cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Ilmiah KORPUS
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : -     EISSN : 26146614     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah KORPUS merupakan jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIB. Jurnal ini memuat dan menyebarluaskan hasil kajian ilmiah dan hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen yang terpilih tentang bahasa, sastra, dan pengajarannya. KORPUS terbit tiga kali dalam setahun, yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2: Agustus 2022" : 13 Documents clear
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF TERHADAP KINERJA SISWA Yulianti, Rizki Pramita; Siregar, Epi Supriani; Hidayat, Ikhwan Mahfud
Jurnal Korpus Vol 6 No 2: Agustus 2022
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v6i2.23411

Abstract

Artikel ini mengkaji pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif dalam meningkatkan prestasi akademik. Artikel ini menjelaskan peran variabel hubungan guru-siswa dan penilaian pembelajaran dalam mendorong munculnya motivasi belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dari 135 guru kelas 5 dan 6 di 17 sekolah dasar di wilayah Polonia Medan, Indonesia. Analisis data Structural Equation Modeling (SEM) menunjukkan pengaruh positif terhadap asosiasi belajar dan evaluasi kinerja siswa melalui motivasi belajar dan kemampuan kognitif dengan korelasi yang signifikan (p < 0,05). Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa merupakan perantara yang mempengaruhi kemampuan kognitif dan kinerja akademik siswa di kelas.
NILAI MORAL DALAM FILM OUR SHINING DAYS KARYA WANG RAN Adha, T. Kasa Rullah; Nastiti, Farrah Nabila
Jurnal Korpus Vol 6 No 2: Agustus 2022
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v6i2.23428

Abstract

Karya sastra merupakan karya seni berbentuk lisan maupun tulisan yang menggunakan bahasa sebagai mediumnya untuk memberikan gambaran hidup. Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai moral pada film Our Shining Days《闪光少女; shǎnguāng shàonǚ》karya Wang Ran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai- nilai moral yang terdapat pada film Our Shining Days《闪光少女》karya Wang Ran. Film ini bercerita tentang sekolah musik yang memiliki dua jurusan yaitu jurusan musik tradisional Cina dan juga jurusan musik klasik yang tidak akur satu sama lain. Pada penelitian ini teori yang digunakan adalah teori sosiologi sastra dari Alan Swingewood. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa dialog dan tindakan para tokoh yang memuat nilai-nilai moral. Sumber data penelitian ini adalah film Our Shining Days《闪光少女》 karya Wang Ran. Hasil penelitian menunjukan bahwa wujud nilai moral yang terdapat pada film Our Shining Days《闪光少女》 karya Wang Ran adalah hubungan manusia dengan diri sendiri dengan nilai moral baik yaitu kerja keras dan keberanian serta hubungan manusia dengan manusia lain dengan nilai moral baik yaitu suka menolong, peduli, kerja sama­ dan musyawarah serta nilai moral buruk yaitu merendahkan dan diskriminasi.
Pengembagang Modul Bahasa Inggris untuk Mahasiswa Program Studi Matematika di STKIP Muhammadiyah Pagaralam Sari, Andini; Yuliana
Jurnal Korpus Vol 6 No 2: Agustus 2022
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v6i2.23943

Abstract

The purpose of this study is to develop an English module based on local wisdom for students that is in accordance with the needs analysis. This module is expected to facilitate the teaching of English to students of non-English study programs at STKIP Muhammadiyah and improve the achievement of learning outcomes through modules made based on the Borg &Gall development scheme by going through several stages, namely (1) needs analysis (2) module planning (3) module development (4) module validation (5) module revision I (6) module trial (7) module revision II (8) final module. The method used in this study is Research and Development. Research that uses this research and development design has test subjects in the form of; 2 learning experts, 2 peers, and 40 1st semester students who took English courses and were chosen randomly as validation of the module test. Data were collected through observations, interviews and questionnaires that were shared with the test subjects and became a reference for module development according to the stages adapted from the Borg&Gall development scheme. The results of the development of this module are in the form of teaching materials that can be used as the main reference in teaching English in the Mathematics study program at STKIP Muhammadiyah Pagaralam.
Kemampuan Menulis Teks Berita siswa Kelas VIII SMPN 06 Kota Bengkulu Elvia, AFika
Jurnal Korpus Vol 6 No 2: Agustus 2022
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v6i2.23304

