cover
Contact Name
Agus Mailana
Contact Email
agus.mailana@gmail.com
Phone
+6281222202006
Journal Mail Official
agus.mailana@gmail.com
Editorial Address
Bumi Menteng Asri Jl. Farmasi 3 BG 15 Bogor Barat
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Published by Institut PTIQ Jakarta
ISSN : 2716098X     EISSN : 27160971     DOI : 10.36671
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Andragogi adalah jurnal yang di terbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Institut PTIQ Jakarta. Fokus kajian adalah manajemen pendidikan Islam dan pendidikan Islam.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 01 (2023): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam" : 10 Documents clear
AL-QUR'AN SEBAGAI LANDASAN UTAMA PROSES PENDIDIKAN GENERASI MILLENIAL DI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR Bekti Galih Kurniawan; Nesa Arifah Almunawarah; Maayang Fa’uni; Rahayu Hermawan
Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2023): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut PTIQ Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36671/andragogi.v5i01.456

Abstract

Saat ini banyak generasi milenial yang tidak memikirkan pentingnya Pendidikan  yang berbasis al-Qur’an yaitu pendidikan yang ajuh dari nilai ilahiyah yaitu nilai  al-Qur’an itu sendiri. Maka untuk mengembalikan kejayaannya, islam dan ummatnya terutama para pemuda harus memulai dengan Pendidikan dan  membangun dunia Pendidikan yang baik (Pendidikan islam) yang berbasis kitab  suci al-Qur’an yang rabbani dan ilahi). Sebagai pendukung terbentuknya  Pendidikan islam yang baik. Maka, hadirlah Universitas Darussalam Gontor di  kalangan masyarakat sebagai universitas islam yang berbasisi pesantren dengan  Pendidikan dan juga sistemnya yang berlandaskan al-Qur’an dan sunnah sebagai  salah satu media pendukung bagi generasi milenial dalam mencari Pendidikan  yang berbasis islamisasi ilmu. Saat ini yang diperlukan bukan hanya sekedar mengahafal al-Qur’an tapi juga  merujuk al-Qur’an sesuai dengan bidangnya. Dalam penelitian ini kami membahas tentang pentingnya Pendidikan menurut al-Qur’an, serta  penerapannya di Universitas Darussalam Gontor. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini merupakan metode kualitatif yang didalamnya terdapat tahapan  berupa observasi, wawanara, dan dokumentasi. Hasil  yang didapatkan berupa upaya dan strategi yang diterapkan oleh pendidik dalam  proses pembentukan karakter generasi milenial yang qur’ani, serta penerapan  nilai-nilai al-Qur’an dan nilai-nilai keislaman, dimana nilai-nilai tersebut tidak  banyak bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan yang universal, baik dalam  keluarga, sekolah, maupun masyarakat
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MODERASI BERAGAMA DI SDN 13 DESA PEDEKIK Farisya Irdani; Chinta Fatharani; Imas Indah Safira
Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2023): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut PTIQ Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36671/andragogi.v5i01.457

Abstract

Penelitian ini mengangkat tema tentang efektivitas pendidikan agama islam dalam meningkatkan moderasi beragama di SD 013 desa Pedekik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pendidikan agama islam dalam meningkatkan moderasi beragama di SDN 013 desa Pedekik dan apa kendala yang dihadapi pendidikan agama islam dalam meningkatkan moderasi beragama di SDN 013 desa Pedekik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif melalui pendekatan deskriptif yaitu berupa analisis dan teori yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pendidikan agama islam Efektivitas Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan moderasi beragama di SDN 013 desa Pedekik sudah mencapai keberhasilan yang baik karena adanya kesesuaian antara tenaga pendidik dalam melaksanakan tugas dan usaha yang dilakukan seperti metode yang dilakukan dan strategi lainnya membawa hasil seperti nilai-nilai moderasi seperti sikap toleransi, anti kekerasan, menerima perbedaan, setia terhadap konsesus negara dan adaptif terhadap tradisi terimplementasi dengan baik pada peserta didik
PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL Khoirunnisa Istiqomah; Azida Gina Ulya; Syafira Linsiana; Muhammad Rofiq
Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2023): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut PTIQ Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36671/andragogi.v5i01.452

