cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil
ISSN : -     EISSN : 2579891X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil (JATS) E-ISSN 2579-891X, memuat tulisan tentang aplikasi dibidang Teknik Sipil. Aplikasi ini boleh berasal dari semua cabang ilmu teknik sipil baik itu struktural, geoteknik, manajemen konstruksi, hidrologi, transportasi, dan informatika teknik sipil. Sehingga aplikasi ini tidak hanya mengenai urusan pembangunan sebuah proyek bangunan, tetapi juga memungkinkan untuk memodelisasi sebuah bentuk dengan bantuan software.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 3 (2022)" : 18 Documents clear
Analisis Biaya Kecelakaan Lalu Lintas Pengguna Kendaraan Pribadi di Kota Semarang Wahyu Satyaning Budhi; Ahmad Utanaka
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 20, No 3 (2022)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1090.846 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v20i3.13152

Abstract

Pada tahun 2019 di Kota Semrang ada sebanyak 1.365 jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas. Kendaraan yang layak untuk digunakan menjadi salah satu tindakan pencegahan kecelakaan lalu lintas. Sehingga perlu untuk mengetahui jumlah biaya yang disediakan agar sebuah kendaraan layak untuk digunakan dan dapat mengurangi probabilitas kecelakaan menggunakan metode willingness-to-pay (WTP). Data yang digunakan yaitu data sekunder dan data primer. Data sekunder berupa data kecelakaan lalu lintas Kota Semarang. Data primer berupa hasil pengisian kuesioner oleh responden. Analisis dibagi menjadi analisis regresi logit biner dan analisis biaya WTP. Dari 4 model persamaan, dapat diinterpretasikan bahwa setiap penambahan umur maka akan meningkatkan probabilitas pengurangan risiko kecelakaan, setiap penambahan pemasukan dan jumlah anak maka akan mengurangi probabilitas pengurangan risiko kecelakaan lalu lintas. Biaya kecelakaan lalu lintas WTP untuk luka berat adalah sebesar Rp119.842.000,00 dan Rp11.902.000,00 untuk luka ringan.
Analisis Numerik Vertical Shear Link (VSL) secara Sub-Assemblage menggunakan Program Bantu ABAQUS Ifarrel Rachmanda Hariyanto; Budi Suswanto; Ahmad Basshofi Habieb
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 20, No 3 (2022)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1756.777 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v20i3.13298

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan tingkat kegempaan yang cukup tinggi, sehingga gempa seringkali menimbulkan korban jiwa. Untuk mengurangi korban jiwa akibat gempa, perlu didesain gedung yang dapat memenuhi kebutuhan performa struktur seperti kekuatan dan daktilitas. Eccentrically Braced Frames (EBF) adalah salah satu struktur baja daktail yang cocok digunakan pada daerah rawan gempa. Link pada EBF yang umum digunakan adalah link horizontal yang memiliki beberapa kelemahan seperti dapat merusak beban berat atau peralatan yang sangat sensitif terutama pada gedung pembangkit listrik sehingga dilakukan penelitian terkait link vertikal. Penelitian ini membahas tentang analisis numerik penggunaan Vertical Shear Link (VSL) dengan menggunakan program bantu ABAQUS yang kemudian dilakukan perbandingan hasil analisis dengan penelitian eksperimental oleh Zahrai dkk. (2015). Analisis numerik dilakukan untuk memverifikasi hasil eksperimen meliputi von mises stress, moda deformasi, dan kurva histerisis. Hasil numerik menunjukkan bahwa badan link mencapai tegangan runtuh pada akhir pengujian. Kapasitas beban puncak yang dihasilkan oleh analisis numerik adalah 22,723 ton dengan selisih antara eksperimental sebesar 1,05%.
Analisis Polusi CO Menggunakan Metode MARNI Model (Studi Kasus Jl Ir. H. Juanda Bandung) Maulina Indah Harvianti; Ervina Ahyudanari
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 20, No 3 (2022)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (927.828 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v20i3.13675