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 06 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk esai yaitu menulis teks berita dengan tema virus corona (covid-19). Teknik analisis data dalam penelitian ini, statistika sederhana dengan menghitung rata-rata dari setiap aspek, serta mencari skor akhir. Penelitian ini dinilai berdasarkan lima aspek dalam menulis teks berita, yaitu: kesesuain isi dengan judul, struktur berita, pemilihan kata, ketepatan kalimat dan ejaan. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa pada kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 06 Kota Bengkulu di peroleh nilai rata-rata 57,51 kategori cukup. Aspek kesesuaian isi dengan judul diperoleh nilai rata-rata 12,94 kategori cukup, aspek struktur berita diperoleh nilai rata-rata 13,81 kategori cukup, aspek pemilihan kata atau diksi  diperoleh nilai rata-rata 12,37 kategori cukup, aspek ketepatan kalimat diperoleh nilai rata-rata 12,31 kategori cukup, aspek ejaan diperoleh nilai rata-rata 6,29 kategori cukup.
Tindak tutur direktif bahasa lembak dikecamatan sungai serut kota bengkulu pramesuary, Indria pramesuary; Diani, Irma; Basuki, Rokhmat
Jurnal Korpus Vol 6 No 2: Agustus 2022
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v6i2.23391

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: 1)untuk mendeskripsikan wujud penggunaan tindak tutur direktif Bahasa Lembak di Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu. 2)untuk mendeskripsikan fungsi tindak tutur direktif pada kegiatan sehari-hari masyarakat Lembak di Kecamatan Sungai serut Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian deskriptif tidak mempertimbangkan benar salahnya penggunaan bahasa oleh penutur-penuturnya, karena hal itu merupakan cirinya yang pertama dan terutama. Sumber data pada penelitian ini adalah Sumber data penelitian adalah bahasa yang digunakan, masyarakat berbahasa lembak di kegiatan interaksi dan transaksi keseharian masyarakat lembak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif .Sumber data penelitian adalah bahasa yang digunakan, masyarakat berbahasa lembak di kegiatan interaksi dalam suasana banjir dan transaksi jual beli keseharian masyarakat lembak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik simak, teknik rekam, dan teknik catat. Berdasarkan hasil dan pembahasan tentang tindak tutur direktif dalam intekasi masyarakat Lembak di Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu, diperoleh beberapa wujud tindak tutur direktif dan fungsi tindak tutur sebagai berikut: Wujud tindak tutur direktif yang digunakan pada masyarakat Lembak di Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu, yaitu: 1) wujud perintah sebanyak 17 tuturan , 2) wujud permintaan sebanyak 21 tuturan, 3) wujud ajakan 14 sebanyak tuturan, 4) wujud larangan sebanyak 6 tuturan, 5) wujud nasihat sebanyak 13 tuturan, 6) wujud kritikan sebanyak 3 tuturan. fungsi tindak tutur direktif pada kegiatan interaksi dan transaksi masyarakat Lembak di Kecamatan Sungai serut Kota Bengkulu, yaitu: fungsi perintah, fungsi permintaan, fungsi ajakan, fungsi larangan, fungsi nasihat, dan fungsi kritikan.
KEMAMPUAN MAHASISWA MENULIS TEKS PIDATO PERSUASIF Yulistio, Didi
Jurnal Korpus Vol 6 No 2: Agustus 2022
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v6i2.25771