Abstract

Sistem pendidikan agama islam di Indonesia merupakan jembatan emas bagi pencapaian tujuan nasional. Pendidikan agama islam memiliki peran yang sangat penting dalam sejarah perkembangan bangsa Indonesia. Perkembangan islam di Indonesia pada awalnya diberikan dalam bentuk informal. Selanjutnya perkembangan pendidikan islam mulai beralih menjadi pendidikan formal. Pendidikan yang diberikan jauh lebih mengutamakan nilai teladan. Pendidikannya juga lebih sistematis dan teratur. Tujuan pendidikan nasional dalam system pendidikan nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, mandiri, berilmu, cakap, kreatif, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Berdasarkan rumusan diatas, Dalam penelitian ini metode yang digunakan berupa penelitian kualitatif dengan jenis kajian pustaka (library research). Dapat disimpulkan bahwa pendidikan islam menduduki posisi yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dalam membangun manusia Indonesia seutuhnya. Sehingga perubahan dan pembaharuan system pendidikan menjadi titik kunci dalam mencapai tujuan nasional
PENERAPAN MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Muhammad Ramdani
Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2023): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut PTIQ Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36671/andragogi.v5i01.448

Abstract

Mutu merupakan kualitas dari suatu lembaga yang dimana lembaga tersebut memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki lembaga lain, tetapi dapat menjadi suatu contoh untuk lembaga-lembaga lainnya. Namun pada kenyataanya, masih banyak lembaga-lembaga yang kurang sadar akan pentingnya penerapan manajemen strategik, sehingga lembaga tersebut dapat menciptakan lembaga yang memiliki mutu yang baik, khususnya di lembaga pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tentang manajemen strategik dan bagaimana penerapannya sehingga dapat meningkatkan mutu pada lembaga pendidikan Islam. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Manajemen strategik merupakan cara yang tepat untuk menjamin mutu pendidikan di lembaga pendidikan Islam. Strategik di dalamnya yaitu menumbuhkan pemikiran yang kritis dan kreatif sehingga dapat menciptakan manusia yang pintar lalu mereka mampu memperluas dirinya ke tingkat sosial dan kemanusiaan. Lembaga pendidikan harus memiliki berbagai strategi dalam mengembangkan pendidikannya, salah satunya dengan cara menuangkannya kedalam visi dan misi. Setiap lembaga harus memiliki visi dan misi yang jelas agar arah pendidikan yang ingin dicapai semakin jelas dan terukur lalu akan melahirkan mutu pendidikan yang baik dan berkualitas
MEDIA SOSIAL DAN PENDIDIKAN AKHLAK: ANALISIS TERHADAP PERILAKU SISWA DI MTS NEGERI 2 BENGKALIS Chinta Fatharani; Erna Sulistia; Chanifudin Chanifudin
Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2023): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut PTIQ Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36671/andragogi.v5i01.453

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang penggunaan media sosial terhadap Pendidikan akhlak siswa di MTs Negeri 2 Bengkalis. Dengan tujuan masalah dari penelitian ini yaitu:(1)Untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan media sosial terhadap pendidikan akhlak siswa di MTs Negeri 2 Bengkalis,(2)Untuk mengetahui dampak negatif dan positif dari pengaruh penggunaan media sosial terhadap pendidikan akhlak siswa di MTs Negeri 2 Bengkalis. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan pengumpulan data yaitu menggunakan penyebaran angket dan observasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi, dengan jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 242 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 37 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap Pendidikan akhlak siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung=3,530 lebih besar dari nilai ttabel=2,030. Dengan demikian, penggunaan media sosial mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap Pendidikan akhlak siswa di MTs Negeri 2 Bengkalis. Adapun dampak positif penggunaan media sosial di MTs Negeri 2 Bengkalis yaitu siswa bisa ikut berpartisipasi dalam mencari materi pembelajaran, selain itu bermanfaat terhadap pendidikan akhlak diantaranya dapat beradaptasi dan bersosialisasi. Sebaliknya jika digunakan untuk hal yang tidak baik maka akan berdampak negatif, misalnya membuat siswa kurang disiplin dan bersifat malas, lalai dan lupa waktu hingga membuat tugasnya terbengkalai
MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN SDM MELALUI PENGALOKASIAN DANA KHUSUS (PELATIHAN) DI MTS SYAFA’ATURRASUL TELUK KUANTAN Riskang Aj Pahruzi
Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2023): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut PTIQ Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36671/andragogi.v5i01.449

