cover
Contact Name
Alivvermana Wiguna
Contact Email
jurnalstkipmsampit@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalstkipmsampit@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kotawaringin timur,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
ISSN : 19071086     EISSN : 26564580     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Paedagogie STKIP Muhammadiyah Sampit adalah salah satu jurnal yang menghadirkan kajian dan penelitian tentang ilmu pendidikan yang hangat diperbincangkan saat ini dengan berbagai problematikanya.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan" : 8 Documents clear
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH DAN KONVENSIONAL Mahmu’ddin Mahmu’ddin; Siti Halimah; Munawarah Munawarah
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46822/paedagogie.v5i1.50

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS menggunakan metode pemecahan masalah dan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 9 Sampit tahun pelajaran 2015/2016. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode pemecahan masalah dan metode konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 9 Sampit. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan independent sample (t test). berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menunjukan nilai t hitung> t tabel (-5.884< -1.994) dengan nilai signifikansi (0.000 < 0.05) yang memiliki arti bahwa hipotesis diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS menggunakan metode pemecahan masalah dan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 9 Sampit. Nilai rata-rata siswa, kelas control yang menggunakan metode konvensional lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen yang menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving). Nilai rata-rata siswa menggunakan metode konvensional adalah 54,86 sedangkan nilai rata-rata menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving)adalah 79,17.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN IPS SMA NEGERI DAN SWASTA Apuanor Apuanor; Sudarmono Sudarmono; Wayan Eka Susanti
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46822/paedagogie.v5i1.54

Abstract

Sampai saat ini hasil belajar antara siswa yang satu dengan siswa yang lain hendaknya memiliki kesamaan, berdasarkan dari kenyataan bahwa hasil belajar siswa yang satu dengan siswa yang lain ternyata berbeda, hal tersebut diperkuat sesuai dengan data yang diperoleh dari Dapodikdas Dinas Pendidikan Kab.Kotim pada bulan Desember 2015, jumlah peserta UN Sekolah Menengah Atas (SMA) dari sekolah Negeri maupun sekolah Swasta tahun pelajaran 2015/2016, dari jurusan IPS ada 1032 peserta dan yang tidak lulus 5 peserta. Dari data di atas, hal ini sejalan dengan yang diungkapkan oleh Noehi Nasution (Syaiful Bahri Djamarah, 2008:195) yang menyatakan bahwa kecerdasan intelektual (IQ), sekitar 25% hasil belajar disekolah dapat dijelaskan dari IQ, sedangkan 75% di pengaruhi oleh faktor lain. Faktor lain yaitu dari faktor eksternal salah satunya adalah lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah merupakan bagian item dari faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI jurusan IPS SMA negeri dan swasta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rata-rata hasil Ujian Tengah Semester (UTS). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang bersekolah di Negeri dan Swasta.
MOTIVASI MENYELESAIKAN SKRIPSI MAHASISWA YANG BEKERJA DAN TIDAK BEKERJA Apuanor Apuanor; Sudarmono Sudarmono; Mukhtar Arifin
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46822/paedagogie.v5i1.49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaanmotivasi menyelesaikan skripsi antara mahasiswa yang bekerja denganmahasiswa yang tidak bekerja. Data dikumpulkan dengan skala motivasi menyelesaikan skripsi. Data dianalisis menggunakan teknik Uji-t. Hasil analisis uji-t diperoleh Hasil uji t dengan nilai t_hitung>t_tabel (4,706 > 2,021) dan signifikansi diperoleh P value (0,000 < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi menyelesaikan skripsi yang sangat signifikan antara mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja. Motivasi mahasiswa yang bekerja lebih rendah dibanding yang tidak bekerja dengan perbedaan rata-rata sebesar 8,44 dan perbedaan berkisar antara 4,82 sampai 12,03.
TINGKAT PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT GURU Norhayatun Norhayatun; Muhamat Qahfi; Tri Mutho Alimah
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46822/paedagogie.v5i1.53

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh tingkat penguasan Teknologi Informasi (TI) terhadap kemampuan membuat media pembelajaran power point guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri yang mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh dengan jumlah responden 36 orang , pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah kuesioner atau angker, dan teknik analisis data peneliti menggunakan Uji prasyarat (Uji Normalitas dan Uji Linieritas), Persamaan Regresi Linier Sederhana, Uji Hipotesis (Uji t) dan Koefisien Determinasi (R^2). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS diperoleh nilai t hitung sebesar 6,914 dengan taraf signifikansi p sebesar 0,000 sehingga p
KEAKTIFAN MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA SMP Mahmu’didin Mahmu’didin; Siti Halimah; Anisa Ekaningsih
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46822/paedagogie.v5i1.48

