cover
Contact Name
Veta Lidya Delimah Pasaribu
Contact Email
Vethalidya@gmail.com
Phone
+6285880118922
Journal Mail Official
jurnalsemarak.unpam@gmail.com
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL SeMaRaK
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 26156849     EISSN : 26223686     DOI : 10.32493/smk
Jurnal SeMaRaK : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Juni dan Oktober oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Februari tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian pada bidang ekonomi. Lingkup Jurnal SeMaRaK Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang meliputi penelitian pemasaran, sumber daya manusia dan keuangan.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Semarak" : 11 Documents clear
Efektifitas Progam Kartu Prakerja Dalam Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia Wahyudi, Sigit; Wiliana, Andris; Kasidi, David
JURNAL SeMaRaK Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Semarak
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v6i2.32273

Abstract

Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan program kartu Prakerja guna menekan meningkatnya angkapengangguran terbuka dikarenakan angka angkatan kerja yang meningkat juga dikarenakan oleh wabahCovid-19, dari hal tersebut maka perlu diuji keefektivitasan program kartu prakerja dalam berperanmenyerap tenaga kerja. Pada penelitian ini menggunakan metode yaitu kuantitatif eksplanatori. Populasipada penelitian ini menggunakan data pada setiap provinsi di Indonesia sejumlah 514 Kabupaten/Kota,masing-masing variabel pada periode tahun 2017 hingga 2021 dari satu data Kementrian KetenagakeerjaanRepublik Indonesia. Pada hasil penelitian diketahui bahwa Angkatan kerja berpengaruh terhadappengangguran terbuka sebesar 25% serta program Kartu Prakerja yang bertujuan penyerapan tenaga kerjateruji positif yakni menunjukan keefektifitasan sebesar 14% .Kata Kunci: Angkatan Kerja, Pengangguran Terbuka, Kartu Prakerja.
Pengaruh Disiplin Kerja Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Ganda Mady Indotama Jakarta Selatan Kurniawan, Prasetyo
JURNAL SeMaRaK Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Semarak
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v6i2.32278

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan pelatihan kerja terhadapkinerja karyawan pada PT Ganda Mady Indotama Jakarta Selatan. Metode penelitian yangdigunakan adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 61 responden,yang merupakan karyawan dari PT Ganda Mady Indotama. Teknik pengambilan sampelmenggunakan teknik Probability Sampling (Simpel Random Sampling) dan Non-ProbabilitySampling (Sampling Kuaota). Analisis dalam penelitian ini menggunakan program softwareSPSS (Statistical Package for Social Science) versi 26.0. Sedangkan teknik analisismenggunakan analisis adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas,uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi), uji regresi linear berganda, ujikoefisien korelasi berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis, yaitu uji t (uji parsial)dan uji F (uji simultan). Hasil dari uji t disiplin kerja terhadap kinerja menunjukan nilai thitung >ttabel nilai dan signifikan < 0,05, yaitu 1,743 > 1,671 dan nilai signifikan yaitu 0,037 < 0,05maka dapat disimpulkan bahwa H01 ditolak dan Ha1 diterima, yang berarti terdapat pengaruhdisiplin kerja terhadap kinerja karyawan secara parsial. Pada hasil uji t pelatihan kerja terhadapkinerja karyawan menunjukan nilai thitung > ttabel nilai signifikan < 0,05, yaitu 3,978 > 1,671 dannilai signifikan yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H02 ditolak dan Ha2 diterima,yang berarti terdapat pengaruh pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan secara parsial danhasil uji F disiplin kerja dan pelatihan kerja secara simultan terhadap kinerja karyawanmenunjukan nilai Fhitung > Ftabel nilai signifikan < 0,05, yaitu 60,317 > 2,77 dan nilai signifikanyaitu 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H03 ditolak dan Ha3 diterima, yang berartiterdapat pengaruh disiplin kerja dan pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan secara simultan.Berdasarkan hasil koefisien determinasi menunjukan nilai Adjusted R Square sebesar 0,664 atau66,4%. Hal ini berarti, pada variabel Disiplin Kerja (X1) dan variabel Pelatihan Kerja (X2)mampu menjelaskan besaran pengaruh terhadap variabel Kinerja Karyawan (Y) yaitu sebesar66,4%, sedangkan sisanya sebesar 33,6% dapat dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel-variabel lain.Kata kunci: Disiplin Kerja, Pelatihan Kerja, Kinerja Karyawan
Strategi Pemerintah Desa Alam Mengangkat Potensi Desa Wisata Jogorogo Dikecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi Imron, Muhammad Khoirul; Handoko, Waskhito Dwi
JURNAL SeMaRaK Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Semarak
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v6i2.32274

