cover
Contact Name
ahmad gawdy prananosa
Contact Email
ahmadgawdynano@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
ipm2kpeintecoms@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
ISSN : 26213249     EISSN : 26141574     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 32 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science" : 32 Documents clear
Penentuan Kelayakan Survei Kredit Calon Nasabah Menggunakan Metode Topsis Berbasis Web Mochzen Gito Resmi; Muhamad Rafi Muttaqin
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 3 No 2 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v3i2.1468

Abstract

Debtor eligibility assessment must be examined carefully and carefully based on the criteria of the company, so that it takes a long time for the selection of suitable debtor candidates. Decision support system is part of the information system in overcoming problems for taking a decision that helps or provides alternatives in determining the eligibility of prospective debtors at PT. WOM FINANCE Purwakarta. With the TOPSIS method and the waterfall development method, where the results of prospective debtors are ranked based on predetermined administrative criteria. Debtor candidates who have the highest rank have the right to be surveyed first. implementation of the TOPSIS method on the system plays a major role on the effectiveness and efficiency of the company's services to consumers compared to before the system was implemented. With the implementation of the SPK system, it can help surveyors to make decision making decisions in the field easier. Keywords: Decision Support System (DSS), Credit, TOPSIS, Waterfall
Algoritma J48 Dan Logistic Model Tree Untuk Memprediksi Predikat Kelulusan Mahasiswa: Studi Kasus STT XYZ Meriska Defriani; Irsan Jaelani
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 3 No 2 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v3i2.1478

Abstract

Salah satu hal yang dinilai dalam proses akreditasi adalah rata-rata Indeks Prestasi Komulatif (IPK) lulusan dalam tiga tahun terakhir. Sekolah Tinggi Teknologi (STT) XYZ telah terakreditasi BAN-PT namun nilai akreditasi yang didapatkan belum maksimal. Salah satu hal yang mempengaruhi adalah rata-rata IPK lulusan yang masih rendah. Oleh karena itu, dilakukan analisis data mining dengan model klasifikasi pada data akademik dan non akademik mahasiswa. Algoritma klasifikasi yang digunakan adalah J48 dan Logistic Model Tree (LMT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan algoritma J48 dan LMT dalam memprediksi IPK akhir mahasiswa melalui predikat kelulusan dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi IPK akhir mahasiswa. Data yang digunakan adalah data mahasiswa jenjang sarjana yang telah dinyatakan lulus pada yusidium tahun 2015 sampai 2019 sejumlah 1050 data. Hasil penelitian ini adalah algoritma algoritma J48 menghasilkan akurasi sebesar 75,5%, sedangkan algoritma LMT menghasilkan akurasi sebesar 73,5%. Pada kedua algoritma, atribut yang berpengaruh pada predikat kelulusan mahasiswa adalah IPS semester 2, IPS semester 1, dan IPS semester 4. Algoritma J48 mampu mengklasifikasikan predikat kelulusan mahasiswa dengan lebih baik dan melakukan proses klasifikasi dengan lebih sederhana juga membutuhkan waktu yang lebih singkat. Kata Kunci:predikat kelulusan, klasifikasi, J48, LMT
Penyiram Tanaman Otomatis Sensor Kelembaban Tanah Yl-39, Yl-69 Dan GSM Shield Atwin Quad-Band Erwin Dwika Putra; Marissa Utami; Agastra Galih Setiawan
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 3 No 2 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v3i2.1517

Abstract

Penyiraman tanaman merupakan suatu kegiatan yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemeliharaan tanaman, dikarenakan tanaman memerlukan asupan air yang cukup untuk melakukan fotosintesis dalam memperoleh kebutuhannya untuk tumbuh dan berkembang. Kurangnya pengetahuan tentang kelembapan tanah mengakibatkan proses penyiraman tanaman kurang baik, untuk mempermudah proses monitoring kelembapan tanah maka perlunya menerapkan sensor kelembaban tanah dengan YL-39 dan YL 69 pada alat penyiraman tanaman dan pengiriman notifikasi melalui SMS jika air dalam penampungan habis dan jika PH tanah tidak sesuai. Hasil yang didapatkan menggunakan sensor dan notifikasi dari penelitian ini di ukur menggunakan convension matrix dengan nilai pengukuran akurasi 93,75%.
Petualangan Bersama CBI (Computer Based Instruction)- Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Jaringan Komputer: Efek Empiris Rizki Hardian Sakti; Sukardi Sukardi
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 3 No 2 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v3i2.1523

