cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
JCE (Journal of Childhood Education)
ISSN : 25982184     EISSN : 26203278     DOI : -
JCE - Journal of Childhood Education aims to provide a forum for international researchers on applied Education and Childhood Growth. Our Journal will accept submission from all over the world. All submitted articles shall never been published elsewhere, original and not under consideration for other publication. The journal is published by Study Program of Early Childhood Islamic Education and going to Publish Twice in a Year, September and March. All accepted articles will be published on Free of an article-processing charge and will be freely available to all readers with worldwide visibility and coverage.
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2021): (Journal of Childhood Education) September-Februari" : 27 Documents clear
PENGARUH SARAPAN PAGI TERHADAP KOSENTRASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI RA ROUDHOTUT THOLIBIN MOROBAKUNG GRESIK Luthfillah, Mohammad; Aryanto, Sherif Juniar
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 5 No 2 (2021): (Journal of Childhood Education) September-Februari
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v5i2.727

Abstract

Masa anak usia dini merupakan masa keemasan karena pertumbuhan dan perkembangan pada masa ini berlangsung sangat pendek dan peka terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarapan pagi terhadap kosentrasi belajar anak usia dini di RA roudhotut tholibin morobakung Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sarapan pagi terhadap kosentrasi belajar anak usia dini di di RA Roudhotut Tholibin Morobakung Gresik koefisien korelasi memperoleh nilai  R sebesar 0.743 dengan dengan signifikansi 0.000 < 0.05. dari penelitian tersebut diketahui bahwa Ho di tolak dan Ha di terima dengan keterangan bahwasannya ada pengaruh yang signifikan sarapan pagi terhadap kosentrasi belajar pada anak usia dini di RA RA Roudhotut Tholibin Morobakung Gresik.
ANALISIS PENGENALAN LITERASI DIGITAL BAGI ANAK USIA DINI PADA MASA NEW NORMAL Safitri, Desi Nur; Muryanti, Elise
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 5 No 2 (2021): (Journal of Childhood Education) September-Februari
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v5i2.564

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pengamatan pada masa pandemi Covid-19 yang memperlihatkan bahwa sistem pembelajaran di Taman Kanak-Kanak berganti dari tatap muka menjadi sistem Belajar Dari Rumah yang mengakibatkan anak pada Taman Kanak-Kanak menggunakan teknologi digital sebagai sarana penunjang untuk belajar. Terlebih lagi saat ini merupakan era digitalisasi, semua serba digital dimana pengguna teknologi digital bukan hanya orang dewasa atau remaja saja, namun anak usia dini juga. Tujuan penelitian ini untuk memahami bagaimana pengenalan literasi digital pada anak-anak usia dini pada masa new normal.  Jenis penelitian yang dipakai adalah studi literatur melalui pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menelaah sumber primer dan sekunder berupa buku referensi, artikel jurnal dan hasil penelitian yang relevan dengan kajian penelitian. Setelah mengumpulkan dan mendapatkan data yang sesuai dengan kajian penelitian kemudian data dianalisis menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian ini ialah pengenalan literasi digital bagi anak usia dini perlu dilakukan karena perkembangan teknologi semakin pesat dan tingkat penggunaan teknologi digital oleh anak usia dini semakin tinggi, perubahan metode belajar yang memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran anak usia dini, sehingga anak mau tidak mau harus bersentuhan dengan teknologi digital. Terdapat manfaat positif dari pengenalan literasi digital untuk diri anak dan perlunya keterampilan literasi digital untuk meminimalisir dampak buruk penggunaan teknologi digital oleh anak. Pengenalan literasi digital ini memerlukan kerjasama antara  anak, orangtua dan guru dengan harapan anak kelak tumbuh menjadi generasi yang cakap akan teknologi digital dan dapat memanfaatkan teknologi digital dengan pola pikir yang positif dan kreatif.
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA AWAL MELALUI SISTEM BELAJAR DARI RUMAH DI TK AL MURSALAT Khairani, Safira Ashfa
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 5 No 2 (2021): (Journal of Childhood Education) September-Februari
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v5i2.565