Abstract

Kebutuhan dalam menurunkan tingkat emisi di sektor transportasi merupakan target yang ditetapkan dalam kesepakatan pemimpin dunia dan dituangkan dalam Paris Agreement.  Jl. Ir. H. Juanda, Bandung, Indonesia menjadi jalan yang dipilih sebagai lokasi studi terkait banyaknya pusat-pusat kegiatan di sepanjang jalan dan di area tersebut. Jl. Ir. H. Juanda juga merupakan jalan yang menanjak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan perkiraan nilai emisi yang dihasilkan oleh kendaraan pada Jl. Ir. H. Juanda.  Metode yang digunakan adalah MARNI Model. Pada metode MARNI Model dilakukan analisis arus lalu lintas heterogen menggunakan variable volume, kecepatan, dan kepadatan kendaraan yang kemudian dilakukan pemodelan pola siklus mengemudi. Hasil dari analisis tersebut kemudian didapatkan prediksi emisi kendaraan bergerak untuk masing-masing waktu puncak. Didapatkan total kuantitas emisi CO pada waktu puncak pagi sebesar 1.07 kg, untuk waktu puncak siang sebesar 1.24 kg, dan waktu puncak sore sebesar 1.22 kg 
Identifikasi Faktor Penyebab dan Dampak Change Order Pada Pelaksanaan Proyek Bidang Sumber Daya Air Diana Sutra; Anton Soekiman; Felix Hidayat
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 20, No 3 (2022)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1002.613 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v20i3.12533

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi faktor penyebab dan dampak change order pada proyek pemerintah bidang sumber daya air yang berada pada Provinsi Sumatera Barat dengan menggunakan metode path analysis. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada pihak-pihak yang terlibat pada pelaksanaan proyek bidang sumber daya air, diantaranya PPK, PPTK dan Pengawas. Hasil penelitian didapatkan faktor yang berpengaruh signifikan yaitu perubahan rencana dan ruang lingkup, faktor alam, koordinasi yang tidak baik antar pihak yang berkepentingan, dan masalah pembebasan lahan. Untuk variabel masalah pembebasan lahan tidak berpengaruh langsung terhadap frekuensi change order tetapi berpengaruh terhadap perubahan rencana dan ruang lingkup. Dampak CO lebih berpengaruh terhadap kinerja waku.
Pemodelan Estimasi Biaya Kontingensi Pada Proyek Konstruksi Jalan Raya Berbasis Metode Analisis Risiko Andy Sutikno; Mohammad Arif Rohman
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 20, No 3 (2022)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.529 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v20i3.14100

Abstract

Ketidakpastian risiko pada proyek konstruksi jalan raya mendorong perkiraan biaya kontingensi di estimasi secara tradisional berdasarkan penilaian subyektif seperti 5-10% dari biaya yang diperkirakan dengan mempertimbangkan proyek sejenis yang pernah dikerjakan. Metode tersebut secara ilmiah tidak bisa diterima dan sulit untuk dipertahankan keakurasiannya. Studi ini mengusulkan metode pengembangan model biaya kontingensi dari perspektif pemilik proyek yang dapat mengakomodasi penilaian subjektif berdasarkan risiko. Identifikasi variabel risiko diperoleh dari survei pendahuluan, wawancara, penyebaran kuesioner dan studi literatur, sedangkan perhitungan pemodelan biaya kontingensi menggunakan simulasi Monte Carlo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkiraan biaya kontingensi rata-rata adalah 8,92% dari rencana anggaran proyek. Tingkat kesalahan pengujian model adalah 0,21% dari batas kesalahan yang diijinkan dan hasil validasi menunjukkan bahwa nilai analisis prediktif berada dalam akurasi 20% dibandingkan dengan biaya kontingensi yang sebenarnya.
Studi Perilaku Floordeck Komposit Baja Akibat Beban Lentur dengan Metode Elemen Hingga Axel Ricardo Santoso; Budi Suswanto; Ahmad Basshofi Habieb
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 20, No 3 (2022)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1655.979 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v20i3.13330

