Articles
35 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 7 No. 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)"
:
35 Documents
clear
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Kartu AS Di Grapari Telkomsel Cimahi
Ajeung Febrianti;
Siti Herawati
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol. 7 No. 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i5.11145
This research is motivated by the decline in As card users in Indonesia while the number of smartphone users in Indonesia is increasing. This indicates a decrease in the loyalty of As card users. The purpose of this study was to analyze the effect of service quality on customer loyalty mediated by As card customer satisfaction at Grapari Telkomsel Cimahi. The number of samples used was 90 respondents with purposive sampling technique. The data source in this study was obtained through distributing questionnaires that have been declared valid and reliable and have passed the classical assumption test, to test the hypothesis in this study using simple regression test, multiple regression test, and sobel test. The results showed that service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, service quality has a positive and significant effect on customer loyalty, customer satisfaction has a positive and significant effect on customer loyalty, and customer satisfaction plays a role in mediating the effect of service quality on customer loyalty.
Analisis Penerapan Digitalisasi Laporan Keuangan Dalam Meningkatkan Omset UMKM Toko Klontong Madura
Halimatus Sa’diyah;
Krissantina Eferyn
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol. 7 No. 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i5.11556
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan digitalisasi laporan keuangan pada UMKM Toko Klontong madura yang hadir dengan jam operasional nonstop 24 jam untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang mempunyai kebutuhan mendesak. Toko klontong madura menyebar pesat di Surabaya sejak tiga tahun terakhir. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana bertujuan untuk menggali atau membangun satu proposi atau menjelaskan makna dibalik realita. Penggunaan metode ini digunakan untuk menggali berbagai permasalahan yang melingkupi usaha toko klontong. Dalam metode kualitatif diperlukan validasi data internal. Hasil penelitian ini menunjukkan Pencatatan yang dilakukan oleh UMKM Toko Klontong Madura hanya terbatas pemasukan dan pengeluaran setiap hari berdasarkan transaksi. Pentingnya digitalisasi laporan keuangan sebagai upaya bertahannya UMKM Toko Klontong madura di era modern saat ini. Upaya penerapan digitalisasi laporan keuangan harapannya (i) mampu memisahkan antara kegiatan pribadi pemilik usahanya dengan pencatatan keuangan usaha (yaitu pada Laporan Posisi Keuangan); (ii) mampu mendukung upaya keberlanjutan bisnis tersebut; (iii) sebagai suatu kegiatan mencatat, menggolongkan, dan menyajikan transaksi perusahaan menggunakan satuan pengukuran uang; (iv) terdapatnya metode pencatatan yang konsisten dari periode ke periode.
Konsumsi Energi Fosil Terhadap Pertumbuhan Ekonomi
Devia Septyani;
Sri Hartati
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol. 7 No. 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i5.11780
The research aims to determine the correlation between fossil energy consumption and economic growth in Indonesia. The data uses in this research was a 6-year period, of secondary data, starting form 2018 to 2023, obtained from the Ministry of Energy and Mineral Resources (ESDM) for the fossil energy consumption variable and the Central Statistics Agency (BPS) for the economic growth variable. The analytical method used in this research was simple linear regression analysis using SPSS 24 software tools. The research results showed that fossil energy consumption had a positive effect in Indonesia economic growth. The research indicated that fossil energy consumption was able to increase Indonesian economic growth by 64,7%. Keywords: energy consumption (fossil), economic growth
Strategi Peningkatan Pelayanan Princess Rental CAR Karawang Dengan Menggunakan Analisis SWOT
Akhmad Akhmad;
N. Neni Triana;
Thomas Nadeak
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol. 7 No. 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i5.7284
Kualitas pelayanan sangat berpengaruh dalam dunia bisnis karena akan berdampak pada citra perusahaan. Dalam usaha jasa sewa mobil Princess Rental Car terdapat permasalahan terkait pelayanan yang dirasakan oleh pelanggan seperti respon terhadap kebutuhan yang diperlukan konsumen kurang cepat serta jadwal sewa yang tidak terorganisir yang mengakibatkan ketidaksesuaian antara permintaan dan jumlah mobil yang tersedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaksimalkan strategi kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang memengaruhi bisnis sewa mobil Princess Rental Car. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dari hasil wawancara dan observasi yang selanjutnya dilakukan analisis menggunakan alat analisis SWOT. Hasil penelitian dan analisis matriks IFE dan EFE didapatkan Strengths dan Opportunities (SO) sebesar 5,44, Strengths dan Threats (ST) sebesar 3,65, Weaknesses dan Opportunities (WO) sebesar 3,20, Weaknesses dan Threats sebesar 1,41. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Princess Rental Car berada pada posisi Kuadran I, di mana sumbu x = 2,25 dan sumbu y = 1,79 dan mendukung strategi agresif (positif-positif) yang memungkinkan untuk terus melakukan kegiatan, memperbesar pertumbuhan dan perkembangan bisnis dengan cara memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada.
PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SEKTOR FOOD AND BEVERAGE DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2022
Annisa Nurul Prihastiwi;
G Anggana Lisiantara
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol. 7 No. 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i5.8800
Banyak perusahaan yang berlomba-lomba meningkatkan kualitas usahanya agar dapat bersaing di pasar dan menarik konsumen. Ada banyak cara untuk menjadi yang terbaik. Kesuksesan suatu perusahaan hanya dapat dicapai melalui manajemen yang baik. Oleh karena itu, mempertahankan posisi dan keunggulan perusahaan dapat dicapai melalui berbagai tindakan strategis yang dipilih dengan baik.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumenter. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini maka kesimpulan yang dapat diambil bahwa struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. likuiditas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. likuiditas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Desa Serdang Wetan Kecamatan Legok Tangerang
Cahyani Kurniastuti;
Ismayudin Yuliyzar;
Misbahul Iqbal;
Putra Pratama
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol. 7 No. 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i5.9204
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di desa serdang wetan kecamatan legok kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1)Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat Kantor Desa Serdang Wetan. Diketahui bahwa nilai koefisien korelasi 0,545, koefisien determinasi sebesar 0,122 thitung (2,484) > ttabel (1,987) pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,122, artinya kualitas pelayanan publik mempengaruhi kepuasan masyarakat sebesar 12,2%.
Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Subsektor Perkebunan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2021-2023
Afriani Fitra Fadilah;
Nella Yantiana;
Juanda Astarani
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol. 7 No. 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i5.10249
Subsektor perkebunan menghadapi tantangan besar dalam upaya mengelola lingkungan, sehingga pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi krusial untuk menunjukkan tanggung jawab sosial perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menentukan pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan subsektor perkebunan yang terdaftar di BEI. Variabel independen pada penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage sedangkan variabel dependennya yaitu pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Ukuran perusahaan diukur berdasarkan total aset, profitabilitas diukur menggunakan ROA, dan leverage diukur dengan DER. Pengungkapan CSR dinilai melalui biaya CSR. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif. Populasi yang diteliti adalah perusahaan subsektor perkebunan yang terdaftar di BEI pada tahun 2021-2023. Sampel penelitian dipilih menerapkan pendekatan purposive sampling, dimana sampel dipilih sesuai dengan kriteria tertentu yang diinginkan oleh peneliti. Sebanyak 15 perusahaan menjadi sampel dalam penelitian ini, dengan periode pengamatan selama 3 tahun, sehingga total sampel yang dianalisis adalah 45. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan SPSS versi 26 untuk melakukan uji hipotesis. Temuan dari analisis menunjukkan bahwa ukuran perusahaan secara positif dan signifikan mempengaruhi tingkat pengungkapan CSR. Profitabilitas, sebaliknya, memiliki dampak negatif dan signifikan, sementara leverage tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan CSR.
Analisisa Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada BPRS Bangkalan
Dissye Salsabila;
Rian Abrori
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol. 7 No. 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i5.11269
Digital Marketing menjadi alternatif promosi yang efisien di era teknologi informasi dalam memperkenalkan produk, layanan, dan transaksi perbankan. BPRS Bangkalan menggunakan digital marketing dalam promosinya. Penelitian ini mengkaji efektivitas alat dan platform digital marketing yang digunakan BPRS Bangkalan untuk menarik dan mempertahankan nasabah. Melalui media sosial, konten edukatif tentang produk syariah, dan interaksi personal melalui platform digital, BPRS Bangkalan berhasil meningkatkan kesadaran publik dan keterlibatan nasabah. Hasil penelitian menunjukkan strategi digital marketing membawa dampak positif signifikan dalam pertumbuhan jumlah nasabah dan peningkatan loyalitas. Namun, terdapat kendala seperti keterbatasan sumber daya manusia yang ahli di bidang digital, kebutuhan investasi besar dalam teknologi dan pelatihan, serta risiko keamanan data. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun terdapat beberapa kendala, manfaat digital marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah dan memperkuat posisi kompetitif BPRS Bangkalan jauh lebih besar. Strategi yang tepat dan pengelolaan yang baik dapat mengatasi kendala tersebut dan memaksimalkan potensi digital marketing dalam industri perbankan syariah.
Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Loyalty Dengan E-Customer Satisfaction Sebagai Variabel Mediating Pada Pengguna Aplikasi Mobile Banking Livin’ By Mandiri
Indira Rachmawati;
Nurdila Ayu Apriyanti;
Ardio Sagita
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol. 7 No. 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i5.11442
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality terhadap e-customer loyalty dengan e-customer satisfaction sebagai variabel mediating pada pengguna aplikasi mobile banking Livin’ by Mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan tujuan penelitian kausal dan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner digital. Penentuan responden menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling kepada 390 responden pengguna aplikasi dan pernah melakukan traksaksi lebih dari 1 kali dalam seminggu pada mobile banking Livin’by Mandiri di Indonesia. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling dengan bantuan aplikasi SmartPLS. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa dua belas hipotesis diterima yaitu site organization, reliability, responsiveness, user friendliness, personal need, efficiency berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-customer satisfaction, e-customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-customer loyalty, dan site organization, reliability, responsiveness, user friendliness, efficiency berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-customer loyalty melalui e-customer satisfaction sebagai peran mediasi. Selanjutnya diketahui bahwa satu hipotesis ditolak yaitu personal need berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap e-customer loyalty melalui e-customer satisfaction sebagai peran mediasi
Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan
Fatmah Nur Aisyah;
Sri Sudarsi
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol. 7 No. 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31539/costing.v7i5.11628
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Pertambangan. Populasi dari penelitian ini adalah Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di BEI periode tahun 2019 – 2022. Sampel diambil sebanyak 16 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder. Data sekunder tersebut diolah dan dianalisis menggunakan SPSS V24 melalui uji instrumen berupa uji validitas dan reabilitas, analisis regresi linier berganda serta uji hipotesis berupa uji t. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa profitabilitas, likuiditas dan ukuaran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan solvabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: Profitabilitas; Likuiditas; Solvabilitas; Ukuran Perusahaan; Nilai Perusahaan