cover
Contact Name
Betty Masruroh
Contact Email
jpds.journal@um.ac.id
Phone
+6285733562345
Journal Mail Official
jpds.journal@um.ac.id
Editorial Address
Semarang St. No 5, Malang, Indonesia
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial
ISSN : -     EISSN : 26552469     DOI : https://doi.org/10.17977
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is a journal focused on articles of research and community service in the field of social science (Ideology, Citizenship, Human Geography, History, Social Studies, Sociology, Politics, Education and Humaniora).
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3, No. 1, April 2020" : 7 Documents clear
KEGIATAN PERAWATAN DAN PENGENALAN WISATA SITUS SEJARAH PADA ZAMAN KOLONIAL MAKAM DINGER DI DESA TULUNGREJO KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU Mochammad Nurfahrul Lukmanul Khakim; Dhimas Dandy Nugraha Ramadhan; Farah Dhieba Firman; Yutris Sindi Kurnia Putri
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) Vol. 3, No. 1, April 2020
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um032v3i1p6-10

Abstract

Makam Dinger merupakan bangunan cagar yang berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memperkenalkan situs sejarah yang ada di Kota Batu supaya lebih dikenal oleh masyarakat. Metode yang dilakukan adalah observasi, ekplorasi ide, perancangan, dan pelaksanaan kegiatan. Pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah RT setempat, perwakilan karang taruna setempat, mahasiswa UM jurusan sejarah Fakultas Ilmu Sosial. Hasil dari kegiatan ini berupa perawatan situs sejarah dan pemasangan papan informasi yang berisi tetang sejarah singkat serta informasi mengenai Makam Dinger. Adanya papan informasi ini dapat membuat masyarakat setempat maupun orang yang berkunjung ke Makam Dinger mendapatkan pengetahuan terkait sejarahMakam Dinger.
MENINGKATKAN PEMAHAMAN GENERASI MUDA TERHADAP PERAN E.F.E. DOUWES DEKKER PADA ERA PERGERAKAN NASIONAL MELALUI FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) GURU BANGSA Mifdal Zusron Alfaqi; Abd. Mu'id Aris Shofa; Rista Ayu Mawarti; Muhammad Mujtaba Habibi
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) Vol. 3, No. 1, April 2020
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um032v3i1p21-27

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman kepada generasi muda khususnya mahasiswa bagaimana peran E.F.E. Douwes Dekker (Danudirja Setiabudi) pada era pergerakan nasional. Nama E.F.E. Douwes Dekker (Danudirja Setiabudi) atau biasa dipanggil dengan istilah DD seakan kalah bersinar dengan tokoh-tokoh pergerakan yang lainnya. Generasi muda saat ini banyak yang tidak mengetahui peran besar DD dalam membakar api semangat nasionalisme pemuda pada era pergerakan nasional, bahkan Bung Karno menjuluki DD sebagai mentor nasionalismenya. Metode pelaksanaan yang akan dilakukan adalah dengan menganalisis situasi masyarakat yang akan menjadi khalayak sasaran untuk diberikan pemahaman dalam hal ini adalah mahasiswa yang tergabung di dalam Focus Group Discussion Guru Bangsa. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa para generasi muda pada awalnya belum terlalu mengenal dengan DD, banyak generasi muda yang mengenal DD hanya sebatas anggota tiga serangkai dan tidak banyak tahu kalau DD memiliki peran besar dalam proses pergerakan nasional. Upaya pemberian pemahaman tentang perjalanan hidup DD ini memiliki dampak yang sangat positif bagi generasi muda khususnya mahasiswa, karena setelah pelaksanaan pengabdian ini para generasi muda khususnya mahasiswa lebih memahami tentang peran DD pada era pergerakan nasional
PENDAMPINGAN IMPLEMANTASI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI SMP N 2 DAMPIT KABUPATEN MALANG Agus Purnomo
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) Vol. 3, No. 1, April 2020
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um032v3i1p1-5

