cover
Contact Name
Rudi Kristanto
Contact Email
zonapurple@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
maryismo@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi
ISSN : 20851162     EISSN : 26220253     DOI : -
The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference, which includes, but is not limited to: administration and policy in public, business and tax sectors.
Arjuna Subject : -
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2: Desember 2024" : 19 Documents clear
Strategi Peningkatan Kompetensi Para Pencari Kerja Lokal di Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan Fahziar, Hasbi; Noor, Muhammad; Utomo, Heryono Susilo
Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Vol. 7 No. 2: Desember 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/transparansi.v7i2.3971

Abstract

Pemerintah sebagai pemegang amanah rakyat pada pencapaian kehidupan yang sejahtera memiliki andil dan tanggung jawab besar dalam mengatur serta melaksanakan program-program pendukung agar tercapainya kehidupan yang sejahtera dan terpenuhinya kuota-kuota peluang kerja di negara Indonesia. Disnaker Kota Balikpapan yang memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan urusan wajib ketenagakerjaan berupaya agar pencari kerja lokal dapat bersaing di pasar kerja dengan meningkatkan kompetensinya. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi Disnaker Kota Balikpapan dalam meningkatkan kompetensi para pencari kerja lokal serta kendala yang dihadapi Disnaker Kota Balikpapan. Penelitian ini merupakan metode penelitian mixed methods dengan fokus penelitian strategi peningkatan kompetensi para pencari kerja lokal melalui analisis lingkungan internal strenght dan weakness, analisis lingkungan eksternal opportunity dan threat serta kendala yang dihadapai Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan. Hasil penelitian menunjukkan strenght (kekuatan) yang dimiliki Disnaker Kota Balikpapan yaitu : 1) Rencana kerja terstruktur, 2) Regulasi ketenagakerjaan, 3) Sarana dan prasarana. Weakness (kelemahan) yang dimiliki Disnaker Kota Balikpapan yaitu : 1) Kurangnya SDM, 2) Keterbatasan anggaran, 3) Belum adanya UPTD BLK Kota Balikpapan. Opportunity (peluang) yang dimiliki Disnaker Kota Balikpapan yaitu :1) Perkembangan teknologi, 2) Keberadaan LPK Swasta, 3) Keberadaan BLK milik Provinsi Kaltim, 4) Lembaga Pelatihan milik Kementerian, 5) Pemagangan. Adapun threat (ancaman) yang dihadapi Disnaker Kota Balikpapan yaitu : 1) Pendatang dari luar daerah, 2) Mahalnya biaya pelatihan kerja. Sementara itu, kendala yang dihadapi oleh Disnaker Kota Balikpapan yaitu berasal dari dalam diri pencari kerja yang tidak serius untuk meningkatkan kompetensi dirinya serta keterbatasan LPK di Kota Balikpapan baik dari jumlahnya maupun standar mutu yang dimiliki.
Analisis Kualitas Layanan Publik Berbasis Digital di Jakarta: Metode E-Governance Quality (E-Govqual) dan Importance Performance Analysis (IPA) Salsabillah, Nurul Widya; Zuhri, Saefudin; Swastiawati, Yuli
Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Vol. 7 No. 2: Desember 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/transparansi.v7i2.4236

Abstract

Jakarta Kini (JAKI) merupakan inovasi layanan publik yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta. Sebagaimana governansi digital (e-government), aplikasi ini dibuat untuk efisiensi dan efektifitas kinerja pemerintah dalam memberikan kualitas layanan prima dan untuk memastikan bahwa aplikasi ini berfungsi dengan baik dan sesuai dengan harapan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis kualitas layanan berbasis digital tersebut dengan menilai empat dimensi e-Government Quality (e-Govqual) dan dikombinasikan dengan metode Importance Performance Analysis (IPA). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode survei daring dan responden dipilih dengan cara sample acak sederhana (simple random sampling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi JAKI masih kurang memenuhi harapan pengguna. Kemudian berdasarkan analisis IPA, hanya ada empat atrinut yang menjadi prioritas layanan JAKI yaitu; struktur tampilan yang mudah dipahami, fitur yang terorganisir dengan baik, informasi yang ditampilkan sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna, dan Informasi yang ditampilkan selalu terkini.
Analisis Implementasi Kebijakan atas Penanganan Perkara di Bidang Kepabeanan pada Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok Widagdo Atmaja, Muhammad Ardy Febriant; Arimbhi, Pebriana
Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Vol. 7 No. 2: Desember 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/transparansi.v7i2.4178

