cover
Contact Name
Marudin
Contact Email
markmarudin88@gmail.com
Phone
+6287762226534
Journal Mail Official
jurnalbadaa@gmail.com
Editorial Address
Jl. TGKH M. Zainuddin Abdul Majid No. 134 Pancor, Kec. Selong Lombok Timur Nusa Tenggara Barat
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
ISSN : 23563192     EISSN : 27147711     DOI : -
Core Subject : Education,
Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar.
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2024): :Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar" : 27 Documents clear
Pengembangan Flashcard Dalam Pengenalan Telling Time Siswa Kelas II SD Nurhasanah
BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 1 (2024): :Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/badaa.v6i1.1037

Abstract

Tujuan penelitian ini mengembangkan media flashcard berbantuan aplikasi canva untuk pembelajaran Matematika siswa kelas II SD bertujuan untuk menghasilkan flashcard dalam pembelajaran Matematika materi telling time kelas II SD yang valid dan praktis. Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu 1) Anaysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation dan 5) Evaluation. Berdasarkan hasil penelitian media flashcard dalam pengenalan telling time yang dikembangkan dalam penelitian ini masuk dalam kategori “Sangat Valid”. Kevalidan media flahscard ini dinilai oleh 2 ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Dari kedua validasi tersebut diperoleh nilai rata-rata sebesar 92,77% dengan kriteria “sangat valid” berdasarkan data angket. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh nilai kepraktisan sebesar 93,66% dengan kriteria “sangat praktis” dan berdasarkan uji coba kelompok besar diperoleh nilai kepraktisan sebesar 92,93% dengan kriteria “sangat praktis”. Jadi, dari hasil keseluruhan olah data angket yang diperoleh dari pengembangan media flashcard materi telling time pembelajaran matematika ini dinyatakan valid dan praktis. Kata kunci: Flashcard, Pengembangan, Telling time
Pengaruh Media Diorama Siklus Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas V Amalia, Nabila; Hakim, Lukman; Noviati
BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 1 (2024): :Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/badaa.v6i1.1046

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media diorama siklus air terhadap hasil belajar siswa SD kelas V. Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif dengan tipe ekperimen. Design yang dipakai ialah True-Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Poupulasi dalam penelitian berjumlah 82 siswa sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 55 yaitu kelas VB sebagai kelas ekperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil analisa data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan Uji Independent Sampel T-Test. Analisa data tes hasil belajar siswa diperoleh thitung = 6,282 sedangkan ttabel = 2,005. Disimpulkan jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima dan dinyatakan bahwa ada pengaruh penggunaan media diorama siklus air memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa SD kelas V.
Penguatan Psikososial Peserta Didik Pasca Pandemi Covid 19 Melalui Metode Pembelajaran Fun Learning Di Sekolah Dasar Ar, Arsyad
BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 1 (2024): :Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/badaa.v6i1.1156

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana metode fun learning dapat memberikan penguatan terhadap psikososial peserta didik Sekolah Dasar pasca covid 19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Labuhan Batu Utara dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode fun learning dapat memberikan penguatan psikososial peserta didik, dengan hasil bahwa ada perubahan perilaku dan emosi peserta didik ke arah yang lebih baik dan stabil dengan indikator; (1) peserta didik sudah aktif melakukan kegiatan rutinitas di sekolah, seperti bermain, bercanda; (2) peserta didik mulai dapat berkonsentrasi mengikuti pembelajaran dengan bertanya pada guru; (4) peserta didik sudah mulai berinteriaksi dengan temannya melalui bernyanyi bersama, menari, dan berpuisi dihadapan teman-temannya dan; (5) peserta didik sudah mampu mengambil keputusan pada kegiatan yang dilakukan di sekolah. Penggunaan metode fun learning mampu menciptakan proses pembelajaran yang lebih aktif, kreatif, dan efektif, serta menyenangkan yang dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar yang tinggi pada peserta didik terutama pasca pandemi covid 19, sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan penguatan psikososialnya.
Peran Guru Dalam Melatih Berpikir Kreatif Terhadap Pembelajaran Matematika Kelas III SD Negeri 95 Palembang Dwi Pitria Ningsih; Magdad Hatim; Nyiayu Fahriza Fuadiah
BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 1 (2024): :Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/badaa.v6i1.1294

