cover
Contact Name
Akhyar Anshori
Contact Email
akhyaransori@umsu.ac.id
Phone
+6282277000285
Journal Mail Official
jurnalinteraksi@umsu.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSU Gedung C Jalan Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
urnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 25806955     DOI : https://doi.org/10.30596/interaksi
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APIK PTM) yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli. Terbit pertama kali pada bulan Januari 2017.
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi" : 23 Documents clear
Analisis Resepsi Followers Akun Instagram @MenjadiManusia Dalam Kesehatan Mental Putri, Diva Amayia Sumarsono
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i1.19362

Abstract

Media merupakan sarana yang memfasilitasi berbagai narasi, yang dapat mempengaruhi persepsi dan respon audiens secara beragam. Dalam era media sosial, audiens memiliki peran penting dalam proses komunikasi, di mana setiap pesan yang disampaikan memiliki tujuan yang ditujukan kepada mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana audiens menginterpretasikan pesan yang disampaikan oleh akun Instagram @MenjadiManusia. Fokus penelitian adalah pada proses pemaknaan yang dipengaruhi oleh latar belakang dan pengalaman individu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif teknik purposive sampling dengan subjek penelitian yang merupakan pengikut akun @MenjadiManusia. Dalam penelitian ini, kesimpulan dapat ditarik dari tiga perspektif resepsi audiens: hegemoni dominan, negosiasi, dan oposisi. Pertama, pengikut @MenjadiManusia cenderung menerima pandangan yang disampaikan secara pasif, menganggap akun tersebut sebagai otoritas yang kredibel dalam isu kesehatan mental. Kedua, beberapa pengikut terlibat aktif dalam mengonsumsi dan menafsirkan konten, menciptakan hubungan personal dan mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Terakhir, sebagian pengikut menolak norma-norma yang diusulkan oleh akun tersebut, menyuarakan pandangan alternatif dan mencerminkan sikap kritis terhadap isu kesehatan mental.
Strategi Komunikasi Pemasaran Burayot Simadu dalam Meningkatkan Daya Saing Kuliner Khas Garut Maulidjah, Cintiya Syafa'ah
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i1.22363

Abstract

Indonesia dikenal dengan keragaman budaya dan kulinernya, yang menjadi daya tarik utama dalam sektor pariwisata. Salah satu daerah yang menonjol adalah Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang terkenal dengan makanan tradisionalnya, burayot. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran Burayot Simadu dalam meningkatkan daya saingnya sebagai makanan khas Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara tematik melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Burayot Simadu secara efektif menerapkan strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication/IMC) yang meliputi periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung. Strategi ini berhasil memperkenalkan Burayot Simadu ke khalayak yang lebih luas, memperkuat identitas merek, serta membangun ikatan emosional yang erat dengan konsumen. Selain itu, penelitian ini menyoroti keunggulan kompetitif Burayot Simadu yang didukung oleh kualitas produk yang konsisten dan daya tarik unik burayot sebagai makanan tradisional khas Garut. Meskipun menghadapi persaingan yang ketat di pasar makanan tradisional, integrasi strategis elemen komunikasi pemasaran memungkinkan Burayot Simadu untuk mempertahankan eksistensinya di pasar dan meningkatkan keterlibatan konsumen. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan IMC dalam melestarikan dan mempromosikan warisan kuliner tradisional.
Hiperealitas Virtual Influencer Lentari Pagi di Instagram Azzahra, Jihan; Christin, Maylanny
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i1.19895

Abstract

The development of technology in the Industry 4.0 era has given rise to artificial intelligence (AI), one example of which is virtual influencers. Virtual influencers are an advancement from real human influencers, supported by technological developments. This study discusses how artificial intelligence produces content that creates experiences nearly indistinguishable from reality in the world of social media, specifically Instagram. The objective of this research is to understand how artificial intelligence generates content that increasingly blurs the line between reality and virtual experiences on Instagram. The research method employed is descriptive qualitative, with data collection techniques including literature studies, interviews, and observations of the Instagram account of the virtual influencer Lentari Pagi. The findings of this study indicate that the virtual influencer Lentari Pagi can create experiences that are hard to distinguish from reality through AI-generated content. Lentari Pagi portrays herself as a real individual and convinces her followers that she can perform activities typically done by humans, thus creating a representation that mimics real-world processes and systems.
Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Tingkat Kecanduan Penggunaan Smartphone pada Anak Prasekolah di Sumedang Aziziyah, Devi Nur; Rina, Nofha
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i1.15620