Abstract

Penelitian ini adalah analisis dengan metode elemen hingga terkait floordeck, untuk mendapatkan momen, kuat geser, dan kegagalan sturktur pada pelat lantai. Hasil pemodelan validasi dibandingkan dengan hasil modifikasi dengan beban maksimum dan defleksi sebesar 115,54 kN dan 26 mm pada model validasi 1, sedangkan model modifikasi 1 sebesar 77,76 kN dan 28 mm. Pengaruh besarnya adalah shear connector, terjadi kenaikan beban maksimum sebesar 33% serta kenaikan defleksi sebesar 7%. Model modifikasi dengan 4 variasi panjang, pada model M1 mendapatkan beban maksimum 77,76 kN pada defleksi sebesar 28,82 mm, sedangkan defleksi ujung beban sebesar 65,66 kN. Pada permodelan M2 dengan bentang 2,5m mendapatkan beban maksimum 53,54 kN pada defleksi sebesar 30 mm.  Maka dengan model seterusnya akan menggalami tren yang menurun karna panjang suatu model. Begitu juga dengan Momen maksimum, gaya geser, dan kegagalan sturktur pelat dimana semakin panjang bentang yang dimodelkan maka akan semakin kecil nilai yang didapat.
Analisis Clustering Objek Daya Tarik Wisata Kabupaten Banyuwangi Lilla Anjani Birahmatika; Ervina Ahyudanari
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 20, No 3 (2022)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1099.399 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v20i3.13696

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu penyumbang pendapatan ekonomi daerah. Indonesia memiliki potensi pariwisata  yang dapat dikembangkan sebagai sebagai destinasi pariwisata yang berdaya saing. Kabupaten Banyuwangi mengalami perkembangan pesat terkait sektor pariwisata, terutama sejak tahun 2010. Peningkatan kunjungan pariwisata juga meningkat tiap tahunnya. Di sisi lain, meskipun telah dilakukan upaya pengembangan dalam meningkatkan kunjungan wisata pada setiap destinasi, masih terdapat destinasi yang belum menjadi tujuan dari sarana transportasi yang ada. Sehingga dibutuhkan integrasi Objek Daya Tarik Wisaya (ODTW) agar dapat menjadi pilihan destinasi para wisatawan dan meningkatkan  kunjungan pada setiap destinasi yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Artikel ini bertujuan untuk memuat pembentukan cluster ODTW Kabupaten Banyuwangi. Pembantukan cluster didasarkan oleh kedekatan geografis. Tahapan yang dilakukan antara lain menyusun kriteria pembentukan cluster dari jarak antar destinasi sehingga dapat menentukan cluster ODTW yang sesuai. Berdasarkan hasil analisis, dari 57 ODTW Kabupaten Banyuwangi, terbentuk 6 cluster ODTW di Kabupaten Banyuwangi. 
Development Of Unit Hydrograph Parameters Model Using Selected Watershed Parameters on Rivers in Central Sulawesi Umboro Lasminto; I Gede Tunas
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 20, No 3 (2022)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2446.813 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v20i3.13071

