahwa penggunaan quizizz terbukti efektif jika digunakan sebagai media dalam evaluasi kognitif di pembelajaran. Melihat dari semakin berkembangnya ilmu komunikasi dan teknologi diera sekarang ini, penggunaan media pembelajaran e-learning sangatlah membantu guru, proses pembelajaran akan menjadi semakin mudah dan peserta didik pun akan menjadi termotivasi dalam mengerjakan soal-soal yang ada apalagi gadget sekarang sudah sangat melekat dalam diri generasi milenial.
Meningkatkan Gaya Hidup Bugar di Kalangan Remaja melalui Evaluasi Hasil Tes Kebugaran Siswa Indonesia Jannah, Wardhatul; Sitanggang, Joy Parulian; Kaloko, Jetun Litwan; Astia Nababan, Maria Astuti; Bukit, Dauglas Alfredy; Kemit, Sedrahta Arona
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 1 (2024): Maret
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i1.2037

Abstract

This study aims to evaluate the impact of using fitness tests on improving healthy lifestyles among teenagers in Indonesia. In achieving this goal, this study was conducted by observing the effectiveness of fitness tests as a tool to encourage adolescents to adopt an active and healthy lifestyle. The method used is the application of fitness tests to students in several schools in Indonesia. After that, an evaluation of the results of this fitness test was carried out to measure changes in physical activity and awareness of the importance of a healthy lifestyle among teenagers. The research results show that the use of fitness tests can increase students' awareness of the importance of physical activity and a healthy lifestyle. Apart from that, the test results are also able to provide a clear picture of the student's physical fitness condition, allowing for more targeted monitoring of positive behavioral changes. In conclusion, evaluating fitness test results can be an effective tool in improving a fit lifestyle among Indonesian teenagers.
Peningkatan Keterampilan Menulis Kata Sederhana melalui Metode Bercerita dengan Bantuan Media Kartu Kata Siswa Sekolah Dasar Nurhasanah, Nurhasanah; Aprinawati, Iis; Ananda, Rizki; Pebriana, Putri Hana; Mufarizuddin, Mufarizuddin
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 1 (2024): Maret
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i1.2040

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil keterampilan menulis kata sederhana siswa pada materi di sekitar rumah di kelas I SDN 005 Ganting Damai. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metode bercerita berbantuan media kartu kata. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan menulis kata sederhana siswa pada materi di sekitar rumah dengan menerapkan metode bercerita berbantuan media kartu kata siswa kelas I SDN 005 Ganting Damai. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas I yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui peningkatakan hasil keterampilan menulis kata sederhana siswa setelah tindakan, rata-rata ketuntasan hasil keterampilan menulis kata sederhana siswa hanya 61,23 dengan ketuntasan klasikal sebesar 38,46%, lalu pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 65,11 dengan ketuntasan klasikal sebesar 50,00%, lalu pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 71,65 dengan ketuntasan klasikal sebesar 61,53%. Selanjutnya siklus II pertemuan I meningkat menjadi 74,96 dengan ketuntasan klasikal sebesar 69,23% dan siklus II pertemuan II meningkat menjadi 81,42 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80,76%. Maka dapat disimpulkan penerapan metode bercerita berbantuan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan menulis kata sederhana siswa kelas I SDN 005 Ganting Damai.

Page 1 of 11 | Total Record : 110