Abstract

Penelitian dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis pidato persuasif yang bertema Corona Virus Disease (Covid-19) pada mahasiswa program studi S2 Pendidikan bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Kegiatan penelitian ini meliputi: (1) relevansi isi dengan tema, (2) struktur teks meliputi pendahuluan, isi, dan penutup, (3) pilihan kata atau diksi, (4) penggunaan kalimat formal, dan (5) mekanik atau ejaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif sederhana. Penelitian ini menggunakan populasi semua mahasiswa Program S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu, Semester Ganjil 2020/2021 atau menggunakan teknik total sampling, sebanyak 23 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik tes secara daring melalui zoom meeting. Instrumen penelitan berupa petunjuk tes menulis teks pidato persuasif. Analisis data menggunakan rumus rerata dan persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan menulis teks Pidato Persuasif mahasiswa berkategori baik (rerata skor sebesar 82,13). Secara khusus, bahwa kemampuan menulis aspek (1) isi berkategori sangat baik, (2) struktur teks kategori baik, (3) ketepatan pilihan kata atau diksi berkategori baik, (4) kalimat formal berkategori baik, dan (5) mekanik (ejaan) berkategori baik. Kelima aspek memberikan sumbangan yang berbeda-beda, yakni aspek isi sebanyak 20,81%, struktur sebanyak 29,81%, diksi sebanyak 20,0%, kalimat memberikan sumbangan 19,85%, dan ejaan sebanyak 9,53%. Hasil ini memberikan makna bahwa masih perlu upaya perbaikan kearah yang lebih baik (kecuali aspek pengembangan isi) hingga mencapai hasil maksimal.
ANALISIS KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LAYLA MAJNUN KARYA SYEKH NIZAMI KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA Akbar, Redho; Chanafiah, Yayah; Sarwono, Sarwir
Jurnal Korpus Vol 6 No 2: Agustus 2022
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v6i2.23060

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konflik batin yang dialami pada tokoh utama dalam novel Layla Majnun, (2) mendeskripsikan faktor-faktor penyebab konflik batin yang dialami pada tokoh utama dalam novel Layla Majnun. Data dalam penelitian ini adalah konflik batin yang dialami pada tokoh utama yang ada di dalam novel Layla Majnun. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel karya Syekh Nizami, dengan judul Layla Majnun. Novel tersebut diterbitkan oleh DIVA Press pada tahun 2020 dengan jumlah halaman 223 lembar. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra yang berfokus pada teks atau pilihan kata yang digunakan pengarang dalam karya sastra dan juga menggunakan alat bantu penafisran yaitu hermeneutika Wilhem Dilthey. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik membaca dan mencatat, sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut. (1)Konflik batin pada tokoh utama dalam novel Layla Majnun adalah pertentangan antara pilihan tidak sesuai dengan keinginan, kebimbangan dalam mengadapi permasalahan, dan harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan, (2) Akhir dari konflik batin Majnun dan Layla, (3)Faktor sosial penyebab konflik batin yang dialami tokoh utama dalam novel Layla Majnun adalah tradisi dan kebiasaan dari keluarga Layla.
Representasi Latar Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman EL-Shirazy (Tinjauan Semiotik Sastra) Putra, Wahyu Manggala; Agustina, Emi; Canrhas, Amril
Jurnal Korpus Vol 6 No 2: Agustus 2022
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v6i2.23076