Abstract

CBI-flipped classroom adalah salah satu media pembelajaran berbasis komputer yang relevan dengan perkembangan pembelajaran pada revolusi industri 4.0. Perkembangan internet, komunikasi virtual dan sistem manajemen pembelajaran, terdapat banyak universitas dan institusi pendidikan yang tertarik pada CBI- flipped classroom. Penelitian tentang dampak dari CBI- flipped classroom pada keterampilan siswa, terdapat hasil yang tidak konsisten yang ditunjukkan oleh media tersebut mungkin tidak cocok untuk semua konteks pembelajaran. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dampak dari CBI- flipped classroom pada keterampilan siswa pada mata pelajaran Komputer Jaringan. Penelitian ini didasarkan pada pendekatan deduktif menggunakan metode quantitative. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan menggunakan CBI- Flipped classroom telah meningkatkan keterampilan dibandingkan siswa yang tidak menggunakan CBI- flipped classroom.
Penyebaran Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Fuzzy C-Means Untuk Mencari Daerah Promosi Yang Potensial Mohd Rinaldi Amartha
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 3 No 2 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v3i2.1524

Abstract

Dengan semakin banyaknya lulusan sekolah menengah atas maka setiap perguruan tinggi di pekanbaru berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik bagi calon mahasiswa baru pada setiap perguruan tingginya masing-masing. Menurut perhitungan panitia SPMB STIKes Hang Tuah Pekanbaru 2016-2017, terdapat penurunan jumlah penerimaan mahasiswa baru di STIKes Hang Tuah Pekanbaru. Dengan berkurangnya jumlah mahasiswa baru di STIKes Hang Tuah Pekanbaru maka dilakukan penelitian kepada data mahasiswa baru yang mendaftar ulang pada periode 2016-2017, guna untuk meningkatkan jumlah mahasiswa baru di STIKes Hang Tuah Pekanbaru. Dengan adanya Pemetaan Penyebaran Mahasiswa baru diharapkan dapat digunakan untuk mencari daerah potensial untuk strategi promosi dan juga dapat digunakan untuk mencari daerah binaan bagi STIKes Hang Tuah Pekanbaru. Data Profil mahasiswa baru yang ada di STIKes Hang Tuah Pekanbaru dapat diolah dan digunakan untuk mengetahui daerah yang potensial untuk dilakukan promosi menggunakan algoritma Fuzzy C. Means dan dapat di Cluster menurut daerah masing-masing Mahasiswa. Data yang diambil adalah merupakan biodata mahasiswa baru mulai dari nama, Nilai, alamat, tempat tinggal, dan daerah asal sekolah. Hasil dari penyebaran mahasiswa baru di STIKes Hang Tuah Pekanbaru dapat diketahui daerah-daerah mana saja yang paling banyak dan paling sedikit jumlah mahasiswany, dan juga dapat mencari mahasiswa yang unggul dalam nilau belajar, dengan adanya pemetaan penyebaran mahasiswa baru di STIKes Hang Tuah Pekanbaru dapat meningkatkan kinerja team promosi pada daerah-daerah yang paling sedikit jumlah peminatan mahasiswa baru dan juga dapat mencari daerah yang akan digunakan untuk menjadi suatu daerah binaan bagi STIKes Hang Tuah Pekanbaru.
Implementasi Sistem Database Terdistribusi Dengan Metode Partial Replication Mashuri Mashuri
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 3 No 2 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v3i2.1582

