cover
Contact Name
Ixsir Eliya
Contact Email
ixsir@iainbengkulu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
disastra@iainbengkulu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 26553031     EISSN : 26557851     DOI : -
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian tentang sastra Indonesia, linguistik, pengajaran dan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, literasi, serta pengajaran BIPA.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2023): JULI" : 12 Documents clear
Pemanfaatan Google Clasroom sebagai Media Penunjang Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Rogojampi Virgi Riyan Muksa; Dina Merdeka Citraningrum; Agus Milu Susetyo; Astri Widyaruli Anggraeni
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 5, No 2 (2023): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v5i2.9067

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pemanfaatan Google Classroom sebagai media penunjang pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X di SMAN 1 Rogojampi, 2) langkah-langkah yang dilakukan siswa dalam pemanfaatan Google Classroom sebagai media penunjang pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X di SMAN 1 Rogojampi, 3) kelebihan dan kekurangan Google Classroom sebagai media penunjang pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X di SMAN 1 Rogojampi, 4) kriteria kelayakan Google Classroom sebagai media penunjang pebelajaran pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas X di SMAN 1 Rogojampi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pemanfaatan Google Classroom sebagai media penunjang pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X di SMAN 1 Rogojampi meliputi: membuat kelas, membuat lembar kehadiran siswa, menyusun materi, membuat tugas, menyampaikan materi, dan melakukan penelitian. Langkah-langkah yang dilakukan siswa meliputi: bergabung ke dalam kelas, mengikuti pembelajaran, mengakses materi, dan mengerjakan tugas pada google classroom. Kelebihan google classroom: mudah digunakan, mengemat waktu, fleksibel dan hemat biaya. Kekurangan google classroom: membutuhkan panduan pengguna baru, memerlukan jaringan internet yang stabil, dan perangkat yang mendukung dalam pemanfaatanya. Kriteria kelayakan Google Classroom sebagai media pembelajaran meliputi kualitas isi dan tujuan, kualitas instruksional, dan kualitas teknis. 
Implikatur Percakapan dalam Acara Bincang-Bincang Rumah Uya Trans7 Enita Istriwati; Ery Agus Kurnianto; Rini Esti Utami
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 5, No 2 (2023): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v5i2.10108

Abstract

Pada saat ini acara bincang-bincang di berbagai televisi sangat disenangi oleh pemirsa. Tayangan ini tentu sangat berpengaruh terhadap perilaku positif atau negatif masyarakat yang menonton acara tersebut.. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran kepada masyarakat adanya penggunaan implikatur percakapan yang patut ditiru atau tidak patut ditiru oleh pemirsa televisi pada program acara televisi bincang-bincang Rumah Uya Trans7 yang merupakan salah satu acara yang diminati sejak tahun 2015. Dalam acara ini ditemukan adanya pelanggaran prinsip percakapan yaitu implikatur percakapan. Implikatur percakapan adalah makna yang timbul sebagai implikasi pragmatis akibat terjadinya pelanggaran prinsip percakapan. yang membicarakan bentuk, makna tuturan, dan konteks. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah mengamati penggalan tuturan yang diduga mengandung implikatur percakapan periode November 2018. Metode yang digunakan ialah simak bebas libat cakap (SBLC). Adapun Tekniknya ialah rekam dan catat. Data kemudian dianalisis melalui metode deskriptif. Hasil analisis menunjukkan adanya implikatur percakapan yang digunakan berupa maksim kualitas dan cara.  Maksim kualitas dan cara sengaja digunakan untuk menggiring pemirsa televisi untuk tetap mengikuti acara tersebut. Terdapat dua fungsi implikatur percakapan yaitu memberikan penjelasan secara eksplisit kepada mitra tutur berdasarkan fakta kebahasaan dan menjelaskan berbagai fakta dan gejala kebahasaan meski tidak berkaitan. 
Posisi Perempuan dalam Berita Kekerasan Seksual Merdeka.com: Perspektif Sara Mills Rekha Asmara; Yumna Rasyid; Miftahulkhairah Anwar
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 5, No 2 (2023): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v5i2.9090