Abstract

MTs Syafa’aturrasul merupakan Madrasah Tsanawiyah  Kebanggaan di kabupaten kuantan singingi yang mana sekolah nya yang boarding school dan anak-anaknya tinggal dalam lingkungan Pondok Pesantren Syafa’aturrasul Taluk Kuantan. Mts Syafa’aturrasul telah berdiri sejak 1988 ini sudah banyak menghasilkan alumni yang sukses. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana pengalokasian dana pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Syafaaturrasul Teluk Kuantan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Menggunakan opservasi dan wawancara sebagai pengumpulan data. Melalui manajemen pendidikan yang baik, dalam penganggaran dana yang diperuntukkan untuk biaya pelatihan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan MTs Syafa’aturrasul, membuahkan hasil dan dampak yang baik untuk Sekolah. Salah satunya adalah, menjadi sekolah terbaik dan memiliki akreditasi A
URGENSI OTONOMI PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA Fatkhul Mubin; Marwazi Marwazi; Putra Dian Kharisma Ivada; Abd Aziz
Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2023): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut PTIQ Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36671/andragogi.v5i01.454

Abstract

Tulisan ini membuktikan bahwa otonomi di bidang pendidikan sangat penting dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Otonomi pendidikan diartikan sebagai suatu pemberian wewenang, mandat, kepercayaan yang bertanggungjawab dalam pengelolaan pendidikan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah; dan atau dari Pemerintah Daerah kepada Satuan Pendidikan, baik dari sisi dana, personalia, sarana dan prasarana serta manajemen dan kurikulum pendidikan. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan ragam budaya, bahasa, tradisi, suku, dan agama yang memberikan pengaruh signifikan bagi sistem pendidikannya. Melalui otonomi pendidikan dapat meningkatkan efisiensi manajemen dan kepuasan tenaga pendidikan serta menciptakan suatu sistem pendidikan dengan kebijakan-kebijakan yang konkret; sumberdaya pendidikan dapat didayagunakan secara optimal; dapat menggali potensi lokal lebih efektif, dapat mengelola sistem pendidikan yang sejalan dengan kebudayaan setempat, serta partisipasi masyarakat dalam pendidikan meningkat; akuntabilitas juga meningkat; dan pada gilirannya mutu pendidikan dapat terjamin.  Peningkatan mutu pendidikan sangat penting dilakukan melalui partisipasi masyarakat, pemberdayaan dan juga peningkatan kapasitas kelembagaan yang berpedoman pada standar nasional pendidikan dan juga prinsip pemerintahan yang baik
KONSEP DASAR DAN PERANAN KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN Jumadil Ranto Mulia; Bermawi Nasution; Asmendri Asmendri; Milya Sari
Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2023): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut PTIQ Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36671/andragogi.v5i01.450

