cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL MUTIARA MANAJEMEN
ISSN : -     EISSN : JMM     DOI : -
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Sari Mutiara Indonesia berupaya untuk memaparkan pemikiran kritis maupun hasil penelitian yang berpijak kepada eksistensi Ilmu Manajemen menghadapi dinamika ekonomi, bisnis, pemerintah, politik, sosial dan budaya. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Sari Mutiara Indonesia terbit 2 edisi selama satu tahun. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Sari Mutiara mencoba menjadi sarana publikasi pemikiran dosen dan praktisi untuk berbagi ilmu pengetahuan khususnya di bidang Ilmu Manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Mutiara Manajemen" : 11 Documents clear
Dampak Inflasi, BI Rate, Dan Kurs Rupiah Terhadap Performa Saham Indeks Syariah Jakarta Islamic Index (JII) Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2022 Annisa, Putri; Sirat, Abdul Hadi; Hadady, Hartaty Hadady
JURNAL MUTIARA MANAJEMEN Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Mutiara Manajemen
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/jmm.v8i2.4660

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh inflasi, BI rate, dan kurs rupiah terhadap indeks harga saham Jakarta Islamic Index (JII). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel-variabel tersebut dalam konteks pasar keuangan. Metode penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda dengan metode panel data serta alat uji menggunakan Eviews 12 sebagai alat uji statistik. Panel data digunakan untuk menguji hubungan variabel independen dengan variabel dependen, dengan data dari periode lima tahun yang mencakup kondisi ekonomi dan keuangan yang beragam. Hasilnya menunjukkan bahwa: Inflasi berpengaruh terhadap indeks harga saham Jakarta Islamic Index. Hal ini berarti bahwa, tinggi rendahnya inflasi dapat memengaruhi pergerakan indeks harga saham; BI rate berpengaruh terhadap indeks harga saham Jakarta Islamic Index. Artinya, tingkat suku bunga mampu memengaruhi  pergerakan indeks harga saham; dan Kurs rupiah berpengaruh terhadap indeks harga saham. Hal ini berarti bahwa, nilai tukar rupiah terhadap USD memengaruhi pergerakan indeks harga saham. Implikasinya, kebijakan moneter dan fiskal perlu diperhatikan dalam mengelola stabilitas ekonomi untuk mendukung pertumbuhan pasar saham. Kesimpulannya, fluktuasi inflasi, BI rate, dan kurs rupiah memainkan peran penting dalam membentuk dinamika indeks harga saham Jakarta Islamic Index (JII) selama periode 2018-2022. Para pemangku kepentingan pasar keuangan dan investasi dapat menggunakan temuan ini sebagai dasar untuk membuat keputusan yang lebih innformasional dan merinci strategi, dengan memahami dampak faktor ekonomi dan keuangan tertentu pada performa saham syariah di Indonesia. Hasil penelitian ini juga memberikan kontribusi pada literatur ekonomi dan keuangan Islam serta memberikan wawasan penting bagi pengambil kebijakan dan praktisi di pasar modal Indonesia.
Pengaruh Harga, Pelayanan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di UD Harapan Tani Di Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang Ariyanti, Cici Niken; Munawaroh, Munawaroh; Hasibuan, Melisa Zuriani; Hidayat, Toni; Radiansyah, Muhammad
JURNAL MUTIARA MANAJEMEN Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Mutiara Manajemen
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/jmm.v8i2.4676

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penetapan harga, pelayanan, dan word-of-mouth secara individu dan simultan pada keputusan berbelanja pada UD Harapan Tani di Kecamatan Beringin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel sebanyak 93 orang dipilih secara acak dari populasi 1.326 pembeli di UD Harapan Tani yang berlokasi di Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Individu-individu tersebut merupakan bagian dari populasi penelitian pada tahun 2022 hingga 2023. Teknik analisis data meliputi regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji T, uji F, dan koefisien determinasi. Persamaan Y=5.133+0.544X1+0.158X2+0.284X3 diperoleh dari data penelitian menggunakan regresi linier berganda. Variabel yang mempunyai thitung 5,420 > ttabel 1,662 terdapat pengaruh yang signifikan pada pilihan pembelian. Variabel pelayanan dengan thitung 1,738 berpengaruh signifikan dan substansial terhadap keputusan pembelian dengan ttabel 1,662. Variabel word-of-mouth dengan thitung 2,703 dan ttabel 1,662 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada UD Harapan Tani Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang variabel harga, pelayanan, dan word-of-mouth semuanya mempunyai pengaruh yang signifikan dan menguntungkan terhadap keputusan pembelian, yang ditunjukkan dengan Fhitung32.377>Ftabel2.71.
PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKANAPLIKASI MOBILE JKN PADA PESERTA BPJS KESEHATAN DI KLINIK PRATAMA DELIMA Roy Purba, Roberto; Butar, Dornauli Butar; Siregar, Marupa
JURNAL MUTIARA MANAJEMEN Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Mutiara Manajemen
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/jmm.v8i2.4789