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru dalam melatih berpikir kreatif terhadap pembelajaran matematika kelas III SD Negeri 95 Palembang. Penelitan ini meliputi observasi, wawancara, dan angket. Subjeknya adalah adalah guru kelas III, kepala sekolah, ahli, dan siswa kelas III SD Negeri 95 Palembang. Sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat kebutuhan untuk peningkatan peran guru dalam melatih berpikir kreatif terhadap pembelajaran matematika. Guru melibatkan penggunaan metode pembelajaran yang merangsang pemikiran kreatif. hal ini menekankan peran guru sebagai pengajar, inovator, motivator, fasilitator, dan evaluator dalam konteks pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru dalam melatih berpikir kreatif terhadap pembelajaran matematika kelas III SD Negeri 95 Palembang. Penelitan ini meliputi observasi, wawancara, dan angket. Subjeknya adalah adalah guru kelas III, kepala sekolah, ahli, dan siswa kelas III SD Negeri 95 Palembang. Sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat kebutuhan untuk peningkatan peran guru dalam melatih berpikir kreatif terhadap pembelajaran matematika. Guru melibatkan penggunaan metode pembelajaran yang merangsang pemikiran kreatif. hal ini menekankan peran guru sebagai pengajar, inovator, motivator, fasilitator, dan evaluator dalam konteks pembelajaran matematika. Kata Kunci: Inovator; Motivator; Fasilitator; Evaluator.
Pengaruh Model Treffinger Berbantuan Diorama Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis: Indonesia rajab andika
BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 1 (2024): :Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/badaa.v6i1.1321

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh model Treffinger berbantuan diorama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 43 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu quasi experimental design yang menggunakan posttest only group design dengan populasi yaitu seluruh kelas V SD Negeri 43 Palembang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan kelas V.A sebagai kelas eksperimen dan kelas V.B sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan berupa soal essay yang memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis siswa dengan jumlah 5 butir soal. Soal tersebut sudah memenuhi syarat uji validasi dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji t independent sample t-test. Rata –rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 43 Palembang yang diperoleh dari hasil posttest yaitu 83,61 untuk kelas eksperimen dan 73,06 untuk kelas kontrol. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh model Treffinger berbantuan diorama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa V SD Negeri 43 Palembang.
Analisis Implementasi Pendidikan Budaya Alam Minangkabau Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar gessa, andreoklandagessa; sanusi, andre sanusi; iwan, supriawan
BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 1 (2024): :Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/badaa.v6i1.1329

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji prinsip-prinsip moral atau pengembangan karakter yang terdapat dalam kearifan tradisional Minangkabau guna menetapkan standar perilaku. Selain itu, untuk mengenalkan kearifan lokal ini kepada generasi muda agar dapat dilestarikan di masa sekarang. Penelitian kualitatif dengan menggunakan metodologi studi kasus merupakan metodologi yang digunakan. (Contoh studi). Pemilihan informan untuk penelitian ini dilakukan sesuai dengan kriteria dan tujuan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Minangkabau dapat diterapkan melalui mata pelajaran Alam Budaya Minangkabau (BAM) di Sumatera Barat, melalui pengungkapan kearifan ciri khas Minangkapau, dan melalui adat istiadat budaya tradisional Minangkabau yang dikondisikan pada nilai-nilai moral namun saat ini mulai ditinggalkan. Internalisasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal ini diharapkan dapat memitigasi kemerosotan moral generasi muda saat ini di tengah perkembangan zaman yang begitu pesat. Selain itu, dengan menerapkan prinsip-prinsip kearifan lokal dalam kehidupan sehari-hari, kita menjaga budaya lokal meski dalam menghadapi globalisasi.
Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Alat Peraga Koyampin Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Adipati Sidurejo Maulida, Isna; Anni Malihatul Hawa
BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 1 (2024): :Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/badaa.v6i1.1373

