cover
Contact Name
Nurhayati
Contact Email
nurhayatideli@gmail.com
Phone
+6285252244603
Journal Mail Official
gervasi.ikippgriptk@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 25986147     EISSN : 25986155     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Publikasi ilmiah pengabdian kepada masyarakat dengan cakupan bidang: sosial-humaniora (kependidikan dan serumpunnya); MIPA dan teknologi (kependidikan dan serumpunnya); bahasa dan sastra (kependidikan dan serumpunnya); olahraga dan kesehatan (kependidikan dan serumpunnya); serta bidang-bidang yang relevan dengan kependidikan lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 35 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2022): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat" : 35 Documents clear
Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Problem Based Learning Bagi Guru Sekolah Dasar Imam Safi'i; Wini Tarmini; Wulan Wulan; Lili Wahdini; Reni Warpitasai
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2022): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/gervasi.v6i3.4258

Abstract

Rencana pelaksanaan pembelajaran dengan model problem-based learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan capaian pembelajaran, namun kompetensi para Guru SDN Gandaria Selatan 01 Jakarta dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan model problem-based learning masih belum optimal. Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan memberikan pemahaman dan pelatihan bagi Guru-Guru SDN 01 Gandaria Selatan dalam menyusun RPP berbasis PBL. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah padagogi genre, yaitu melalui tahap membangun konteks, menelaah model, mengonstruksi secara bersama-sama, dan mengonstruksi secara mandiri. Hasil pelatihan menunjukkan, bahwa kompetensi para guru dalam dalam menyusun RPP berbasis model problem-based learning (PBL) meningkat secara signifikan. Rata-rata kemampuan awal sebasar 42,86 (sangat kurang). Setelah mengikuti kegiatan pelatihan rata-rata kompetensi para guru meningkat menjadi 78,86 (baik).
Peningkatan Kesadaran Keamanan Informasi Melalui Kegiatan Online Workshop Menggunakan Platform Quizizz Amiruddin Amiruddin; Ira Rosianal Hikmah; Tiyas Yulita; Dimas Febriyan Priambodo; Jeckson Sidabutar
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2022): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/gervasi.v6i3.3672

Abstract

Kesadaran keamanan informasi merupakan salah satu faktor penting dalam pengukuran Global Cybersecurity Index (GCI). Peningkatan jenis dan jumlah ancaman serangan siber mengakibatkan pengguna sulit mengetahui dan memahaminya. Pencurian data pelanggan marketplace adalah contoh nyata dari ancaman tersebut, yang apabila tidak segera ditangani, dapat menimbulkan kerugian yang lebih besar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk online workshop merupakan salah satu upaya yang dilakukan di masa pandemi Covid-19 untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran mengenai keamanan informasi. Kegiatan ini dilakukan di STMIK Sinar Nusantara Surakarta dengan jumlah peserta 105 orang, meliputi penyampaian materi dan evaluasi pemahaman peserta. Materi yang diberikan terkait keamanan informasi, teknologi pengambil informasi, rekayasa sosial, dan live demo serangan siber. Adapun evaluasi terhadap peserta workshop dilakukan dengan mengerjakan soal-soal terkait materi yang dibahas sebelumnya melalui platform Quizizz. Jawaban dari peserta dianalisis dengan metode statistik yaitu pengujian beda rataan dan diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman keamanan informasi peserta workshop secara signifikan dengan rata-rata peningkatan sebesar 13%.
Edukasi Cinta Al-Qur’an bagi Kelompok Perempuan Desa Dermolo Kembang Jepara Ahmad Saefudin; Azzah Nor Laila; Helmi Yusuf
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2022): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/gervasi.v6i3.3678

Abstract

Penanaman nilai-nilai Al-Qur’an merupakan tanggung jawab umat Islam secara umum, mulai dari kalangan pesantren maupun institusi pendidikan formal. Peran kelompok perempuan di masyarakat pedesaan juga memiliki sumbangsih fundamental dalam aktivitas pedagogi Qur’ani. Desa Dermolo memiliki karakteristik kultur kemajemukan yang tinggi. Terdapat beragam agama seperti Islam, Kristen, dan Budha. Kelompok perempuan muslimah di Desa Dermolo menemui tantangan yang unik dalam upaya melakukan edukasi cinta terhadap Al-Qur’an. Pengabdian ini bertujuan untuk memotivasi dan melatih kelompok perempuan di Desa Dermolo agar memiliki kesadaran terhadap proses penanaman nilai-nilai Al-Qur’an. Metode kegiatan berupa penyampaian motivasi, pelatihan pendampingan, dan Focus Group Discussion. Hasilnya, kelompok perempuan termotivasi untuk mendidik dan membiasakan membaca Al-Qur’an di rumah serta mendorong anak-anaknya agar belajar di madrasah diniyah. Hal ini dibuktikan dari hasil evaluasi pelaksanaan pengabdian. Dari 27 responden, sebesar 96% menyatakan puas terhadap kegiatan ini, sebesar 93% menyatakan materi pelatihan telah terorganisasi dengan baik, dan sebesar 81% menilai performa fasilitator masuk dalam kategori baik.
Pembangunan Instalasi Air Hujan Warga Desa Liposos Kecamatan Singkawang Selatan Ricka Aprillia; Septami Setyawati; Wahdaniah Mukhtar; Govira Christiadora Asbanu
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2022): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/gervasi.v6i3.3783