Abstract

The use of smartphones today is not limited to adults and teenagers, but has been widely used by children, especially preschoolers. To monitor and prevent children from being addicted to smartphones, parenting is very important. The purpose of this study was to explain the relationship between parenting style and the level of addiction to smartphone use in preschool children at Kemala Bhayangkari 22 Kindergarten, Sumedang. The method used is descriptive quantitative method. The sample in this study was 92 parents of preschoolers at Kemala Bhayangkari 22 Kindergarten, Sumedang. Sampling uses a census sample that includes a population that is under 100 people. This study obtained the results of the T test that had been carried out, by obtaining a t count value of 39.129. This shows that H0 is rejected and H1 is accepted because t count t table (39.129 1.662). Based on the test results of the coefficient of determination of parenting style for preschool children at Kemala Bhayangkari 22 Kindergarten, Sumedang, there is a 94.4% relationship with the level of smartphone addiction. The rest is influenced by other factors such as self-control, sensation seeking, and self-esteem.
Digital Public Relations of Partai Keadilan Sejahtera in Attracting Young Voters Teguh, Monika; Kayana, Dheandra Mutiara; Haryono, Cosmas Gatot; Handi, Esther Freya Angelica; Wongsodiredjo, Jacklyn
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i1.19493

Abstract

Indonesia has just held elections for both the legislative and executive in 2024. In this year's elections, young voters from generation z dominated the number of voters. Therefore, many parties participating in the 2024 election are starting to pay attention to these young voters. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) is one of the parties that has succeeded in gaining an increase in votes in the 2024 elections. This cannot be separated from their efforts to carry out digital PR for generation z. Therefore, this research aims to describe the digital PR strategy carried out by PKS in an effort to attract young voters. This research uses qualitative methods, case studies, with interviews and document studies as data collection methods. The results of this research show that there are four digital PR strategies used, namely Attracting Visitors through Search, Engagement Dialogue, Building Campaign Buzz, and Defensive/Crisis. This entire strategy is implemented in an integrated, sustainable manner so as to attract young voters.
Strategi Komunikasi Pemasaran Museum Muhammadiyah untuk Meningkatkan Minat Pengunjung melalui Instagram emilia, syafiqah
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i1.22382

Abstract

Yogyakarta memiliki berbagai jenis wisata, mulai dari wisata alam, religi, sejarah, pendidikan, hingga budaya. Di antara daya tarik tersebut, museum menjadi salah satu destinasi yang digemari oleh wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Museum Muhammadiyah dalam meningkatkan minat pengunjung melalui media sosial Instagram. Instagram dipilih sebagai platform utama karena kemampuannya memfasilitasi promosi dan pemasaran aktivitas museum secara efektif melalui konten visual yang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengandalkan data primer dan sekunder. Kerangka teori yang digunakan adalah The Circular of Social Media (SOME), yang mencakup empat tahapan: Share, Optimize, Manage, dan Engage. Hasil analisis menunjukkan bahwa Museum Muhammadiyah telah menerapkan keempat tahap tersebut melalui strategi kontennya, yaitu berbagi informasi edukatif dan promosi (share), optimalisasi pesan dengan visual menarik (optimize), pengelolaan akun secara konsisten (manage), serta interaksi aktif dengan audiens (engage). Temuan dari wawancara mendalam menegaskan bahwa integrasi elemen-elemen SOME secara konsisten telah berhasil meningkatkan daya tarik museum di mata pengunjung potensial. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model SOME dalam strategi komunikasi pemasaran media sosial efektif dalam meningkatkan minat kunjungan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi institusi lain untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran dalam mencapai tujuan promosi dan peningkatan daya tarik institusi.Kata kunci :  Instagram, Komunikasi Pemasaran, Museum Muhammadiyah, Pengunjung
Dampak Toxic Relationship pada Perilaku Sosial Mahasiswa Telkom Sari, Nirwana Ayunda; Astuti, Sri Wahyuning
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i1.19595