Abstract

Penelitian ini mangulas Jogorogo ialah salah satu obyek darmawisata alam yang terletak di KabupatenNgawi persisnya di Dusun Jogorogo Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi. Energi raih pentingdarmawisata ini merupakan panorama alam alam yang adem. Hasil riset ini membuktikan kalau( 1).Dibantu oleh pepohonan yang rimbun di dekat obyek darmawisata ialah energi raih tertentu untuk turis.Kemampuan Alam yang sedang asli serta bagus yang dibantu dengan atmosfer pedesaan membagikanhawa yang adem serta bersih membuat aman untuk wisatawan. Dengan terdapatnya pepohonan dengankepadatan vegetasi yang beraneka ragam dan area pedesaan yang dipunyai Obyek DarmawisataJogorogo jadi amat mendesak dalam pengembangan serta jadi karakteristik dan kelebihan tertentu untukObyek Darmawisata Jogorogo.( 2). Akibat yang dialami area dekat dari Darmawisata Jogorogo antaralain membuka alun- alun profesi semacam berbisnis, juru parkir serta pengawal kartu. Nyaris seluruhmasyarakat mensupport kepada pengembangan darmawisata alam dengan itu dapat tingkatkanperekonomian warga Dusun Jogorogo itu ialah kemampuan darmawisata alam yang dapat bertumbuhserta dibesarkan hendak namun seluruh menginginkan pendanaan yang mencukupi dan sokongan wargasetempat mengenai berartinya pariwisata. Riset ini memakai pendekatan deskriptif kualitatif, Seluruhturis melaporkan kalau energi raih darmawisata merupakan pemandangan alam yang natural( 100persen), nyaris seluruh turis melaporkan mau balik bertamu ke darmawisata Jogorogo.Keywords : Strategi, Potensi Desa Desa wisata.
Pengaruh gaya Kepemimpinan Dan Disiplin kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian Dan Perdaganngan Kota Tangerang Selatan Syamsuddin, Rahmi Andini; Pratama, Angga
JURNAL SeMaRaK Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Semarak
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v6i2.32279

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan dan disiplin kerja terhadapkinerja Pegawai pada Dinas perindustrian dan Peragangan Kota Tangerang selatan.. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif. Teknik pengambilan sampeldalam penelitian yang berjumlah 62 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, ujireliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisiendeterminasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Kepemimpinan (X1) dan disiplin kerja(X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Pegawai (Y) dengan diperolehpersamaan regresi Y = 11,486 + 0,334X1 + 0,174X2. . Nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar0,787 artinya variabel bebas dan variabel terikat memiliki hubungan yang kuat. Nilai koefisiendeterminasi atau kontribusi pengaruhnya secara simultan sebesar 61,9% . Uji hipotesis secaraparsial diperoleh angka Kepemimpinan sebesar t hitung > t tabel atau (7,506 > 2,001). Dengandemikian Ho1 ditolak dan Ha1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antaraKepemimpinan terhadap kinerja Pegawai. Disiplin kerja sebesar t hitung > t tabel atau (79,119> 2,001) Dengan demikian Ho2 ditolak dan Ha2 diterima, artinya terdapat pengaruh yangsignifikan antara disiplin kerja terhadap kinerja Pegawai. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > Ftabel atau (47,965 > 3,15). Dengan demikian maka Ho3 ditolak dan Ha3 diterima, artinya terdapatpengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara Kepemimpinan dan disiplin kerjaterhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang Selatan.
Pengaruh Stres Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Karyawan Sebagai Variabel InterveningPengaruh Stres Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Karyawan Sebagai Variabel Intervening Kertiriasih, Ni Nengah Rupadi; Sariani, Ni LUH Putu
JURNAL SeMaRaK Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Semarak
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v6i2.32270

