Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen
REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia. Tujuan dari penerbitan jurnal ini adalah untuk memublikasikan hasil kajian ilmiah di bidang Pendidikan Agama Kristen dan yang terkait dengan studi keagamaan Kristen.
Articles
11 Documents
Search results for
, issue
"Vol 9, No 1 (2024): Maret 2024"
:
11 Documents
clear
Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Sistem Penilaian Kinerja Guru yang Efektif
Sagala, Kartika Putri;
Messakh, Jefrit Johanis;
Harefa, Kasieli
Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol 9, No 1 (2024): Maret 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33541/rfidei.v9i1.210
Guru menjadi variabel penting dalam pendidikan. Kompetensi guru dalam mendidik, membina dan mengajar menjadi faktor penting yang harus diketahui. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pemantauan kinerja guru. Kinerja guru sering dihadapkan pada berbagai tantangan. Penilaian yang tidak akurat dan tidak efektif dapat mengakibatkan kurangnya motivasi bagi guru, serta kurangnya pengakuan terhadap prestasi yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas pendidikan melalui sistem penilaian kinerja guru yang efektif dalam lembaga pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan mengimplementasikan sistem penilaian kinerja guru yang holistik dan adil, sekolah dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan guru-guru, memfasilitasi pelatihan dan pengembangan yang sesuai, serta memberikan umpan balik yang konstruktif untuk meningkatkan kinerja guru.
Penerapan Kurikulum Learner Centered Design Untuk Meningkatkan Partisipasi Remaja Usia 15-17 Tahun dalam Pelayanan Koinonia
Tobing, Sarah Gracia;
Messakh, Jefrit Johanis;
Toulasik, Ferderika
Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol 9, No 1 (2024): Maret 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33541/rfidei.v9i1.188
Kurikulum merupakan alat yang didalamnya terdapat seperangkat pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan di suatu lembaga pendidikan sehingga kurikulum sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan demi ketercapaian suatu tujuan. Pendidikan tidak hanya dilakukan di sekolah, tetapi, juga dapat dilakukan di gereja. Namun, permasalahan yang sering muncul adalah terdapat gereja belum memiliki kurikulum dalam melaksanakan Pendidikan Agama Kristen dan kesulitan dalam menerapkan kurikulum yang dirancang sehingga aktivitas pembelajaran di gereja tidak berjalan dengan teratur untuk mencapai suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kurikulum Learner Centered Design dapat meningkatkan partisipasi remaja dalam pelayanan koinonia. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil penelitian adalah dengan menggunakan desain kurikulum Learner Centered Design dapat meningkatkan partisipasi remaja usia 15-17 dalam pelayanan koinonia.
Implikasi Teori Tindakan Komunikasi Habermas dalam Pendidikan Kristen
Triposa, Reni;
Sinaga, Reynold P.;
Jatmiko, Indri
Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol 9, No 1 (2024): Maret 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33541/rfidei.v9i1.211
Teori tindakan komunikasi Habermas menegaskan bahwa komunikasi antara orang-orang dalam lingkup kebersamaan harus mencapai konsensus berdasarkan pemahaman yang menempatkan prioritas untuk saling, menyelesaikan kontradiksi, perselisihan, dan konflik melalui dialog yang tulus, dan akhirnya mewujudkan cita-cita masyarakat yang rasional. Mengunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur maka dapat disimpulkan bahwa konteks pendidikan Kristen, prinsip-prinsip teori komunikasi Habermas juga dapat diterapkan dengan menekankan dialog terbuka tentang nilai-nilai Kristen, toleransi terhadap pandangan yang berbeda, dan pengembangan keterampilan berbicara dan mendengarkan yang baik. Dengan demikian, pendidik Kristen dapat mengintegrasikan nilai-nilai iman Kristiani dengan prinsip-prinsip komunikasi yang sehat dalam pendidikan.
Peran Pendidikan Agama Kristen Bagi Remaja dalam Menghadapi Tantangan Zaman di Era Digital
Walean, Rudi Roberto;
Messakh, Jefrit Johanis;
Siagian, Laurenz Enjelina;
Harefa, Fenieli;
Harefa, Kasieli
Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol 9, No 1 (2024): Maret 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33541/rfidei.v9i1.201
Pendidikan Agama Kristen bertanggung jawab perkembangan iman remaja. Tanggung jawab PAK direalisasikan melalui pelaksanaan PAK bagi remaja di gereja. Dalam perkembangan teknologi di era digital ini banyak remaja mengalami gangguan mental, psikis, ancaman moral, terlibat dalam tindak kejahatan, seks bebas dan pelanggaran hak cipta yang mudah dilakukan. Masalah lain yang dihadapi oleh remaja adalah banyak diantara mereka kurang memahami penggunaan teknologi dan tidak mengetahui serta menyadari akan bahayanya penggunaan teknologi informasi yang salah sehingga mudah terjerumus ke dalam perilaku yang negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana remaja menghadapi tantangan zaman diera digital melalui Pendidikan Agama Kristen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kalitatif, dengan teknik pengumpulan data studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah Pendidikan Agama Kristen mampu melengkapi Remaja untuk tidak takut dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berubah diera digital dan siap untuk mengambil keputusan secara cermat dan tepat dengan tidak menyampingkan nilai-nilai kebenaran.
