cover
Contact Name
Betty Masruroh
Contact Email
betty.masruroh@um.ac.id
Phone
+6285733562345
Journal Mail Official
jrpf.journal@um.ac.id
Editorial Address
Physics Department Faculty of Mathematics and Science Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No.5, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : 25487183     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development Physics Assessment Theoretical Review
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2021): Mei" : 10 Documents clear
Validitas dan Reliabilitas Konstruk Instrumen Skala Sikap Siswa Terhadap Fisika Dengan Analisis Faktor Konfirmatori Duden Saepuzaman; Edi Istiyono; Widihastuti Widihastuti
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2021): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um058v6i1p%p

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengestimasi validitas dan reliablitias konstruk instrumen skala sikap siswa terhadap fisika (SSF)  menggunakan analisis faktor konfirmatori. Subyek penelitian sebanyak 221 siswa SMA yang tersebar di provinsi Jawa Barat. Instrumen yang digunakan instrumen non tes berupa skala sikap siswa terhadap Fisika. Instrumen ini terdiri dari tiga komponen yaitu komponen Antusias Siswa Pada Fisika dan Pembelajarannya (AF), Guru Fisika (GF) dan  komponen Fisika Sebagai Bagian Karir di Masa Depan (KF). Hasil Penelitian menunjukkan ketiga komponen  memiliki validitas baik (loading factor diatas 0,70), meskipun ada sebagian kecil dibawah 0,7 tetapi masih dapat diterima karena memiliki nilai loading factor diatas 0,50. Hasil penelitian menunjukkan semua indikator ini memiliki validitas konstrak yang cukup baik. Analisis lanjutan pengujian reliabilitas konstruk menggunakan Composite Reliability (CR) dan   Average Variance Extarcted (AVE) menunjukkan bahwa semua dimensi SSF memiliki reliabilitas konstruk yang baik. 
Kesulitan Siswa SMA dalam Menguasai Suhu dan Kalor Alfianti Nur Laili; Sentot Kusairi; Markus Diantoro
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2021): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um058v6i1p20-26

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengungkap kesulitan siswa dalam menguasai topik suhu dan kalor. Pengetahuan yang terpotong-potong mengakibatkan siswa kesulitan dalam menguasai konsep sehingga berdampak pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat melatih meningkatkan penguasaan konsep siswa adalah Modeling Instruction (MI). Penelitian ini telah menerapkan pembelajaran MI pada topik suhu dan kalor ditingkat SMA.
Analisis Keefektifan Pembelajaran Sebelum dan Selama Pandemi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Pengukuran Yustinus Maksimilianus Dhey Nesi; Seli Aditya; Yola Ivonny Harianto; Parno Parno; Endang Purwaningsih
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2021): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um058v6i1p66-74

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi tentang efektivitas pembelajaran sebelum dan selama pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Sampel dari penelitian ini adalah 196 peserta didik kelas VII SMPK Frateran Ndao, masing-masing sebanyak 98 peserta didik diambil dari Kelas VII pada tahun ajaran 2019/2020 dan 98 peserta didik diambil dari Kelas VII pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Pengambilan data dilakukan setelah proses pembelajaran dan penilaian oleh guru terhadap siswa, peneliti melakukan pengumpulan hasil belajar kognitif siswa kelas VII pada materi pengukuran dan juga melakukan wawancara kepada guru dan siswa. Data dianalisis menggunakan Uji T Independen. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,067. Hal ini berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa sebelum dan selama pandemi. Hasil belajar kognitif siswa yang diajar secara daring sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka di ruang kelas. Hal ini disebabkan karena karakteristik pembelajaran online (daring) yang memungkinkan siswa untuk belajar kapan saja dan dimana saja. Pembelajaran daring juga menyediakan ruang dan waktu yang luas untuk siswa mengembangkan pengetahuannya.
Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Hukum Newton melalui Model Learning Cycle 7E dalam Kerangka PCK Dinda Taruna Nagara; Endang Purwaningsih; Markus Diantoro
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2021): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um058v6i1p27-36