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan,(2) Pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan, (3) pengaruh stres kerja terhadap kepuasankerja karyawan, (4) pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan, (5) pengaruhkepuasan kerja karyawan terhadap kinerja karyawan, (6) pengaruh stres kerja terhadap kinerjakaryawan melalui kepuasan kerja karyawan, dan (7) pengaruh kompensasi terhadap kinerjakaryawan melalui kepuasan kerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PTFederal International Finance (FIF) Cabang Kediri Tabanan menggunakan non-probabilitysampling jenuh dalam pengambilan sampel dengan jumlah responden 30 karyawan. TeknikAnalisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan(1) stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (2) kompensasiberpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (3) stress kerja berpengaruhnegatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, (4) kompensasi berpengaruh positifdan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, (5) kepuasan kerja karyawan berpengaruhpositif signifikan terhadap kinerja karyawan, (6) stres kerja berpengaruh negatif dan signifikanterhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja, dan (7) kompensasi berpengaruh positif dansignifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Saran yang dapat peneliti berikanadalah Manajemen lebih memperhatikan stress kerja karyawan dengan meningkatankompensasi yang diberikan sehingga akan menimbulkan rasa kepuasan karyawan yangberdampak pada peningkatana kinerja sehingga karyawan mampu mencapai target yangdiberikan.Kata kunci: Stress Kerja, Kompensasi, Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja Karyawan
Manajaemen Proses Bisnis Yang Efektif dan Efisien Terhadap Eksistensi New Company Maulinda, Maulinda
JURNAL SeMaRaK Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Semarak
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v6i2.32275

Abstract

Dengan manajemen, manusia mampu memahami kelebihan dan kekurangan yang ada pada diriseseorang. Sehingga manusia mampu mengendalikan bagaimana alur kehidupan yang akandijalani. Dalam menjalani sebuah kehidupan, manusia memiliki banyak cara untuk mencapaitujuan hidupnya dan hanya dengan bekerja keras tujuan tersebut. manajemen proses bisnisadalah seni dan ilmu untuk mengawasi bagaimana pekerjaan dilakukan dalam suatu organisasiuntuk memastikan hasil yang konsisten dan untuk memanfaatkan peluang-peluang. perusahaanmengutamakan unsur laba sebagai unsur yang mutlak, tetapi pengertian pekerjaan, unsur labatidak merupakan unsur mutlak, jadi dasar-dasar perbuatan yang dilakukan bagi suatu pekerjaantidak untuk mencari laba, tetapi mencari penghasilan yang dilakukan atas dasar tuntutan hidup,perikemanusiaan dan agama.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasam Pelanggan Pada PT.BFI Finance TBK Cabang BSD Di Kota Tangerang Selatan Septiani, Fauziah; ., Hastono; Virby, Shelby; Helisa, Ferdina
JURNAL SeMaRaK Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Semarak
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v6i2.32280

Abstract

Sekolah berperan selaku sebuah lembaga organisasi memang memiliki budaya organisasi yangPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas pelayanan dan Promosi secara parsialmaupun simultan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. BFI Finance Indonesia Tbk cabang BSD diKota Tangerang Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiankuantitatif. populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pelanggan PT. BFI Finance IndonesiaTbk cabang BSD di Kota Tangerang Selatan. Sampel yang digunakan oleh penulis dalam penelitianini berjumlah 99 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahdata primer. Data primer yang diambil adalah hasil kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwaKualitas Pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggandimana diperoleh t hitung > t tabel atau (14,623 > 1,984) Hal tersebut juga diperkuat dengan nilai ρvalue < Sig.0,050 atau (0,000 < 0,050). Promosi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadapKepuasan Pelanggan dimana diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (17,758 > 1,984). Hal tersebut jugadiperkuat dengan nilai ρ value < Sig.0,050 atau (0,000 < 0,050).. Kualitas Pelayanan dan Promosimemiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dimana diperoleh nilai Fhitung > F tabel atau (119,715 > 3,090), hal ini juga diperkuat dengan ρ value < Sig.0,050 atau (0,000< 0,050).Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Pelanggan.
Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perbankan Syariah Pada Bank Syariah BUMN Hendra, Dede; ., Amiruddin; Saputra, Heri
JURNAL SeMaRaK Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Semarak
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v6i2.32271

