cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota singkawang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia
Published by STKIP Singkawang
ISSN : 24776254     EISSN : 24778427     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is a Journal in the field of social sciences education: teaching, development, instructional, educational project and innovations, learning methodologies and new technologies in educational and learning and the other issues for social sciences.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARI 2023" : 8 Documents clear
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU AJAR MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH Heri Susanto; Melisa Prawitasari; Helmi Akmal; Muhamad Meidy Syurbakti; Fathurrahman Fathurrahman
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARI 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v8i1.3112

Abstract

Buku ajar merupakan satu dari sekian banyak perangkat pembelajaran yang memiliki fungsi penting. Melalui buku ajar, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh informasi dan berbagai petunjuk aktivitas dalam pembelajaran tiap mata kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan buku ajar pada mata kuliah media pembelajaran sejarah dengan melihat pada dua data utama, yaitu hasil penilaian buku ajar pada aspek tampilan, aspek bahasa, dan apek penyajian, serta hasil uji daya serap mahasiswa terhadap materi dalam buku ajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, instrument dalam penelitian ini adalah tes dan skala bertingkat. Hasil penelitian menunjukkan aspek tampilan, aspek bahasa, dan apek penyajian mencapai skor sangat baik, yaitu 90,50%. Sedangkan skor efektivitas sebesar 85,71%. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar dengan judul “Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi; Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, dan Perancangannya” efektif digunakan dalam pembelajaran mata kuliah dan pencapaian kompetensi sesuai capaian pembelajaran mata kuliah yang direncanakan.
PENGARUH KECERDASAN MORAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KESADARAN SOSIAL DENGAN BUDAYA KAMPUS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA TADRIS IPS IAIN PAREPARE Jumaisa Jumaisa; Fawziah Zahrawati B; Andi Aras
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARI 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v8i1.3438

Abstract

This study aims to analyze the effect of moral intelligence and spiritual intelligence on campus culture as a moderating variable on students’ social awareness. This research is classified as quantitative research. The population in this study were students in the Tadris IPS study program, Faculty of Tarbiyah IAIN Parepare class 2018-2021, totaling 176 students. The sample in this study was 122 students whose determination of the number of samples referred to the Slovin formula. Data collection techniques using questionnaires and documentation. Research hypothesis testing was carried out with the help of SmartPLS software. The findings of this study are: (1) there is a positive and significant effect of moral intelligence on students’ social awareness with P Values of 0.002 < 0.05, (2) there is a positive and significant effect of spiritual intelligence on students’ social awareness with P Values of 0.013 < 0, 05, (3) campus culture cannot moderate the effect of moral intelligence on students’ social awareness with P Values 0.062 > 0.05, and (4) campus culture can moderate the effect of spiritual intelligence on students’ social awareness with P Values 0.005 < 0.05. The effect of moral intelligence and spiritual intelligence with campus culture as a moderating variable on students’ social awareness is 58.8%. From these findings, it can be concluded that it is necessary to pay attention to moral intelligence, spiritual intelligence, and campus culture because they have a positive and significant effect on students’ social awareness.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA DIGITAL PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR Nur Oktavia Anggraeni; Yunus Abidin; Yona Wahyuningsih
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARI 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v8i1.3976

Abstract

Perkembangan teknologi yang terjadi semakin pesat pada era abad ke-21 menuntut sistem pendidikan untuk melakukan transformasi pendidikan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran adalah media pembelajaran, hal yang dapat dilakukan dalam upaya memperkenalkan teknologi pada siswa sekolah dasar adalah dengan menciptakan media pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman, yakni media pembelajaran berbasis digital yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, agar pembelajaran lebih bermakna. Pengembangan permainan ular tangga dalam bentuk digital dapat menjadi pilihan untuk mengembangkan media digital yang inovatif serta menambah variatif dalam pelaksanaan pembelajaran, salah satunya pembelajaran IPS dengan tema Keragaman Budaya di Indonesia. Pengembangan media digital ini menggunakan platform genial.ly dengan metode Design and Development (D&D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media permainan ular tangga digital pada materi keragaman budaya di Indonesia kelas IV sekolah dasar ini valid digunakan dengan persentase penilaian ahli materi 82, 14%, penilaian ahli media 83, 82%, dan penilaian ahli bahasa 85%. Pada tahap uji coba yang dilakukan mendapat persentase penilaian 87, 41% dari siswa dan 91, 66% dari respon yang diberikan oleh guru.
ANALISIS TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI JAWA TENGAH: SUATU KAJIAN BERDASARKAN FAKTOR PENDIDIKAN, SOSIAL, EKONOMI, LOKASI DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA Devie Triana Sari; Nur Isroatul Khusna; Fajar Wulandari
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARI 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v8i1.3978