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar fisika dengan model learning cycle 7E terintegerasi PCK pada materi hukum Newton yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konseptual siswa. Penelitian ini menerapkan rancangan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase kelayakan sebesar 86,26% (sangat baik). Dengan demikian bahan ajar PCK learning cycle 7E layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil nilai observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh persentase sebesar 93,27% (sangat praktis). Hasil uji Mann-Whitney pada nilai posttest kelas kontrol diperoleh nilai Asymp. Sig sebesar 0,250 dan kelas eksperimen nilai Asymp. Sig sebesar 0,024. Hasil analisis uji Mann-Whitney memberikan informasi bahwa terdapat perbedaan nilai Asymp.Sig kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Beradasarkan hasil analisis uji Mann-Whitney dapat disimpulkan bahwa bahan ajar fisika efektif untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep siswa. 
Pengembangan Simulasi Interaktif Gerak Parabola Menggunakan VBA Excel Dalam Pembelajaran Fisika Ahmad Swandi; Sri Rahmadhanningsih; Risky Afandi Putri; Ahmad Suryadi; Sparisoma Viridi
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2021): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berbagai macam simulasi telah banyak dimanfaatkan oleh guru dalam menyajikan media pembelajaran yang menarik. Sebagian besar simulasi tersebut diperoleh dari sumber open source di internet baik yang gratis maupun berbayar. Namun, tidak semua simulasi tersebut sesuai dengan kurikulum atau konsep yang dibutuhkan oleh guru dan siswa. Pengajar dapat membuat sendiri simulasi yang menarik dan interaktif dengan menggunakan aplikasi yang gratis dan mudah digunakan seperti Visual Basic for Application Excel.  Penelitian ini adalah penelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangkan media simulasi interaktif pada materi gerak parabola. Prosedur pengembangannya menggunakan model three-D yang diadaptasi dari model four-D terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media simulasi interaktif dan perangkat pembelajarn berupa lembar kerja diperoleh hasil valid dan reliabel. Produk dalam penelitian ini, selanjutnya diuji coba dalam pembelajaran fisika. Berdasarkan persentasi respon penilaian peserta didik yaitu 86,7% yang berada pada katergori sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa media simulasi yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Namun pengembangan lanjutan perlu dilakukan agar diperoleh media simulasi yang lebih menarik dan lebih lengkap.
Analisis Hubungan antara Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Pemahaman Konsep pada Materi Osilator Sederhana Mahasiswa Jurusan Fisika Salma Silfitri; Muhammad Yusuf
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2021): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um058v6i1p%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara motivasi belajar dengan pemahaman konsep  mahasiswa pada materi osilator harmonik sederhana. Responden dalam penelitian ini berjumlah 35 mahasiswa dengan rincian 19 mahasiswa program studi pendidikan fisika dan 16 mahasiswa program studi fisika murni. Didapatkan hasil koefisien korelasi sebesar (r-hitung > r-tabel) adalah sebesar 0,460 > 0,334 yang berarti terdapat hubungan signifikan dan positif sehingga semakin besar motivasi belajar maka semakin besar pula pemahaman konsepnya. Motivasi belajar terhadap hasil belajar berpengaruh sebesar 21% sementara, 79% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Pengaruh Penerapan Diagram pada Pembelajaran STEM terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Suhu dan Kalor Mifta Rahmadiyah; Hari Wisodo; Parno Parno
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2021): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um058v6i1p37-46

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan diagram dalam pembelajaran STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah siswapada topik materi suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods. Penelitian kuantitatif menggunakan quasi-experimental design yang dipilih dengan purposive sampling dengan tipe posttest-only design dan penelitian kualitatif berupa wawancara menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa-siswi salah satu SMA di kota Malang kelas XI semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Sebelum penelitian dilakukan, kemampuan siswa antar kelas diuji menggunakan Mann-Whitney. Setelah kedua kelas diberikan intervensi berbeda, pengaruhnya diukur menggunakan effect size. Kemampuan pemecahan masalah siswa antar kelas ekperimen dan kontrol menunjukkan hasil berbeda. Pada kelas eksperimen, pengaruh kemampuan pemecahan masalah tergolong medium effect. Proses pembangunan solusi dalam pemecahan masalah fisika menjadi peran diagram dalam melatih kemampuan pemecahan masalah siswa. Discovery learning sebagai metode pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen membantu guru untuk menerapkan STEM yang berfokus pada penyelesaian masalah.
Pengaruh E-Modul Berbasis TPACK-STEM terhadap Literasi Sains Alat Optik dengan Model PBL-STEM Disertai Asesmen Formatif Dini Mahirotul Aulia; Parno Parno; Sentot Kusairi
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2021): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um058v6i1p7-12