Abstract

Peristiwa kekerasan seksual semakin marak terjadi di masyarakat belakangan ini khususnya pada para perempuan. Berita kekerasan seksual terhadap perempuan dipublikasikan di berbagai media online tanah air. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggambarkan posisi perempuan di dalam teks berita online merdeka.com pada pemberitaan kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan yang diambil dari dua sisi sudut pandang penulis, yaitu pelaku dan korban. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode Analisis Wacana Kritis berdasarkan perspektif Sara Mills. Terdapat empat teks berita kekerasan seksual terhadap perempuan, yang dimuat dalam merdeka.com, dipilih sebagai sumber data primer untuk dianalis menggunakan perspektif Sara Mills. Keempat teks berita ini belum pernah dianalisis oleh para peneliti sebelumnya. Dari hasil analisis, secara keseluruhan keempat teks berita kekerasan seksual pada merdeka.com menggambarkan perempuan sebagai objek yang cenderung diberi label negatif dalam kata-kata oleh penulis. Hanya satu diantaranya yang masih memberikan peluang bagi perempuan untuk menampilkan kehadiran dirinya dalam wacana sebagai bentuk perlawanan atau gerakan feminisme meskipun penyampaiannya melalui ibu atau pihak keluarga si perempuan. Dapat disimpulkan bahwa keempat teks tersebut mengandung bias gender dalam penggambaran posisi perempuan sebagai korban kekerasan seksual.
Neurolinguistik dan Aspek Klinis Bahasa: Sebuah Tinjauan Awal Riki Nasrullah
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 5, No 2 (2023): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v5i2.10174

Abstract

Bidang ilmu neurolinguistik di Indonesia masih tergolong baru dalam kajian interdisiplin sehingga penelitian yang dilakukan masih sangat terbatas. Padahal, keberadaan ilmu ini sangat penting dalam praktik medis, terutama pada kasus-kasus seperti pasien stroke, afasia, dan gangguan patologi lainnya yang disebabkan oleh kerusakan pada sistem syaraf dan bagian-bagian tertentu di otak manusia yang berkaitan dengan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara komprehensif berkaitan dengan neurolinguistic sebagai sebuah ilmu dan relasinya dengan aspek klinis bahasa. Dalam penelitian ini, metode deskriptif analitis digunakan dengan mengumpulkan data melalui studi pustaka dari beberapa sumber yang membahas neurolinguistik. Neurolinguistik, juga dikenal sebagai neurologi bahasa, adalah bidang kajian dalam linguistik yang mempelajari struktur otak manusia dari segi fungsinya dalam memproses bahasa, serta gangguan yang terjadi dalam pemerolehan bahasa. Dalam kajian neurolinguistik, terdapat pembahasan mengenai hubungan antara otak dan pemrosesan bahasa, serta patologi dan gejala bahasa yang diakibatkan oleh gangguan pada bagian-bagian otak tertentu yang memengaruhi kemampuan bahasa seseorang. Data diambil melalui berbagai referensi terkait yang tersedia.
Pelestarian Pariwisata Laut Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Teks Deskriptif untuk Siswa Kelas VII SMP di Sampang Madura Ersa Alami; Sri Rahayu
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 5, No 2 (2023): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v5i2.8674