Abstract

The Major Customs and Excise Servicing Office Type A Tanjung Priok is the largest customs service and supervision office in the organizational structure of the Directorate General of Customs and Excise. The volume of import and export activities through The Major Customs and Excise Servicing Office Type A Tanjung Priok reaches around 70% of all Indonesia's import and export activities. The high intensity of import and export activities must be accompanied by high compliance from service users, considering that currently customs notifications are carried out with a self-assessment system. Often, customs service users make mistakes in notifying customs notices and in fulfilling customs-related provisions that result in violations in the customs sector. Theses violation require the handling of cases in the customs sector which is currently regulated in the Regulation of the Director General of Customs and Excise No. 53/BC/2010. This study aims to determine the implementation of case handling policies in the customs sector at The Major Customs and Excise Servicing Office Type A Tanjung Priok . The research method used is a descriptive qualitative method with a Van Meter and Van Horn policy implementation model approach. Data was collected through interviews and secondary data documentation at The Major Customs and Excise Servicing Office Type A Tanjung Priok . The results show that almost all policy aspects have been met. The aspect of the policy that has not been fully fulfilled is the characteristic aspect of the implementing organization. Therefore, in the future The Major Customs and Excise Servicing Office Type A Tanjung Priok should be able to maximize the handling of cases by minimizing the obstacles that occur using appropriate solutions. The author suggests that The Major Customs and Excise Servicing Office Type A Tanjung Priok optimize resources and strengthen regulations to support case handling activities in the customs sector. ABSTRAK : KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok menjadi kantor pelayanan dan pengawasan pabean terbesar dalam struktur organisasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Volume kegiatan impor dan ekspor melalui KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok mencapai sekitar 70% dari seluruh kegiatan impor dan ekspor Indonesia. Tingginya intensitas kegiatan impor dan ekspor yang melalui KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok harus diiringi dengan tingginya kepatuhan dari pengguna jasa, mengingat saat ini pemberitahuan pabean dilakukan dengan sistem self assessment. Seringkali pengguna jasa kepabeanan melakukan kesalahan dalam memberitahukan pemberitahuan pabean dan dalam memenuhi ketentuan-ketentuan terkait kepabeanan yang mengakibatkan terjadinya pelanggaran di bidang kepabeanan. Atas pelanggaran tersebut diperlukan penanganan perkara di bidang kepabeanan yang saat ini diatur dengan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai No.53/BC/2010. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan penanganan perkara di bidang kepabeanan pada Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan model implementasi kebijakan Van Meter dan Van Horn. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi data sekunder dari Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua aspek kebijakan telah terpenuhi. Terdapat aspek kebijakan yang belum sepenuhnya terpenuhi yaitu aspek karakteristik organisasi pelaksana. Oleh karena itu kedepannya KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok dapat memaksimalkan implementasi kebijakan penanganan perkara dengan cara meminimalisasi kendala-kendala yang terjadi menggunakan solusi-solusi yang tepat. Penulis memberikan saran kepada KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok agar mengoptimalkan sumber daya dan menguatkan peraturan untuk menunjang kegiatan penanganan perkara di bidang kepabeanan.
Efektivitas Penggunaan Aplikasi KAI ACCESS Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan PT. KAI (Studi Pada Stasiun Gubeng) Izzati, Najma Laily; Hayat, Hayat; Rahmawati, Septina Dwi
Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Vol. 7 No. 2: Desember 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/transparansi.v7i2.3926