Abstract

This study aims to determine the effect of promotion and service quality on the interest in using the JKN mobile application for BPJS Kesehatan participants at the Pratama Delima Clinic. The effect of promotion and service quality will be analyzed partially and simultaneously on the intention to use. The research method used is quantitative research. The data collection technique used a questionnaire which was distributed directly to BPJS Kesehatan participants at the Delima Pratama Clinic with a survey taking technique. The sample in this study were BPJS Kesehatan participants at the Delima Pratama Clinic. The analytical method used is validity test, reliability test, heteroscedasticity test, classical assumption test, multiple linear regression analysis and hypothesis testing. The results of the research conducted show that the promotion variable (X1) and service quality (X2) have a significant effect on interest in using (Y). So, it can be concluded that the effect of each variable simultaneously can be seen that the calculated F value (42.746) > F table (3.10) or sig. of 0.000 <0.05. The data were statistically processed using the SPSS 26 program tools.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Yoshua Lubuk Pakam Tahun 2022 Tampubolon, Andika; Tambunan, Elisabet
JURNAL MUTIARA MANAJEMEN Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Mutiara Manajemen
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/jmm.v8i2.5284

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia, dan setiap individu memiliki berbagai cara untuk mencapainya. Banyak dari kita memilih untuk berobat di rumah sakit dengan harapan mendapatkan perawatan terbaik. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan persaingan yang ketat di sektor kesehatan. Rumah sakit yang ingin berkembang dan meraih keunggulan kompetitif harus menyediakan layanan berkualitas tinggi serta memastikan kinerja karyawan yang kompeten untuk menjaga kepuasan pasien. Kualitas layanan dan kinerja karyawan ini sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kualitas layanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Yoshua Lubuk Pakam. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif melalui pembagian kuesioner kepada 37 responden dari Rumah Sakit Yoshua Lubuk Pakam, yang dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan (X1) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel kepuasan pasien (Y), begitu pula dengan variabel kinerja karyawan (X2) yang juga berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien (Y). Kesimpulannya, pengaruh dari setiap variabel secara simultan dapat dilihat dari nilai Fhitung 30,056 > Ftabel 3,275 dan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05. Data diolah secara statistik menggunakan SPSS.
Pengaruh Digital Marketing Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Di Brastagi Supermarket Gatot Subroto Kota Medan Tambuna, Elisabet; Laia, Yarmina
JURNAL MUTIARA MANAJEMEN Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Mutiara Manajemen
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/jmm.v8i2.5286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh digital marketing terhadap minat beli konsumen, (2) pengaruh harga terhadap minat beli konsumen, dan (3) pengaruh digital marketing serta harga secara bersamaan terhadap minat beli konsumen di Brastagi Supermarket Gatot Subroto Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan populasi sebesar 7.500 konsumen pada bulan Mei 2022 di Brastagi Supermarket Gatot Subroto Kota Medan. Sampel terdiri dari 99 responden yang dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling. Analisis data dilakukan melalui Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Berganda, dan Uji Hipotesis dengan bantuan program SPSS Version 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) digital marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, (2) harga juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, dan (3) digital marketing serta harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.
PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS NASABAH DI PT ASURANSI RAMAYANA MEDAN Enitari Napitupulu, Evi; Lbn. Toruan, Rachel Mia L; Simamora, Nurhawati; Loi, Joses Setiawan
JURNAL MUTIARA MANAJEMEN Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Mutiara Manajemen
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/jmm.v8i2.6097

Abstract

Penelitian ini dilakukan dikantor PT Asuransi Ramayana Medan yang bergerak dibidang asuransi kerugian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Peran Public Relations dalam mempertahankan Loyalitas Nasabah di PT Asuransi Ramayana Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus ,menggunakan Teori Excelence In Public Relations . Sumber data terdiri atas data primer dan data sekunder. Sumber data primer dihasilkan berdasarkan hasil wawancara mendalam dengan 7 (Tujuh) orang informan. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Pjs. Kabag Marketing Public Relations, Kabag Teknik ( Sekaligus Selaku Kepala Penerbitan Polis ). Data sekunder didapatkan berdasarkan jurnal, internet, buku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik observasi dilakukan dengan mendatangi lokasi terlebih dahulu dan melakukan pengamatan terhadap fenomena. Wawancara dilakukan dengan terstruktur dan sesuai pedoman wawancara. Teknik analisis data penelitian bersifat Studi Kasus. Bedasarkan hasil penelitian yang menunjukan bahwa Public Relations PT Asuransi Ramayana berhasil mempertahankan Loyalitas Nasabah di PT Asuransi Ramayana Medan. Hal ini Dapat kita lihat pada hasil wawancara dengan para nasabah yang hasilnya dapat diketahui dari pelayanan yang baik, fast respon serta tanggung jawab yang diberikan oleh Ramayana Membuat Nasabah senang, nyaman dan positif, yang pada akhirnya memperkuat loyalitas mereka terhadap perusahaan.
PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG DI RESTORAN HAKATA IKKOUSHA MEDAN Sofian, Abu; Sarumaha, Imelda Santi; Purba, Kuras
JURNAL MUTIARA MANAJEMEN Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Mutiara Manajemen
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/jmm.v8i2.6295