Abstract

Toxic Relationship adalah hubungan yang merugikan salah satu pihak sementara menguntungkan pihak lain (Yani et al., 2021). Karena manusia adalah makhluk sosial, mereka tidak bisa hidup sendiri dan memerlukan interaksi dengan orang lain, karena dalam kehidupan sehari-hari kita selalu membutuhkan orang lain (Arifiyanto Safa’at, 2014). Membatasi pertemanan pasangan masuk ke dalam perilaku posesif. Menurut Mashita (2016), sikap posesif adalah sikap yang dilakukan untuk mengontrol pasangan secara berlebihan. Perilaku posesif ini termasuk membatasi lingkup pertemanan pasangan, cemburu berlebihan, merasa pasangan hanya milik sendiri, dan memiliki rasa takut yang berlebihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi dengan paradigma kontruktivisme. Dari hasil penelitian, dapat dilihat bahwa dampak dari hubungan beracun terhadap perilaku sosial para informan terjadi karena kurangnya interaksi sosial dengan teman-temannya akibat tekanan dari pasangan mereka, yang pada akhirnya mempengaruhi relasi dan komunikasi dengan lingkungan mereka.
Representasi Emansipasi Wanita pada Film Pendek “Wedok” (Analisis Semiotika Roland Barthes) Utomo, Kevin Luthfi; Kusuma, Arif Surya
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i1.18143

Abstract

Film wedok berlatar belakang pada masa sebelum tahun 2004, berlatar tempat di Jawa. Film ini memberikan gambaran tentang keterbatasan pendidikan bagi kaum wanita di Jawa. Wedok menceritakan tentang keterbungkaman dan kesenjangan pendidikan pada kaum perempuan yang menjadi ikon menarik untuk diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan konsep semiotika berdasarkan data yang ada. Bahasan menggunakan analisis pendekatan semiotika ala Roland Barthes dalam mendiskripsikan tanda yang meliputi ikon, gesture, dan symbol pada film Wedok sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan. Hasil penelitian berupa pemaknaan dari ikon – ikon emansipasi wanita yang terdapat pada film Wedok.
Analisis Komunitas Virtual Ibusibuk Sebagai Upaya Pemberdayaan Perempuan Rahmani, Deanisa; Briandana, Rizki
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i1.18761

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh komunitas virtual IbuSibuk, serta menganalisis interaktivitas, peran anggota, dan pola komunikasi pada komunitas virtual Ibusibuk dalam upaya pemberdayaan perempuan yang dilakukan. Computer Mediated Communication (CMC) merupakan payung teori dari penelitian ini yang didefinisikan secara klasik sebagai proses komunikasi antara manusia melalui berbagai perantara komputer. Penelitian ini didasarkan pada paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode netnografi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara tipologi komunitas virtual, IbuSibuk merupakan komunitas virtual yang terbentuk karena sponsor dari organisasi sehingga mumpuni secara program pemberdayaan. Dalam prosesnya, pemberdayaan pada komunitas IbuSibuk dilakukan sesuai dengan unsur-unsur pemberdayaan digital, yaitu: brand story, brand mission, product sample, community development, mixed media, memorable content and packaging. Upaya pemberdayaan yang dilakukan berupa pelatihan baik secara online maupun offline, serta pemberian akses terhadap pekerjaan sebagai momfluencer. Hal ini sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi bagi para ibu. Pemberdayaan pada komunitas virtual ini tidak terlepas dari interaktivitas dan peran anggota di dalamnya. Secara praktik, interaktivitas yang terjalin pada komunitas ini menerapkan interaktivitas user to system, user to user, dan user to document dengan pola komunikasi yang berbeda sesuai dengan tujuan komunikasinya. Interaktivitas anggota pada program pemberdayaan menjadikan kesempatan dan jaringan yang lebih luas bagi para anggotanya.
Analisis Semiotika John Fiske tentang Gambaran Feminisme Liberal pada Film Enola Holmes 2 Tamba, Vanessa Aprilia; Surwatiningsih, Sri; Herwandito, Seto
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i1.17025

Abstract

Gambaran Feminisme Liberal Pada Film Enola Holmes 2 (Analisis Semiotika John Fiske)

Page 1 of 3 | Total Record : 23