cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jl. Sampangan Baru IV B / 9 A, SEMARANG, Jawa Tengah
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
ISSN : 25410385     EISSN : 25410393     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the journal are projected to inspire circles of education in conducting innovation in the teaching and learning process.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023" : 10 Documents clear
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI AJAR SISTEM INSTALASI PIPA AIR BERSIH
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Maraknya penggunaan smartphone di kalangan siswa belum sepenuhnya dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android yang menarik bagi siswa kelas XI KGSP untuk meningkatkan kompetensi dasar menganalisis sistem instalasi pipa air bersih. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif ini adalah penelitian dan  pengembangan (Research and Development/R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) sebagai model desain pembelajaran yang sifatnya lebih generik dan menjadi pedoman dalam membangun perangkat dan infrastruktur program pelatihan yang efektif. Analisis data yang digunakan untuk menentukan tingkat kelayakan, tingkat kepraktisan, dan untuk menentukan keefektifan media pembelajaran android untuk meningkatkan kompetensi dasar menganalisis sistem instalasi pipa air bersih. Kesimpulan penelitian, kriteria media sangat layak,  sangat praktis, dan efektif dan signifikan  untuk meningkatkan kompetensi dasar menganalisis sistem instalasi pipa air bersih sisw SMK pada program keahlian KGSP.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEER TEACHING DENGAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan model peer teaching melalui media WhatsApp terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Secara khusus, penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu: pertama, mengetahui bagaimana hasil belajar akuntansi sebelum penggunaan model peer teaching diterapkan; kedua, mengetahui bagaimana hasil belajar akuntansi setelah penggunaan model peer teaching diterapkan; dan ketiga, mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model peer teaching tersebut terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan eksperimen one group pretest-posttest digunakan dalam penelitian ini. Paired sample t test juga dilakukan dalam penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum model peer teaching digunakan, rata-rata nilai 36 siswa dalam satu kelas akuntansi yaitu 51,25. Namun demikian, terjadi peningkatan nilai setelah penggunaan peer teaching dengan rata-rata nilai sebesar 90,97. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai signifikansi 0,000 (< 0,05). Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penggunaan model peer teaching melalui media WhatsApp memiliki dampak signifikan terhadap hasil belajar siswa akuntansi di Kelas X AKL 1 SMK Negeri 1 Slawi.
PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI APLIKASI TURUNAN FUNGSI ALJABAR
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model blended learning merupakan solusi  pembelajaran yang mengintegrasikan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan sumber belajar online yang memadukan berbagai metode dan strategi pengajaran dengan memanfaatkan teknologi virtual. Tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui pengaruh model blanded learning berbantuan faststone capture terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui besar pengaruh model blanded learning berbantuan faststone capture terhadap hasil belajar siswa pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar. Sampel data diambil dari kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Cara pengumpulan data menggunakan metode pemberian tes. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Teknik analisis data kuantitatif melalui uji statistik. Kesimpulan hasil penelitian adalah, (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model blanded learning berbantuan faststone capture terhadap hasil belajar siswa pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar kelas XI IPS 1 SMA N 1 Sulang (2) besar pengaruh model blanded learning berbantuan faststone capture terhadap hasil belajar siswa pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar kelas XI IPS 1 yaitu terdapat peningkatan gain secara klasikal mencapai 0,5 dengan kategori “sedang”.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BAGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDEMONSTRASIKAN KETERAMPILAN TATA RIAS
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran audio visual bagi peningkatan kemampuan mendemonstrasikan keterampilan tata rias fantasi serta menganalisis kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas media audio visual mata kuliah tata rias fantasi Program Studi Pendidikan Tata Kecantikan Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menerapkan metode Penelitian dan Pengembangan dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian yaitu mahasiswa semester 5 program studi pendidikan tata kecantikan yang berjumlah 30 mahasiswa. Analisis penelitian ini adalah media audio visual makeup karakter luka. Instrumen yang digunakan peneliti adalah pedoman wawancara, angket kepraktisan media dan angket untuk mengukur tingkat kelayakan media. Uji validitas menggunakan uji validitas isi melalui pendapat ahli dan reliabilitas angket menggunakan rumus KR20. Pengambilan data menggunakan one group pretest posttest design yang kemudian dianalisa uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan uji kelayakan, uji kepraktisan, dan uji efektivitas media audio visual untuk meningkatkan kemampuan mendemonstrasikan keterampilan tata rias fantasi yang dikembangkan, menurut tanggapan ahli media dan ahli materi sangat layak, tanggapan dosen dan mahasiswa sebagai tanggapan pengguna, kepraktisan media memperoleh kriteria penilaian sangat praktis, dari uji efektifitas pada kelas experimen, media memperoleh kriteria cukup efektif dan signifikan untuk meningkatkan kemampuan mendemontrasikan keterampilan tata rias fantasi Program Studi Pendidikan Kecantikan  Universitas Negeri Semarang.
PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN DESAIN BUSANA BERBANTUAN SOFTWARE APLIKASI ILUSTRATOR
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan e-modul pembelajaran desain busana berbantuan software aplikasi illustrator pada siswa kelas XI Tata Busana (TB) di SMK Negeri 3 Kudus untuk meningkatkan hasil belajar. Desain metode penelitian ini menggunakan pengembangan R and D yang dipilih adalah ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian terhadap media e-modul pembelajaran Desain Busana yang sesuai, berbantuan software aplikasi illustrator pada prodi TB; dan instrumen untuk mengukur hasil belajar siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 3 Kudus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kategorial untuk (1) menentukan tingkat kelayakan media e-modul pembelajaran Desain yang interaktif; (2) kategorial Guttman untuk menentukan tingkat kepraktisan terhadap e-modul pembelajaran Desain Busana yang interaktif, yaitu menggunakan koefisien Kr dan Ks; dan (3) N-Gain dan uji beda N-Gain menggunakan uji t, untuk menentukan kefektifan media e-modul pembelajaran Desain yang interaktif untuk meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan uji kelayakan dan uji efektifitas media e-modul pembelajaran Desain Busana yang dikembangkan, menurut tanggapan-tanggapan yang diberikan oleh ahli media dan ahli materi yaitu guru senior dan akademisi (dosen), memperoleh kriteria tanggapan sangat layak, dari uji kepraktisan memperoleh kriteria sangat praktis, dan dari uji efektifitas pada kelas eksperimen, memperoleh kriteria cukup efektif dan signifikan digunakan oleh siswa untuk meningkatkan komhasil belajar siswa prodi TB 1 dan TB 3 di SMK N 3 Kudus.
