cover
Contact Name
Salim
Contact Email
goldenage@uho.ac.id
Phone
+6285341614860
Journal Mail Official
goldenage@uho.ac.id
Editorial Address
Alamat: Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia Telp Kantor/HP : 04013127180 / 085341614860
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 26156768     EISSN : 26155664     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/jrga
Core Subject : Education, Social,
Fokus dan Scope Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO memuat artikel hasil penelitian pada bidang PAUD yang meliputi kurikulum PAUD, perkembangan anak usia dini, manajemen pendidikan PAUD, bahan ajar PAUD, media pembelajaran PAUD, penilaian pembelajaran PAUD, strategi/ model/ metode/ pendekatan/ teknik pembelajaran AUD, kebijakan pendidikan PAUD, psikologi anak.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2021): Edisi November 2021" : 7 Documents clear
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijayah Melalui Kartu Huruf ST. Ramlah R; Salwiah Salwiah; Ahid Hidayat
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 4, No 3 (2021): Edisi November 2021
Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jrga.v4i3.21522

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hiaiyah melalui kartu huruf di kelompok B RA Wildaanun Rabbaniyyun Kendari.  Subjek dalam penelitian ini berjumlah 15 orang terdiri atas 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase sebesar 68,75% dan aktivitas belajar anak pada siklus I diperoleh persentase sebesar 66,67%. Kemudian pada siklus II persentase aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 93,75%, dan aktivitas belajar anak pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 93,33%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui kartu huruf, hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketercapaian sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 33, 33% hingga setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II persentase ketercapaian sebesar 93,33% dengan mendapat nilai BSB 5 anak dan BSH 9 anak.
Penerapan Metode Applied Bahavior Analysis (ABA) Bagi Anak Autis Anbar Zumayyah M; Sitti Rahmaniar Abubakar; Muhammad Safiuddin Saranani
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 4, No 3 (2021): Edisi November 2021
Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jrga.v4i3.21519

Abstract

Penelitian penerapan metode Applied Behavior Analysis (ABA) ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan ABA bagi anak autis yang dilaksanakan di kelas dasar Sekolah Khusus Negeri 1 Kendari. Jenis penelitian ini adalah deksriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Khusus Negeri 1 Kendari pada kelas dasar anak usia 6-8 tahun. Subjek penelitian yaitu guru kelas yang menangani anak autis kelas dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode ABA di kelas dasar Sekolah Khusus Negeri 1 Kendari menerapkan secara terpadu. Terpadu dari segi proses yang memadukan metode ABA dengan kurikulum sekolah, mulai dari fasilitas, kemudian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses persiapan sebelum pembelajaran, teknik pelaksanaan pembelajaran dan laporan hasil pencapaian anak. Meskipun penerapannya terpadu tetapi tidak menghilangkan proses dan teknik dari metode ABA.
Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Pemanfaatan Bahan Bekas Siti Sara; Nurhayati Nurhayati; Harlin Yusuf
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 4, No 3 (2021): Edisi November 2021
Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jrga.v4i3.21523

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui pemanfaatan bahan bekas di kelompok BI TK Tunas Bakti Kota Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok BI yang berjumlah 15 orang anak. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas mengajar guru dari pelaksaanan siklus I hingga siklus II terjadi peningkatan dari 70% meningkat sebesar 90%, dan aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan dari 50% meningkat sebesar 90%. Kemudian hasil belajar anak didik dalam meningkatkan keterampilan motorik halus melalui bahan bekas mengalami peningkatan dari 20% meningkat sebesar 93,3%. Berdasarkan pada hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan bahan bekas dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak.
Deskripsi Kemampuan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Lompat Tali Arni Sunarni; Dorce Banne Pabunga; Afifah Nur Hidayah
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 4, No 3 (2021): Edisi November 2021
Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jrga.v4i3.21520

