cover
Contact Name
Arif Zainudin
Contact Email
zainudin.ups@gmail.com
Phone
+6287730994000
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Halmahera Km. 1 Kota Tegal
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
Sasando : Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
ISSN : -     EISSN : 26158515     DOI : https://doi.org/10.24905/sasando
Core Subject : Education,
Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal kemudian dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Pancasakti Tegal. Jurnal ini memuat ragam artikel ilmiah yang berkaitan dengan penelitian di bidang Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya. Ruang lingkup Pendidikan Bahasa Indonesia mencakup Kajian Bahasa, Kajian Sastra, dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Cakupan topik dalam jurnal secara spesifik dapat meliputi Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pengembangan Bahasa Indonesia, Pembuatan Bahan Ajar Bahasa Indonesia, Teknologi dan Media Bahasa Indonesia, Evaluasi Program dan Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2025): SASANDO APRIL 2025" : 10 Documents clear
ANALISIS MAKNA REFERENSIAL DALAM PAPAN INFORMASI HEWAN BERBAHASA INDONESIA PADA OBJEK WISATA TAMAN BURUNG JAGAT SATUAN NUSANTARA TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII) Ediwarman; Alifia Nur Zahwa; Ahmad Supena
Sasando Vol 8 No 1 (2025): SASANDO APRIL 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v8i1.279

Abstract

Penelitian ini mengekspolari makna referensial dalam papan informasi hewan berbahasa Indonesiapada objek wisata taman burung jagat satuan nusantara yang bertempat di Taman Mini Indonesia Indah.Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai makna referensial danpemahaman lebih tentang informasi yang disajikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalahmetode deskriptif kualitatif studi kasus, yang mana pengambilan sampel data dilakukan dengan caraobservasi tehadap papan informasi yang terdapat di taman burung TMII. Penelitian ini menggunakan teoriAbdul Chaer 2013 yang akhirnya menemukan sebanyak 10 jenis makna referensial berdasarkan katagoridalam 35 sampel data, sebagai berikut: 1) anatomi tubuh hewan sebanyak 49 data 2) hewan sebanyak 42data 3) benda 12 data 4) daerah 4 data, 5) Negara 8 data, 6) tempat 7 data, 7) warna 10 data, 8) fenomena5 data, 9) kondisi 102 data dan 10) 17 data.Kata Kunci : Sematik, Makna Referensial, Papan Informasi.
KAJIAN NARASI PASTORAL PADA KUMPULAN PUSI JALAN HATI, JALAN SAMUDRA KARYA D. ZAWAWI IMRON DAN IMPLIKASINYA UNTUK PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA Abdul Azis; Arip Senjaya; Ahmad Supena
Sasando Vol 8 No 1 (2025): SASANDO APRIL 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v8i1.281

Abstract

This research departs from the ecocentric paradigm in ecocritical studies which aims to describe the elements of pastoral values ​​in the poetry collection "Jalan Hati, Jalan Samudra" by D. Zawawi Imron. Ecocriticism guides us to see the ecological views contained in literary works. The natural environment or the relationship between natural elements experiences textualization in text discourse, so ecocriticism must focus on the textual strategies of literary texts in conveying ecological messages about how humans interact with the organic world around them. This research method is a qualitative method. This research identifies the pastoral elements of Terry Gifford, namely bucolic, arcadia construction, and the discourse of retreat and return and how these have implications for literary learning. The results of this research found eight data of bucolic elements, fifty-three data of arcadia construction elements in the form of idylls, eighteen data of arcadia construction elements in the form of nostalgia, twenty-three data of arcadia construction elements in the form of georgic, and twenty-three data of retreat and return discourse elements. eighteen data. The results of this research are also worthy of being used as teaching material for literature learning.
