Jambura Journal of Community Empowerment
JAMBURA Journal Community Empowerment contains articles of research results and / or analytical-critical studies in the field of out-of-school education specifically on adult education studies, community education, training and human resource development, counseling, and community development. The specifications of the study are aimed at exploring, developing, and explaining knowledge about the history, philosophy, principles, policies, designs, and technologies used and developed in educational services outside the school system. JAMBURA Journal Community Empowerment plays a role and participates in efforts to support the preservation of scientific traditions that originate from theoretical studies of researchers and praxis experiences from educational practitioners. The journal publishes research articles on current issues and trends in nonformal education includes: Educational Life Skills, Management of Education, Early childhood Education, Community education, empowerment and counseling, Education literacy and equality including package A, package B and package C, Educational Institution courses and training, Educational skills and job training, Social Science, Humanity, Art, Tourism dan Culture, and other education aimed.
Articles
9 Documents
Search results for
, issue
"Volume 3 No. 2: Desember 2022"
:
9 Documents
clear
Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini
Rista Ade Supriani;
Ismaniar Ismaniar
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 3 No. 2: Desember 2022
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37411/jjce.v3i2.1335
Tulisan ini di latar belakangi oleh maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi pada anak usia dini. Pertumbuhan dan perkembangan anak masa sekarang dan selanjutnya sangat bahaya sekali apabila anak terkena kekerasan seksual. Untuk itu, adanya upaya pencegahan yang dapat dilakukan baik dalam keluarga, masyarakat maupun sekolah yaitu bekerja sama dengan baik agar tidak terjadinya kekerasan seksual pada anak. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran keluarga, masyarakat dan sekolah dalam upaya mencegah kekerasan seksual pada anak usia dini. Metode penulisan yaitu menggunakan studi kepustakaan dengan berbagai sumber referensi yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas oleh penulis. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa peran keluarga, masyarakat dan sekolah sangat berpengaruh pada kehidupan anak karena mampu mencegah kekerasan seksual pada anak. Peran orang tua merupakan faktor utama bagi anak agar terhindar dari kekerasan seksual lalu lingkungan masyarakat yang peduli terhadap anak dapat menegur dan saling mengingatkan begitu juga dengan tempat sekolah anak. Maka orang tua, guru serta lingkungan tempat tinggal anak haruslah perlu diperhatikan.
Pengembangan Literasi Anak Usia Dini Di TK Kemala Bayangkari 01 Padang
Dina Fitria
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 3 No. 2: Desember 2022
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37411/jjce.v3i2.1388
Perkembangan literasi pada anak berkaitan erat dengan kemampuan membaca dan menulis pada anak. Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya praktek pembelajaran literasi atau pembelajaran membaca dan menulis di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang konvensional. Pembelajaran membaca dan menulis duduk rapi di atas meja seperti praktek literasi di TK yang seharusnya pembelajaran membaca dan menulis pada anak usia dini dilakukan dengan bermain. Prinsip belajar seraya bermain atau bermain seraya belajar tidak boleh hilang pada pembelajaran di PAUD, khususnya pada pembelajaran literasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat pospositivistik. Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara secara mendalam, studi dokumentasi dan triangulasi. Penelitian ini meliputi program pengembangan kemampuan literasi, hambatan yang dihadapi guru dalam melaksanakan program dan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut. Sumber data penelitian dipilih secara purposive. Data penelitian melalui observasi, wawancara dan studidokumentasi.
Pembentukan Karakter Peduli Sosial pada Anak Sejak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19
Riri Kesuma Deva;
Lili Dasa Putri
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 3 No. 2: Desember 2022
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37411/jjce.v3i2.1459
Kondisi pandemi ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan formal dalam upaya pembentukan pendidikan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Karakter peduli sosial adalah suatu sikap atau perilaku dan tindakan seseorang terhadap suatu keadaan yang terjadi dilingkungan sekitarnya untuk membantu atau memberi pertolongan kepada seseorang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akibat diberlakukannya belajar dirumah akan mengakibatkan karakter peduli sosial dan karakter anak yang lainnya menurun. Oleh karena itu, pembentukan pendidikan karakter kepedulian sosial anak sejak pandemi harus menjadi urgensi yang harus dilakukan. Hal ini agar ketika anak memasuki lingkungan sekolah mereka tetap akan memiliki karakter yang baik dan saling menghargai sesama lainnya. Dengan demikian, orang tua harus mampu memotivasi serta memberikan pelajaran ataupun contoh bagaimana belajar yang baik,dan peduli terhadap lingkungan disekitar tempat tinggal anak. Disisi lain orangtua juga harus mampu menanamkan nilai-nilai karakter terutama karakter peduli sosial kepada anak, dengan berbagai cara yang harus dilakukan.
Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Pertanian Di Lubuk Aur Pesisir Selatan
Putri Maipita Risti
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 3 No. 2: Desember 2022
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37411/jjce.v3i2.1479
Pertanian adalah pekerjaan dari mayoritas penduduk Indonesia, hampir sebagian besar penghasilan di Indonesia merupakan hasil dari pertanian. Dapat diketahui dari data Badan Pusat Statistik (BPS) nilai ekspor produk olahan pertanian pada januari-oktober 2021 mencapai Rp 478,48 triliun dan total dengan produk pertanian segar, nilai ekspornya mencapai Rp 518,85 Triliun.Fakta menyatakan bahwa masyarakat di Indonesia adalah masyarakat pertanian, artinya masyarakat tersebut memiliki mata pencaharian sebagai petani. Dalam perkembangan masyarakat sektor pertanian memiliki kemampuan yang dapat dikatakan masih dibawah rata-rata dalam penguasaan teknologi dan inovasi-inovasi yang baru terhadap pertanian. Hal tersebut juga menjadi tantangan bagi pemerintah dalam melakukan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan pertanian. Berdasarkan dari data tersebut dapat dilihat bahwa pertanian sangat penting dan berguna dalam suatu Negara termasuk dalam pembangunan. Pembangunan yang dilakukan pemerintah untuk mencapai pertumbuhan ekonomi dengan memanfaatkan potensi pertanian yang dimiliki melalui pemberdayaan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan pembangunan pertanian dikampung tanjung dalam rangka pemberdayaan masyarakat.
Pentingnya Prinsip Pendidikan Orang Dewasa bagi Peserta Didik Orang Dewasa dalam Penyelesaian Program POD
Lenni Mantili Hutauruk
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 3 No. 2: Desember 2022
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37411/jjce.v3i2.1868
Artikel ini merupakan artikel studi kasus tentang pentingnya prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa bagi peserta didik orang dewasa dalam penyelesaian program yang mereka ikuti yakni Program Kejar Paket C. Program Kejar Paket-C dalam hal ini adalah program yang memiliki kemiripan dengan The High School Equivalency (HSE) program yang dilaksanaan di Amerika, dimana warga belajarnya adalah orang dewasa yang mempunyai tanggung jawab sosial selain belajar dalam program yang mereka ikuti. Penelitian ini menggambarkan bagaimana fasilitator menerapkan prinsip-prinsip tersebut sesuai dengan kondisi dan karakteristik pembelajar dewasa dalam program tersebut. Andragogi, seni membantu orang dewasa untuk belajar, mencakup asumsi-asumsi tentang karakteristik pembelajar dewasa yang diselidiki dalam penelitian ini. Fokusnya adalah memfasilitasi program pembelajaran orang dewasa yang efektif yang sesuai dengan karakteristik dan kondisi peserta didik. Berdasarkan teori pembelajaran orang dewasa, temuan menunjukkan bahwa enam prinsip karakteristik pembelajar dewasa Knowles dibahas dalam program ini dan implementasinya, yang mengarah pada aktualisasi diri menurut teori hierarki kebutuhan Maslow. Sebagaimana beberapa ahli sepakat bahwa aktualisasi diri merupakan tujuan belajar dalam pendidikan orang dewasa. Studi ini sangat menyarankan bahwa fasilitator, yang mungkin merupakan organisasi non-akademik, membutuhkan gambaran yang jelas tentang prinsip pembelajaran orang dewasa yang terprogram dan bagaimana menyesuaikan pertimbangan prinsip pembelajaran orang dewasa tersebut untuk peserta didiknya.
Pengaruh Kampus Mengajar Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa FKIP Universitas Sulawesi Barat
Muflihah Baktiar;
Zuhra Meiliza;
Muhammad Zia Ulhaq
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 3 No. 2: Desember 2022
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37411/jjce.v3i2.2731
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh program Kampus Mengajar sebagai upaya untuk meningkatkan self-confidence mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Barat yang dilakukan di wilayah perkampungan dan sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat. Kampus mengajar ini tentunya dapat membantu mahasiswa mengasah keterampilan kepemimpinan dan empati sosial: berfikir kritis, pemecahan masalah, manajemen kelompok, jiwa kepemimpinan, inovasi dan kreativitas, komunikasi serta mendapatkan peningkatan kualitas lulusan dalam hal keterampilan (soft skills) dan karakter. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan terhadap 5 (lima) orang mahasiswa yang telah mengikuti program kampus mengajar angkatan 5 tahun 2023. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara kepada mahasiswa dengan menggunakan Self-Confidence scale yang disusun berdasarkan aspek-aspek peningkatan kepercayaan diri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program kampus mengajar yang berline-up literasi dan numerasi yang mengharuskan mahasiswa menguasai keterampilan mengajar agar pembelajaran di jenjang SD yang sudah diprogramkan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Kemudian dari pengalaman ini Self-Confidence yang telah dimiliki lebih meningkat dan menambah wawasan serta pengetahuan baru sehingga mahasiswa yang telah mengikuti program kampus mengajar siap untuk menjalani profesi guru yang professional.
