cover
Contact Name
Adhi Surya
Contact Email
J.Kacapuri@gmail.com
Phone
+6287782738533
Journal Mail Official
J.Kacapuri@gmail.com
Editorial Address
UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam kalimantan MAB Gd A lt 2, Jalan adhiyaksa No 2 Kayu Tangi Banjarmasin Kalsel-70123
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Kacapuri : Jurnal Keilmuan Teknik Sipil
ISSN : 25023179     EISSN : 26566001     DOI : 10.31602
JURNAL KACAPURI terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Diterbitkan oleh Program Studi (S-1) Teknik Sipil Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Redaksi menerima sumbangan artikel ilmiah dari para peneliti, pendidikan dan pemerhati masalah-masalah atau scope and focu
Articles 36 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2021)" : 36 Documents clear
KAJIAN PENELUSURAN BANJIR LEWAT SUNGAI PADA DAERAH SUB DAS KARANG ASAM BERDASARKAN KELERENGAN DI WILAYAH KOTA SAMARINDA Yayuk Sri Sundari
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v4i2.6435

Abstract

Banjir pada daerah sepanjang Sub DAS Karang Asam dipengaruhi oleh adanya limpasan air permukaan yang relatif besar dan laju tanah yang tererosi pada sungai yang berasal dari daerah tangkapan air di wilayah Sub DAS tersebut, dalam pengendalian banjir sungai Karang Asam perlu dilakukan studi mengenai pengendalian banjir secara terprogram. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui debit puncak banjir pada daerah Sub DAS Karang Asam Penelusuran banjir lewat sungai pada Sub DAS Karang Asam debit banjir pada inflow (I) maksimum Q25=192,4607m3/dt yang terjadi pada saat jam ke 3. Debit banjir pada outflow Q =119,0297m3/dt yang terjadi pada saat jam ke 6. Penelusuran banjir lewat sungai pada Sub DAS Karang Asam debit puncak pada inflow Q25=192,4607m3/dt dan debit puncak pada outflow sebesar Q=119,0297m3/dt. Karena adanya tampungan disepanjang sungai maka puncak banjir outflow Q=119,0297m3/dt menjadi lebih kecil dari debit puncak inflow Q25=192,4607m3/dt. Kapasitas tampung air sungai aktual pada sungai Karang Asam yaitu 44,7425m3/dt dan ternyata lebih kecil bila dibandingkan dengan nilai debit banjir maksimum sungai, sehingga sungai tersebut relatif rentan terhadap kemungkinan terjadinya bencana banjir. Rekomendasi dengan adanya potensi kawasan rawan banjir pada Sub DAS Karang Asam, yang diindikasikan oleh nilai debit banjir maksimum yang melebihi kapasitas saluran sungai tersebut, sehingga perlu mengimplementasikan tindakan sipil teknis seperti normalisasi sungai perbaikan jaringan drainase, mengoptimalkan kawasan tampungan air dan daerah resapan air.Kata kunci: debit puncak inflow, debit puncak outflow dan debit puncak banjir
KINERJA SISA UMUR RENCANA JALAN BERDASARKAN PERTUMBUHAN LALU LINTAS DI KOTA PALANGKA RAYA Robby Bagaskara; Desi Riani; Murniati Murniati
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v4i2.6426

