J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes twice a year, May and November, published by the Mathematics Education Program, Teacher Training and Education Faculty, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Indonesia.
Articles
9 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3, No 1 (2021): J-PiMat"
:
9 Documents
clear
Etnomatematika: Identifikasi Batik Bakaran Berdasarkan Konsep Geometri Transformasi
Mawaddatuz Zakiyah;
Putri Nur Malasari
J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2021): J-PiMat
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatu;istiwa Sintang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31932/j-pimat.v3i1.1123
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi konsep geometri transformasi yang terdapat dalam motif batik bakaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri, dimana selain peneliti berhubungan langsung dengan narasumber, peneliti juga yang mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam motif batik bakaran terdapat konsep matematika geometri transformasi diantaranya yaitu rotasi, refleksi, translasi, dan dilatasi. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran geomeri transformasi. The purpose of this study is to explore the concept of transformation geometry contained in the batik bakaran motif. This study uses a qualitative method with an ethnographic approach. The main instrument of this research is the researcher himself, where in addition to the researcher dealing directly with the sources, the researcher also collects data through observation, interviews and literature study. The results of this study indicate that in the batik bakaran motif, there are mathematical concepts of transformation geometry including rotation, reflection, translation, and dilation. The results of this study can be used as a source of learning in transformational geomery learning.
KONTEKSTUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD
Awang, Imanuel Sairo;
Ardianti, Fransiska Fatmawati;
Rismawati, Melinda
J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2021): J-PiMat
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatu;istiwa Sintang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31932/j-pimat.v3i1.1178
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 11 Jerenjang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan 3 orang siswa kelas IV. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan 1) pelaksanaan pembelajaran kontekstual sudah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan komponen yang ada pada pembelajaran kontekstual; 2) media yang digunakan pada materi pecahan menggunakan kertas berbentuk persegi panjang, pada materi KPK dan FPB menggunakan kertas HVS, kertas manila, dua origami berwarna hijau dan merah yang berbentuk lingkaran kecil, dan pada materi pengukuran panjang dan berat menggunakan timbangan yang tersedia di sekolah, timbangan badan, dan penggaris; dan 3) Respon siswa terhadap pembelajaran kontekstual yaitu siswa merasa senang, merasa tertarik dan merasa lebih mudah memahami materi pelajaran.Kata kunci: Kontekstual, Matematika, PembelajaranSitus barbarslot terpercaya dengan berbagai pilihan permainan seru, peluang menang besar, dan fitur bonus menarik. Nikmati pengalaman bermain aman dan menyenangkan kapan saja!
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA
Andri M.Pd;
Natalia Rini;
Lusila Parida
J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2021): J-PiMat
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatu;istiwa Sintang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31932/j-pimat.v3i1.1129
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas IV SDN 2 Nobal Tahun Pelajaran 2020/2021. Bentuk penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Nobal yang berjumlah 16 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan, hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas iV SDN 2 Nobal tergolong rendah. Maka dari itu, faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika yaitu dipengaruhi oleh kemampuan matematis seperti, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemampuan komunikasi matematis, kemampuan koneksi matematis, kemampuan representasi matematis.
HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19
Masni Masni;
Yonathan S Pasinggi;
Zaid Zainal
J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2021): J-PiMat
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatu;istiwa Sintang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31932/j-pimat.v3i1.1131
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar, yakni hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika di masa pandemi siswa kelas V SD di kelurahan Cappa Galung kota Parepare. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat belajar, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di kelurahan Cappa Galung kota Parepare berjumlah 70 orang, sedangkan sampelnya sebanyak 60 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu proporsional random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan membagikan angket minat belajar melalui google form dan angket yang dibagikan kepada siswa, serta hasil belajar yang diperoleh melalui guru kelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi linear product moment. Berdasarkan hasil analisis deskriptif minat belajar dan hasil belajar siswa diperoleh minat belajar matematika siswa di masa pandemi Covid-19 berada pada kategori cukup dengan persentase 61,7 %, sedangkan hasil belajar matematika siswa berada pada kategori baik dengan persentase 61,67%. Hasil analisis data koefisien korelasi linear diperoleh (rxy) = 0,603 dan Fhitung= 1,84, serta p-value = 0,00 atau H0 ditolak, yang berarti bahwa terdapat hubungan yang positif antara minat belajar dengan hasil belajar siswa dengan kategori sedang.