Abstract

Pelestarian pariwisata laut sangat diperlukan sebagai salah satu bentuk bakti manusia terhadap alam. Salah satu upayanya dapat dilakukan melalui penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis pelestarian pariwisata laut di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan pembelajaran media interaktif wisata laut pada materi teks deskripsi serta respon siswa. Metode penelitian menggunakan Metode Penelitian dan pengembangan (R&D) untuk mengembangkan media pembelajaran. Pelestarian wisata bertempat di Pulau Mandangin Sampang, dengan harapan sekolah menengah pertama di sana akan berkembang lebih pesat. Hasil uji coba penggunaan media pembelajaran interaktif dapat dikatakan bahwa 35 siswa SMPN 5 Sampang kelas VII lebih menyukai dan mudah dalam memahami materi ketika menggunakan media pembelajaran power point. Simpulannya yaitu pada uji coba terbatas menyatakan hasil masih belum memuaskan serta memerlukan perbaikan di bagian tertentu. Sedangkan pada uji coba luas menyatakan hasil sudah memuaskan sehingga boleh dilanjutkan ke tahap selanjutnya.
Tokoh dan Penokohan pada Naskah Drama Mega-Mega Karya Arifin C. Noer: Analisis Hegemoni Gramsci Putri Safira; Nurlaila Khairunnisa; Selphia Azura
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 5, No 2 (2023): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v5i2.9580

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan tokoh dan penokohan serta ideologi dalam drama Mega-Mega, mengidentifikasi ideologi yang paling banyak terjadi, dan meneliti hegemoni yang terjadi dalam drama tersebut dengan menggunakan pendekatan sosiologis dan teori hegemoni Gramsci. Sumber data utama untuk penelitian ini adalah naskah drama tahun 1968 Mega-Mega yang ditulis oleh Arifin C. Noer dan pertama kali muncul di majalah Horizon. Pengumpulan data dilakukan dengan  membaca catatan-catatan. Penelitian ini merupakan penelitian analisis kualitatif menggunaan metode deskriptif. Ahli-ahli dijadikan sebagai konsultasi untuk memastikan validitas data menggunakan validitas semantik. Hasil penelitian menunjukkan ada empat ideologi yaitu humanisme, kapitalisme, materialisme, dan feminisme. Ideologi yang paling banyak terjadi adalah materialisme. Ideologi materialis anak-anak Mae, kelompok dominan, cukup kuat untuk menguasai ideologi humanis Mae dan beberapa saudara laki-lakinya, kelompok yang subordinat. Sebagai hasilnya, gambaran tokoh dan penokohan dari tokoh sentral yaitu Mae dan lima tokoh tambahan yaitu Retno, Panut, Hamung, Koyal dan Tukijan serta ideologi dalam drama Mega-Mega menurut hegemoni Gramsci muncul sebagai tanda persetujuan atau keberhasilan hegemoni.
Sentilan Unsur Budaya dalam Novel Tanah Surga Merah Karya Arafat Nur Wulanda Wulanda; Al Furqan
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 5, No 2 (2023): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v5i2.10600

Abstract

Penelitian ini berfokus pada unsur budaya yang terdapat dalam novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur. Lebih lanjut, penelitian ini memperlihatkan lokalitas unsur budaya yang masih sangat kental dan bentuk-bentuk budaya yang bervariasi seperti yang terdeskripsi dalam novel. Novel ini mengisahkan tentang seorang tokoh bernama Murad yang menjadi buronan partai merah tampil sebagai sosok pahlawan untuk melawan ketidakadilan yang disebabkan oleh partai merah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yaitu dengan menganalisis kata yang mengandung unsur budaya dari penggalan novel tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan unsur-unsur budaya khas Aceh yang terdapat dalam novel. Teknik pengumpulan data yaitu dengan membaca keseluruhan isi teks dari novel Tanah Surga Merah dan mencatat bagian data. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik analisis naratif, sehingga bahasa analisis menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa kata yang identik atau menyentil budaya yang biasa melekat pada masyarakat Aceh seperti meunasah, minyak amla, leklap, orang Aceh yang tidak suka baca buku, guna-guna, dan mayam.
Eufemisme dan Disfemisme pada Kolom Komentar Postingan tentang Kebijakan Baru Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tasya Khairani; Wilda Arifati; Bakdal Ginanjar
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 5, No 2 (2023): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v5i2.8679