Abstract

Abstrak. Provinsi Jawa Tengah termasuk wilayah dengan kemiskinan cukup tinggi pada periode tahun 2020 sebesar 11,09 persen, tertinggi kedua di Pulau Jawa. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat kemiskinan dipengaruhi oleh faktor pendidikan (angka putus sekolah), ekonomi (angka pengangguran), lokasi (jarak tempat tinggal ke pusat kota), ekonomi (Produk Domestik Regional Bruto dan inflasi) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Penelitian ini menganalisis sejauh mana faktor tersebut mempengaruhi tingkat kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah. Analisis data menggunakan regresi linier. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan sehingga pemerintah daerah dapat lebih berfokus menentukan prioritas kebijakan pengentasan kemiskinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat variabel yang berpengaruh signifikan terhadap angka kemiskinan. Variabel tersebut adalah angka pengangguran, diikuti PDRB, IPM, inflasi, angka putus sekolah dan terakhir jarak ke pusat kota. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi bagi Pemerintah Daerah dalam mengambil kebijakan sebagai upaya mengentaskan kemiskinan di Jawa Tengah.Kata kunci: Kemiskinan, Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Lokasi, IPM
ANALISIS PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI Ivan Veriansyah; Ihsan Nurhakim
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARI 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v8i1.3873

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran online pada masa pandemic covid 19 terhadap minat belajar mahasiswa program studi pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak. Hasil penelitian dijabarkan secara deskriptif dalam metode penelitian kualitatif dengan pendekatan  fenomenologi berbasis first-hand experiences di mana sumber informasi responden sebagai subjek yang mengalami secara langsung aspek permasalahan proses pembelajaran yang terjadi,  Data yang dikaji dan dianalisis dengan teori fenomenologi dan teori proses pembelajaran menunjukkan beberapa hal, yakni persiapan yang dilakukan dosen pada proses pembelajaran sistem daring meliputi penyusunan bahan ajar yang lebih terperinci, teknik mengajar yang lebih menarik, ketersediaan perangkat pembelajaran, dan ketersediaan jaringan internet. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara virtual asynchronous dan collaborative synchronous Hasil analisisis penelitian pada mahasiswa semester II prodi geografi ini menitikberatkan kepada permasalahan pembelajaran daring dan rendahnya minat belajar mahasiswa. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran online  yang dilaksanakan di IKIP PGRI Pontianak sudah tergolong optimal karena dosen pengampu mata kuliah sudah sangat terbiasa dan berkompeten dalam menggunakan aplikasi-aplikasi penunjang pembelajaran online misalnya Zoom Meeting, Google Classroom maupun WhatApp. Selain itu, fasilitas yang menunjang juga menjadi factor utama dalam pembelajaran online misalnya handphone atau laptop dan jaringan internet di Pontianak.
PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Reni Agistiningsih; Elly Astuti; Farida Styaningrum
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARI 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v8i1.3608