Abstract

Kegiatan pelaksanaan pembelajaran matematika awal anak usia dini sangat diperlukan peran serta orang tua untuk memperkuat konsep  pada matematika awal anak selain pengajaran yang di dapat dari sekolah. Namun, ketika munculnya pandemic Coronavirus Disease 2019 semua kegiatan termasuk pembelajaran harus dialihkan ke rumah. Karenanya tulisan ini ingin mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran matematika awal anak melalui system belajar dari rumah yang tentunya membutuhkan koordinasi antara guru dengan orang tua. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif serta metode deskriptif. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwasanya dalam penyelenggaraan pembelajaran matematika awal melalui system belajar dari rumah ini berjalan kurang efektif, karena dapat terlihat dari adanya keluhan yang dirasakan oleh guru serta orang tua dirumah. Sehingga memberikan dampak terhadap hasil belajar anak. Pertimbangan yang dilakukan dalam memilih media serta metode yang sesuai, hingga Sulitnya penilaian yang dilakukan oleh guru melalui system belajar dari rumah ini merupakan kendala yang dialami guru dikarenakan guru tidak mengetahui proses yang dilakukan oleh anak. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika awal anak melalui system belajar dari rumah ini berjalan kurang efektif dilakukan, karena banyaknya kendala yang dialami oleh guru beserta orang tua yang juga berpengaruh terhadap hasil belajar anak. Orang tua lebih setuju jika pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan system tatap muka disekolah dengan guru, dan juga kemampuan matematika awal anak tidak terstimulasi secara optimal dalam pelaksanaan pembelajaran dengan system belajar dari rumah ini.
PELAKSANAAN SENI LUKIS MENCAP DENGAN BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DI TK KARTIKA 1-69 SIJUNJUNG WulanPitri, Yungsi Aini; Hazizah, Nur
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 5 No 2 (2021): (Journal of Childhood Education) September-Februari
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v5i2.567

Abstract

the abstract of this reasearch in the background of implementation the art of painting stamping in the kindegarten held stamping activity every week with variety of natural materials so that these activities attract children’s interest and don’t get bored in developing creativity. This study aims to get an overview of the implementation of stamping painting to increase creativity in TK Kartika 1-69 Sijunjung. Type research is descriptive research using a qualitative approach. To see how the implementation of stamping painting to increase the creativity of TK Kartika 1-69 Sijunjung. Data collection techniques used observation, interviews and documentation. Data analysis techniques follow Miles and Huberman, 1) data collection, 2) data reduction, 3) data presentation, 4) verification. While the data validation technique is a triangulation technique. The results of this study generally indicate that in the implementation of stamping painting with natural materials to increase creativity in TK Kartika 1-69 Sijunjung the teacher has prepared a Daily Learning Implementation Plan (RPPH). Activities are carried out every week as planned, the activities carried out include stamping with various natural ingredients. Furthermore, after the child has carried out the activities, teacher will evaluate by means of daily observations and assessments
PERKEMBANGAN GERAK DASAR ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 DI TK NEGERI PEMBINA LENGAYANG Farepsi, Nurmela; Suryana, Dadan
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 5 No 2 (2021): (Journal of Childhood Education) September-Februari
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v5i2.584

Abstract

Dimasa pandemi, banyak kegiatan anak di luar ruangan ditiadakan, sehingga membuat ruang gerak anak terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan gerak dasar anak dimasa pandemi covid-19 di TK Negeri Pembina Lengayang. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ialah anak-anak kelas B1. Informan penelitian ini adalah guru kelas B1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah dari Miles Huberman, yakni: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; (4) verifikasi, dan triangulasi dilakukan sebagai teknik dalam pengabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, gerak dasar anak di masa pandemi covid-19 di TK Negeri Pembina Lengayang berkembang baik. Perkembangan gerak dasar anak di masa pandemi covid-19 di TK Negeri Pembina Lengayang difokuskan dari gerak lokomotor dan gerak manipulatif. Kedua, guru menstimulasi gerak dasar anak dengan kegiatan senam, dan permainan-permainan di masa pandemi dalam kegiatan pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa gerak dasar anak tetap berkembang di masa pandemi, namun, tidak semua terstimulasi dengan baik.
PENERAPAN BAHASA JAWA PADA ANAK USIA DINI Shari, Destita; Azizah, Elisa Novie
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 5 No 2 (2021): (Journal of Childhood Education) September-Februari
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v5i2.585

Abstract

Bahasa memiliki berbagai ragam bentuk untuk digunakan dalam berkomunikasi yang kekhasan masing-masing dalam setiap wilayah. Salah satunya bahasa jawa yang digunakan pada bahasa sehari-hari di wilayah jawa timur dan jawa tengah. Pada bahasa jawa ini yang digunakan yakni bahasa krama. Implementasi bahasa krama yang digunakan kepada anak usia dini menemui permasalahan dikarenakan kurang adanya penerapan yang dilakukan di lingkungan, hal ini perlu adnya kajian yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan bahasa jawa khususnya bahasa krama yang dijadikan objek pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa bahasa jawa khususnya bahasa krama dapat diterapkan kepada anak usia dini dengan pembiasaan sehari-hari yang dilakukan oleh anak dan lingkungan sekitar dalam berinteraksi.
HUBUNGAN DAMPAK SMARTPHONE TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA Firiyani, Afiyah; Maryani, Kristiana; Fahmi, Fahmi
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 5 No 2 (2021): (Journal of Childhood Education) September-Februari
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v5i2.591