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasikan jenis-jenis dan tipe disfemisme dan eufemisme yang ada di media sosial. Sumber data yang digunakan berupa komentar pada postingan tentang kebijakan baru masuk Perguruan Tinggi Negeri pada media sosial Instagram, Twitter, dan TikTok. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah terletak pada isu dan isu yang diteliti belum banyak dibahas. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui bentuk eufemisme dan disfemisme oleh masyarakat Indonesia dalam berkomentar di media sosial.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dan teknik catat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik catat dan subsitusi. Teknik analisis data terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan adanya jenis-jenis dan tipe dari eufemisme dan disfemisme. Tipe eufemisme yang ditemukan dalam penelitian ini adalah ekspresi figuratif, metafora, makna di luar pernyataan, dan kolokial. Tipe disfemisme yang ditemukan yaitu istilah tabu untuk memaki dan mengejek, sumpah serapah yang cabul, perbandingan manusia dengan hewan, dan julukan abnormalitas jiwa seseorang.
Pemanfaatan Youtube pada Pembelajaran Menyimak Cerita Pendek Bermuatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Hafizah Hafizah; Ninuk Lustyantie; Ifan Iskandar
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 5, No 2 (2023): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v5i2.9832

Abstract

            Pandemi Covid-19 yang terjadi membuat kegiatan pembelajaran sangat bergantung pada pemanfaatan teknologi digital. Meskipun sudah memasuki pascapandemi, teknologi digital tetap terus digunakan, salah satunya adalah Youtube. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan 1) pemanfaatan media Youtube dalam pembelajaran menyimak cerita pendek bermuatan pendidikan karakter, 2) kemampuan menyimak cerita pendek bermuatan pendidikan karakter menggunakan media Youtube, 3) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran menyimak cerita pendek bermuatan pendidikan karakter menggunakan media Youtube. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes menyimak cerita pendek. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VI SDN Babelan Kota 06, Kabupaten Bekasi. Data dianalisis dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini pembelajaran menyimak cerita pendek bermuatan pendidikan karakter memanfaatkan media Youtube sudah berjalan dengan baik. Selain itu, kemampuan menyimak cerita pendek siswa terdiri dari 25% berada pada kategori sangat baik, 53,6% berapa pada kategori baik, 14,3% pada kategori cukup, dan 7,1% berada pada kategori kurang, dan tidak ada yang berada pada kategori sangat kurang. Terdapat faktor pendukung pemanfaatan media Youtube bermuatan pendidikan karakter berupa visualisasi Youtube yang menarik, sebagai sumber belajar yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja, dan memberi variasi   dalam penggunaan media pembelajaran. Adapun faktor penghambat berupa minimnya ketersediaan jumlah LCD proyektor dan speaker, jangkauan wifi terbatas, dan kendala teknis berupa listrik mati.
Melatih Keterampilan Komunikasi Siswa melalui Model STEAM dalam Materi Teks Prosedur Bahasa Indonesia Yeti Heryati
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 5, No 2 (2023): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v5i2.10803

Abstract

Keterampilan siswa dalam berkomunikasi dan menyampaikan ide-ide ilmiah perlu ditingkatkan mengingat perkembangan informasi sangat pesat. Siswa yang tidak mengikuti perkembangan teknologi informasi akan tertinggal karena salah satu sumber ilmu pengetahuan saat ini didapatkan melalui teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji suatu pendekatan dalam pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu yaitu Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika yang berada dalam satu pendekatan pembelajaran yang disebut STEAM untuk keterampilan komunikasi sebagai salah satu keterampilan abad 21. subjek penelitian tersebut  adalah siswa MTs Garut di Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah metode mix dengan status matching, untuk memahami suatu fenomena yang sedang dipelajari. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memahami fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran STEAM berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi siswa karena model ini dapat membantu mereka menganalisis sebuah teks secara kritis dan mampu merencanakan sebuah kegiatan pameran yang menampilkan proyek hasil karya mereka sendiri.

Page 1 of 2 | Total Record : 12