cover
Contact Name
Betty Masruroh
Contact Email
betty.masruroh@um.ac.id
Phone
+6285733562345
Journal Mail Official
jrpf.journal@um.ac.id
Editorial Address
Physics Department Faculty of Mathematics and Science Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No.5, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : 25487183     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development Physics Assessment Theoretical Review
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2019): Mei" : 10 Documents clear
Pengembangan Game Edukasi E-Praktikum Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas XII Monika Adriana Dewi Astutik; Purbo suwasono; Nugroho Adi Pramono
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2019): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.531 KB) | DOI: 10.17977/um058v4i1p64-69

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk menghasilkan produk game edukasi E-Praktikum. Metode penelitian yang digunakan ialah desain pengembangan berbasis multimedia yang dikemukakan oleh Lee dan Owens, tetapi pada tahap implementasi peneliti hanya melakukan uji coba terbatas saja. Produk pengembangan berupa game edukasi dengan materi listrik dinamis ini menyajikan permainan, materi, dan kuis yang memiliki feedback. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kualitatif berupa deskriptif hasil dan teknik kuantitatif berupa hasil perhitungan persentase validasi. Validasi produk pengembangan game edukasi dari segi media diperoleh data persentase skor sebesar 94,2%, validasi dari segi materi diperoleh data persentase skor sebesar 92,7%, sedangkan hasil uji coba produk pada peserta didik diperoleh persentase skor sebesar 88,3 %. Hal ini berarti produk dapat digunakan oleh siswa untuk pembelajaran mandiri. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba produk, disimpulkan bahwa game edukasi larutan penyangga yang telah dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.
Pengaruh Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor Handy Faishal Rahim; Agus Suyudi; Dwi Haryoto
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2019): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.163 KB) | DOI: 10.17977/um058v4i1p1-6

Abstract

Tujuan pada penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor pada kelas XI SMA Laboratorium UM Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian Pretest–Posttest Control Group Design. Pengetahuan awal siswa dan hasil belajar siswa diukur dengan instrumen tes berupa soal uraian. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung (6,683) > ttabel (1,669) pada taraf signifikansi 0,05. Ditinjau dari rerata nilai posttest untuk kelas eksperimen (93,34) lebih tinggi daripada rerata kelas kontrol (85,97). Oleh karena itu, hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol.
Pengembangan E-Book Fisika Berbasis Multi Representasi dengan Corrective Feedback pada Materi Gerak Lurus Kelas X SMA/MA Dwi Kurnia Wati; Edi Supriana; Sulur Sulur
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2019): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (901.113 KB) | DOI: 10.17977/um058v4i1p34-41

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengatahui kelayakan e-book fisika berbasis multi representasi dengan corrective feedback pada materi gerak lurus kelas X SMA. Penelitian ini mengadaptasi model penelitian dan pengembangan Four-D, namun hanya dilaksanakan sampai tahap ketiga yaitu   uji coba terbatas.  E-book yang dihasilkan berupa aplikasi berbasis web yang menyajikan konsep dalam berbagai representasi dan dilengkapi latihan soal multi representasi dengan corrective feedback. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book yang telah dikembangkan memperoleh kriteria valid dengan nilai rata-rata validasi materi 3,90 dan validasi media 3,86. Dari uji kepraktisan produk memperoleh kriteria praktis dengan persentase 97,3%. Dengan demikian produk tersebut telah berhasil dikembangkan dan layak digunakan oleh siswa.
Pengembangan E-Book “Play, Learn, & Adventure” Berbasis Android untuk Siswa Kelas XII SMA/MA Melalui Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Listrik Dinamis Elvina Tri Wulandari; Sulur Sulur; Nugroho Adi Pramono
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2019): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.799 KB) | DOI: 10.17977/um058v4i1p7-12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui tingkat kelayakannya melalui pengembangan e-book “Play, Learn & Adventure” berbasis android untuk siswa kelas XII SMA/MA melalui pendekatan saintifik pokok bahasan listrik dinamis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE, yang diadaptasi oleh Branch. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-book “Play, Learn & Adventure” berbasis android yang telah dikembangkan dan direvisi memiliki kriteria sangat valid atau layak untuk digunakan serta praktis.
Pengembangan Smart Physics Media Berbasis Android pada Materi Medan Magnet untuk Siswa SMA/MA Mustika Gading Pertiwi; Sulur Sulur; Nugroho Adi Pramono
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2019): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.305 KB) | DOI: 10.17977/um058v4i1p42-47

Abstract

Penulisan bertujuan menghasilkan aplikasi “SPM” dan mengetahui kelayakan produk. Metode penelitian menggunakan disain ADDIE (Anylisis, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun sampai tahap implementation. Teknik analisis data yaitu kaulitatif berupa komentar dan kuantitatif berupa nilai rerata validasi. Rerata hasil validasi yaitu 3,42. jadi disimpulkan bahwa penelitian menghasilkan produk aplikasi SPM  dan layak digunakan untuk pembelajaran mandiri.
Pengembangan M-Learning Physics for Fun Berbasis Android pada Materi Listrik Statis untuk Siswa SMA/MA Nunung Intan Sari; Sulur Sulur; Nugroho Adi Pramono
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2019): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.465 KB) | DOI: 10.17977/um058v4i1p13-17

