cover
Contact Name
Iin Maulina
Contact Email
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Phone
+6282154724037
Journal Mail Official
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
Jalan Ahmad Yani No.111 Pontianak - 78124 Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23380535     EISSN : 25409913     DOI : 10.29406/jepaud
Core Subject : Education,
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini" : 9 Documents clear
HUBUNGAN PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN POLA KONSUMSI DENGAN STATUS GIZI ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATFAL JAMIATUL KHAIR PONTIANAK ., Rahmiyah; Budiastutik, Indah; ., Sutrisno
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.438 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v3i2.606

Abstract

Latar belakang dalam peneltian ini adalah maraknya makanan cepat saji dan  instant yang sering menjadi menu bekal anak disekolah. Berdasarkan hasil survei pendahuluan 62% anak membawa bekal chiki-chiki disekolah, 11% membawa sosis dan nugget, 37% membawa nasi kuning. Berdasarkan data perkembangan anak bulan Desember 2013 dengan proporsi dari 34 anak 11% memiliki berat badan 14 kg, 9% dengan berat badan 15 kg, 11% dengan berat badan 16 kg. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan peran guru dan peran orang tua dalam pelaksanaan pola konsumsi dengan status gizi anak usia dini. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan cross sectional terhadap 33 orang tua beserta 6 guru dengan teknik sampling jenuh. Variabel yang diukur adalah peran guru dengan status gizi dan peran orang tua dengan status gizi. Uji statistik menggunakan Chi Square dengan taraf kepercayaan 5 % dan rumus korelasi product moment dengan taraf signifikansi 2 tailled. Hasil analisis bivariat menggunakan rumus korelasi product moment menunjukkan ada hubungan  peran guru dengan status gizi anak usia 5-7 tahun nilai p value= 0,401 dengan nilai kekuatan korelasi sedang dan ada hubungan yang bermakna antara peran orang tua dengan status gizi anak usia 5-7 tahun dengan nilai p value 0,012. Kesimpulan dari penelitian ini adalah status gizi dan pola konsumsi anak akan meningkat baik apabila peran guru dan peran orang tua saling bekerjasama. Kata Kunci : peran guru, orang tua, status gizi anak usia 5-7 tahun. 
PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA FINGERPUPPETS TERHADAP KONSUMSI BUAH DAN SAYURPADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA PONTIANAK BARAT Destiyani, Cahya
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.538 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v3i2.289

Abstract

Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Perencanaan edukasi gizi menggunakan media finger puppets terhadap konsumsi buah dan sayur pada anak kelompok A Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Pontianak Barat. 2) Pelaksanaan edukasi gizi menggunakan media finger puppets terhadap konsumsi buah dan sayur pada anak kelompok A Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Pontianak Barat. 3) Pengaruh edukasi gizi menggunakan media finger puppets terhadap konsumsi buah dan sayur pada anak kelompok A Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Pontianak Barat. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan eksperimen. Sumber data dalam penelitian adalah anak kelompok A dengan menggunakan “Pre-Experimental Design” dengan rancangan penelitian “One-Group Pretest-Posttest Design”. Teknik pengumpulan data dengan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu perhitungan dengan menggunakan rumus uji t, dapat diketahui rata-rata pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian berdasarkan pre-test dan post-test dengan hasil melalui program SPSS dengan hasil t hitung kelompok eksperimen (-5,036) dan t tabel (2,228) dan α = 0,05, maka t hitung (-5,036) ≤ 2,228 t tabel maka Ha ditolak dan Ho diterima. Jadi kesimpulannya edukasi gizi menggunakan media finger puppets tidak berpengaruh yang signifikan terhadap konsumsi buah dan sayur pada anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Pontianak Barat.Kata kunci: Edukasi Gizi, Media Finger Puppets, Konsumsi Buah Dan Sayu
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MICROSOFTPOWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK LABORATORIUM MODEL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK ., Nuriani; Somantri, Elin B.; ., Sutrisno
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.609 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v3i2.605