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Dampak Smartphone Terhadap Pola Asuh Orang tua Anak Usia 1-3 Tahun di Desa Pulo Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Banten. Metode penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu orang tua yang memiliki anak usia 1-3 tahun yang ada di Desa Pulo. Dan teknik sampel yang digunakan yaitu teknik cluster sampling. Jumlah sampel yang diambil yaitu 30 orang tua yang ada di satu kampung dari Desa tersebut yaitu Kampung Jalud Desa Pulo Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Banten. Berdasarkan teknik pengumpulan data menggunakan skala pengujian validitas dan reliabelitas instrumen, uji normalitas, uji linieritas,uji korelasi, dan uji unvariat yang diolah dengan bantuan SPSS 22,0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut terdapat korelasi yang sedang antara dampak  smartphone terhadap pola asuh orang tua hal tersebut dapat dilihat dari uji korelasi dengan nilai 0,422 yang berada pada interpretasi 0,40-0,599. Menurut hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai 0,422˃0,361. Sehingga dapat ditarik kesimpulan H0 di tolak dan Ha di terima. Yang berarti “terdapat hubungan yang signifikan antara dampak smartphone terhadap pola asuh orang tua anak usia 1-3 tahun di Desa Pulo Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Banten.
PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI PADA PEMBELAJARAN DARING Sa’ida, Naili; Yunitasari, Anisa
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 5 No 2 (2021): (Journal of Childhood Education) September-Februari
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v5i2.593

Abstract

Pembelajaran matematika identik menjadi sebuah pembelajaran yang tidak menyenangkan bagi anak, hal ini menyebabkan kemampuan matematika anak indonesia masih rendah. Matematika penting untuk dikembangkan pada anak sejak dini dikarenakan dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari ilmu matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika guru dalam mengembangkan kemampuan matematika anak usia dini pada pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain study kasus. Penggalian data menggunakan tiga teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk analisis data menggunakan triangulasi teknik.  Hasil penelitian menunjukkan adanya problematika yang dialami guru dalam mengembangkan kemampuan matematika anak, problematika tersebut dari segi metode pembelajaran, sarana-prasarana, dan pemahaman orangtua yang mendampingi anak selama pembelajaran daring dari rumah
PERAN ORANGTUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19 Priyanto, Agus; Izzati, Izzati
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 5 No 2 (2021): (Journal of Childhood Education) September-Februari
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v5i2.594

Abstract

Peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah dimasa pandemi covid-19 yaitu sebagai pengganti guru dalam membimbing anak selama proses pembelajaran jarak jauh. Orang tua merupakan pendidik pertama dan utama bagi anaknya dan orang tua berperan menjaga dan memastikan anaknya untuk menerapkan lingkungan serta membimbing anak dalam mengerjakan tugas sekolah. Peran orang tua dalam pendidikan yaitu sebagai, pembimbing, fasilitator dan motivator. Penelitian ini menggunakan penelitian dekriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh manakah peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah dimasa pandemi covid-19 di Nagari Lakitan Utara kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata keseluruhan  peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah dimasa pandemi covid-19 di Nagari Lakitan menunjukan bahwa peran orang tua sangat mempengaruhi hasil belajar anak yang terlihat anak belajar dengan lebih teratur dan fokus dalam pembelajaran. Dan dengan adanya peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah dimasa pandemi covid-19 dapat memberikan suatu motivasi untuk diri anak untuk meningkatkan kemampuan akademiknya, serta bagi orang tua sebagai evaluasi dalam menyediakan fasilitas untuk menunjang proses pembelajaran anak dan meningkatkan kemampuan orang tua dalam membimbing serta sebagai motivator bagi anaknya dalam pembelajaran dari rumah.
MINIMALIST PARENTING: POLA PENGASUHAN UNTUK ORANGTUA GENERASI MILENIAL Sari, Anisa Yunita; Sa`ida, Naili
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 5 No 2 (2021): (Journal of Childhood Education) September-Februari
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v5i2.598

Abstract

Penerapan pembelajaran yang terintegrasi dengan parenting tidak hanya didelegasikan pada pihak sekolah namun kehadiran  orangtua memiliki peran utama.Tujuan dari penelitain ini adalah untuk mengetahui penerapan parenting para orangtua generasi milenial dengan perkembangan teknologi informasi yang masif. Kemudahan akses pada era digital sebagai solusi sekaligus tantangan terhadap kelebihan informasi digital.Penelitian ini menggunkan metode literature review. Hasil dari penelitian memberikan informasi bahwa tekhnologi digital sebagai sarana pemerolehan informasi yang paling diminati para orangtua milenial. Penerapan parenting pada era digital membuat para orangtua impulsif terhadap penawaran program belajar online dan kesulitan untuk menentukan informasi yang paling tepat dan kredibel dengan banyaknya informasi yang bertebaran di dunia digital. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan minimalist parenting menjadi solusi untuk orangtua generasi milenial karena berfokus pada hubungan keluarga yang sehat dan fokus terhadap sesuatu yang penting untuk anak. Penerapan parenting tidak dapat digeneralis karena setiap anak memiliki tingkat perkembangan dan kebutuhan yang sangat  individualias.

Page 1 of 3 | Total Record : 27