Pendampingan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Peningkatan Literasi Digital Orangtua Milenial
Togatorop, Jonson;
Rantung, Dyoys Anneke;
Naibaho, Lamhot;
Boiliu, Esti Regina
Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol 9, No 1 (2024): Maret 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33541/rfidei.v9i1.192
Kemajuan teknologi digital menjadi tantangan dan pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan manusia karena dapat mengubah pola hidup manusia dan memiliki karakteristik yang dapat dimanipulasi. Seiring perkembangan teknologi digital, berkembang juga tindak kejahatan yang terfasilitasi dan dapat merugikan manusia sendiri, serta banyaknya kemunduran dalam pola pikir dan perilaku yang normatif. Teknologi dapat membuat orang menjadi adiktif (kecanduan) dan sulit untuk berubah sehingga diperlukan pendampingan dan bimbingan khusus dan serius. Banyak orang tua yang merupakan generasi milenial yang menggunakan teknologi digital secara tidak terkendali sehingga mereka mengabaikan pentingnya pola asuh yang baik terhadap anak-anaknya. Sebagai akibatnya banyak anak yang mengalami pola asuh yang kurang berkualitas di tengah keluarganya, dan hal itu tentu saja akan berdampak pada masa depannya dan masa depan suatu bangsa. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan pemikiran tentang pola pendampingan pendidikan agama Kristen terhadap peningkatan literasi digital pada orang tua milenial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Penelitian ini menghasilkan pola pendampingan pendidikan agama Kristen yang CAKAP (Cerdas, Kreatif dan Produktif) terhadap orangtua milenial.
Pola Asuh Orang Tua Kristen Menurut Matius 18:6 Sebagai Upaya Untuk Mengatasi Kekerasan Seksual Pada Anak
Boiliu, Fredik Melkias;
Duha, Sang Putra Immanuel
Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol 9, No 1 (2024): Maret 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33541/rfidei.v9i1.207
Studi ini membahas pola asuh orang tua Kristen untuk mengatasi kekerasan seksual pada anak berdasarkan ayat Matius 18:6. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan dan menganalisis sumber-sumber terpercaya tentang kekerasan seksual pada anak dan pola asuh yang efektif. Tujuan dari studi ini adalah untuk memberikan panduan praktis bagi orang tua Kristen dalam melindungi anak-anak mereka dari bahaya kekerasan seksual. Kesimpulan dari studi ini adalah bahwa pola asuh yang baik bagi orang tua Kristen mencakup memberikan perhatian, kasih sayang, dan pendidikan yang tepat kepada anak-anak mereka, serta mengajarkan anak-anak untuk berbicara dengan jujur dan terbuka. Orang tua Kristen juga harus siap untuk mengambil tindakan yang tegas jika anak mereka menjadi korban kekerasan seksual. Studi ini memiliki kebaharuan dalam memberikan panduan praktis bagi orang tua Kristen dalam mengatasi kekerasan seksual pada anak dengan menggabungkan perspektif Alkitab dan pengetahuan yang ada tentang kekerasan seksual pada anak.
Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Sekolah Minggu Menurut Pendekatan Kurikulum Bobbitt dan Charters
Harefa, Kasieli;
Situmorang, Aspriska R.;
Daniel, Daniel;
Rantung, Dyoys Anneke;
Naibaho, Lamhot
Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol 9, No 1 (2024): Maret 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33541/rfidei.v9i1.209
gereja menggunakan kurikulum agar proses pembelajaran lebih terstruktur dan terukur. Menyadari akan pentingnya kurikulum Pendidikan Agama Kristen dalam gereja perlu adanya tindak-lanjut dari sekolah minggu untuk memiliki kurikulum yang tetap. Namun, banyak gereja tidak menyadari akan hal ini sehingga tidak memiliki kurikulum sekolah minggu yang tetap, materi ditentukan oleh pengajar dan pembelajaran dijalankan tanpa tujuan yang jelas. Oleh karena itu, peneliti menggunakan pendekatan kurikulum Bobbitt dan charters untuk mendesain kurikulum Pendidikan Agama Kristen sekolah minggu. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan desain kurikulum Pendidikan Agama Kristen sekolah minggu menggunakan pendekatan Kurikulum Bobbitt dan Charters. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Hasil dari penelitian ini ialah desain kurikulum sekolah minggu menurut pendekatan kurikulum Bobbitt dan Charters. Desain kurikulum Pembelajaran Agama Kristen menurut pendekatan Bobbitt dan Charters sangat relevan digunakan dalam sekolah minggu. Melalui penggunaan pendekatan kurikulum Bobbitt dan Charters dapat membantu membuat desain kurikulum Pendidikan Agama Kristen bagi siswa sekolah minggu.