Abstract

Berdasarkan Hasil Ujian Nasional 2018/2029 pencapaian materi listrik statis tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh sumber belajar yang hanya menggunakan buku teks saja, sehingga membuat siswa kurang memahami konsep-konsep fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan M-Learning Physics For Fun berbasis android materi listrik statis untuk siswa SMA/MA.  Desain penelitian menggunakan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan penelitian, yaitu : 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation, namun hanya dilaksanakan sampai tahap keempat yaitu Implementation. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai perhitungan rata-rata 3,70. Hal tersebut menyatakan bahwa M-Learning Physics For Fun berbasis android termasuk dalam kategori sangat valid (layak) dan dapat digunakan sebagai pendukung siswa dalam belajar secara mandiri.
Pengembangan M-UKBM Gerak Melingkar Beraturan (GMB) Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Vina Kuswatun Azizah; Endang Purwaningsih; Edi Supriana
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2019): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.355 KB) | DOI: 10.17977/um058v4i1p48-58

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan, mengetahui kelayakan, mengetahui kepraktisan, dan mengetahui keefektifan Mobile Unit Kegiatan Belajar Mandiri (M-UKBM) Gerak Melingkar Beraturan (GMB) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Rancangan penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah: analysis (analisis), design (mendesain), development (mengembangkan), implementation (melaksanakan), evaluation (menilai). Hasil penelitian menunjukkan bahwa M-UKBM yang dikembangkan termasuk layak dengan nilai rata-rata dari validator sebesar 3,76 dan termasuk praktis dengan nilai rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dari observer sebesar 96,88%, selain itu M-UKBM efektif dengan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai rata-rata peningkatan gain-score siswa sebesar 0,46 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Keefektifan M-UKBM diperkuat dengan nilai effect size sebesar 3,14 yang berarti keterpengaruhan M-UKBM terhadap kemampuan pemecahan masalah sangat kuat.
Pengaruh Guided Inquiry Learning dengan LKS Berbasis TEQ Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Yoga Adi Purwanto; Sulur Sulur; Purbo Suwasono
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2019): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.568 KB) | DOI: 10.17977/um058v4i1p18-25

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing dengan LKS berbasis TEQ terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi gerak lurus. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest – posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 SMA Laboratorium UM Semester Ganjil 2019/2020. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan bahwa rata – rata nilai posttest keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen, yaitu 83,53, lebih tinggi daripada rata – rata nilai posttest keterampilan berpikir kritis kelas kontrol, yaitu 77,56. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing dengan LKS berbasis TEQ lebih tinggi daripada keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menganalisis Materi Suhu dan Kalor Siswa Kelas XI MAN 1 Malang Nur Afifah; Sulur Sulur
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2019): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.958 KB) | DOI: 10.17977/um058v4i1p59-63

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan scientific pada model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan menganalisis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan jenis pretest postest control group design. Metode pengambilan data yaitu dengan menggunakan beberapa instrumen yang telah divalidasi oleh ahli. Teknik pengambilan data yaitu dengan teknik observasi dan soal tes. Uji statistik yang digunakan adalah uji t dengan bantuan SPSS 16.0 dan Microsoft Exel. Dasar pengambilan keputusan dalam penelitian ini yaitu pada uji hipotesis dengan syarat data sebelumnya telah terdistribusi normal dan homogen.  Pada penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kemampuan menganalisis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.
Analisis Kemampuan Mahasiswa Fisika Peserta KPL Berbasis Lesson Study Tahun Ajaran 2019/2020 dalam Mengembangan Strategi Pembelajaran Era Pendidikan 4.0 Septina Putri Bintari; Sugiyanto Sugiyanto
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2019): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.077 KB) | DOI: 10.17977/um058v4i1p26-33

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL berbasis lesson study tahun ajaran 2019/2020 dalam mengembangkan strategi pembelajaran era pendidikan 4.0. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex-postfacto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sumber data diperoleh dari hasil angket, penilaian produk RPP, video pelaksanaan, dan lembar refleksi, serta wawancara. Hasil penelitian kemampuan mahasiswa dalam: (1) merencanakan strategi pembelajaran era pendidikan 4.0 memiliki skor pada hasil analisis angket sebesar 81,8% kategori baik, sementara pada hasil analisis produk RPP yaitu 54,7% dengan kategori tidak baik; (2) melaksanakan strategi pembelajaran era pendidikan 4.0 memiliki skor pada hasil analisis angket sebesar 83,6% kategori baik, sementara pada hasil analisis produk video pembelajaran yaitu 66,8% dengan kategori cukup baik; (3) merefleksi strategi pembelajaran era pendidikan 4.0 berdasarkan hasil analisis angket memiliki skor 86,9% dengan kategori sangat baik. Sedangkan berdasar hasil penilaian lembar refleksi lesson study mahasiswa fisika peserta KPL kurang dalam manajemen waktu dan pengelolaan kelas.

Page 1 of 1 | Total Record : 10