MEDIA AJAR FLIPBOOK OBJEK WISATA SEJARAH KABUPATEN TEGAL UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI Kukuh Andriawan Sulistio Putra; Ika Septiana; Sudaryono
Sasando Vol 8 No 1 (2025): SASANDO APRIL 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objectives contained in this study, the general objective of developing this teaching media is to produce Indonesian language teaching media for writing descriptive texts at the junior high school level that can be accessed on gadgets or PCs. Students who are accustomed to accessing gadgets or PCs to find references in doing assignments, often find texts that are not quite right in their writing. Therefore, students need to be given teaching media that can inspire them in writing texts on platforms on the internet, especially in writing descriptive texts. In addition to being able to write descriptive texts well and correctly, they also gain knowledge related to historical places in Tegal Regency. The results of students' learning to write descriptive texts were higher after using teaching media. These results are reinforced by the results of the hypothesis test which rejects Ho because t count> t table. Based on the results obtained in this study, the researcher makes a suggestion, namely that this study produces digital teaching media that is very good and easy to use in learning to write descriptive texts. This teaching media can be used, both independently and in the face-to-face learning process in the classroom. However, researchers who are interested in continuing this research can make improvements by utilizing more interesting and more sophisticated supporting platforms that are easy to access and to increase the effectiveness of teaching media, researchers need further research with more research subjects so that the results obtained are more valid.
KAJIAN EKOFEMINISME: HUBUNGAN ALAM DAN PEREMPUAN PADA NOVEL GADIS PANTAI KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER Fadhila Izzati; Ningsih Wulan Dari; Chyntia Nurdiana; Mifta Nabila Ulfa
Sasando Vol 8 No 1 (2025): SASANDO APRIL 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karya sastra merupakan hal yang kompleks, sehingga perlu dilakukannya upaya kreatif untuk menemukan dan menentukan teori yang sesuai dengan karakteristik karya sastra. Suatu karya sastra dapat dianalisis dengan berbagai macam kajian sastra. Kajian sastra memiliki berbagai macam teori bidang ilmu, salah satunya adalah ekofeminisme. Artikel ini bertujuan untuk mencari hubungan alam dan perempuan pada novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer. Novel Gadis Pantai menceritakan kisah seorang gadis berusia 14 tahun yang dinikahkan dengan kaum priyayi atau bandoro yang tinggal di Rembang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan menjadikan novel Gadis Pantai sebagai subjek kajiannya. Pada penelitian ini ditemukan 10 data yang dikutip dari novel tersebut. 10 data tersebut dikelompokkan dalam beberapa aspek pembahasan ekofeminisme yaitu bentuk hubungan perempuan dan alam, kedekatan perempuan dan alam secara fisik, bentuk penindasan tidak langsung terhadap perempuan berkaitan dengan alam, bentuk penindasan langsung terhadap perempuan berkaitan dengan alam, dan perlawanan perempuan terhadap penindasan.
ANALISIS UNSUR INTRINSIK PADA KARYA SASTRA MODERN CERPEN “GURU” KARYA PUTU WIJAYA Dona Fatia Rahma; Aisyah Nadyah Bahri; Dina Irawan; Dinda Alya Fahira
Sasando Vol 8 No 1 (2025): SASANDO APRIL 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v8i1.287

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur intrinsik pada sebuah karya sastra modern, yakni cerita pendek yang berjudul Guru yang ditulis oleh Putu Wijaya. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi unsur intrinsic apa saja yang ada dalam teks. Data diperoleh melalui teknik dokumentasi dengan membaca dan mencatat apa saja unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat semua unsur intrinsik seperti tema, tokoh penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat. Secara keseluruhan, analisis ini menunjukkan bagaimana Putu Wijaya menggunakan unsur intrinsik cerpen untuk mengkritik tajam realitas sosial dan politik Indonesia serta eksplorasi kompleksitas moral manusia. Diharapkan penelitian ini akan membantu pembelajaran mengenai unsur intrinsic pada cerpen, khususnya dalam meningkatkan pemahaman pembaca terhadap unsur intrinsik yang terdapat dalam cerpen Guru karya Putu Wijaya.