Abstract

Perubahan volume lalu lintas pada ruas jalan Rajawali di kota Palangka Raya memberikan dampak terhadap kondisi jalan dan umur jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sisa umur jalan dan untuk mengetahui besarnya nilai derajat kerusakan pada jalan. Pengumpulan data LHR diperoleh dari hasil survei di lapangan. Perhitungan sisa umur jalan menggunakan metode Bina Marga 2013 dan AASHTO 1993, yang diperoleh dari nilai jumlah kendaraan dan nilai Equivalent Standard Axle Load (ESAL) kendaraan dalam keadaan normal. Berdasarkan hasil analisis sisa umur rencana jalan, pada ruas jalan Rajawali dari arah Segmen (Simpang 4 Tingang – Rajawali)  mempunyai sisa umur yaitu 66,95 % dan dari jalan Rajawali dari arah Segmen (Simpang 4 Badak – Rajawali) mempunyai sisa umur yaitu 71,86 %. Dari hasil perhitungan nilai derajat kerusakan jalan pada kendaraan, didapatkan bahwa truk 2 sumbu yang memiliki beban >20 ton mengalami overloading karena roda bagian belakang kelebihan 4,8630 sehingga menjadi tidak aman, truk 3 sumbu yang memiliki beban >30 ton juga mengalami overloading karena roda bagian belakang kelebihan 5,3810 sehingga menjadi tidak aman, dimana keduanya sama dengan truk yang memiliki 3 - 4 as tunggal yang lewat.Kata Kunci  : Sisa Umur  Jalan, Kerusakan Dini, LHR
EVALUASI KINERJA SIMPANG DI KAWASAN JALAN BUKIT KAMINTING KOTA PALANGKA RAYA Sendes Rono Pane; Supiyan Supiyan; Desriantomy Desriantomy
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v4i2.6414

Abstract

Persimpangan Jalan Bukit kaminting, Jalan Bukit Indah dan Jalan Garuda merupakan salah satu persimpangan yang ada di kawasan Jalan Bukit Kaminting yang sering mengalami konflik lalu lintas seperti kemacetan pada jam-jam tertentu. Hal ini disebabkan oleh karena semakin besarnya arus lalu lintas yang melalui persimpangan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Kinerja Persimpangan Jalan Bukit kaminting, Jalan Bukit Indah dan Jalan Garuda setelah dilakukan pelebaran ruas jalan pada Jalan Bukit Kaminting. Dalam penelitian ini menggunakan dua data yaitu, data primer dan data sekunder, dan analisis data pada penelitian ini berdasarkan acuan PKJI 2014. Dari hasil analisis data pada simpang diperoleh nilai kapasitas (C) sebesar 2642,51 skr/jam, nilai derajat  kejenuhan (Dj) sebesar 0,82, peluang antrian (PA) sebesar 27%–54%, dan nilai tundaan simpang (T) sebesar 13,891 det/skr. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut Persimpangan Jalan Bukit Kaminting, Jalan Bukit Indah dan Jalan Garuda masuk dalam kategori tingkat pelayanan D dimana kondisi arus mendekati tidak stabil dengan volume lalu lintas tinggi dan kecepatan masih ditolerir namun sangat terpengaruh oleh perubahan kondisi arus.Kata kunci : Kinerja Simpang, PKJI 2014, Derajat Kejenuhan, Kapasitas, Tundaan Simpang.
PENGARUH VARIASI KADAR SERAT DAN RASIO PANJANG TERHADAP DIAMETER (L/D) SERAT PELEPAH SAWIT TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BELAH BETON SERAT Haryadi Saputra; Liliana Sahay; Frieda Frieda
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v4i2.6404

Abstract

Beton salah satu material konturuksi mampu memikul beban tekan, tetapi lemah dalam menerima beban tarik. Hal ini menyebabkan beton bersifat getas dan dapat. mengakibatkan keruntuhan mendadak sehingga serat digunakan pada beton. Tetapi bukan berarti beton tidak mengalami keruntuhan tarik. Dengan penambahan serat pelepah kelapa sawit yang merupakan bahan lokal, diharapkan dapat memperbaiki kelemahan beton. Variasi kadar atau presentase serat kelapa sawit yang ditambahkan ke dalam campuran beton adalah sebesar 1%, 1,5% dan 2% dari total berat semen beton silinder.  Hasil Penelitian kuat tekan, penambahan dan semakin besar l/d serat pelepah kelapa sawit tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kuat tekan, kuat tekan tertinggi di peroleh pada rasio l/d = 50 dengan kadar serat 1% dengan nilai kuat tekan sebesar 14,33 MPa. Pada Pengujian kuat tarik belah beton tertinggi pada kadar serat 1% dengan rasio l/d = 50 nilai kuat tarik yang dihasilkan sebesar 2,10 MPa pada umur 7 hari. Kata kunci: beton serat, kuat tekan, pelepah kelapa sawit, kuat tarik belah
ANALISIS KECEPATAN ARUS AIR MENGGUNAKAN CURRENT METER DAN KARAKTERISTIK SUNGAI TUAN HAJI BESAR MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI KABUPATEN BANJAR Adhi Surya; Budi Setiawan
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v4i2.6440