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk mendeskripsikan persoalan-persoalan apa yang berusaha disampaikan pengarang dan mengapa Moskwa menjadi latar dalam novel Bumi Cinta karya Habbiburahman EL-Shirazy. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotik. Penelitian ini menggunakan data dari novel Bumi Cinta karya Habbiburahman EL-Shirazy. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan menggunakan teknik studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah, pengarang menhadirkan tempat-tempat yang terkenal yang dapat merepresentasikan kota Moskwa sebagai latar, seperti MGU ( Moskwa Gosudarstvennyj Universiteit), masjid agung Moskwa, Red Squere, Kremlin, Katedral St. Basil dalam balutan salju serta pengarang juga menggambarkan kehidupan masyarakat Moskwa yang bebas untuk mendukung persoalan yang ingin ia sampaikan. Persoalan yang berusaha disampaikan kepada pembaca yang adalah persolan cinta kehidupan baik cinta sesama manusia, manusia dengan Tuhannya dan juga bagaimana bentuk cinta Tuhan terhadap umatnya serta persoalan ujian keimanan yang harus dihadapi Ayyas selama hidup di Moskwa   dalam merpejuangkan dan mempertahankan keimanan dan kesuciannya hidup di negara yang menjunjung tinggi seks bebas, yaitu Rusia. Pengarang tidak sekedar menghadirkan tempat-tempat indah dan bersejerah di Moskwa dengan tujuan memperkenalkan keindahan kota Moskwa namun Kota Moskwa dipilih sebagai bentuk representasi dari persoalan yang berusaha pengarang Sampaikan dan pemilihan Kota Moskwa sebagai latar tempat utama dalam novel Bumi Cinta sangat mendukung persoalan yang berusaha disampaikan pengarang.
Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Bengkulu Mayangsari, Indah; Ariesta, Ria; Kurniawan, Rio
Jurnal Korpus Vol 6 No 2: Agustus 2022
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v6i2.17260

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 35 siswa dari jumlah populasi. Teknik sampling yang diterapkan adalah sample random sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berupa penugasan kepada siswa untuk menulis resensi novel Guru Halimah karya Wandra Ilyas. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis resensi siswa tergolong baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 71,12. Pada aspek struktur tergolong baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 31,48, aspek penggunaan kalimat tergolong baik dengan nilai rata-rata 13,34, aspek pemilihan kata atau diksi tergolong baik dengan nilai rata-rata 13,37, aspek penggunaan ejaan tergolong cukup dengan nilai rata-rata 12,92.
ANALISIS KATA SAPAAN KEKERABATAN DAN NONKEKERABATAN PADA SUKU LEMBAK DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH MAYASARI, KORIA; Djunaidi, Bambang; Suryadi
Jurnal Korpus Vol 6 No 2: Agustus 2022
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v6i2.21037

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kata sapaan kekerabatan dan nonkekerabatan pada bahasa Lembak yang digunakan oleh masyarakat Suku Lembak di Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Langkah pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak (observasi) dan metode cakap (wawancara). Langkah analisis dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan kata sapaan kekerabatan dan nonkekerabatan pada bahasa lembak yang digunakan oleh masyarakat suku lembak di kabupaten Bengkulu tengah. Sapaan kekerabatan kategori vertikal meliputi sapaan untuk orang tua dari moyang (moneng) hingga sapaan untuk anak dari cicit (cicit), serta  sapaan untuk kakak ayah dan ibu (pak wo, bak dang,mak wo, mak dang, wak) dan sapaan untuk adik ayah dan ibu (bak cik, mak cik, wan, cik, wancik, muwan, bucik, mak bungsu, bicik, bungsu). Sapaan kekerabatan kategori horizontal meliputi sapaan untuk saudara kandung dan sepupu (dang, do, wo, docik, donga, wocik, wonga, inga, dodo, adik, adi’, anak pisat, bungsu, pangil nama) serta sapaan untuk kemenakan (nakan, nak, kan, yung, pik, ponakan). Sapaan nonkekerabatan kategori vertikal meliputi sapaan untuk laki-laki dan perempuan yang usianya setara kakek/nenek dan ayah/ibu (datuk, nek, pak wo, mak wo, wak, wan, cik). Sapaan nonkekerabatan kategori horizontal meliputi sapaan untuk laki-laki dan perempuan yang usianya setara kakak dan adik (do, wo, cik), dan sapaan untuk laki-laki dan perempuan yang usianya setara (seumuran penulis: panggil nama, denga, nga, sanak, panggilan penghormatan). Sapaan nonkekerabatan berdasarkan kaitannya dengan status sosial dalam masyarakat meliputi sapaan untuk tokoh-tokoh masyarakat (pak kades, pak imam, ketue adat) dan juga sapaan karena pencapaian tertentu (pak guru, buk bidan, pak polisi, pak ustad, pak aji).

Page 1 of 2 | Total Record : 13