Abstract

Impelementasi sistem database terdistribusi merupakan sistem informasi yang digunakan untuk laporan realisasi fisik dan keuangan kabupaten kepulauan meranti. Penerapan metode partial replica adalah cara baru yang revolusioner untuk mendukung pengembangan proses distribusi pada laporan realisasi fisik dan keuangan, sistem ini dirancang menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database. Pendistribusian basisdata mengunakan teknik partial replica ini dibagi menjadi dalam dua kelompok utama, yaitu Master yang diletakkan di Adpem pada server public dan slave yang diletakkan di seluruh SKPD. Data yang masuk ke sistem akan diolah dan didistribusikan ke table-table yang telah ditentukan yang pada akhirnya akan didapat perolehan replikasi database. Dengan adanya metode partial replica dalam implementasi database terdistribusi dapat meningkatkan waktu dalam membuat pelaporan realisai fisik dan keuangan kebupaten kepulauan meranti.
Perancangan Sistem Periklanan Dengan Teknologi Augmented Reality dan Metode Location Based Service Wahyu Joni Kurniawan; Rometdo Muzawi
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 3 No 2 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v3i2.1583

Abstract

Baliho merupakan salah satu dari beberapa jenis periklanan yang banyak digunakan. Hanya saja banyak berita menginformasikan baliho menyebebakan kecelakaan yang disebabkan oleh kondisi baliho itu sendiri maupun kondisi cuaca. Serta baliho juga mengganggu tatanan kota karna sengat banyak ditemui ukuran besar dari baliho membuat pemandangan kota jadi tidak indah. Karena itu dikembangkanlah periklanan yang memanfaatkan aughmented reality (AR), yang mana teknologi ini menyatukan antara dunia nyata dengan dunia virtual. Metode yang digunakan adalah dengan memanfaatkan teknologi location based service (LBS) yang merupakan salah satu teknologi markerless yang ada pada AR. LBS memanfaatkan titik lokasi dari iklan yang tersimpan dalam database, yang nantinya saat suatu mobile berada pada radius koordinat lokasi akan menampilkan iklan yang terpasang. Sehingga dengan pemanfaatan AR dengan metode LBS ini, bisa membantu menggantikan baliho yang ada disetiap daerah serta bisa membantu penerapan teknologi 4.0. Billboards are one of several types of advertising that are widely used. It's just that a lot of news reports that billboards cause accidents caused by the conditions of the billboards themselves and weather conditions. As well as billboards also disturb the structure of the city because it is often found that the large size of the billboards makes the city view not good. Because of that, advertising was developed that utilizes aughmented reality (AR), which this technology unites the real world with the virtual world. The method used is to use location based service (LBS) technology, which is one of the markerless technologies that exist in AR. LBS makes use of the location points of the advertisements stored in the database, which later when a mobile is in the radius of the location coordinates, the advertisements are displayed. So that with the use of AR with the LBS method, it can help replace existing billboards in each region and can help implement 4.0 technology.
Evaluasi Penggunaan Aplikasi Primary Care (P-Care) BPJS Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Se-Kota Pekanbaru dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Wen Via Trisna; Sy Effi Daniati; Tri Purnama Sari
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 3 No 2 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v3i2.1596

Abstract

BPJS Kesehatan memiliki sebuah aplikasi yang diberi nama P-Care BPJS. Aplikasi P-Care telah digunakan sejak tahun 2014 dan terus dikembangkan secara fungsi dan kegunaannya. Seluruh Puskesmas dan pelayanan kesehatan dasar lainnya yang bekerja sama dengan BPJS diharuskan menggunakan aplikasi P-Care. TAM merupakan suatu teori tentang penggunaan sistem teknologi informasi. Hasil survey pendahuluan pada fasyankes tingkat satu menunjukkan bahwa masih ada permasalahan pada penggunaan sistem informasi p-care, penggunaannya belum optimal dikarenakan beberapa hal, salah satunya seringnya terjadi eror pada aplikasi P-Care, yaitu petugas P-Care di Puskesmas sering mengalami kendala saat akan melakukan entry data pasien BPJS, sehingga menyebabkan petugas melakukan double entry data pasien BPJS. Metode penelitian ini adalah penelitian Kulitatif bersifat dengan obyek sistem informasi Primary Care. Variabel yang diteliti adalah variabel pendaftaran dan pelayanan aplikasi, penerimaan aplikasi P care dan Kebijakan. Subyek penelitian adalah operator sistem informasi primay care dengan sampel Puskesmas yang ada di kota pekanbaru yang diambil secara total sampling. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian fitur pendaftaran pada aplikasi P-Care terdiri dari Tanggal pasien berobat, No. Kartu BPJS, Nama, Status Peserta, Jenis Peserta, Tangal Lahir, Kelamin, Jenis Kunjungan, Perawatan, Poli Tujuan, Keluhan, Pemeriksaan Fisik, dan Riwayat Pendaftaran Peserta, Manfaat P-Care yang telah dikemukakan oleh informan diantaranya membuat pendaftaran dan rujukan menjadi lebih cepat dan mudah, mengakses layanan BPJS dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh dinas kesehatan berpedoman kepada BPJS Kesehatan Edisi X Tahun 2014, P-Care merupakan sistem informasi pelayanan pasien yang ditujukan untuk pasien BPJS berbasis komputer dan via online internet
Klasifikasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perguruan Tinggi Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Muhammad Siddik; Hendri Hendri; Ramalia Noratama Putri; Yenny Desnelita; Gustientiedina Gustientiedina
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 3 No 2 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v3i2.1654