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap disiplin belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mentaya Hulu Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII yang berjumlah 78 Siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel yakni sebanyak 78 siswa dari 3 ruangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liner sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap disiplin belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mentaya Hulu Tahun Pelajaran 2015/2016.
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA SEKOLAH DASAR Agus Heriyanto; Fatimah Setiani; Septalia Rahmadhany
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46822/paedagogie.v5i1.52

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Baiturrahim Sampit tahun pelajaran 2016/2017. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu tidak ada pengaruh yang positif antara pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral pada siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Baiturrahim Sampit tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ex-postfacto, sedangkan jumlah populasinya sebanyak 61 siswa dari seluruh kelas V dengan sampel yang diperoleh sebanyak 61 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Sampel Jenuh. Hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan uji t yang menunjukkan bahwa nilai thitung -1,063 dan signifikansi yang di peroleh yaitu 0,292 (p ≤ 0,05). Koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,019 yang memiliki arti bahwa dalam penelitian ini pola asuh orang tua memiliki pengaruh sebesar 0,019 atau 1,9% terhadap perkembangan moral. Hal tersebut membuktikan bahwa pola asuh orang tua tidak memiliki pengaruh yang positif terhadap perkembangan moral pada siswa kelas siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Baiturrahim Sampit tahun pelajaran 2016/2017, dengan demikian hipotesis ditolak .
FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BERORGANISASI MAHASISWA Sudarmono Sudarmono; Apuanur Apuanur; Abdur Rasyid Shidiq
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46822/paedagogie.v5i1.47

Abstract

Soft skill yang dibutuhkan oleh lulusan universitas tidak dapat hanya dipenuhi dalam proses pembelajaran yang dilakukan di bidang akademik saja, tetapi juga bidang non akademik. salah satu cara yang cukup baik untuk mengembangkan soft skill melalui pembelajaran lembaga kemahasiswaan. Motivasi berorganisasi intra kampus, mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Muhammadiyah Sampit masih kurang. Dari hasil observasi di lapangan, hanya 94 orang mahasiswa dari 363 mahasiswa program studi pendidikan ekonomi yang aktif mengikuti organisasi intra kampus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya motivasi berorganisasi mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Muhammadiyah Sampit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Muhammadiyah Sampit yang aktif yaitu berjumlah 363, yang kemudian diambil sampel sebesar 73 mahasiswa dengan teknik Random Sampling. Medote pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Instrument penelitian mempunyai validitas dan Reliabilitas. Reliabilitas sebesar 0,939 dengan menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi mengikuti organisasi intra kampus mahasiswa ialah faktor intrinsik 49,8% yang terdiri dari Faktor Kebutuhan sebanyak 17,6%, Harapan 15,3%, dan Minat 16,9%. Sedangkan faktor ekstrinsik yaitu 50,2% yang terdiri dari, Faktor Dorongan Keluarga 17,1%, Lingkungan 16,0%, dan Media 17,1%. Dengan demikian faktor ekstrinsik (50,2%) lebih besar dari faktor intrinsik (49,8%).
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL M Qahfi; Norhayatun Norhayatun; Rahmadani Rahmadani
Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan
Publisher : STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46822/paedagogie.v5i1.51

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran IPSs di kelas VII SMP Negeri 9 Sampit. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode, antara lain observasi, wawancara dan tes. Kegiatan penelitian yang dilakukan ialah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah: nilai rata-rata dari pra tindakan, siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan. Nilai rata-rata prestasi pada kegiatan pra tindakan ialah mencapai 69. Nilai rata-rata prestasi post test pada siklus I mencapai 72. pada siklus II nilai rata-rata prestasi post test yaitu 77. nilai rata-rata prestasi post test pada pra tindakan, siklus I dan siklus II mengalami kenaikan. Persentase keberhasilan siswa dalam pra tindakan, siklus I maupun siklus II juga mengalami peningkatan. Pada pra tindakan siswa yang tuntas sebanyak 24 dalam siklus I meningkat menjadi 27 dan dalam siklus II kembali meningkat menjadi 32 siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 8