Abstract

This study aims to explain the Effect of E-Learning Use on Learning Outcomes with Interest in Learning and Motivation as intervening variables. The background of this research is how students respond to and carry out learning with current conditions, namely the Covid-19 pandemic and Industrial Work Practices which must be carried out simultaneously to continue to support learning achievement. Then the suitability of alternatives that suit these needs by conducting Online learning or Electronic Learning (E-Learning). The subject carried out by the researcher was student X. Data analysis techniques using SmartPLS, with quantitative methods. Questionnaire and documentation data collection techniques with a total sample of 70 students. The study results can be concluded that using E-Learning, interest in learning, and motivation positively affect learning outcomes. Interest in learning has a positive effect on motivation. E-Learning use positively affects learning outcomes through an interest in learning and motivation as variables that can inventory research variables
ANALISIS PERENCANAAN PENDIDIKAN NILAI RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS MUHAMMADIYAH BANDUNG Ibnu Hurri; Disma Disma; Agus Mulyana
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARI 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v8i1.4116

Abstract

Pendidikan nilai Religius dalam pembelajaran IPS di MTs Muhammadiyah Kota Bandung direalisasikan dalam pola pembelajaran IPS dengan cara meyeluruh dan dengan memperhatikan eksistensi pembelajaran IPS sebagai ilmu umum serta memperhatikan nilai-nilai religius (keislaman) siswa untuk menciptakan tujuan pembelajaran. Proses pembelajaran bukan cuma berpusat pada perspektif kognitif saja, akan tetapi pula wajib menekankan cara pengembangan afektif. Studi ini bermaksud untuk mengenali pendidikan nilai religius yang diintegrasikan dalam pembelajaran IPS lewat perancangan yang dilakukan oleh guru. Nilai merupakan suatu yang diidamkan dan sanggup melahirkan aksi pada diri seseorang, memahami nilai dan pendidikan nilai akan sangat berarti sebab kita tetap bersinggungan. Interaksi individu dalam kehidupan sehari-hari bisa menghasilkan suatu aksi yang berhubungan dengan orang lain, baik dalam lingkup yang kecil atau yang lebih besar. Pembelajaran IPS ialah penyederhanaan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta aktifitas dasar individu yang diorganisasikan serta disuguhkan dengan metode objektif dan juga pedagogis maupun intelektual untuk tujuan pembelajaran. Studi ini memakai metode kualitatif dengan rancangan studi kasus, serta metode pengumpulan informasi yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk teknik analisa data memanfaatkan prosedur triangulasi. Hasil yang diperoleh ialah bahwa penggunaan pendidikan nilai bisa memuculkan pemahaman pada siswa mengenai nilai-nilai positif dan menghindarkan dari nilai-nilai negative. Tidak hanya itu, perencanaan pendidikan nilai religius yang berintegrasi dalam kurikulum sekolah beserta berbagai kemungkinan dan alternatif dapat meningkatkan pemahaman pendidikan nilai religius siswa dalam pembelajaran IPS ataupun pada program pendidikan yang ada di MTs Muhammadiyah Kota Bandung.
KERJASAMA PEMERINTAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS PENGELOLAAN WISATA PANTAI GONDA KABUPATEN POLEWALI MANDAR Muh Kasim; Muh Yahya; Masri Ridwan; La Ode Muhammad Ruspan Takasi; Eko Harianto; La Ode Nursalam; Andri Estining Sejati
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARI 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v8i1.4105

Abstract

Tujuan penulisan untuk mengetahui bagaimana kerjasama pemerintah untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris dari sumber daya manusia yang bekerja di daerah tujuan wisata dan merekomendasikan konsep kerjasama di Pantai Gonda Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah pejabat di lingkungan Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan dan Lembaga Kursus Bahasa Inggris di Kabupaten Polewali Mandar. Data dikumpulkan dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian dengan deskriptif kualitiatif yang mengkaji data penelitian dengan collaborative governance, yaitu: kondisi awal, desain kelembagaan, kepemimpinan fasilitatif, dan proses kolaborasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kondisi awal, desain kelembagaan, kepemimpinan fasilitatif, dan proses kolaborasi tidak pernah dibentuk atau diputuskan oleh Pemerintah di Kabupaten Polewali Mandar. Tidak ditemukan kerjasama Pemerintah untuk meningkatkan kompetensi Bahasa Inggris Pariwisata di Pantai Gonda Kabupaten Polewali Mandar.

Page 1 of 1 | Total Record : 8