Abstract

Desa Liposos merupakan sebuah desa yang semua penduduknya adalah penyintas penyakit Lepra di mana sebagian besar memiliki kondisi tubuh yang tidak lagi normal. Aktivitas yang dilakukan masyarakat adalah bertani yang hanya dilakukan pada saat musim hujan karena keterbatasan sumber air. Masyarakat desa ini sangat tergantung dengan hujan untuk memenuhi keperluan air sehari-hari. Kondisi masyarakat desa yang memiliki kebutuhan khusus sehingga perlu untuk dilakukan kegiatan penampungan air hujan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan air masyarakat. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan oleh empat dosen Fakultas Teknik Untan dalam waktu empat bulan. Metode pelaksanaan terdiri dari persiapan, orientasi lapangan, desain, pelaksanaan, uji coba instalasi dan evaluasi. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan instalasi penampungan air hujan berukuran 2000 liter dan sudah dilakukan serah terima dengan masyarakat. Adanya instalasi ini, diharapkan dapat menambah ketersediaan media tempat menampung air hujan terutama saat musim kemarau. Harapan utama bahwa perlahan-lahan kebutuhan akan air bersih dapat terpenuhi dan kesejahteraan warga setempat meningkat. 
Pelatihan E-Commerce dan Social Commerce untuk Meningkatkan Kompetensi Tecnopreneurship pada Siswa SMK Ana Zahrotun Nihayah; Tatim Musolichah; Lathif Hanafir Rifqi
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2022): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/gervasi.v6i3.3876

Abstract

Pelatihan technopreneurship pada siswa SMK Dwi Sakti Tuban dilatarbelakangi oleh data nasional yang menunjukkan tingkat pengangguran lulusan SMK di antara kategori lain tergolong tertinggi (sebanyak 13,55%). Pada observasi awal diperoleh data bahwa sebagian siswa SMK Dwi Sakti memiliki akun media   sosial dan dapat mengoperasikan smartphone dengan baik. Namun, sedikit sekali yang memiliki  wawasan mengenai e-commerce dan social commerce. Secara garis besar, metode pengabdian ini meliputi tiga hal yaitu identifikasi masalah lapangan, pelatihan, dan evaluasi. Pelatihan diikuti oleh 34 siswa berlokasi di gedung sekolah SMK Dwi Sakti pada 7 Agustus 2021. Evaluasi hasil pelatihan menggunakan uji chi kuadrat yang membandingkan tingkat harapan dan realita dari uji pre-test dan posttest. Hasil analisis chi kuadrat menunjukkan tidak ada perbedaan antara harapan dengan realita dari peningkatan kompetensi siswa. Persentase peningkatan kompetensi siswa setelah pelatihan secara realita telah sesuai dengan persentase peningkatan kompetensi siswa yang diharapkan sebelum dilakukan pelatihan.
Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok Nadya Audina Fadilah; Sekar Ayu Putri; Winda Nadya; Chahya Kharin Herbawani
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2022): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/gervasi.v6i3.3887

Abstract

Panti asuhan adalah suatu lembaga kesejahteraan sosial yang menjadi tempat untuk menampung, mendidik, serta memelihara anak yatim, yatim piatu, dan anak terlantar. Sebagian besar anak-anak panti asuhan merupakan kelompok usia yang rentan terhadap masalah kesehatan. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat di panti asuhan sakinah Depok. Metode yang digunakan pada pengabdian masyarakat ini yaitu ceramah dan diskusi kelompok. Hasil dari pengabdian masyarakat ini yaitu adanya peningkatan pengetahuan peserta tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Pengabdian masyarakat ini telah berjalan dengan baik dan mendapat respon yang positif dari anak-anak Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok.
Sosialisasi Penggunaan Quizlet dalam Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris pada Siswa SMKN 1 Pekanbaru Hafni Hafsah
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2022): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/gervasi.v6i3.3934

Abstract

Penggunaan aplikasi digital dalam bidang pendidikan dapat memberikan kemudahan  dalam proses belajar mengajar.  Salah satu aplikasi yang digunakan dalam belajar bahasa adalah aplikasi Quizlet. Pengenalan aplikasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan perbendaharaan kata (vocabulary) siswa dalam bahasa Inggris sekaligus diharapkan dapat meningkatkan keahlian berbahasa siswa dalam membaca, menulis, mendengar dan berbicara.  Aplikasi ini  memiliki beberapa fitur menarik untuk dipelajari namun siswa belum pernah mendengar adanya aplikasi Quizlet apalagi menggunakannya sebagai media belajar. Oleh karena hal tersebut, maka dilakukan kegiatan sosialisasi pengenalan dan penggunaan Quizlet dalam pemerolehan kosa kata bahasa Inggris bagi siswa-siswa SMKN 1 Pekanbaru.  Kegiatan sosialisasi ini berupa seminar dengan penjelasan materi secara deskriptif yang disampaikan dalam bentuk presentasi powerpoint dengan menggunakan laptop dan proyektor. Peserta pengabdian yaitu siswa-siswi SMKN 1 Pekanbaru. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa siswa tertarik untuk menggunakan aplikasi ini dengan menggunakan smartphone dan mampu melakukan ujicoba penggunaan Quizlet dengan baik. Belajar dengan Quizlet melalui perangkat ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, sehingga memberikan dorongan atau motivasi bagi siswa untuk belajar secara mandiri.
Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Sungai Kakap Muhamad Firdaus; Yudi Darma; Utin Desy Susiaty; Yadi Ardiawan; Abdillah Abdillah
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2022): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/gervasi.v6i3.3949