Abstract

SMP N 2 Dampit pernah mendapatkan pendampingan dari Universitas Brawijaya untuk membuat media pembelajaran menggunakan Power Point. Banyak manfaat yang dirasakan oleh guru di sekolah tersebut adalah mereka mampu untuk menyajikan bahan ajar menggunakan perangkat lunak Microsoft Office Power Point yang dilengkapi dengan link. Namun setahun setelah pelaksanaan perlu ada penyegaran dan pembaruan tentang bagaimana cara menggunakan media pembelajaran yang inovatif. Untuk itu direncanakan penyegaran media pembelajaran pada MS Power Point dilakukan 1 kali pertemuan, dan pembaruan media FlipBook Maker serta Prezi dilakukan 1 kali pertemuan. Total rencana dari kegiatan pendampingan ini adalah 2 kali pertemuan di sekolah mitra. Instrumen yang digunakan mencakup modul petunjuk, laptop, proyektor, dan mini wifi. Hasil yang didapatkan adalah (1) Menyegarkan kembali kemampuan untuk membuat media menggunakan MS Power Point menggunakan hyperlink. Sebelumnya guru-guru di SMP N 2 Dampit sudah mendapatkan pelatihan dari Universitas Bawijaya, (2) Mendapatkan pemahaman baru dalam menyajikan materi dengan menggunakan media FlipBook Maker. Media yang sebelumnya dibuat menggunakan MS Power Point merupakan bahan dasar sebagai media FlipBook Maker, dan (3) Mendapatkan pemahaman baru dalam menyajikan materi dengan menggunakan media prezzi. Pada dasarnya prezzi merupakan media untuk bahan tayang yang sama dengan MS Power Point, hanya saja dalam media ini sudah terdapat template yang siap untuk digunakan dengan animasi yang lebih menarik.
PERAN PARALEGAL DALAM PERLINDUNGAN SERTA PEMENUHAN HAK HUKUM MASYARAKAT Neo Adhi Kurniawan
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) Vol. 3, No. 1, April 2020
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um032v3i1p28-33

Abstract

Jaminan atas hak bantuan hukum merupakan implementasi dari prinsip persamaan dihadapan hukum (equality before the law) sebagaimana amanat konstitusi dalam Pasal 28D ayat (1) dan Pasal 28H ayat (2) UUD1945. Negara terutama pemerintah sebagai penyelenggaran negara memiliki tanggung jawab dalam pemenuhan hak atas bantuan hukum sebagai hak konstitusional warga negara. Berdasarkan pertimbangan inilah secara yuridis urgennya eksistensi Undang-Undang Bantuan Hukum sehingga diundangkan menjadi sebuah undang-undang bantuan hukum yang tersendiri. Peran Paralegal dalam pemberian layanan bantuan hukum, sangat urgen eksistensinya, mengingat masih banyaknya masyarakat yang miskin, marjinal dan buta hukum di Indonesia yang sulit mendapatkan akses terhadap keadilan, apalagi jumlah penduduk yang padat dan menyebar di berbagai wilayah yang luas sehingga tidak sebanding dengan jumlah Advokat yang tersedia, termasuk kepeduliannya terhadap permasalahan hukum yang dihadapi masyarakat/kelompok masyarakat miskin. Sementara selama ini Paralegal telah berkontribusi secara nyata di komunitasnya dengan memberikan layanan bantuan hukum. Paralegal bahkan juga menjalankan kerja-kerja advokasi dan pengorganisasian di komunitasnya untuk dapat mendorong tumbuh berkembangnya kesadaran hukum masyarakat serta mampu mendorong proses demokrasi di tingkat lokal.
Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Laporan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sejarah Sekolah Menengah Atas di Palembang Muhammad Reza Pahlevi; Hudaidah Hudaidah Hudaidah
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) Vol. 3, No. 1, April 2020
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um032v3i1p34-38