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan lompat tali di kelompok A TK Wolowa Kabupaten Buton. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 orang anak yang terdiri dari 4 orang anak perempuan dan 1 orang anak laki-laki usia 4-5 tahun. Hasil analisis peneliti menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan motorik kasar anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan lompat tali. Hasil penelitian ini menunjukkan bawah dari 5 orang anak yang menjadi subjek penelitian, terdapat 2 orang yang dapat melakukan kegiatan lompat tali setinggi 25 cm pada kategori (****) atau BSB dengan persentase 40%, terdapat 2 orang yang dapat melakukan kegiatan lompat tali setinggi 20 cm pada kategori (***) atau BSH dengan persentase 40%, dan terdapat 1 orang yang dapat melakukan kegiatan lompat tali setinggi 15 cm pada kategori (**) atau MB dengan persentase 20%, sehingga disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan lompat tali.
Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola Pada Anak Melalui Media Bolang (Botol Gelang) Nunung Nurhaeti; Ine Nirmala; Feronica Eka Putri
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 4, No 3 (2021): Edisi November 2021
Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jrga.v4i3.21444

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi di TKQ Nurul Ihsan Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Dimana kemampuan kognitif anak usia 4-5 dalam mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC terdapat sekitar 70% anak belum berkembang secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC pada anak usia 4-5 tahun melalui media bolang (botol gelang) di TKQ Nurul Ihsan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari Pra Siklus rata-rata kemampuan anak dalam mengenal pola AB-AB dan  ABC-ABC sekitar 42%  meningkat menjadi  76% pada siklus  I dan  83% pada siklus II. Hasil tindakan pada siklus II menunjukkan peningkatan  dan sudah mencapai lebih dari 75%.
Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Pengenalan Warna Menggunakan Bahan Alam Wa Ode Tanti Milawati; Arvyaty Arvyaty; Salim Salim
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 4, No 3 (2021): Edisi November 2021
Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jrga.v4i3.21524

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui pengenalan warna menggunakan bahan alam di kelompok A TK Dharma Wanita Kecamatan Rarowatu Utara Kabupaten Bombana. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok A yang berjumlah 14 orang anak didik terdiri atas 9 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan dengan rentang usia 4-5 tahun. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh 71,42% dan aktivitas belajar anak didik pada siklus I diperoleh 64,28%.  Kemudian pada siklus II hasil aktivitas mengajar guru meningkat sebesar 92,85% dan aktivitas belajar anak pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85,71. Sedangkan analisis hasil belajar anak didik melalui pengenalan warna menggunakan bahan alam pada siklus I diperoleh 64,28% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 92,85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif dapat ditingkatkan melalui pengenalan warna menggunakan bahan alam.
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Gambar Harcaniati Harcaniati; Muamal Gadafi; Sri Yuliani M
Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 4, No 3 (2021): Edisi November 2021
Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jrga.v4i3.21521

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf menggunakan media gambar di kelompok A RA Wildaanun Rabbaniyyun Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik berjumlah 13 orang anak yang terdiri dari 9 orang anak perempuan dan 4 orang anak laki-laki dengan rentang usia 4-5 tahun. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas mengajar guru pada siklus I sebanyak 11 aspek tercapai dengan memperoleh persentasi ketercapaian sebesar 69%, aktivitas belajar anak didik siklus I sebanyak 11 aspek tercapai dengan memperoleh persentase ketercapaian sebesar 69% dan dari hasil belajar anak didik diperoleh persentase ketercapaian sebesar 61,5%. Hasil analisis data aktivitas mengajar guru pada siklus II mengalami peningkatan memperoleh persentase 94% atau 15 aspek tercapai, aktivitas belajar anak didik siklus II mengalami peningkatan menjadi 94% atau 15 aspek tercapai dan hasil belajar anak mengalami peningkatan dengan persentase ketercapaian sebesar 92,3%. Sehingga, disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak ditingkatkan menggunakan media gambar.

Page 1 of 1 | Total Record : 7