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran matematika secara online yang inovatif dan menyenangkan sehingga memudahkan siswa dalam belajar matematika. Kegiatan PKM dilaksanakan di SMA Negeri 3 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat dengan peserta berjumlah 22 orang dan pelaksana PKM adalah dosen prodi Pendidikan matematika IKIP PGRI Pontianak yang berjumlah 5 orang. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini dilakukan dengan mengadopsi langkah-langkah action research yaitu: perencanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Hasil PKM dapat disimpulkan yaitu meningkatnya pengembangan dan penggunaan media pembelajaran secara online, sehingga memudahkan dan menyenangkan siswa dalam belajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar matematika.
Pengolahan Hasil Kebun “Pisang dan Nira” Masyarakat Sumurmuling untuk Peningkatan Kualitas Produk Rianto Rianto; Setia Wardani; Anis Febri Nilansari
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2022): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/gervasi.v6i3.4037

Abstract

Pedukuhan Sumurwuling memiliki potensi pohon kelapa dan pisang, sehingga hasil panen dari pohon kelapa dan pisang menjadi berlimpah. Namun, pemanfaatan hasil panen berupa pisang dan nira belum maksimal untuk diolah. Pemanfaatan potensi dari hasil kebun menjadi masalah utama dan perlu adanya pemberdayaan masyarakat dengan melakukan penyuluhan dan pelatihan terhadap masyarakat di Sumurwuling. Pelatihan dihadiri oleh Kelompok Wanita Tani Sumurwuling sebanyak 15 peserta, 4 pelaksana kegiatan terdiri dari 3 dosen dan 1 mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 31 maret secara daring dan 1 April 2022 di rumah ibu Sugiyem selaku Dukuh Sumurwuling yang berlokasi di Pedukuhan Sumurwuling, Kelurahan Gulurejo Lendah Kulonprogo. Metode pelaksanaan pada kegiatan ini dengan melakukan penyuluhan terlebih dahulu, dilanjutkan pelatihan pengolahan hasil kebun hingga strategi promosi. Dengan terlaksananya kegiatan ini, masyarakat di Pedukuhan Sumurwuling dapat mengolah hasil kebun menjadi produk dengan nilai jual yang lebih tinggi dan memahami pentingnya strategi promosi untuk memperkenalkan produk ke masyarakat luas
Optimalisasi Pengembangan Rumah Singgah “ClassKu” dengan Pembuatan Video Profil dan Kegiatan Pembelajaran Bahasa Inggris Arum Sari; Saly Kurnia Octaviani
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2022): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/gervasi.v6i3.4067

Abstract

Rumah Singgah “Classku” merupakan program individu yang didirikan saat pandemi Covid-19 pada tahun 2021 dan memiliki anak-anak binaan dengan latar belakang ekonomi rendah. Rumah Singgah “Classku” belum memiliki video profil sebagai media informasi digital dikarenakan kurangnya pengetahuan pemilik mengenai teknologi informasi. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membuat video profil rumah singgah dan memberikan pemahaman dan pengarahan terhadap pemilik mengenai media informasi digital. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan kosa kata berbahasa Inggris anak-anak Rumah Singgah “Classku” selama masa pembelajaran jarak jauh. Tahap pra kegiatan pengabdian ini menggunakan wawancara dengan pemilik rumah singgah, melakukan observasi, dan menganalisa kebutuhan program. Tahap pelaksanaan kegiatan adalah berbagi pengetahuan dengan pemilik dan 10 anak-anak rumah singgah. Hasil kegiatan ini adalah 100% realisasi video profil sebagai video promosi digital, 85% peningkatan pengetahuan maupun ketrampilan pemilik mengenai media informasi digital, dan 82% peningkatan ketrampilan kosa kata bahasa Inggris anak-anak Rumah Singgah “ClassKu”.

Page 1 of 4 | Total Record : 35


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 1 (2025): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 8 No. 2 (2024): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 8 No. 1 (2024): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 7 No. 3 (2023): GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 7 No. 2 (2023): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 7 No. 1 (2023): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 7, No 1 (2023): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2022): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 6, No 2 (2022): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 6, No 1 (2022): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 5, No 3 (2021): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2021): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 5, No 1 (2021): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 2 (2020): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2020): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 2 (2019): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2019): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2018): GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2018): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2018): GERVASI: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol 2, No 1 (2018): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2017): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2017): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat More Issue