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa SMA Negeri 9 Malang kelas XI yang belajar menggunakan E-Modul berbasis TPACK-STEM yang disajikan dengan model PBL-STEM disertai asesmen formatif pada materi alat optik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimrn semu (quasi experiment) dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Instrument yang digunakan berupa soal uraian materi alat optik dengan reliabilitas 0,87. Data diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 25,18 dan nilai rata-rata posttest sebesar 36,26. Berdasarkan hasil analisis data paired sampel test  diperoleh t hitung > t tabel = 41,858>2,024 dan nilai sigifikansi lebih kecil dari 0,05 maka maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains setelah diberi perlakuan lebih tinggi dari pada kemampuan literasi sains sebelum diberi perlakuan.
Analisis Penguasaan Konsep Siswa SMP pada Materi Cahaya dan Alat Optik Ani Rahmawati; Sentot Kusairi; Markus Diantoro
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2021): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um058v6i1p47-54

Abstract

Penguasaan konsep merupakan faktor penting dalam pembelajaran. Cahaya dan alat optik merupakan salah satu konsep IPA yang sering dijumpai dalam penerapan kehidupan sehari-hari dan dikenal sejak awal perkembangan siswa tetapi penguasaan konsep siswa masih rendah [1], [2]. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan konsep siswa SMP pada materi cahaya dan alat optik. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif. Jumlah sampel yaitu 136 siswa SMP kelas IX yang terdiri dari 30 siswa kelas unggulan dan 106 siswa kelas reguler. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Soal telah divalidasi dan telah diuji reliabilitasnya dalam kategori sedang (Cronbach’s Alpha: 0,60). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Penguasaan konsep siswa materi cahaya dan alat optik diperoleh nilai rerata sebesar 63,26 menunjukkan kategori baik. Hasil analisis nilai rerata penguasaan konsep siswa pada kelas unggulan sebesar 76,83 termasuk kategori baik dan kelas reguler 59,43 termasuk kategori cukup. Hasil analisis menunjukan bahwa masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai konsep cahaya dan alat optik. Pendidik dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk mengembangkan penelitian berikutnya dengan memberikan perlakuan atau remidiasi, sehingga dapat mengantisipasi dan memperbaiki kesalahan konsep atau kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa.
Efektifitas Penggunaan LMS Schoology Pada Pembelajaran Fisika SMA Materi Fluida Statis Saat Pandemi Covid-19 Agus Widayoko
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2021): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um058v6i1p13-19

Abstract

Musim pandemi Covid-19 memaksa semua level pendidikan melakukan pembelajaran online.Banyak Learning Management System (LMS) ditawarkan sebagai solusi pembelajaran onlinetermasuk LMS Schoology. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui respon penggunaanpembelajaran online dengan LMS Schoology pada pembelajaran fisika SMA materi Fluida.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitianini adalah siswa kelas XIB SMA Trensains Muhammadiyah Sragen yang dipilih denganpurposive sampling. Fokus deskripsi penelitian pada tingkat partisipasi siswa saatpembelajaran dan respon kegiatan pembelajaran dengan LMS Schoology. Pengumpulan datadilakukan dengan observasi dan angket. Observasi dilakukan dengan mengamati tingkatpartisipasi siswa mengisi presensi, mengikuti diskusi, dan mengumpulkan tugas tepat waktu.Angket dilakukan setelah pembelajaran materi fluida statis selesai untuk memperoleh responsiswa selama kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menyatakan bahwa partisipasi siswacenderung sangat baik dalam kepesertaan, sangat rendah dalam diskusi, dan cenderung baikdalam pengumpulan tugas tepat waktu. Namun, melalui angket siswa merespon pembelajarandengan LMS Schoology kurang tepat. Peranan guru dalam pembelajaran fisika masihdiperlukan untuk mencapai efektifitas pembelajaran fisika yang maksimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 10