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif anak kurang optimal.Hal ini dapat terlihat dari ketika anak melakukan kegiatan pembelajaran anak masih belum bisa mengenal, menghubungkan dan mengelompokkan benda. Anak dalam mengenal benda maupun mengenal suatu kejadian harus selalu dibimbing oleh guru. Hal ini dikarenakankarena media yang digunakan hanya berupa media gambar dan buku paket saja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantiitatif. Bentuk penelitian adalah Pre Experimental Designmenggunakanone-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengukuran, dan teknik dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisis keseluruhan data digunakan analisis uji t melalui program SPSS 2.Lokasipenelitianinidilakukandi Taman Kanak-kanakLaboratorium Model UniversitasMuhammadiyah Pontianak. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak kelas TK B yang berjumlah 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak meningkat secara signifikan. Berdasarkan hasil datadengan perhitungan uji-t dengan hasil sebelum dan sesudah perlakuan adalah t-hitung sebesar 10,488 dengan tingkat sig.(2 tailed=0.000 makanilai t-tabel= 2,120pada taraf signifikasi α=0,05).  Berdasarkan hipotesis penelitian yang sudah dijelaskan bahwa t-hitung ≥t-tabel maka Ha diterima sedangkan Ho ditolak  Jadi kesimpulan yang dapat diambil dari nilai tersebut yaitu ada pengaruh penggunaan media Microsoft PowerPoint terhadap kemampuan kognitif anak.Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Microsoft PowerPoint.
PENDAMPINGAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TAMAN KANAK-KANAK AL-MADANI PONTIANAK TENGGARA Lestari, Dian Dwi; ., Mawardi; Jati, Sri Nugroho
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.591 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v3i2.598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pendampingan yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus di Taman Kanak-kanak Al-Madani Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (a) gaya yang dilakukan guru dalam proses pendampingan yaitu menggabungkan dari ketiga gaya pendampingan otoriter, permisif dan demokratis (b) layanan yang diberikan oleh guru yaitu untuk menstimulasi potensi yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus tersebut (c) hambatan yang sering temui guru pada saat melakukan pendampingan ialah oleh kurikulum dan fasilitas yang ada disekolah (d) solusi yang diberikan untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu melakukan kerja sama dengan pihak-pihak yang dapat membantu guru dalam proses pendampingan seperti: Kepala Sekolah, Yayasan, Dokter dan Psikolog. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya pendampingan yang dilakukan guru kelas B2 sudah cukup baik, layanan yang diberikan guru yaitu dengan memperlakuan anak secara hangat, lembut, tidak berkata kasar, dan melakukan penyesuaian diri terhadap anak, hambatan yang ditemui guru saat melakukan pendampingan yaitu  bersumber dari anak dankurikulum. Kata Kunci: Pendampingan, Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) 
PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SASANA BALITA PUSPITA PONTIANAK Hesti, Dede; ., Sudarti; Somantri, Elin B.
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.243 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v3i2.601

Abstract

Tujuan penelitian 1) Perencanaan  pembelajaran sains dalam mengembangkan  kemampuan matematika Anak Usia 4-5 Tahun, 2) Penerapan pembelajaran sains dalam mengembangkan kemampuan matematika Anak Usia 4-5 Tahun, 3) Evaluasi pembelajaran sains dalam mengembangkan kemampuan matematika Anak Usia 4-5 Tahun.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini 1) perencanaan pembelajaran sains dalam mengembangkan kemampuan matematika anak, perencanaannya adalah: guru menyiapkan RKH, LKS, materi yang akan disampaikan, media, lembar penilaian anak dan setting kelas. 2) Pelaksanaan pembelajaran, kegiatan awal guru dan anak melakukan kegiatan senam pagi, kegiatan inti pertama-tama anak diminta untuk mengerjakan kegiatan matematika yang berhubungan dengan sains seperti pengelompokkan warna dari balok warna dari kayu, mengurutkan daun yang berukuran kecil ke besar dan lain-lain, 3) Evaluasi penerapan pembelajaran sains dalam mengembangkan kemampuan matematika anak, yaitu dengan metode tanya jawab dan metode menceritakan kembali atas materi yang telah dipelajari. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sains secara nyata, dapat meningkatkan kemampuan matematika anak.Kata Kunci: Pembelajaran Sains, Motivasi Belajar Matematika pada Anak
PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN MIKRO DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK IDHATA KECAMATAN SEMPARUK Febrina, Heldea; ., Mawardi; ., Sutrisno
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.213 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v3i2.602

