Articles
32 Documents
Search results for
, issue
"Vol 4, No 1 (2020): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat"
:
32 Documents
clear
EDUKASI MENGENAI PERANAN MAHLUK HIDUP DAN KANDUNGAN NILAI GIZINYA TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI
Araina, Elga;
Sulistyaningrum, Tyas Wara;
Firlianty, Firlianty
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2020): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31571/gervasi.v4i1.1382
Kegiatan ini dilaksanakan bagi anak-anak usia dini pada TK/PAUD Nanda. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada anak, pentingnya peranan mahluh hidup bagi kehidupan, juga mengenal peranan mahluk hidup pada hewan dan tumbuhan yang bermanfaat dalam kandungan gizinya bagi tumbuh kembang anak. Kegiatan pengabdian ini dengan tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pelaksanaan kegiatan yaitu dapat meningkatkan ketrampilan komunikasi anak dan aktivitas belajar anak dalam memahami konsep materi. Kegiatan ini juga memberikan contoh bagi pihak mitra di sekolah TK/PAUD Nanda bahwa anak-anak usia dini memiliki antusiasme belajar yang tinggi bila pembelajaran disertai dengan media interaktif.
PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MENGGUNAKAN WHITEBOARD ANIMATION PADA GURU SMP
Salim, Salim;
Arvyaty, Arvyaty;
Kadir, Kadir;
Sudia, Muhammad;
Prajono, Rahmad;
T, Mursidin
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2020): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31571/gervasi.v4i1.1661
Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi guru melalui pengunaan bahan ajar digital menggunakan Whiteboard Animation pada sekolah mitra. Sasaran program kegiatan pengabdian ini adalah guru SMP di Kota Kendari berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan berupa metode ceramah, tanya jawab, dan simulasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan: (1) para peserta workshop telah memiliki pengetahuan membuat bahan ajar digital menggunakan whiteboard animation, (2) para peserta workshop telah memiliki bahan ajar digital dengan menggunakan whiteboard animation, dan (3) para peserta workshop telah memiliki pengetahuan dalam membuat dan mengembangkan konten bahan ajar digital menggunakan whiteboard animation
PELATIHAN KIAT SUKSES MELATIH FUTSAL BAGI GURU MGMP PEMBINA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI KABUPATEN KUBURAYA
Fallo, Ilham Surya;
Rustanto, Heri;
Dewi, Utami;
Lauh, Whalsen Duli Agus;
Wardhani, Rio
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2020): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31571/gervasi.v4i1.1557
Tujuan dalam kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan pengetahuan guru olahraga MGMP Kabupaten Kuburaya dan para peserta ekstrakurikuler siswa untuk tertarik menggeluti olah raga permainan futsal dengan keterampilan yang baik dan mumpuni di Kabupaten Kuburaya Kalimantan Barat, serta untuk bisa terampil dan mampu mengajarkan olahraga permainan futsal di kalangan masyarakat. Kegiatan ini diharapkan memberikan manfaat bagi guru MGMP Kabupaten Kuburaya dan siswa peserta ekstrakurikuler futsal di sekolah untuk mampu dan bisa terampil dalam mengeluti dan mengajarkan olahraga permainan futsal di kalangan masyarakat serta jenjang pendidikan di Kalimantan Barat. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah; berupa pelatihan kiat sukses melatih futsal permainan olahraga futsal, jadi kegiatan menggunakan metode ceramah dan praktik lapangan. Evaluasi hasil pelatihan kiat sukses melatih futsal adalah proses pemberian penilaian terhadap kemampuan kecakapan dan keterampilan dalam mempraktikan teknik dasar futsal dalam rangka menerima, memahami, dan menguasai praktik, yang disajikan sesuai dengan teknik dasar dalam permainan futsal yang telah diterapkan dan digunakan dalam sebuah pertandingan, dan menilai perubahan sikap dan keterampilannya.
PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN AIR TAWAR DI KELURAHAN PAHANDUT SEBERANG KECAMATAN PAHANDUT KOTA PALANGKA RAYA
Yasin, Muhamad Noor;
Firlianty, Firlianty;
Najamudin, Anang
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2020): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31571/gervasi.v4i1.1383
Kelurahan Pahandut Seberang adalah salah satu kelurahan di wilayah Kecamatan Pahandut Kota Palangkaraya, kelurahan tersebut merupakan salah satu kelurahan yang dipromosikan sebagai tempat sentra kuliner di Kota Palangkaraya. Ikan toman dan ikan patin di Kelurahan ini merupakan ikan yang dipelihara masyarakat pada kolam keramba dan selama ini merupakan sumber penghasilan bagi masyarakat, biasanya ikan ini hanya dijual dalam bentuk ikan segar saja, sehingga penting untuk dilaksanakan pelatihan diversifikasi pengolahan hasil perikanan dari ikan tersebut dalam bentuk olahan nugget, kaki naga dan ekado. Metode dari pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan penyuluhan dan pelatihan praktek secara langsung cara pembuatan olahan nugget, kaki naga dan ekado tersebut. Pengolahan hasil perikanan dalam berbagai bentuk olahan ini diharapkan dapat meningkatan nilai gizi dan nilai ekonomi dari ikan yang terdapat di sekitar masyarakat kelurahan Pahandut Seberang
PELATIHAN E-LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU MA RADEN FATAH PRAMBANAN
Saifullah, Shoffan;
Akbar, Bagus Muhammad
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2020): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pendidikan adalah proses untuk meningkatkan kecerdasan siswa. Proses ini menggunakan kegiatan pelatihan dan pengajaran. Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, proses pelatihan dan pembelajaran menggunakan berbagai metode, salah satunya adalah e-learning. Prosesnya menggunakan internet, yang dapat diakses dan diproses kapan saja dan di mana saja. Proses ini mendukung kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia terkait proses pembelajaran dan mendeka belajar. Proses ini dapat meningkatkan pendidikan aktif, terencana, dan efektif. Selain itu, inovasi layanan dan pembelajaran meningkat sehingga tidak hanya menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk melatih para guru di MA Raden Fatah dalam mengimplementasikan e-learning menggunakan Google Classroom. Metode pelaksanaannya menggunakan teori dan praktik. Hasil dari proses pelatihan dapat memberikan inovasi pembelajaran online dengan Google Classroom, dan kemampuan guru untuk mengimplementasikannya dapat meningkatkan proses belajar mandiri. Para guru dapat melakukan pembelajaran dengan kelas virtual mengikuti kondisi pembelajaran di kelas. Kelas yang dibangun dengan Google Classroom dapat digunakan untuk berbagi materi, memberikan tugas, kuis, menetapkan nilai, dan menjadwalkan kegiatan. Selain itu, proses video conference menyesuaikan jadwal di classroom dan calendar dan kalender menggunakan meet.
PROGRAM BALITA SEHAT AKTIF, KADER OKE DAN KOMPETEN (BETAKAROTEN) DI WILAYAH RW 10 SRONDOL KULON KOTA SEMARANG
Purwanti, Rachma;
Gita A, Putri;
Nur W, Alfia;
R, Rahmawati
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2020): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31571/gervasi.v4i1.1596
Wilayah RW 10 Kelurahan Srondol Kulon, Kota Semarang memiliki prevalensi malnutrisi balita yang cukup tinggi. Program Balita Sehat Aktif, Kader OK dan Kompeten (BETAKAROTEN) bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang MP-ASI dan pemberian makan pada balita, meningkatkan asupan zat gizi pada balita gizi kurang dan kurus, meningkatkan kemampuan ibu memilih makanan yang baik bagi balita, dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam pengukuran antropometri dan pengisian KMS. Program BETAKAROTEN dilaksanakan dengan metode community relation. Sasaran program yaitu ibu balita berstatus gizi kurang dan kader posyandu RW 10 Kelurahan Srondol Kulon. Hasil program BETAKAROTEN meliputi adanya peningkatan pengetahuan gizi pada ibu balita peserta program, peningkatan kemampuan ibu dalam pemilihan makanan yang baik bagi balita, dan peningkatan asupan zat gizi lemak, protein, dan karbohidrat (100%, 83%, dan 67%). Pengetahuan dan keterampilan kader juga meningkat (100% dan 83%). Keberlanjutan program ini diharapkan dapat dipertahankan dan dapat berjalan dengan baik dengan adanya advokasi dan dukungan serta partisipasi dari stake holder di wilayah Posyandu RW 10 Kelurahan Srondol Kulon
PENDAMPINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF BAGI ANAK-ANAK DI PANTI ASUHAN USWATUN HASANAH PONTIANAK
Syahadati, Elly;
Kusumaningsih, Citra;
Anita, Finny;
Darajat, Ageung
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2020): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31571/gervasi.v4i1.1480
Pendampingan belajar bahasa Inggris menggunakan media interaktif yang dilaksanakan oleh Tim dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Pontianak ini dilaksanakan di Panti Asuhan Uswatun Hasanah Pontianak. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan minat dan daya tarik peserta dalam belajar Bahasa Inggris, diharapkan dengan menggunakan media interaktif, peserta dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan kosakata Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Adapun media interaktif yang digunakan dalam pendampingan ini berupa scrabble. Pengumpulan data yang dipakai dalam kegiatan ini adalah: (1) soal tes unjuk kerja untuk mengukur jumlah penguasaan kosakata peserta. Tes dikerjakan peserta secara individual yang diberikan di akhir materi pembelajaran. dan (2) catatan lapangan, dilakukan dengan mendokumentasikan proses pembelajaran bahasa Inggris dan foto kegiatan selama proses belajar mengajar baik sebelum maupun ketika dilaksanakan tindakan. Berdasarkan kegiatan pendampingan yang telah dilaksanakan, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perubahan sikap peserta dari yang kurang aktif, tidak antusias dan kurang terlibat menjadi lebih aktif, antusias dan mau berinteraksi secara kolaborasi selama kegiatan pendampingan berlangsung sehingga terdapat peningkatan ketrampilan peserta dalam menguasai kosakata bahasa Inggris.
PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASISKAN KONTEKSTUAL PADA GURU-GURU SMP LUBUK SIKAPING
Hufri, Hufri;
Dwiridal, Letmi;
Sari, Silvi Yulia
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2020): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31571/gervasi.v4i1.1699
Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru SMP Lubuk Sikaping dalam mengembangkan media interaktif berbasis kontekstual. Metode yang digunakan terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap observasi, persiapan, pelaksanaan, monitoring. Hasil analisis data dari pretest dan postest, disimpulkan bahwa kegiatan PKM ini telah dapat meningkatkan kemampuan guru-guru IPA SMP Lubuk Sikaping dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan angket yang diberikan pada akhir kegiatan pelatihan, diperoleh hasil bahwa peserta menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat dan berkaitan dengan pembelajaran di sekolah
RESPON GURU MGMP IPA KABUPATEN BATOLA TERHADAP PELATIHAN PEMBUATAN SOAL IPA BERBASIS HOTS DI LINGKUNGAN LAHAN BASAH
Misbah, Misbah;
Rochgiyanti, Rochgiyanti;
Wati, Mustika
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2020): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31571/gervasi.v4i1.1619
Soal IPA yang digunakan oleh guru dalam evaluasi pembelajaran masih ada yang belum berkategori high order thinking skills (HOTS). Oleh karena itu dilakukan pelatihan pembuatan soal IPA berbasis HOTS di lingkungan lahan basah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang pembuatan soal IPA berbasis HOTS. Selain itu juga untuk mengetahui respon peserta terhadap pelatihan yang diberikan. Sasaran kegiatan ini ialah 44 guru Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA Kabupaten Batola. Kegiatan pelatihan dilaksanakan melalui metode ceramah, diskusi, dan praktik. Di akhir kegiatan pelatihan, para peserta diberikan angket untuk mengetahui respon peserta terhadap pelatihan. Diperoleh hasil bahwa para peserta memamai dengan baik materi yang disampaikan selama pelatihan berlangsung. Hal ini menunjukkan penyelenggaraan pelatihan pembuatan soal IPA berbasis HOTS di lingkungan lahan basah berjalan dengan baik.
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI MEDIA KONTEKSTUAL BERBANTUAN INFORMATION COMPUTER TECHNOLOGY (ICT) BAGI ANAK DIDIK DAN ORANG TUA
Rosanti, Rosanti;
Anggela, Rika;
Rina, Rina
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2020): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31571/gervasi.v4i1.1523
AbstrakTujuan dalam pengabdian masyarakat ini adalah ingin memberikan Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Media Kontekstual Berbantuan ICT bagi Anak Didik dan orang tua di Rumah Baca Muzakir Gng. H. Hasan Kelurahan Bangka Belitung Laut Kota Pontianak. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah survei lapangan dan Tinakan. Survey lapangan dilakukan dengan mendatangi lokasi, berkoordinasi dengan Ketua RW dan Pengelola Rumah Baca Muzakir. Tindakan yang dilakukan adalah pengadaan Alat, Bahan, dan Materi Pendidikan Lingkungan Hidup melalui Media Kontekstual berbantuan ICT di Rumah Baca Masyarakat Gang H. Hasan kota Pontianak dapat dilihat bahwa pelaksanaan telah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Tercapainya tujuan PKM ini terlihat dari dokumentasi berupa surat tugas yang disahkan oleh pejabat setempat, berita acara dan absen kehadiran, serta fhoto-fhoto kegiatan berlangsung yang menunjukan antusias ibu dan anak serta warga di lingkungan Rumah Baca Muzakir Gang H. Hasan Kota Pontianak.