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran example non example dengan bantuan alat peraga koyampin terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan sampel adalah teknik purposive sampling. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I MI Adipati Sindurejo, kemudian sampelnya adalah kelas IA yang berjumlah 26 siswa dan kelas IB yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji independen sampel t dan uji regresi linier sederhana. Penelitian ini menunjukkan hasil: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar siswa dengan model pembelajaran example non example berbantuan alat peraga koyampin. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig hitung sebesar 0,019 < 0,05 yang menunjukkan penolakan hipotesis nol (H0) dan penerimaan hipotesis alternatif (Ha). (2) Penggunaan model pembelajaran example non example berbantuan alat peraga koyampin memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,005 dan nilai thitung sebesar 6,933 > ttabel 2,069. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran example non example dengan bantuan alat peran koyampin mempunyai perbedaan dan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan minat belajar siswa. Kata Kunci: example non example, alat peraga, alat peraga koyampin, minat belajar siswa.
Uji Kualitatif Senyawa Metabolit Sekunder Ekstrak Daun Malapari (Pongamia pinnata L. Pierre) Pada Pelarut Etanol dan n-Heksana Sebagai Kandidat Sunscreen Damayanti Iskandar; Dea Ananda Marsas Putri; Rahma Hidayani
BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 1 (2024): :Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/badaa.v6i1.1400

Abstract

Tanaman malapari adalah tanaman yang banya ditemukan di daerah pantai. Salah saatu cara yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan tanaman malapari adalah dengan mengetahui kandungan yang ada didalamnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui kandungan senyawa metabolit sekunder ekstrak daun malapari (Pongamia pinnata L. Pierre). Penelitian ini dilakukan dengan mengekstraksi sampel dengan pelarut etanol dan n-heksana. Golongan senyawa yang telah di ekstraksi akan dipisahkan dengan menggunakan fraksinisasi untuk melihat senyawa metabolit sekunder yang larut pada pelarut etanol dan n-heksana. Uji fitokimia daun malapari dengan menggunakan etanol menunjukkan bahwa terdapat kandungan alkaloid, flavonoid, saponin, tanin steroid dan terpenoid. Sedangkan fraksi pelarut n-Heksana hanya mengandung steroid.
Penghayatan Profil Pelajar Pancasila dalam Menguatkan Identitas Manusia Indonesia di SD Negeri 1 Kembang Sari Komala Mukminatul Hikmah; Donna Boedi Maritasari; Baiq Eti Rosita Dewi; Rosdiana; B. Nurul Aini; M. Rizal; Kusmawaty
BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 1 (2024): :Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/badaa.v6i1.1407

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana identitas manusia Indonesia tercermin melalui pemahaman dan penerapan prinsip Pancasila di kalangan pelajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur yang meliputi buku, jurnal, catatan, laporan hasil penelitian yang relevan, serta hasil observasi langsung di SD Negeri 1 Kembang Sari. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif untuk menggambarkan atau mendeskripsikan fenomena yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik di SD Negeri 1 Kembang Sari telah menginternalisasi identitas mereka sebagai manusia Indonesia melalui penghayatan prinsip Pancasila yang diajarkan di sekolah. Identitas ini mencakup nilai-nilai kebhinnekaan dan Pancasila yang membentuk karakter pancasilais, terutama melalui pembiasaan optimal dalam penghayatan prinsip-prinsip tersebut. Hal ini menegaskan bahwa pelajar Indonesia di SD Negeri 1 Kembang Sari telah memperlihatkan komitmen untuk menjadi individu yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, menghargai keberagaman global, berpartisipasi dalam gotong royong, mandiri, serta menggunakan pemikiran kritis dan kreatif dalam kehidupan sehari-hari.
Analisis Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Fauziah, Nursifa; Jannah, Hasbiya Miftahul; Elifas, Leonardo; Safitri, Nurrohmah; Jaya, Indra
BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 1 (2024): :Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/badaa.v6i1.1413

Abstract

Orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus harus terlibat dalam proses pendidikan anak mereka secara inklusif. Orang tua memiliki peran sebagai pembimbing utama anak-anak mereka yang mana partisipasi orang tua dapat membantu anak-anak belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini berjenis studi literatur yang didapat melalui kajian literatur dari buku, jurnal, maupun artikel ilmiah. Hasil dari penelitian ini adalah keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak menunjukkan betapa pentingnya dorongan dan perkembangan anak dalam pendidikan. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan.

Page 1 of 3 | Total Record : 27