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja BUMN Perbankan Syariah(BUMN) yaitu Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Negara Indonesia Syariah (BNIS) danBank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS) serta membandingkan kinerja keuangan masing-masing seperti yang diukur. dengan rasio keuangan seperti rasio likuiditas diukur denganrasio lancar (CR), rasio aktivitas diukur dengan total perputaran investasi (TATO), rasiosolvabilitas diukur dengan rasio utang (DAR) dan rasio utang (DER ) dan rasio profitabilitasdiukur dengan net profit margin (NPM), Return on Investments (ROA) dan Return on Equity(ROE). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif,metode pengumpulan datanya adalah studi dokumentasi dan kepustakaan. Perangkat dasardari penelitian ini adalah laporan laba rugi dan neraca, sampel penelitian ini adalah dari limatahun atau periode 2016-2020. Metode analisis data adalah dengan membandingkan setiaphubungan dari masing-masing variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai CRmasing-masing bank adalah BSM 679,85%, BNIS 491,01 dan BRIS 453,45%, yang berartinilai CR terbaik adalah BSM, diikuti oleh BNIS ketiga BRIS dan semua hubungan ini masihrelatif sehat. . , skor TATO terbaik pertama tahun 2016-2020 adalah BNIS dengan skor rata-rata 0,0869, peringkat kedua BRIS dengan skor rata-rata 0,0841 dan skor BSM terbaik ketigadengan skor rata-rata 0,0772, skor DAR tahun 2016-2020 adalah BRIS terbaik, kedua BNISdan ketiga BSM. Skor DER masing-masing bank pada periode 2016-2020 menunjukkanBRIS lebih baik dari dua bank lainnya dan dua BNIS, kemudian tiga BSM dan skor NPMterbaik pertama BNIS, kedua BSM dan ketiga BRIS ROA terbaik pertama adalah BNIS,kedua BSM, dan ketiga BRIS. Nilai ROE yang pertama adalah BNIS, yang kedua adalahBSM, dan yang ketiga adalah BRIS.Kata Kunci: CR, TATO, DAR, DER, NPM, ROA, ROE dan Kinerja Keuangan
Pengaruh Harga,Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Yang Berdampak Pada Kepuasan Pelanggang Pada PT.Hotel Kartika Chandra Jakarta Yusuf, Ade; ., Liawati; Putri, Aldila Rahma
JURNAL SeMaRaK Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Semarak
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v6i2.32276

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi secara parsialmaupun secara terhadap keputusan menginap pada PT. Hotel Kartika Chandra ..Metode yang digunakan adalah explanatory research, dan pengujian hipotesis. Denganteknik survei, menyebar kuesioner dengan skala Likert. Teknik penentuan memakai samplingjenuh dengan 60 responden.Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferesialyaitu: 1.Uji Validitas dan Reliabilitas, 2.Analisis Regresi Berganda, 3.Analisis KoefisienDeterminasi (R2), 4.Pengujian Hipotesis dengan Uji Parsial (uji t) dan Uji Simultan (uji F).Hasil Pengujian dan analisisnya adalah sebagai berikut :Terdapat pengaruh signifikanantara harga terhadap keputusan menginap dengan signifikansi t 0,000.Terdapat pengaruhsignifikan antara promosi terhadap keputusan menginap dengan signifikansi t 0,000.Terdapatpengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan menginap dengansignifikansi t sebesar 0,000.Terdapat pengaruh signifikan antara harga, promosi dan kualitaspelayanan secara simultan terhadap keputusan menginap dengan signifikan F sebesar 0,000.Terdapat pengaruh signifikan antara keputusan menginap terhadap kepuasan pelanggan,dengan signifikansi t sebesar 0,000.
Pengaruh Stres Belajar Dan Beban Belajar Terhadap Kepuasan Belajar Siswa Pada SMK Bina Harapan Ciseeng, Bogor. Dewi, Kartika Sari; Indraswari, Tuti; Lestyadi, Ayu Puspa
JURNAL SeMaRaK Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Semarak
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v6i2.32272

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Stres Belajar dan BebanBelajar terhadap Kepuasan Belajar Siswa pada SMK Bina Harapan Ciseeng,BogorMetode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kuantitatif serta data yang didapatkandengan cara menyebar kuesioner pada murid SMK Bina Harapan. Sampel pada penelitian ini adalahmurid SMK Bina Harapan kelas XI jurusan akuntansi sebanyak 105 siswa. Analisa data menggunakanuji asumsi klasik. Pengujian hipotesis menggunakan metode regresi linier berganda dan memakaiSPSS.Hasil dari uji hipotesis adalah: hasil uji validitas yaitu r hitung > rtabel (1,000 > 0,192) makadapat disimpulkan bahwa semua variabel dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas pada variabel stresbelajar sebesar 0,736, variabel beban belajar sebesar 0,737 dan variabel kepuasan belajar siswa sebesar0,740 maka dapat dikatakan reliabel. Variabel stres belajar berpengaruh positif terhadap kepuasanbelajar siswa, dimana diperoleh nilai t hitung > t tabel (1,941 > 1,659) dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05).Beban belajar memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan belajar siswa yakni diperoleh nilai t hitung> t tabel (1,823 > 1,689) dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Stres belajar dan beban belajar secara simultanmemiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan belajar siswa di SMK Bina Harapan Ciseeng, dimanahasil nilai F hitung sebesar 22,386 dan nilai probabilitas (sig) = 0,000. Hasil nilai F hitung yaitu sebesar22,386 > 3,09 (F tabel) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.Kata Kunci : Stres Belajar, Beban Belajar, Kepuasan Belajar Siswa

Page 1 of 2 | Total Record : 11