Kolerasi Sastra Modern dan Sastra Klasik: Menemukan Hubungan Lama dan Baru Anggia Agustina; Nur Fajriah Isneini; Rama Dini Putri; Widea Fitri Nur Ajizah; Elmustian; Adib Alfalah
Sasando Vol 8 No 1 (2025): SASANDO APRIL 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mencari korelasi antara sastra modern dan sastra klasik, dengan fokus pembahasan bagaimana karya sastra modern, memodifikasi, atau mendekonstruksi unsur-unsur dalam sastra klasik. Penelitian ini menunjukkan sastra modern tidak sepenuhnya terlepas dari pengaruh sastra klasik, melalui pendekatan analisis intertekstualitas. Dari pendekatan tersebut dapat dilihat bagaimana perkembangan sastra membangun hubungan dialektis yang mencerminkan perkembangan budaya dan estetika. Studi ini mentitik fokuskan pada tema, gaya bahasa, dan struktur naratif dari sastra klasik tetap relevan dalam konteks modern, sering kali diadaptasi untuk merespons isu-isu kontemporer seperti globalisasi, identitas, dan teknologi. Penelitian ini juga membahas pentingnya memahami sastra klasik sebagai basis estetis dan historia yang memperkaya penciptaan sastra modern. Penemuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam kajian sastra Indonesia, khususnya dalam memahami kesinambungan dan perubahan dalam karya sastra dari masa ke masa.
KALIMAT PERSUASIF DALAM KAMPANYE CALON PRESIDEN 2024 UNTUK MENINGKATKAN LITERASI POLITIK PADA SISWA SMA Syamsul Anwar; Aifa Inayati; Afsun Aulia Nirmala; Wahyu Asriyani; Sri Utami
Sasando Vol 8 No 1 (2025): SASANDO APRIL 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa memiliki peranan yang sangat penting dan mutlak pada komunikasi. Komunikasi dan bahasa ini mempunyai hubungan yang tak terpisahkan. Bahasa termasuk interpretasi dari apa yang hendak disampaikan oleh komunikator terhadap komunikan. Penggunaan bahasa yang baik dan mudah untuk dimengerti oleh orang lain akan berdampak pada komunikasi yang baik pula. Apakah dalam kampanye calon presiden 2024 terdapat kalimat persuasif? Bagaimana wujud kalimat persuasif yang digunakan? bagaimana implikasi pembelajarannya? Apakah bisa meningkatkan literasi politik bagi siswa SMA? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini, ialah tahap pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, dan tahap penyajian analisis data. Pada tahap pertama, hal yang dilakukan adalah pengumpulan data dengan cara menjaring data sebanyak- banyaknya sesuai dengan judul penelitian. Data yang dibutuhkan adalah kalimat persuasif dalam kampanye. Sumber data penelitian ini adalah bahasa persuasif dalam youtube yang dikumpulkan dengan metode simak teknik simak bebas libat cakap dengan teknik catat sebagai teknik lanjutan. Pengumpulan data dilakukan selama bulan Februari 2024. Tahap kedua, yaitu pengolahan data dan analisis data. Data yang dikumpulkan kemudian diklasifikasikan dan dianalisis secara deskriptif. Data yang dianalisis berbentuk kalimat persuasif. Dalam menganalisis data peneliti melakukan langkah-langkah, yaitu: (a) Peneliti mendeskripsikan data yang telah dicatat ke dalam bentuk tulisan; (b) Peneliti mengklasifikasikan data yang telah dicatat sesuai dengan tujuan dari penelitian; (c) Peneliti mencari wujud kalimat yang digunakan kampanye calon presiden 2024 untuk menjawab dari tujuan peneltian. Tahap ketiga, yaitu penyajian hasil analisis data. Wujud kalimat persuasif dalam kampanye calon presiden disajikan secara formal yaitu dengan menggunakan kata-kata atau dengan kalimat-kalimat. Wujud kalimat imperatifnya ialah ayo kita pilih, ayo kita dukung, coba teriak, temui rakyat. Implikasi kalimat imperatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA ialah pada pembelajaran berbicara khususnya untuk berkomunikasi. Kemudian hasilnya digunakan untuk meningkatkan literasi politik siswa.  