Analisis Keadaan dan Respon Guru Sekolah Dasar Terhadap Proses Reformasi Kurikulum 2013
Zuhra Meiliza;
Alfri Sinulingga
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 3 No. 2: Desember 2022
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37411/jjce.v3i2.2736
Peran kurikulum sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional, maka diperlukan upaya untuk merevisi, mengembangkan dan menyempurnakan desain kurikulum untuk bisa menghasilkan proses dan produk pendidikan yang bermutu dan kompetitif. Namun fakta di lapangan perubahan kurikulum yang dirasa menunjukkan banyak masalah karena perubahan kurikulum itu sendiri yang terlalu sering dan terlalu cepat. Penelitian ini dilaksanakan di 8 (delapan) sekolah dasar negeri (SDN), Kota Langsa, Provinsi Aceh. Subjek penelitian yang digunakan adalah 82 orang guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui metode kuesioner, dan metode wawancara dan menggabungkan dengan metode membaca literatur yang relevan dan penelitian. Kemudian Analisis data hasil kuesioner menggunakan perangkat lunak SPSS dengan menggunakan scala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengimplementasikan kurikulum 2013 pada kegiatan pembelajaran sehari-hari. Berdasarkan hasil analisis regresi didapatkan koefisien determinasi sebesar 0,383 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang nyata perubahan kurikulum 2013 yang dirasakan guru terhadap keadaan implementasi K13 (Sig<0,000). Berbagai respon guru terhadap K13 ini menunjukkan pengaruh yang nyata, perasaan guru dikatakan bimbang apakah senang atau tidak, namun yang dirasakan adalah perubahan kurikulum yang terlalu cepat mengakibatkan kebingungan dan menimbulkan banyak masalah. Solusi yang telah dilakukan guru untuk menghadapi permasalahan tersebut adalah dengan berdiskusi bersama dengan kepala sekolah, sesama guru dan kelompok kerja guru.
Potensi Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Menengah Pertama
Haryanti Putri Rizal;
Marlina Ummas Genisa
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 3 No. 2: Desember 2022
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37411/jjce.v3i2.2737
Pengetahuan asli masyarakat sering dianggap tidak relevan dengan perkembangan zaman sehingga guru IPA mengabaikan potensi lokal dan hanya terpaku pada buku teks umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi pembelajaran terpadu berbasis kearifan lokal melaut untuk mewujudkan pembelajaran IPA yang aplikatif dan tetap menjaga eksistensi serta keberlanjutan nilai-nilai lokal. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksploratori yakni observasi, mencari pola dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran IPA terpadu berbasis kearifan lokal dapat dilakukan karena terdapat konsep kimia yaitu proses pengawetan ikan dan persamaan reaksi, fisika mengenai konsep suhu, perpindahan panas, hukum newton dan biologi berkaitan dengan keanekaragaman makhluk hidup serta ekologi. Hasil ini menjadi rekomendasi bagi guru untuk mengembangkan pembelajaran IPA terpadu berbasis kearifan lokal.
Analisis Kedisiplinan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Uhwah Hasanah;
Irmawati M;
St Harpiani
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 3 No. 2: Desember 2022
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37411/jjce.v3i2.2738
Kedisiplinan belajar merujuk pada sejauh mana mahasiswa mematuhi aturan dan tata tertib lembaga demi mencapai kondisi yang lebih baik. Problematika kurangnya pemahaman akan pentingnya disiplin di kalangan mahasiswa menyebabkan banyak konsekuensi negatif, salah satunya adalah seringnya keterlambatan mahasiswa saat menghadiri proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketidak disiplinan mahasiswa Pendidikan guru sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ketidakdisiplinan yang dilakukan oleh kelima mahasiswa berbeda-beda satu sama lainnya. Mahasiswa AF dan WN tidak disiplin dalam berpakaian. Mahasiswa SV tidak disiplin terkait rambut yang panjang serta pada mahasiswa ST dan SR yang sering mengalami keterlambatan dalam mengikuti perkuliahan.