Abstract

Sistem pendidikan negara selalu relevan dan kompetitif. Penyempurnaan kurikulum dilakukan secara sistematis dan teratur sesuai dengan Pasal 35 dan 36 sebagai acuan kurikulum untuk menekankan perlunya peningkatan standar pendidikan negara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis pengumpulan data (survei literatur) dari jurnal, media internet, dan media berita online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan sangat berperan dalam menentukan kemajuan pendidikan suatu negara, mulai dari konsep hingga penerapan dan praktik di lapangan. Ini berfungsi sebagai rencana dan kesepakatan tentang konten dan materi untuk menerapkan pedoman pendidikan yang baik. Sejauh ini ia telah mengubah silabus sebanyak 11 kali, namun dengan peran yang jelas dan silabus sebagai penyempurnaan pengembangan silabus, pencapaian tujuan silabus yang diinginkan perlu bertumpu pada komponen-komponen yang saling terkait
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN SKI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VIIC MTS MA’ARIF KERTEK WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Hanum Ismi Azizah; Abdul Majid; Firdaus Firdaus
Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2023): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut PTIQ Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36671/andragogi.v5i01.455

Abstract

Artikel ini bertujuan  untuk mengetahui penerapan media video dalam meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Artikel ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar meliputi pre test dan post test, dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang upaya meningkatkan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sampel yang dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 23 laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan media video pada penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus selama 4 kali pertemuan. Dengan peningkatan hasil belajar pada pre test sebesar 31% dengan nilai rata-rata kelas 58,88, siklus I sebanyak 47% mendapat nilai rata-rata kelas 73,05 dan siklus II sebanyak 89% dengan rata-rata kelas  82,22. Mengalami peningkatan ketuntasan dari siklus I ke siklus II dengan besar 42%. Selain itu terdapat peningkatan pada ranah afektif, presentase ketuntatasn siklus I dengan besar 31% kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yakni 78% peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 47%. Sedangkan pada ranah psikomotorik pada siklus I mendapat 39% dan siklus II sebanyak 81% mengalami peningkatan ketuntasan keberhasilan belajar sebesar 42%.
PERUMUSAN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 9 BLITAR Nur Kholifah Akrom; Chusnul Chotimah
Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2023): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institut PTIQ Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36671/andragogi.v5i01.451

Abstract

Penelitian ini memaparkan mengenai perumusan strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Blitar. Proses perumusan strategik meliputi pengembangan visi misi, mengukur peluang dan ancaman eksternal, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan internal, menetapkan tujuan jangka pajang, dan menetapkan strategi yang sesuai. Maka dari itu, tujuan dalam penelitian ini meliputi (1) pengembangan visi misi di MIN 9 Blitar, (2)  peluang dan ancaman eksternal di MIN 9 Blitar, (3) kelemahan dan kekuatan internal di MIN 9 Blitar, (4) tujuan jangka pajang di MIN 9 Blitar, (5) strategi di MIN 9 Blitar. Metode penelitian memakai penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data memakai model Spradley dengan tahapan analisis domain, taksonomi, komponensial, dan analisis tema kultural. Hasil dan pembahasan penelitian yakni: (1) pengembangan visi misi di MIN 9 Blitar dilakukan dengan mempertimbangkan eksternal dan internal madrasah, (2) peluang dan ancaman di MIN 9 Blitar diukur setelah dilakukan analisis, (3) kelemahan dan kekuatan di MIN 9 Blitar diidentifikasi setelah dilakukan analisis, (4) tujuan jangka panjang MIN 9 Blitar ditetapkan sesuai visi misi madrasah, (5) strategi di MIN 9 Blitar ditetapkan sesuai tujuan madrasah. Dengan demikian, kesimpulan yang diberikan bahwa perumusan strategik di MIN 9  Blitar terbukti dapat meningkatkan mutu pendidikan madrasah

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 7 No. 1 (2025): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 7, No 1 (2025): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 3 (2024): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol. 6 No. 3 (2024): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 6, No 1 (2024): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2023): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 3 (2023): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 4, No 03 (2022): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 4, No 02 (2022): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 4, No 01 (2022): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 3, No 3 (2021): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 3, No 2 (2021): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 3, No 1 (2021): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 3 (2020): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2020): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2020): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 3 (2019): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2019): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2019): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam More Issue