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI MAJAS METAFORA DAN SIMILE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA SMP NEGERI 2 BODEH Dessy Fatmala Harliani; Nazla Maharani Umaya
Sasando Vol 8 No 1 (2025): SASANDO APRIL 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi majas metafora dan simile di kelas IX C SMP Negeri 2 Bodeh, dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Dalam konteks pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, tantangan yang dihadapi oleh guru adalah menciptakan suasana belajar yang menarik dan dapat mengakomodasi kebutuhan beragam siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method, yang mencakup pendekatan kuantitatif untuk mengukur perubahan minat belajar siswa melalui angket serta pendekatan kualitatif untuk menganalisis interaksi dan umpan balik siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam minat belajar siswa, dengan skor rata-rata sebelum penerapan adalah 65 dan setelah penerapan mencapai 85. Observasi kualitatif juga mengungkapkan bahwa siswa menjadi lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran, menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi terhadap materi yang diajarkan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap majas metafora dan simile, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan menarik. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam pendidikan bahasa dan sastra, dan mendorong pendidik untuk mempertimbangkan pendekatan yang responsif terhadap kebutuhan siswa. Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, majas metafora, majas simile, minat belajar, pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
TRANSFORMASI PANTUN DI ERA TEKNOLOGI PERAN DAN MANFAAT AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) Fitri Norma Akumala; Fina Rizki Lazari; Ira Sofianti
Sasando Vol 8 No 1 (2025): SASANDO APRIL 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji transformasi pantun melalui implementasi kecerdasan buatan (AI) dalam konteks perkembangan teknologi digital. Studi dilakukan melalui metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan analisis komparatif. Kecerdasan buatan (AI) telah membawa perubahan yang secara langsung di berbagai bidang manapun, termasuk sastra. Salah satu bentuk karya sastra yang telah dapat manfaat dari pada perkembangan AI ialah pantun, dengan bantuan AI pembuatan pantun dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Proses pembuatan pantun secara manual memerlukan pemahaman yang mendalam tentang aturan-aturan yang berlaku dalam pembuatan pantun, terutama pada pantun klasik. Pantun klasik terikat dengan aturan-aturan seperti 4 baris dalam satu bait, setiap satu baris memiliki 8-12 suku kata dan bersajak a-b-a-b. Baris pertama dan kedua berupa sampiran,sedangkan baris ketiga dan keempat berisi isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI memiliki potensi signifikan dalam menghasilkan, menganalisis, dan mengembangkan pantun dengan mempertahankan struktur tradisional sambil membuka ruang kreativitas baru. Temuan mengindikasikan bahwa teknologi AI dapat menjadi instrumen penting dalam pelestarian dan inovasi sastra tradisional, tanpa menghilangkan esensi budaya asli.
PERAN POJOK LITERASI DI SMA NEGERI 3 BREBES DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA Afsun Aulia Nirmala; Ibda Binafsih; Tia Rizqi Aryani; Ukhtia Biki Inayah; Lhuhur Azy Pangestu; Ferdian Syah
Sasando Vol 8 No 1 (2025): SASANDO APRIL 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pojok literasi di SMA Negeri 3 Brebes merupakan salah satu inisiatif strategis yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan peran pojok literasi di SMA Negeri 3 Brebes dalam meningkatkan minat baca siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pojok literasi memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan minat baca siswa. Sebanyak 54,4% dari 44 responden menyatakan bahwa mereka merasa lebih tertarik membaca sejak adanya pojok literasi di sekolah. Namun demikian, terdapat kendala yaitu kurangnya variasi buku. Oleh karena itu, diperlukan pembaruan koleksi dan kegiatan literasi yang aktif agar pojok literasi dapat terus berfungsi secara optimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 10