Abstract

Permasalahan utama dalam analisis debit berbasis hidrograf satuan adalah menetapkan metode yang paling sesuai untuk memperkirakan parameter hidrograf. Paper ini bertujuan merumuskan persamaan parameter hidrograf menggunakan lebih banyak jumlah parameter DAS terindikasi berkorelasi tinggi yang didasarkan pada data 8 DAS terukur di Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Sebanyak  12 parameter DAS yaitu luas DAS (A, km2), panjang sungai utama (L, km), kemiringan sungai utama (S), panjang sungai utama sampai titik terdekat titik berat DAS (Lc, km), faktor bentuk DAS (FB), jumlah orde sungai (n), jumlah pertemuan sungai (JN), panjang sungai orde 1 (L1, km), panjang sungai semua orde (Lt, km), kerapatan drainase (D), jumlah ruas orde 1 (R1), dan jumlah ruas semua orde (Rt) digunakan untuk membangun 3 parameter utama hidrograf satuan yaitu waktu puncak (Tp, hour), debit puncak (Qp, m3/s) dan waktu dasar (Tb, hour). Analisis regresi linier diterapkan terhadap 12 parameter DAS tersebut untuk memformulasikan ketiga parameter hidrograf. Hasil kajian menunjukkan bahwa setidaknya 5 dari 12 parameter DAS yang diuji memperlihatkan pengaruh yang sangat besar pada ketiga parameter hidrograf dengan indikator RMSE yang sangat rendah: 0.019, 0.098, 0.014 secara berturut-turut untuk Tp, Qp, dan Tb. Rendahnya indikator RMSE mengindikasikan bahwa ketiga persamaan parameter hidrograf tersebut berkinerja sangat tinggi. Namun demikian, validasi pada DAS-DAS terukur lainnya masih harus dilakukan untuk dapat diapkikasikan pada skala DAS lebih luas dan beragam
Analisis Pengaruh Kedalaman Saluran Pengarah Aliran Pada Pelimpah (Spillway) Dengan Pemodelan Numerik Reszha Pahlavi Ali; Wasis Wardoyo; Mahendra Andiek Maulana
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 20, No 3 (2022)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1809.67 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v20i3.13349

Abstract

Desain pelimpah samping berpotensi menimbulkan aliran helicoidal. Aliran tersebut berpotensi meningkatkan beban hidrodinamis pada struktur pelimpah. Untuk mencegah hal tersebut maka saluran pengarah aliran harus didesain kecepatan alirannya maksimal 4 meter/detik. Pemodelan numerik dilakukan dengan program OpenFOAM. Data yang dibutuhkan yaitu dimensi, debit, dan tinggi muka air penelitian sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh parameter sensitivitas model, menganalisis model numerik terhadap model eksperimen berdasarkan profil muka air, menganalisis hubungan antara rasio kedalaman bendungan dan kedalaman saluran pengarah aliran terhadap parameter hidraulikanya. Didapatkan hasil bahwa model numerik dengan OpenFOAM memiliki performa yang baik. Hal tersebut ditunjukkan oleh rata-rata nilai RMSE untuk setiap simulasi yaitu 0,996 dan nilai koefisien NASH yaitu 0,074. Parameter yang paling sensitif yaitu kerapatan mesh. Rasio (H/P) berpengaruh terhadap profil muka air diatas mercu. Semakin kecil rasio (H/P) maka, semakin besar penurunan muka air yang terjadi. Semakin besar rasio (H/P) maka semakin kecil penurunan muka air yang terjadi.
Pemodelan Sumur Resapan Sebagai Upaya Penurunan Risiko Banjir Kota Denpasar pada DAS Badung Tri Hayatining Pamungkas; Mawiti Infantri Yekti; Kadek Diana Harmayani; Siti Nurul Khotimah; Made Kariyana
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 20, No 3 (2022)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1816.649 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v20i3.11785

Abstract

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali pada tahun 2013 menyatakan bahwa beberapa wilayah Denpasar terendam banjir karena tingginya curah hujan pada daerah pemukiman sehingga terjadi genangan di beberapa area. Dampak kejadian banjir dapat dikurangi dengan membangun sumur resapan. Sumur resapan mampu menurunkan debit dan limpasan hujan dengan cara meningkatkan kapasitas infiltrasi di daerah aliran sungai. Perencanaan sumur resapan dianalisis dengan menerapkan remote sensing pada DAS Badung yang terdapat di wilayah Denpasar. Selanjutnya dilakukan perhitungan banjir dengan software HEC-HMS dan perencanaan sumur resapan berdasarkan SNI 03-2453-2002. Hasil analisis sumur resapan pada sub DAS Badung dapat menurunkan debit banjir kala ulang 50 tahun sampai 50,70% dan volume limpasan banjir 74,09%. sehingga penerapan pemanenan air hujan dengan sumur resapan dapat dijadikan salah satu referensi sebagai bentuk penerapan konservasi sumber daya air dalam upaya penurunan risiko bencana banjir di Kota Denpasar.

Page 1 of 2 | Total Record : 18