Abstract

Persoalan mengenai bagaimana meningkatkan kompetensi guru masih menjadi tantangan besar bagi dunia pendidikan saat ini. Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja guru adalah melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan tim PPM dengan beberapa alumni Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Unsri yang telah menjadi tenaga pendidik di Kota Palembang melalui wawancara, diperoleh informasi bahwa mayoritas guru belum memiliki pemahaman yang mendalam tentang bagaimana membuat laporan PTK yang benar. Maka dari itu, sebagai bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat, Prodi Pendidikan Sejarah FKIP menyelenggarakan Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Laporan PTK Bagi Guru Sejarah SMA di Kota Palembang. Hasil dari kegiatan tersebut adalah, pertama kegiatan pelatihan dan penyuluhan berjalan dengan baik oleh tim. Kedua, para peserta kegiatan sudah mendapatkan gambaran yang jelas mengenai penyusunan laporan PTK melalui workshop yang telah dilakukan. Ketiga, dengan hasil yang didapat, para peserta diharapkan menjadi guru yang kompeten dan inovatif dalam pembelajaran di kelas.
PENDAMPINGAN PRAKTIK BUDAYA NEMBANG MACAPATAN SEBAGAI WAHANA SARASEHAN PEMBUDAYAAN NILAI-NILAI PANCASILA Suparlan Al Hakim; Didik Sukriono; Sri Untari; Yusuf Suharto
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) Vol. 3, No. 1, April 2020
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um032v3i1p39-47

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan sebagai upaya untuk mengoptimalkan keberadaan produk kearifan lokal sebagai wahana atau media sarasehan pembudayaan nilai-nilai Pancasila. Lokasi penelitian berada di Desa Jugo Kecamatan Kesamben, Blitar dengan sasaran utama para budayawan dan masyarakat sekitar. Metode yang digunakan adalah pendampingan dengan fokus utama praktik budaya nembang macapatan yang di dalamnya terdapat sesi tes kompetensi dan juga praktik nilai-nilai Pancasila melalui dialog bagi peserta. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan peran dalam kegiatan macapatan dilaksanakan dengan baik, mulai dari peran pengarah, dhalang tembang, pamaca tembang, pamedhar tembang, pamireng tembang sekaligus sebagai peran dialog tampak berjalan dengan baik; 2) Peserta mampu mempraktikkan kegiatan macapatan sebagai mediasi penyelesaian konflik yang muncul selama ini dalam organisasi mereka. Secara tidak langsung nilai-nilai Pancasila muncul dalam temuan ini. Dari hasil yang ada, maka kondisi dan kompetensi masyarakat yang demikian ini sangat memungkinkan untuk dilakukan pembinaan sebagai sentra wisata berbasis budaya.
PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH DAN PENGELOLAAN JURNAL ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA HALAQOH ILMIAH DI PESANTREN LUHUR Idris Idris; Arif Subekti; Wahyu Djoko Sulistyo
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) Vol. 3, No. 1, April 2020
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um032v3i1p11-20

Abstract

Karya tulis ilmiah dan publikasi merupakan produk yang menjadi keniscayaan di dunia akademik. Halaqoh ilmiah merupakan salah satu program rutin yang dilaksanakan oleh pesantren Luhur untuk memberikan pemahaman dan pengalaman keilmuan kepada santri. Namun demikian, dalam pelaksanaannya, karya-karya yang dibuat dan dipresentasikan oleh santri pada kegiatan tersebut, belum tersusun sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah. Oleh karena itu, diperlukan adanya pelatihan karya tulis ilmiah dan sekaligus pelatihan pengelolaan jurnal elektronik agar para santri bisa menulis sekaligus memberikan mereka media untuk mempublikasikan karya mereka dalam bentuk jurnal online yang bisa dinikmati dan dibaca oleh publik secara luas. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di pondok pesantren luhur dengan Tim Pengabdian menjadi naras umber pada kedua acara tersebut. Hasil dari kegiatan pelatihan ini sangat memuaskan, semua peserta anstusias dan memahami secara komprehensif materi pelatihan. Selain itu, bagi para santri yang menjadi perwakilan dalam pelatihan pengelolaan jurnal secara online. Evaluasi pasca pelatihan menunjukan bahwa tim editor dari pesantren dapat mengoperasionalkan sistem OJS dengan baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 7