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perkembangan sikap toleransi anak setelah diterapkan metode bermain peran mikro di Taman Kanak- kanak Idhata. Kecamatan Semparuk. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian adalah 1) persiapan guru dalam mengajarkan sikap toleransi pada anak membuat rencana kegiatan harian dengan panduan permen 58 sebagai acuan agar terlaksananya rencana pembelajaran, membagi kelompok masing- masing anak,menyiapkan bahan media. 2) pelaksanaan metode bermain peran mikro dapat mengembangkan sikap toleransi pada anak melalui boneka tangan dan bercerita, menumbuhkan rasa toleransi dalam keseharian anak-anak bersosialisasi, berinteraksi dengan baik terhadap temannya, dan mampu menerima pembelajaran yang menarik. 3) evaluasi metode bermain peran mikro dalam mengembangkan sikap toleransi pada anak menanyakan kegiatan pembelajaran pada anak, saat bermain guru mengetahui perkembangan yang terjadi pada anak saat berkomunikasi sesama temannya, memberikan pengalaman yang baik pada anak. Saran untuk guru di Taman Kanak- kanak Idhata Kecamatan Semparuk harus menggunakan media bermain peran mikro guru sebagai pelaksana pembelajaran seperti media yang digunakan harus menarik dan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan. Untuk sekolah seharusnya membuat program pengamalan nilai- nilai secara tertulis disetiap pembelajaran dan menunjang aspek perkembangan anak.Kata kunci: Metode Bermain Peran Mikro, Mengembangkan Sikap Toleransi
PENGARUH PERMAINAN SNOWBALL DRILLING TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMANKANAK-KANAKLABORATORIUM MODEL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK Purnama, Lili Arlia; ., Sutrisno; ., Diana
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.561 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v3i2.603

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :  1) kecerdasan kinestetik anak sebelum permainan snowball drilling anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Laboratorium Model Universitas Muhammadiyah Pontianak, 2) kecerdasan kinestetik anak setelah permainan snowball drillinganak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Laboratorium Model Universitas Muhammadiyah Pontianak, 3) Pengaruh permainan snowball drilling terhadap kecerdasan kinestetik anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Laboratorium Model Universitas Muhammadiyah Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan bentuknya eksperimen pre experimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Berdasarkan data pretest dan posttest maka dapat dilakukan perhitungan dengan uji-t melalui program SPSS 17 dengan hasil kecerdasan kinestetik anak yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan adalah t-hitung sebesar 29.000dengan tingkat Sig. (2 tailed = 0,000 sehingga nilai t-tabel = 2.201 pada taraf signifikasi (α = 0,05), karena t-hitung ≥ t-tabel. Kesimpulan yang dapat diambil dari nilai tersebut yaitu ada pengaruh permainan snowball drilling terhadap kecerdasan kinestetik anak. Kata kunci: Permainan Snowball Drilling, Kecerdasan Kinestetik.
HUBUNGAN INTERAKSI SOSIALTEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU SOSIAL ANAK DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SENTOSA PONTIANAK KOTA ., Regina; ., Sutrisno; ., Muntaha
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.231 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v3i2.607

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih terdapat di antara siswa yang memiliki perilaku sosial tidak sesuai dengan yang diharapkan diantaranya, ada anak yang masih suka menyendiri, tidak bisa mengendalikan tindakan dan perasaannya, tidak mau berbagi, serta tidak mau bekerjasama. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial teman sebaya dengan perilaku sosial anak di Pendidikan Anak Usia Dini Sentosa Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan medote deskriptif (analisis persentase) dengan bentuk penelitian studi hubungan (interrelationship studies)atau korelasi dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi sosial teman sebaya dengan perilaku sosial anak di Pendidikan Anak Usia Dini Sentosa KotaPontianak. Ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan r hitung = 0,547 lebih besar dari r tabel = 0,325 (0,547 > 0,325), yang dinyatakan Haditerima danH0 ditolak.Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara interaksi sosial teman sebaya dengan perilaku sosial anak di Pendidikan Anak Usia Dini Sentosa KotaPontianak. Kata Kunci: interaksi teman sebaya, perilaku sosial.
PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1 PONTIANAK Oktaviani, Meri; ., Sudarti; Jati, Sri Nugroho
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.297 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v3i2.604

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh metode pembelajaran yang digunakan setiap hari terlihat monoton sehingga perkembangan kognitif anak tidak berkembang secara optimal.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak dengan menggunakanQuantum Learning melalui permainan ular tangga di kelompok B2 Taman Kanak-kanak Aisyiyah Buastanul Athfal 1 Pontianak.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental One Group pretest-Posttest. Lokasi penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Pontianak.Sumber data adalah anak kelompok B2 dan guru kelompok B2.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak meningkat secara signifikan. Dimana jika dilihat nilai -t hitung -5,272 lebih kecil dibanding  -t tabel  -2.074, yang dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Quantum learning melalui permainan ular tangga terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B2 di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Pontianak. Kata kunci: pembelajaranQuantum Learning, ular tangga, perkembangan kognitif

Page 1 of 1 | Total Record : 9