Journal Civics and Social Studies
Jurnal Civicos (Civics and Social Studies) memiliki Scope dan Fokusnya antara lain pada bidang : 1. Pendidikan dan Pembelajaran 2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3. Pendidikan Politik, Hukum dan Kenegaraan 4. Pendidikan IPS – Social Studies 5. Social Science 6. Humaniora 7. Ilmu Sosial Serumpun 8. Inovasi Pembelajaran 9. Pedagogik 10. Pendidikan Karakter 11. Multicultural Issues 12. Kajian Gender 13. Multimedia Pembelajaran IPS 14. Kajian Budaya
Articles
13 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 2 Tahun 2020"
:
13 Documents
clear
KEUNIKAN BATU AKIK GARUT SEBAGAI SALAH SATU DAYA TARIK PARIWISATA DI KABUPATEN GARU
Desi Qoriah;
Cecep Hamzah Pansuri
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31980/journalcss.v4i2.125
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keunikan yang terkandung dalam batu akik Garutan sebagai salah satu daya tarik pariwisata. Penelitian ini terfokus menelusuri keunikan apa saja yang terkandung dalam batu akik baik secara pisik yaitu bentuk dan warna juga fungsi-sungsi lain selain sebagai aksesoris seperti sebagai alat terapi, pemancar energi tubuh dan hal-hal lain yang diyakini masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi.
ANALISIS PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI PADA IKLIM ORGANISASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PERGURUAN TINGGI SWASTA
Galih Abdul Fatah Maulani;
Teten Mohamad Sapril Mubarok
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31980/journalcss.v4i2.126
Dalam era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 peran dan posisi Teknologi Informasi menjadi sangat vital bagi setiap organisasi dimana teknologi informasi menjadi strategi bisnis yang dapat menjada eksistensi sebuah organisasi, tak terkecuali Perguruan Tinggi Swasta. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh teknologi informasi terhadap iklim organisasi perguruan tinggi swasta di Kabupaten Garut serta dampaknya terhadap komitmen organisasi pada lingkungan perguruan tinggi. Selain itu penelitian ini memiliki urgensi untuk mengetahui seberapa besar peranan teknologi informasi ditengah-tengah organisasi yang belum optimal menerapkan Teknologi tersebut sebagai alat pendukung dalam proses bisnis di perguruan tinggi swasta. Metodologi Penelitian yang digunakan adalah Penelitian desrkiptif dan verifikatif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk memperoleh gambaran atau karakteristik dari suatu variabel, dalam hal ini variabel teknologi informasi, iklim organisasi perguruan tinggi dan komitmen organisasi perguruan tinggi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara teknologi informasi pada iklim organisasi di perguruan tinggi swasta, selain itu juga terdapat dampak yang signifikan terhap komitmen yang dibangun oleh perguruan tinggi swasta di Kabupaten Garut.
KAJIAN KONSEPTUAL DAYA SAING IKM BATIK DI INDONESIA
Nizar Alam Hamdani
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31980/journalcss.v4i2.127
Industri batik di indonesia umumnya merupakan industri kecil menengah yang menjadi sebagian besar pencaharian masyarakat di berbagai daerah di indonesia. sebelum krisis moneter tahun 1997 industri kecil menengah ini sempat mengalami kemajuanyang pesat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara teoritis hubungan antar variabel untuk menciptakan daya saing ikm. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan tujuan menemukan landasan teori dalam pendekatan solusi masalah untuk perumusan hipotesis yang bakal diuji dalam penelitian. Hasil dari kajian tersebut adalah pertama kepemimpinan, teknologi, organisasi dan organisasi pembelajaran secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap knowledge management, kepemimpinan, teknologi, organisasi dan organisasi pembelajaran mempunyai hubungan antar variabel, kepemimpinan, teknologi, organisasi dan organisasi pembelajaran berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap inovasi, knowledge management berpengaruh terhadap inovasi, inovasi berpengaruh terhadap daya saing, knowledge management berpegaruh secara simultan dan parsial melalui inovasi terhadap daya saing dan knowledge management berpegaruh secara simultan dan parsial melalui inovasi terhadap daya saing.
ANALISIS PERMASALAHAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKN DALAM MENGIKUTI PRAKTIK PEMAHAMAN HUKUM
Neneng Rika Jazilatul Kholidah;
Sarjono
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31980/journalcss.v4i2.128
Pendidikan merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi kehidupan manusia pada umumnya. Pendidikan mampu memberantas suatu kebodohan dan juga mampu menjunjung martabat manusia sebagi makhluk yang dianugerahi sebuah akal yang sehat serta fisik yang sempurna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa program studi PPKN dalam mengikuti praktik pemahaman hukum di Pengadilan Negeri Bojonegoro. Jenis penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Subjek penelitian yaitu mahasiswa program studi P PPKN semester lima.Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian tentang analisis permasalahan mahasiswa program studi PPKN dalam mengikuti praktik pemahaman hukum di pengadilan negeri Bojonegoroadalah kurang lengkapnya pembekalan, informasi yang kurang jelas terkait waktu pelaksanaan, Penyusunan proposal praktik pemahaman hukum,tetap aktif meski ditengah pandemi covid-19, peran dosen pembimbing yang kurang maksimal, jarak tempuh yang jauh, penyusunan laporan praktik pemahaman hukum.
Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19: Solusi atau Masalah Baru dalam Pembelajaran?
Muhamad Taufik Hidayat;
Wahid Hasim;
Amir Hamzah
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31980/journalcss.v4i2.129
Pandemi Covid19 telah memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap kehidupan manusia secara global. Pandemi ini telah memaksa manusia untuk mencari solusi dan alternative untuk bisa bertahan dalam berbagai bidang. Adaptasi kebiasaan baru (new normal) merupakan sebuah konsep yang diterapkan agar manusia masih bisa menjalankan aktivitasnya tanpa harus mengorbankan keselamatan dan kesehatannya. Salah satu konsep yang diterapkan dalam bidang pendidikan adalah dengan penerapan pembelajaran daring yang diadopsi oleh seluruh jenjang dan jenis pendidikan di seluruh dunia. Pembelajaran daring dianggap memberikan solusi agar proses pembelajaran masih tetap bisa dilakukan ditengah pandemic covid-19. Dilatarbelakangi konsep ini, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pembelajaran daring ini dianggap sebagai sebuah solusi atau justru masalah baru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak yang terlibat secara langsung dalam proses penerapan pembelajaran daring. Partisipan penelitian ini terdiri atas 60 orang peserta didik, yang merupakan siswa sekolah menengah serta mahasiswa, 20 orang pendidik yang berprofesi sebagai dosen atau guru, serta 20 orang orang tua siswa atau mahasiswa dari berbagai latar belakang sosial yang berbeda. Pemilihan partisipan dilakukan melalui system convenience sampling. Data penelitian diperoleh melalui angket dan wawancara. Setiap kategori partisipan mendapat pertanyaan yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan data yang ingin diperoleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum pembelajaran daring ini masih menghadirkan masalah-masalah yang perlu dibenahi secara prinsip. Fasilitas, sarana pendukung, dan factor lain masih harus diperkuat untuk memperlancara proses pembelajaran daring ini. Pembelajaran daring masih berada pada fase transisi sehingga masih banyak penyesuaian yang harus dibenahi. Perlu adanya langkah bertahap dalam memperbaiki semua aspek agar proses pembelajaran daring ini bisa berfungsi secara maksimal.
Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Problem Solving Dan Cooperative Learning Tipe Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Ade Suherman;
Yuyun Susanti;
Yulianti Imaniar
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31980/journalcss.v4i2.130
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Active Learning Tipe Problem Solving dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Cooperative Learning Tipe Group Investigation pada pengukuran posttest (kelas eksperimen 1) dan posttest (kelas eksperimen 2) mata pelajaran Akuntansi. Penelitian di laksanakan di kelas X Ak di SMK Bahrul Uluum Kawali. Adapun metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, yaitu data yang berbentuk angka. Bentuk desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, yang dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada subjek penelitian kemudian memberikan tes pada subjek penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Terdapat peningkatan tingkat tinggi (dengan kriteria N-Gain) hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Active Learning tipe Problem Solving pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) 2) Terdapat peningkatan tingkat sedang (dengan kriteria N-Gain) hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Cooperative Learning tipe Group Investigation pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) 3) Terdapat perbedaan yang signifikkan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Active Learning tipe Problem Solving dengan metode Cooperative Learning tipe Group Investigation pada pengukuran akhir (posttest).
Penggunaan Subtitle Editor terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Penerjemahan
Wahid Hasim;
Muhamad Taufik Hidayat;
Amir Hamzah
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31980/journalcss.v4i2.131
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan subtitle editor terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata kuliah terjemahan. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu perguruan tinggi swata terkemuka di Kabupaten GarutJawa Barat. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan bahasa inggris tingkat tiga semester satu yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas A,B,C, dan D. Sampel diambil secara acak sebanyak dua kelas yaitu kelas A sebagai kelas eksperiment dan kelas C sebagai kelas kontrol. Sedangkan dua kelas yang lain dijadikan sebagai kelas untuk melakukan kriteria uji validitas instrument yaitu kelas B dan D.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Model yang digunakan adalah experimental design dengan metode pretest – post test control group design.Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa penggunaan subtitle editor dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam translation. Hal ini berdasarkan hasil uji hipotesis yang pertama yaitu nilai Sig. (2-tailed) > α atau 0,135> 0,05. Kemudian berdasarkn hasil uji pengaruh penggunaan subtitle editor terhadap hasil penerjemahan mahasiswa, disimpulkan bahwa dengan uji Mann Whitney U diperoleh nilai sebesar 14,500 dengan nilai z sebesar 6,505 serta nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena pada pengujian ini nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,000 lebih kecil dari = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar, antara mahasiswa yang menggunakan subtitle editor dengan mahasiswa yang belajar dengan metode pembelajaran translation secara konvensional. Berdasarkan hasil tersebut terbukti bahwa penggunaan subtitle editor dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pembelajaran terjemahan.
ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KOMPLEKSITAS OPERASI PERUSAHAAN, DAN UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) TERHADAP AUDIT REPORT LAG
RR. Prima Dita Hapsari
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31980/journalcss.v4i2.132
Penelitian ini dilakukan dengan harapan untuk mengetahui Pengaruh Ukuran Perusahaan (X₁), Kompleksitas Operasi Perusahaan (X₂), dan Ukuran Kantor Akuntan Publik (X3) secara parsial, dan simultan terhadap Audit Report Lag pada perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder, metode kuantitatif, dan menganalisis hubungan antar variabel terikat, alat ukur metode yang digunakan yaitu dengan mengambil 45 sampel penelitian dari populasi yang ada. Untuk uji regresi peneliti menggunakan analisis statistik dengan progam SPSS 25 for windows. Dari hasil penelitian diketahui persamaan regresi linear berganda ARL = 235,806 - 5,835 X1 + 7,084 X2 + 4,487 X3. Secara parsial variabel Ukuran Perusahaan (X₁) berpengaruh dan signifikansi dengan nilai sig. 0,000, variabel Kompleksitas Operasi Perusahaan (X₂) tidak berpengaruh dengan nilai sig. 0,085, variabel Ukuran Kantor Akuntan Publik (X3) tidak berpengaruh dengan nilai sig. 0,273. Secara simultan mempengaruhi variabel Audit Report Lag (Y) dilihat dari sig. sebesar 0,000.
GERAKAN FEMINISME RADIKAL OPMT DALAM ISU KEKERASAN SEKSUAL DI TIMOR TIMUR TAHUN 1974-1999
Kristian Thomas Djara
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31980/journalcss.v4i2.133
Kekerasan seksual terhadap perempuan di Timor Timur pada masa konflik (1974-1999) seringkali ditinjau menggunakan pendekatan human security dan transnational justice yang tidak mampu menjelaskan relasi kuasa antara laki-laki dan perempuan. Tujuan utama penelitian ini adalah mengoperasionalisasikan konsep-konsep feminisme radikal dalam mobilitas OPMT (Organização Popular de Mulheres Timorense). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif pada studi kasus kekerasan seksual terhadap perempuan di Timor Timur pada masa konflik (1974-1999). Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya patriarki semakin menguat di Timor Leste pada masa konflik yang terlihat melalui peningkatan kasus kekerasan seksual militer Indonesia dan gerakan revolusioner OPMT yang tersubordinasi di bawah superioritas FALINTIL dalam memperjuangkan kemerdekaan Timor Timur.
Meningkatkan Kreativitas dan inovasi bagi guru-guru SD pada pembelajaran muatan IPS melalui pengembangan media pembelajaran King Ludo berbasis kurikulum 2013 di Kota Tangerang Selatan
Ajat Sudrajat1;
Ojat Darojat;
Iwan;
Syaeful Mikdar;
Sri Sumiyati;
Ary Purwantiningsih;
Sardjiyo;
Irzan Tahar
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31980/journalcss.v4i2.134
Rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di SD perlu dicarikan suatu solusi agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat memberikan hasil optimal. Salah satu solusinya adalah dengan menerapkan suatu media pembelajaran yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang nyaman bagi siswa. Media pembelajaran sebagai wahana untuk memberikan pengalaman belajar, sebagai alat komunikasi guna mengefektifkan proses belajar mengajar, salah satu media pembelajaran yang menyenangkan dalam pembelajaran adalah media pembelajaran bermain King Ludo. Metode yang digunakan dalam melakukan pengabdian masyarakat ini yaitu dengan pendekatan kolaboratif antara pengusul dengan mitra. Pendekatan ini perlu dilakukan agar pelaksanakan kegiatan berjalan sesuai dengan rencana dan tidak ada halangan yang bersifat teknis. Reid (2004) mengemukakan bahwa collaborative learning memiliki lima tahapan, yaitu: 1) Engagement. 2) Exploration. 3) Transformation. 4) Presentation. 5) Reflection. Pembahasan King Ludo adalah model yang menggunakan papan catur dimainkan oleh 4 orang siswa, semua siswa bermain games memainkan bidak-bidak dari start sampai finish. King ludo ini adalah suatu games yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran pada mata pelajaran IPS SD. Media King Ludo terdiri dari papan catur, bidak, dadu, gelas, dan kotak soal. Hasil Penilaian Ketercapaian Program dari jumlah peserta 30 orang menyatakan bahwa 100% memiliki kebermanfaatan yang sangat signifikan dalam rangka untuk menambah pengetahuan para guru yang berada di Kota Tangerang Selatan. Sedang kepuasan mitra terhadap pelaksanaan PkM dosen ini menyatakan 97.2% menyatakan sangat puas hal ini ditandai dengan para peserta antusias mengikuti pelatihan ini sampai waktu yang ditentukan berakhir.