Abstract

Penelitian ini menganalisis kecepatan arus air Sungai Tuan dan mengidentifikasi karakteristik Sungai Tuan Haji Besar Muhammad Arsyad Al Banjari. Dalam pelaksanaannya menggunakan Alat Current Meter tipe “Flowatch FL-03” sistem yang dirancang ini dapat digunakan untuk menghitung kecepatan arus air pada Sungai Tuan yang memiliki pola arus mendatar (stream line). Tata cara pelaksanaan menggunakan panduan dari SNI 3408-2015 dan beberapa jurnal pendukung lainnya. Pengukuran kecepatan arus air sungai dilakukan sangat berpengaruh bagi sistem irigasi untuk mengairi persawahan serta akibat perubahan-perubahan karakteristik sungai disepanjang sungai tuan yang sekarang ini sangat kritis. Seiring semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk mengakibatkan kondisi Sungai Tuan Kecamatan Astambul mengalami penurunan dengan menyusutnya daerah resapan air yang menjadikan kondisi tanah yang telah jenuh air dan tertutupnya saluran air oleh padatnya bangunan, dan juga banyak sungai maupun bantaran sungai yang mengalami perubahan fisik sungai (penyempitan, pendangkalan, erosi, dan penutupan mulut sungai). Kata kunci : Pengukur Kecepatan, Sruktur dan Lingkungan, Sedimen, Pengaruh Debit, Sedimen dan Laju Sedimen, Permukiman Kumuh
STUDI EVALUASI DAYA DUKUNG ULTIMIT PONDASI TIANG PANCANG TUNGGAL BERDASARKAN DATA CPT PADA PEMBANGUNAN GEDUNG BARU UNISKA HANDIL BAKTI KABUPATEN BARITO KUALA Akhmad Gazali; Muhammad Gunawan Perdana; Tezar Aulia Rachman
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v4i2.6431

Abstract

Pondasi merupakan elemen struktur bangunan bawah tanah yang sangat penting dalam suatu pekerjaan konstruksi bangunan, karena pondasi inilah yang berfungsi sebagai penopang bangunan dan meneruskan beban yang berasal dari berat bangunan itu sendiri dan beban yang bekerja pada bangunan ke lapisan tanah disekitarnya yang cukup kuat daya dukungnya. Selain itu, menyangkut masalah ketahanan bangunan tergantung pada jenis pondasi yang akan digunakan. Salah satu jenis pondasi yang sering digunakan untuk bangunan tinggi adalah pondasi tiang pancang. Pondasi tiang pancang atau disebut juga pondasi dalam dipergunakan untuk konstruksi beban berat (high rise building). Tujuan dari Penelitian ini untuk menghitung nilai daya dukung ultimit teoritis dan daya dukung ijin teoritis tiang pancang tunggal berdasarkan data Cone Penetration Tests (CPT), selanjutnya membandingkan hasil daya dukung ultimit teoritis dan daya dukung ijin teoritis tiang pancang tunggal dengan beberapa metode. Metodologi pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, pengambilan data dari pihak proyek serta melakukan studi literatur ke perpustakaan. Pada perhitungan daya dukung tiang pancang tunggal dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu metode Meyerhof dengan metode Price & Wardle. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh kapasitas daya dukung ultimit pondasi mini pile menggunakan Metode Mayerhoff sebesar Qu1 = 188,82 ton pada sondir 1 (S-1), Qu2 = 214,62 ton pada sondir 2 (S-2) dan Qu3 = 230,95 ton pada sondir 3 (S-3). Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan kapasitas daya dukung ultimit pondasi mini pile menggunakan Metode Price & Wardle sebesar Qu1 = 347,72 ton pada sondir 1 (S-1), Qu2 = 433,18 ton pada sondir 2 (S-2) dan Qu3 = 487,29 ton pada sondir 3 (S-3).Kata Kunci: Daya Dukung Ultimit, Pondasi Tiang Pancang, CPT, Kabupaten Barito Kuala
KAPASITAS TERPASANG ALAT BONGKAR MUAT PELINDO III CABANG SAMPIT Muhammad Aqli Muziannur; Robby Robby; Elvina Elvina
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v4i2.6422