Supervisi Akademik Untuk Peningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen
Pa, Hemi Bara;
Afi, Kristian E. Y. M.;
Banamtuan, Maglon Ferdinand
Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol 9, No 1 (2024): Maret 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33541/rfidei.v9i1.217
Tujuan riset ini adalah untuk mendeskripsikan supervisi akademik oleh pengawas untuk meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Kristen. Metode yang digunakan pada riset ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Maka hasil yang diperoleh pada saat melakukan riset tersebut adalah 1). Perencanaan supervisi akademik dilakukan oleh pengawas adalah melakukan koordinasi dengan Kepala Sekolah untuk membimbing dan mengarahkan guru Pendidikan Agama Kristen untuk selalu mempersiapkan seluruh perangkat pembelajaran sebagai kelengkapan dari supervisi akademik; 2). Pelaksanaan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas selalu diberikan keluasan kepada guru Pendidikan Agama Kristen untuk tetap mengajar di dalam kelas; 3). Evaluasi supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas kepada guru Pendidikan Agama Kristen ada memberikan laporan tertulis kepada pengawas dan kepala sekolah tentang hasil belajar siswa; dan 4). Tindak Lanjut supervisi akademik, laporan hasil evaluasi belajar yang dimasukan ke pengawas dan kepala sekolah dijadikan sebagai bahan untuk evaluasi untuk mempertimbangkan kinerja guru Pendidikan Agama Kristen.
Metodologi Filsafat dalam Pendidikan Agama Kristen
Brek, Meiske Waty;
Rantung, Dyoys Anneke;
Naibaho, Lamhot
Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol 9, No 1 (2024): Maret 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33541/rfidei.v9i1.182
Dalam era modern saat ini, pendidikan agama menghadapi tantangan dalam menyampaikan ajaran-ajaran agama dengan lebih mendalam dan reflektif. Metodologi filsafat menawarkan kerangka kerja yang cocok untuk menganalisis dan merumuskan pertanyaan-pertanyaan fundamental tentang kepercayaan, keyakinan, dan nilai-nilai dalam agama Kristen. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metodologi filsafat dalam Pendidikan Agama Kristen memiliki manfaat yang signifikan. Melalui pendekatan ini, peserta didik dapat belajar untuk menganalisis dan mempertanyakan keyakinan dan nilai-nilai Kristen secara kritis. Mereka juga dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang makna dan implikasi ajaran agama Kristen dalam kehidupan sehari-hari. Metodologi filsafat juga mendorong refleksi pribadi yang lebih dalam dan membantu peserta didik dalam menghadapi konflik moral dan dilema etis.
Pendidikan Agama Kristen dalam Pendampingan terhadap Orang Tua yang Mengalami Empty-Nest
Kristiantia, Graseila;
Engel, Jacob Daan;
Adi, Suwarto
Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol 9, No 1 (2024): Maret 2024
Publisher : Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33541/rfidei.v9i1.206
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pemahaman Pendidikan Agama Kristen dapat berperan khususnya dalam proses pendampingan yang diberikan kepada orang tua yang mengalami empty-nest, dengan tujuan membantu mereka untuk menganggap diri mereka berharga dan bermakna meskipun tidak lagi tinggal bersama dengan anak-anak. Penelitian ini dilakukan dengan melihat bahwa situasi empty-nest memiliki dampak yang jika dibiarkan tidak mendapatkan pendampingan akan menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi literatur. Sumber-sumber rujukan digunakan untuk melihat penyebab dan dampak dari situasi empty-nest. Peran Pendidikan Agama Kristen melalui gereja serta dan adanya interaksi antar anggota keluarga yang lain dalam proses pendampingan terhadap orang tua yang mengalami empty-nest, dibutuhkan untuk membantu mereka mampu menumbuhkan kesadaran diri, penerimaan diri, keterbukaan terhadap lingkungan, dan keinginan untuk bermakna.