Abstract

(Effectiveness of Using KAI ACCESS Application in Improving the Quality of PT KAI Services (Study at Gubeng Station) The government as the holder of the people's trust in achieving a prosperous life has a big role and responsibility in organizing and implementing supporting programs to achieve a prosperous life and fulfilling job opportunity quotas in Indonesia. The Balikpapan City Manpower Office, which has responsibility for carrying out mandatory employment matters, strives to ensure that local job seekers can compete in the job market by increasing their competency. This research aims to analyze the strategy of the Balikpapan City Manpower Office in improving the competence of local job seekers as well as the obstacles faced by the Balikpapan City Manpower Office. This research is a mixed methods research method with a research focus on strategies for increasing the competence of local job seekers through analysis of the internal environment of strengths and weaknesses , analysis of the external environment of opportunities and threats and the obstacles faced by the Balikpapan City Employment Service. The results of the research show that the strengths of the Balikpapan City Manpower Office are: 1) Plan Work structured , 2) Regulation employment , 3) Facilities and infrastructure . The weaknesses of the Balikpapan City Manpower Office are : 1 ) Lack of human resources, 2) Limitations budget , 3) There is no UPTD BLK for Balikpapan City. The opportunities that the Balikpapan City Manpower Office has are : 1) Development technology , 2) The existence of private LPK , 3) The existence of owned BLK Province East Kalimantan , 4) Training Institute belonging to the Ministry, 5) Apprenticeship . The threats faced by the Balikpapan City Manpower Office are : 1 ) Immigrants from outside area , 2) Expensive cost training Work . Meanwhile, the obstacles faced by the Balikpapan City Manpower Office originate from job seekers who are not serious about improving their competence and the limitations of LPKs in Balikpapan City both in terms of numbers and quality standards.. Abstrak Pemerintah sebagai pemegang amanah rakyat pada pencapaian kehidupan yang sejahtera memiliki andil dan tanggung jawab besar dalam mengatur serta melaksanakan program-program pendukung agar tercapainya kehidupan yang sejahtera dan terpenuhinya kuota-kuota peluang kerja di negara Indonesia. Disnaker Kota Balikpapan yang memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan urusan wajib ketenagakerjaan berupaya agar pencari kerja lokal dapat bersaing di pasar kerja dengan meningkatkan kompetensinya. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi Disnaker Kota Balikpapan dalam meningkatkan kompetensi para pencari kerja lokal serta kendala yang dihadapi Disnaker Kota Balikpapan. Penelitian ini merupakan metode penelitian mixed methods dengan fokus penelitian strategi peningkatan kompetensi para pencari kerja lokal melalui analisis lingkungan internal strenght dan weakness, analisis lingkungan eksternal opportunity dan threat serta kendala yang dihadapi Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan. Hasil penelitian menunjukkan strenght (kekuatan) yang dimiliki Disnaker Kota Balikpapan yaitu : 1) Rencana kerja terstruktur, 2) Regulasi ketenagakerjaan, 3) Sarana dan prasarana. Weakness (kelemahan) yang dimiliki Disnaker Kota Balikpapan yaitu : 1) Kurangnya SDM, 2) Keterbatasan anggaran, 3) Belum adanya UPTD BLK Kota Balikpapan. Opportunity (peluang) yang dimiliki Disnaker Kota Balikpapan yaitu :1) Perkembangan teknologi, 2) Keberadaan LPK Swasta, 3) Keberadaan BLK milik Provinsi Kaltim, 4) Lembaga Pelatihan milik Kementerian, 5) Pemagangan. Adapun threat (ancaman) yang dihadapi Disnaker Kota Balikpapan yaitu : 1) Pendatang dari luar daerah, 2) Mahalnya biaya pelatihan kerja. Sementara itu, kendala yang dihadapi oleh Disnaker Kota Balikpapan yaitu berasal dari dalam diri pencari kerja yang tidak serius untuk meningkatkan kompetensi dirinya serta keterbatasan LPK di Kota Balikpapan baik dari jumlahnya maupun standar mutu yang dimiliki.
Strategi Unggul Penguatan Kapasitas Logistik Perdagangan: Rencana Lima Tahun 2024-2029 Vikaliana, Resista; Iskandar, Yelita Anggiane; Puspitasari, Eka; Febryan, Rio
Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Vol. 7 No. 2: Desember 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/transparansi.v7i2.4328