Abstract

Pelabuhan Bagendang Cabang Sampit merupakan pelabuhan kelas III di bawah pengelolaan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). Berdasarkan data dari Pelindo III pada semester I tahun 2019, Pelabuhan Bagendang sudah disandari 100 unit kapal yang setara dengan kapasitas kapal dengan 389.892 grosston  dengan arus peti kemas mencapai 29.943 TEUs. Kapasitas terpasang peralatan adalah kemampuan peralatan menangani kegiatan bongkar muat peti kemas, baik dari/ke kapal maupun menyusun peti kemas di lapangan penumpukan. Dalam proses bongkar muat diperlukan peralatan-peralatan untuk menunjang kegiatan bongkar muat tersebut. Pada tahun 2025 arus bongkar muat box petikemas yaitu 60.662 Box atau dalam 57.866 Teus. Pada tahun 2030 arus bongkar muat box petikemas yaitu 67.942 Box atau dalam 64.231 Teus. Pada tahun 2035 arus bongkar muat box petikemas yaitu 75.222 Box atau dalam 70.596 Teus. Pada tahun 2040 arus bongkar muat box petikemas yaitu 82.502 Box atau dalam 76.961 Teus.Kata Kunci : Bongkar Muat, Kapasitas Terpasang, Peti Kemas, Teus
PENGARUH PENAMBAHAN PASIR TERHADAP NILAI DAYA DUKUNG TANAH LEMPUNG TUMBANG RUNGAN Junior Apik Pasaribu; Fatma Sarie; Okrobianus Hendri
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v4i2.6409

Abstract

Konstruksi jalan di Tumbang Rungan mengalami penurunan yang diakibatkan kondisi tanah yang menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat fisik dan karakteristik tanah lempung Tumbang Rungan, mengetahui nilai CBR tanah sebelum dan sesudah dicampurkan dengan pasir. Penelitian ini dilakukan di laboratorium, untuk memperoleh kepadatan kering maksimum dan kabar air opyimum. Benda uji tanah lempung dicampur pasir dengan persentase 5%, 10% dan 15%, selanjutnya dilakukan pengujian. Untuk hasil penelitian didapatkan kadar air optimum mengalami kenaikan dari kadar air tanah asli 34,00% menjadi 34,30% untuk campuran pasir 5%, 35,5% untuk campuran pasir 10%, 35,20% untuk campuran pasir 15% dan kepadatan kering maksimum tanah mengalami peningkatan dari kepadatan kering maksimum tanah asli 1,212 gr/cm³ menjadi 1,226 gr/cm³ untuk campuran pasir 5%, 1,238 gr/cm³ untuk campuran pasir 10%, 1,248 gr/cm³ untuk campuran pasir 15%. Untuk hasil CBR yang didapatkan mengalami kenaikan dari berat isi kering 95% tanah asli 1,152 gr/cc menjadi 1,164 gr/cc untuk campuran pasir 5%, 1,176 gr/cc untuk campuran pasir 10% dan 1,186 gr/cc untuk campuran pasir 15%. Setelah data CBR didapatkan dilakukan perhitungan daya dukung. Diperoleh hasil perhitungan daya dukung tanah sebagai berikut untuk tanah asli 3,31 kg/cm², untuk campuran pasir 5% 4,70 kg/cm², untuk campuran pasir 10% 4,85% dan untuk campuran 15% 4,92 kg/cm². Kenaikan tertinggi didaya dukung tanah asli dan campuran 15%.Kata Kunci: Tanah Lempung, Kadar Air Optimum, Kepadatan Kering Maksimum, CBR, Daya Dukung
KAJIAN LALU-LINTAS DI PERLINTASAN SEBIDANG RESMI TIDAK DI JAGA JALAN RAYA BEJI DAN JALAN YONKAV KABUPATEN PASURUAN Dhina Setyo Oktaria; Frice Lahmuddin Desei; Arief Darmawan
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v4i2.6436