Abstract

The purpose of this study is to ascertain how the perception of price and service quality affects patrons' desire to repurchase from Hakata Ikkousha Medan. Partially and concurrently, the impact of pricing perception and service quality on repurchase interest will be examined. This study used a quantitative method and was a survey. The patrons of the restaurant Hakata Ikkousha Medan made up the research population. The incidental sampling technique was used to choose the sample, which included 94 customers. The study's findings show that the repurchase interest variable (Y) is significantly positively impacted by the service quality variable (X1) and the price perception variable (X2) is considerably positively impacted by the repurchase interest variable.
PENGARUH UCAPAN LISAN TERHADAP MINAT PELANGGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN Hulu, Feberman; Siregar, Jenny Lastri; Pasaribu, Eva Solita
JURNAL MUTIARA MANAJEMEN Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Mutiara Manajemen
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/jmm.v8i2.6296

Abstract

Finding out how much word-of-mouth affects interest in and decision to visit is the aim of this study. One hundred visitors that have visited Geosite Sipinsur make up the sample for this investigation. The simultaneous results of this investigation indicate that the F-Value (58.994) is greater than the F-Critical Value (0.09) at a significance level of 0.000000, which is less than 0.05. Consequently, the null hypothesis is rejected and the alternative hypothesis is accepted. Word of Mouth (X1) and Decision to Visit (X2) have a considerable and positive impact on the Decision to Visit (Y) at Geosite Sipinsur, according to the statement. In conclusion, the F-Value. From the statement, it can be inferred that the variables Word of Mouth (X1) and Decision to Visit (X2) significantly and favorably influence the Decision to Visit (Y) at Geosite Sipinsur. In summary, the significance level is 0.000 < 0.05, and the F-Value (58.994) > F-Critical Value (3.09). SPSS 26 was utilized to process the data.
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DAN MINAT LANJUT STUDI TERHADAP PENERIMAAN MAHASISWA BARU Nduru, Martinus; Harefa, Chornelia Manisdar; Simanjuntak, Owen De Pinto
JURNAL MUTIARA MANAJEMEN Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Mutiara Manajemen
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/jmm.v8i2.6297

Abstract

The purpose of this study is to ascertain how study interest and educational marketing strategy affect the admission of new students to Yayasan Sauri Mitra Utama Medan in 2023. The results of this study are partial and concurrent, but they are favorable and substantial. A qualitative approach is the research methodology employed. The sample method involves giving a list of questions or a Likert scale, which is a measuring scale, and the data gathering method uses a questionnaire utilizing a Google Form. A set of questions that have been meticulously prepared beforehand is provided via questionnaires, which are used to collect data. The analytical method used is validity test, reliability test, classical assumption test, and hypothesistest. Both partially and simultaneously, the findings of this study, " Yayasan Sauri Mitra Utama Medan's new student admissions in 2023 are positively and significantly impacted by educational marketing strategy and interests in continuing education. The obtained R square value is 42.3%, or 0.423×100. This indicates that 42.3% of respondents at Yayasan Sauri Mitra Utama Medan cited educational marketing strategy and interest in furthering their education when deciding whether to admit new students, with the remaining 57.7% citing factors unrelated to this study.
PENGARUH SERVICESCAPE DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA KONSUMEN BRAND EXIT GIRL DI MATAHARI MANHATTAN TIMES SQUARE MEDAN Laia, Adilman; Malau, Teresita Wineva; Purba, Kuras
JURNAL MUTIARA MANAJEMEN Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Mutiara Manajemen
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/jmm.v8i2.6303

Abstract

Penelitian ini melibatkan 96 konsumen dari Exit Girl dari Brand di Downtown Manhattan Time Square, dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive. Data diperoleh melalui observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Data diteliti menggunakan regresi linier berganda dan uji T dan F. Hasil analisis menunjukkan: Servicescape pengaruh yang signifikan pada pembelian impulsif (thitung = 3,667 lebih besar dari ttabel = 1,661, yang berarti 0,000 kurang dari 0,05). Shopping lifestyle juga pengaruh signifikan (thitung = 3,445 > ttabel = 1,661, sig. 0,001 < 0,05). Secara simultan, keduanya mempengaruhi impulsive buying (Fhitung = 6,765 > Ftabel = 3,09, sg. 0,002 < 0,05). Koefisien penentuan (R2) Adalah 0,785 mengindikasikan bahwa 78% variabilitas pembelian impulsif dapat dijelaskan oleh kedua variabel, sementara elemen lain yang tidak termasuk dalam studi ini memengaruhi bagian lainnya

Page 1 of 2 | Total Record : 11