Abstract

Increasingly fierce global economic competition requires countries to develop effective trade strategies. In 2023, Indonesia improved its competitiveness ranking from 44th to 34th place according to the IMD Global Competitiveness Index. However, this position is still below Malaysia (27th) and Thailand (30th). This research uses a mixed quantitative and qualitative approach to analyze competitiveness indicators such as technology, health, labor market, and financial system. SWOT analysis was used to identify strengths, weaknesses, opportunities and threats in Indonesia's trade strategy. Critical success factors (CSF) analysis was used to structure information needs in the management hierarchy. By considering the general and specific conditions of Indonesia's trade logistics, a trade policy and strategy can be formulated. The trade strategy obtained from SWOT and CSF analysis is: 1. Strengthening downstream trade policies, 2. Strengthening multi-sectorregulatory stakeholder cooperation, in integrated logistics and trade marketing policies, 3. Accelerating digitalization and developing a competitive logistics service ecosystem, 4. Reorganizing trade logistics systems and facilities and infrastructure.Therefore, accurate and strategic trade planning is essential to improve economic efficiency and effectiveness, as well as competitiveness in the global market.
Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Kantor Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang Atmojo, Anwar
Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Vol. 7 No. 2: Desember 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/transparansi.v7i2.4337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Menganalisis pengaruh Kompetensi terhadap Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, 2. Menganalisis pengaruh Motivasi kerja terhadap Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, 3. Menganalisis pengaruh Kompetensi dan Motivasi secara bersama-sama terhadap Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan pendekatan analisis kuantitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1. Teori Kompetensi (Spencer 1993: 9-10), 2. Teori Motivasi (Atkinson dalam Kerlinger 1987: 133), 3. Teori Kualitas Pelayanan (Parasuraman dalam Tjiptono 2000: 69-70). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat dan pegawai kantor Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Data dalam penelitian ini terdiri dari Data Primer, yaitu data yang langsung diperoleh dari lokasi penelitian melalui kuesioner dan wawancara serta Data Sekunder, yaitu data berupa dokumen yang diperoleh dari Kantor Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Hipotesis penelitian di uji dengan menggunakan uji - t dan uji –f Secara kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kompetensi terhadap Kualitas Pelayanan, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Motivasi terhadap Kualitas Pelayanan, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kompetensi dan Motivasi secara bersama-sama terhadap Kualitas Pelayanan. Kesimpulan penelitian adalah: semakin tinggi nilai variabel Kompetensi dan Motivasi kerja, maka variabel Kualitas Pelayanan Pegawai cenderung semakin meningkat. Demikian pula sebaliknya, semakin rendah nilai variabel Kompetensi dan Motivasi kerja, maka variabel Kualitas Pelayanan Pegawai akan semakin menurun.
Collaborative Governance dalam Penanggulangan Potensi Banjir di Kota Malang (Studi pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Malang) Ardiansyah, Feri Achmad; Hayat, Hayat; Ilyas, Taufiq Rahman
Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Vol. 7 No. 2: Desember 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/transparansi.v7i2.4001

Abstract

This research discusses the role of Collaborative Governance in overcoming potential floods in Malang City. This research is motivated by the many flooding problems in several points in Malang City that have not been resolved. The aim of this research is to examine the role of Collaborative Governance in flood management in Malang City. The method used in this research is qualitative method. The informants in this research were the Regional Disaster Management Agency and the surrounding community. The results of this research show that the duties and responsibilities of the Regional Disaster Management Agency in dealing with disasters are quite good. On the other hand, the research results found that the factors that cause flooding are not only natural factors but also a lack of public concern for the environment. Apart from that, existing obstacles to flood management are also due to limited funds, lack of public awareness, and the existence of sectoral egos.
Efektivitas program Mass Rapid Transit (MRT) dan Kemacetan di Kota Jakarta Hanafie, Haniah; Suprapto, Firda Noviana; Nugraha, Agus
Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Vol. 7 No. 2: Desember 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/transparansi.v7i2.3906

Abstract

Congestion in the Jakarta City has received serious attention, so the Jakarta City Government built the MRT (Mass Rapid Transit) as an alternative mode of transportation to solve congestion problem. The purpose of this study is to know how the effectiveness of the MRT Program to overcome congestion in the Jakarta City. The research method is qualitative, data collection is done through interviews, observation and documentation. The effectiveness theory with indicators : target accuracy program, socialization program, objectives and monitoring program. The research results show that the MRT Program is effective in preventing congestion in Jakarta from the target accuracy program, socialization and monitoring program perspective. While from objectives program perspective is not effective yet. ABSTRAK Kemacetan di Kota Jakarta mendapat perhatian yang serius, sehingga Pemerintah Kota Jakarta membangun MRT (Mass Rapid Transit) sebagai alternatif moda transportasi untuk mengatasi masalah kemacetan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas Program MRT dalam mengatasi kemacetan di Kota Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori efektivitas dengan indikator : ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan dan pengawasan program digunakan sebagai kerangka pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program MRT efektif dalam mencegah kemacetan di Jakarta dari segi ketepatan sasaran program, sosialisasi dan pemantauan program. Sedangkan dari segi tujuan program belum efektif.
Penerapan Aplikasi E-Filing sebagai Upaya Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Menyampaikan SPT PPh Tahunan di Direktorat Jenderal Pajak Kantor Pusat Periode Tahun 2021 sampai dengan Tahun 2023 NingTyas, Indriani Rahayu
Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Vol. 7 No. 2: Desember 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/transparansi.v7i2.4323