Abstract

Perlintasan sebidang yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan permasalahan. Kabupaten Pasuruan di Jalan Yonkav arah Beji dan Bangil serta Jalan Raya Beji arah Surabaya dan Pasuruan terdapat perlintasan resmi tidak dijaga yang dari tahun 2019 s.d 2021 terjadi beberapa kecelakaan lalu-lintas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui arus lalu-lintas di perlintasan sebidang tidak resmi dijaga jalan raya beji dan jalan yonkav sehingga dapat memberikan masukan untuk pembuat kebijakan dalam mengurangi terjadinya kecelakaan lalu-lintas di lokasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Survei dilakasanakan pada pagi hari pukul 06.00 s.d 10.00, siang hari pukul 10.00 s.d 14.00 dan sore hari pukul 14.00 s,d 16.00. Hasil penelitian didapatkan bahwa untuk Jalan Raya Beji arah Pasuruan pagi hari jumlah kendaraan total 866,8 smp/jam dengan V/C sebanyak 0,58 dan nilai LOS di level C. Jalan Raya Beji arah Surabaya paling padat pada pagi hari jumlah kendaraan total 1053 smp/jam dengan V/C sebanyak 0,70 dan LOS di level C. Jalan Yonkav arah Bangil dan Beji untuk LOS  pagi, siang ataupun sore berada di Level A dan di peroleh solusi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.Kata Kunci: Perlintasan sebidang resmi tidak dijaga, Keselamatan, Jalan Yonkav, Jalan Raya Beji
PENGARUH PENAMBAHAN AIR TERHADAP KUAT GESER DAN DAYA DUKUNG TANAH LEMPUNG Ditha Kurnia; Fatma Sarie; Suradji gandi
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v4i2.6427

Abstract

Semua beban konstruksi seperti jalan dan gedung diteruskan ke dalam tanah, sehingga kuat daya dukung tanah sangat berperan penting untuk mendirikan sebuah konstruksi diatasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan air terhadap kuat geser dan daya dukung tanah lempung. Dalam penelitian ini menggunakan metode  eksperimental, dan analitikal. Dari hasil pengujian kuat geser langsung (Direct Shear) terhadap nilai kuat geser dan daya dukung tanah asli yang dikeringkan 6 jam didapat nilai kuat geser (τ) tertinggi 0,288 kg/cm2, sudut geser 25˚, kohesi (c) 0,230 kg/cm2, dengan persentase sebesar 13,83%  sedangkan untuk nilai daya dukung tanah didapat nilai qult = 6,94 kg/cm2, dan nilai qijin = 2,31 kg/cm2. Setelah penambahan pada campuran tanah asli + 5% air didapat nilai kuat geser (τ) sebesar 0,198 kg/cm2, sudut geser 19˚, kohesi (c) 0,150 kg/cm2 sedangkan untuk nilai daya dukung  tanah didapat nilai qult = 3,64 kg/cm2, dan nilai qijin = 1,21 kg/cm2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penambahan air memberikan pengaruh terhadap nilai kuat geser dan daya dukung pada tanah lempung. Kata Kunci: Kuat Geser, Daya Dukung, Tanah Lempung

Page 1 of 4 | Total Record : 36