Abstract

Kualitas pelayanan terhadap mahasiswa merupakan peranan penting untuk kelangsungan suatu institusi pendidikan. Mahasiswa merupakan titik sentral pengelolaan perguruan tinggi sebagai pelanggan utama. Jika intitusi pendidikan memiliki kualitas pelayanan yang baik, dengan sendirinya tercapai kepuasan mahasiswa. Peneliti sebelumnya telah melakukan penelitian terhadap pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa. Namun penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya hanya sebatas untuk mengetahui tingkat pengaruh layanan terhadap kepuasan mahasiswa. Belum ada peneliti yang melakukan penelitian terhadap klasifikasi kepuasan mahasiswa. Metode data mining yang digunakan untuk melakukan klasifikasi data adalah naïve bayes classifier. Metode naïve bayes memiliki nilai perfoma yang baik. Kelebihan dari metode naïve bayes yaitu, sangat sederhana, mudah untuk digunakan dan cepat. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah 213 mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Riau. Hasil pengujian klasifikasi menggunakan naïve bayes adalah accuracy 96,24%, precission 93,14 %, dan recall 98,96%.
Rancang Bangun Sistem Antrian Online Kunjungan Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Syafira Berbasis Web Rika Melyanti; Dedy Irfan; Ambiyar Ambiyar; Anita Febriani; Riska Khairana
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 3 No 2 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/intecoms.v3i2.1676

Abstract

Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat. Salah satu pelayanan di Rumah Sakit Syafira adalah Poli kunjungan rawat jalan dokter spesialis, dimana pasien melakukan kunjungan dan mendaftar ke spesialis tujuan sampai akhirnya mendapatkan nomor antrian kunjungan yang masih dilakukan secara manual dan menyebabkan banyak waktu pasien terbuang percuma untuk menunggu. Untuk mengatasi masalah diatas adalah dengan membangun Sistem Antrian Online Kunjungan Pasien Rawat Jalan, sehingga proses pengambilan antrian pasien tidak memakan waktu lama dan menjadi lebih efisien bagi pasien. Untuk itulah digunakan metode waterfall. Perancangan sistem antrian dibangun menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah Sistem Antrian Online yang dapat mengatasi masalah seperti pengambilan nomor antrian, info jadwal dokter dan laporan harian kunjungan pasien. Tentunya ini dapat memberikan kemudahan bagi petugas dan pasien untuk mendaftar dan mengatur antrian.

Page 1 of 4 | Total Record : 32


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 8 No. 5 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 4 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 3 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 8 No 2 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 2 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 8 No 1 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 6 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 5 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 4 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 3 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 2 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 1 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 6 No 2 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 6 No 1 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 5 No 2 (2022): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 5 No 1 (2022): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 4 No 2 (2021): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 4 No 1 (2021): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 3 No 2 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 3 No 1 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 2 No 2 (2019): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 2 No 1 (2019): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 1 No 2 (2018): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 1 No 1 (2018): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science More Issue