Abstract

This research aims to determine the influence of the level of Annual Income Tax Tax Compliance of Individual Taxpayers with the e-Filing Application at the Directorate General of Taxes at the Head Office. This research refers to the Tax Compliance Level Ratio which is still low. The method used in this research is qualitative with data collection techniques using data obtained from internal parties. The result is that the level of Tax Compliance through the e-Filing Application at the Directorate General of Taxes at the Head Office is classified as very good, but there are still several obstacles in Taxpayer compliance at the Directorate General of Taxes with the implementation of the E-Filing application, namely the lack of taxpayer knowledge regarding tax modernization, not yet understanding regarding the obligations and compliance of taxpayers, especially new taxpayers, network problems which cause the data transfer process to the server to sometimes be hampered, there are taxpayers who do not understand the E-Filing application. Keywords: e-Filing, Tax Compliance, Directorate General of Taxes, Head Office
Peran Badan Usaha Milik Desa dalam Pengelolaan Sampah di Desa Sawarna Timur Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten Maryana, Asep; Priotomo Adisty, Anggayuh; Rusdiana, Rusdiana; Dewi, Maya Puspita
Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Vol. 7 No. 2: Desember 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/transparansi.v7i2.4307

Abstract

(The Role of Village-Owned Enterprises in Waste Management in East Sawarna Village, Bayah District, Lebak Regency, Banten Province) Sawarna Timur Village, Bayah District, Lebak Regency, once faced a major waste problem. The government and the community must pay attention to this problem because it has an impact on the environment. The amount of waste produced is not comparable to the facilities and infrastructure available to manage waste. As a result, waste is dumped carelessly and piled up in one location, which can have a negative impact on the environment, health, and comfort. However, BUMDes Sawarna Timur Village can solve this social problem by using a waste bank. The purpose of this study was (1) to explain the role of BUMDes related to waste management in Sawarna Timur Village (2) to understand and see the implications felt by residents of Sawarna Timur Village after waste management by BUMDes through a waste bank. The study was conducted using a qualitative approach and a qualitative research type with a descriptive analysis approach. The technique for data collection used observation, interviews and documentation. The findings of the study were that BUMDes has an important role in the success of waste management in Sumbergondo Village, through the waste bank program implemented by BUMDes can overcome waste problems in its village. Abstrak Desa Sawarna Timur Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak pernah menghadapi masalah besar sampah. Pemerintah dan masyarakat harus memperhatikan masalah ini karena berdampak pada lingkungan. Jumlah sampah yang diproduksi tidak sebanding dengan sarana dan prasarana yang ada untuk mengelola sampah. Akibatnya, sampah dibuang secara sembarangan dan menumpuk pada satu lokasi, yang dapat berdampak buruk pada lingkungan, kesehatan, dan kenyamanan. Namun, BUMDes Desa Sawarna Timur dapat menyelesaikan masalah sosial ini dengan menggunakan bank sampah. Tujuan dilaksanakan penelitian ini (1) menjelaskan peran BUMDes terkait manajemen sampah di Desa Sawarna Timur (2) memahami serta melihat implikasi yang dirasakan warga Desa Desa Sawarna Timur setelah adanya pengelolaan sampah oleh BUMDes melalui bank sampah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Teknik untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian berupa BUMDes memiliki peran penting dalam suksesnya pengeloaan sampah di Desa Sumbergondo, melalui program bank sampah yang dilaksanakan BUMDes bisa mengatasi permasalahan sampah di desanya.

Page 1 of 2 | Total Record : 19