Studi Literatur Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa
Try Gunawan Zebua
J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2021): J-PiMat
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatu;istiwa Sintang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31932/j-pimat.v3i1.1132
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning itu dapat digunakan untuk masalah motivasi siswa dalam belajar matematika, motivasi jenis apa yang berhasil diberikan oleh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan bagaimana Model Pembelajaran Problem Based Learning itu dapat membuat siswa memiliki motivasi dalam belajar matematika. Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Kepustakaan, dengan melakukan kajian secara kepustakaan melalui buku-buku berbahasa Indonesia. Untuk menjaga kualitas bahan yang dikaji, maka digunakan buku-buku berbahasa Indonesia yang sering dijadikan rujukan dan ditulis oleh Ahli (misalnya guru besar) yang terbukti berdasarkan kegiatan pelacakkan yang dilakukan diberbagai jurnal, buku maupun dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahap, yaitu: organize, synthesize dan identify. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning itu dapat digunakan untuk masalah motivasi siswa dalam belajar matematika, Motivasi Instrinsik adalah jenis motivasi yang diberikan oleh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Problem Based Learning itu dapat membuat siswa memiliki motivasi dalam Belajar Matematika karena langsung dikaitkan dengan dunia nyata, sehingga siswa merasa matematika itu sangat berguna dan motivasi itu akan muncul. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Motivasi Belajar Matematika, Studi Literatur
Pengaruh Model Pembelajaran CUPs berbantuan Macromedia Flash terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Anisatus Saadah;
Anisatus Sa'adah;
Suherman Suherman;
Netriwati Netriwati
J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2021): J-PiMat
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatu;istiwa Sintang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31932/j-pimat.v3i1.1111
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan tujuan umum dari pembelajaran matematika. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII MTs GUPPI 03 Belanga, Lampung Selatan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik tergolong masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) berbantuan Macromedia Flashterhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan desain Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs GUPPI 03 Belanga, Lampung Selatan pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan lembar observasi. Sebelum dilakukan uji analisis data terlebih dahulu dilakukan uji Normalitas dan uji Homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji analisisvarian(Anava satu jalan) dan uji komparasi ganda (uji scheffe’).Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji Anava satu jalan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) berbantuan Macromedia Flashterhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Berdasarkan hasil dari perhitungan Uji komparasi ganda (uji Scheffe’), diperoleh kesimpulan bahwa secara berurutan model pembelajaran yang paling baik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep adalah Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) berbantuan Macromedia Flash, Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) berbantuan Macromedia Flash, kemudian model direct instruction.Kata Kunci : Model Pembelajaran, Conceptual Understanding Prosedures (Cups), Macromedia Flash, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
PENGARUH ANXIETY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MASA PANDEMI DENGAN BANTUAN “GARDU”
Putri Nabila Masduki
J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2021): J-PiMat
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatu;istiwa Sintang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31932/j-pimat.v3i1.1149
Abstrak. Artikel ini membahas tentang pengaruh kecemasan dalam proses pembelajaran matematika di masa pandemi. Matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit dan ditakuti oleh siswa. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari observasi sedangkan data sekunder dari hasil studi literatur. Hal ini karena matematika memiliki sifat yang abstrak, penuh angka dan rumus, dan memerlukan banyak latihan. Selain itu juga, metode mengajar oleh guru yang monoton akan menambah siswa merasa bosan dan tidak memahami materi. Kecemasan dan ketakutan siswa terhadap matematika sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dalam kondisi pandemi saat ini, kegiatan belajar mengajar yang dialihkan secara daring. Selain itu dari sisi kesehatan peserta didik kondisi ini mungkin saja menjadi penyebab timbulnya kecemasan pada siswa. Guru memiliki peran penting dalam proses belajar siswa yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Konsepsi pandemi pada saat ini, membuat siswa semakin bingung mengenai pola dan metode pembelajaran matematika di rumah.Penulis mencoba menggunakan bantuan GARDU (Game Card For Education) untuk mengurangi tingkat kecemasan siswa MTs NU Al-Hidayah dalam pelajaran matematika. Dengan mengacu pada data primer dan sekunder baik dari observasi dan studi literatur diperoleh hasil penelitian bahwa paling dominan dipilih oleh para responden yakni masing-masing dipilih oleh 18 dan 16 responden. Pernyataan ketujuh berbunyi “Saya akan merekomendasikan penggunaan GARDU kepada pelajar lain agar dapat merasakan manfaat penggunaannya”.Kata Kunci: Kecemasan, Media Pembelajaran, GARDU (Game Card For Education)
Pembelajaran Model Fleming Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa
Azis Azis
J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2021): J-PiMat
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatu;istiwa Sintang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31932/j-pimat.v3i1.1112
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bahwa pembelajaran model flemingefektif terhadap prestasi belajar matematika bila ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 18 Buton Tengah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilakukan pada siswa kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan VII1 sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 18 Buton Tengah, semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrument penelitian berupa tes dan angket kepada kedua kelompok, untuk mengukur prestasi belajar dan motivasi belajar siswa pada materi bangun datar khususnya segitiga.Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dan uji hipotesis dalam bentuk uji ancova. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model flemingtidak efektif terhadap prestasi belajar matematika ditinaju dari motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 18 Buton Tengah. Namun jika dilihat dari pengaruh model pembelajarannya, model pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar hal ini dapat dilihat dari rata-rata prestasi belajar siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan, pada hasil analisis deskriptif prestasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa tinggi namun motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sama sehingga tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Pada Mata Kuliah Aljabar Linier
Ayu Ismi Hanifah;
Nur Qomariyah Nawafilah
J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2021): J-PiMat
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatu;istiwa Sintang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31932/j-pimat.v3i1.1182
Abstrak. Aljabar Linier merupakan mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa Teknik Informatika. Aljabar Linier mempunyai peran penting dalam memberikan kompetensi berupa pengetahuan dan kemampuan dasar guna memformulasikan permasalahan-permasalahan dalam bentuk matematis yang akan diselesaikan dengan menggunakan komputasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa Teknik Informatika pada mata kuliah Aljabar Linier. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan upaya mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan persoalan Aljabar Linier. Sumber data dalam penelitian ini berupa data hasil penyelesaian empat persoalan Aljabar Linier dan data wawancara. Sampel diambil dari mahasiswa yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan belajar ketika mengikuti mata kuliah Aljabar Linier adalah kurangnya minat belajar mahasiswa pada materi Aljabar Linier, kemampuan dasar Aljabar Linier yang rendah, dan kurangnya kemampuan dalam mengaplikasikan konsep Aljabar Linier dalam menyelesaikan soal. Berikut indikator kesalahan yang mempengaruhi kesulitan belajar mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah Aljabar Linier dalam menyelesaikan soal, diantaranya: (1) kurang teliti dalam memahami persoalan Aljabar Linier, (2) kurang teliti dalam pengoperasian bilangan aljabar maupun bilangan bulat, (3) kurang mampu dalam konsep operasi bilangan elementer, dan (4) kurangnya kemampuan logika mahasiswa dalam menyusun cara penyelesaian soal.Kata Kunci: Aljabar Linier, kesulitan belajar, matrik