PENERAPAN PEMBELAJARAN CPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI AJAR BANGUN RUANG
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran awal secara konvensional, rendahnya nilai hasil belajar pemecahan masalah, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat pasif, sehingga perlu dilakukan perbaikan dengan melakukan penelItian tindakan kelas. Tujuan penelitian adalah mengetahui penerapan pembelajaran matematika dengan model creative problem solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini dilakukan dikelas IXA yang berjumlah 32 anak. Penelitian ini mengukur hasil belajar kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil belajar dilakukan tes soal pemecahan masalah dan aktivitas siswa didapat dari hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Kemampuan guru mengelola kelas sangat baik,  respon siswa positif. Kemampuan pemecahan masalah meningkat dari rata-rata 68 menjadi 77 atau meningkat 13,22%, sedangkan ketuntasan klasikal meningkat dari 45% menjadi 90%, adanya pengaruh positif aktivitas belajar siswa yaitu meningkat dari 7,5% menjadi 65% atau meningkat sebesar 57,5%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model creative problem solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IXA dalam materi bangun ruang sisi lengkung semester genap tahun pelajaran 2022/2023.
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN SEKOLAH BERKARAKTER MELALUI SUPERVISI DAN WORKSHOP
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi penguatan nilai – nilai karakter Kepala Sekolah Dabin I Korwil Biddik Reban melalui supervisi dan workshop. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dalam 2 siklus. Lokasi penelitian adalah SDN se-Dabin I Kecamatan Reban Kabupaten Batang dengan subjeknya adalah kepala sekolah yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan motivasi dan kemampuan kepala sekolah dalam pengembangan sekolah berkarakter di sekolah. Nilai rata-rata tingkat motivasi guru dalam menerapkan pendidikan karakter pada kondisi awal 31,85, siklus I naik menjadi 62,72, dan pada akhir siklus II menjadi 68,64, serta indikator kinerja 70,00 sudah tercapai. Rata-rata tingkat kemampuan kepala sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter pada kondisi awal 24,44 naik menjadi 57,61 pada siklus I, dan pada akhir siklus II naik menjadi 64, dan indikator kinerja sudah tercapai.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR TEKNIK OTOMOTIF
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Bawang ditemukan capaian hasil belajar mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif tentang perkembangan teknologi dan dunia kerja serta isu-isu global kelas X TO 1 semester gasal tahun pelajaran 2022/2023 sebesar 22,86%, artinya ketuntasan hasil belajar sangat rendah. Maka perlu adanya upaya guru untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan merancang penelitian tindakan kelas yaitu penerapan pendekatan saintifik didukung dengan model window shopping. Hasil penelitian yang pertama, perbaikan motivasi belajar siswa setelah diberikan tindakan naik dari siklus I sebesar 66,11%, siklus II sebesar 78,74%, siklus III sebesar 87,31%, artinya, terjadi perbaikan motivasi belajar secara beraturan dan berhasil. Kedua, ketuntasan hasil belajar setelah diberikan tindakan terjadi kenaikan dari siklus I sebesar 17,14%, siklus II sebesar 71,42%, siklus III sebesar 91,42% berhasil melampaui indikator 75%, artinya terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang sangat bermakna.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI AJAR INVERTEBRATA DI MASA PANDEMI COVID-19
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar kognitif materi invertebrata kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sulang di masa pandemi covid-19 serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol. Penerapan model pembelajaran discovery learning secara daring bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam meluaskan kemampuan berpikir kritis untuk memperoleh pengalaman dan menemukan konsep melalui penemuan informasi dengan serangkaian kegiatan ilmiah yang difasilitasi dan dipandu melalui berbagai platform digital. Penelitian ini merupakan quasy eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Rata-rata hasil belajar ranah kognitif pada kelas eksperimen 19 % lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil uji independent samples test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model discovery learning dan yang tidak menerapkan pada pembelajaran daring. Hasil dari uji paired sample test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05, maka Ho ditolak, Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penerapan model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar kelas eksperimen dan dapat digunakan sebagai alternatif bagi guru dalam pembelajaran jarak jauh.
PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PROGRAM SUPERVISI KEPALA SEKOLAH
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 2 (2023): Edisi Mei 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurang maksimalnya kinerja guru di SDN Barusari 01. Mayoritas guru hanya berangkat bekerja sebagai rutinitas saja dan banyak siswa yang datang terlambat tetapi tidak mendapat teguran dan arahan dari guru. Saat mengajar guru tidak menggunakan alat peraga serta model pembelajaran yang digunakan hanya diskusi saja. Selain itu, tidak ada administrasi untuk guru, maka dengan adanya latar belakang tersebut kepala sekolah berusaha untuk meningkatkan kinerja para guru melalui supervise pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan 2 siklus. Siklus I pada hari Senin, 25 Juli 2022 dan siklus II hari Senin, 29 Agustus 2022. Hasil penelitian ini membandingkan siklus I dan siklus II. Data diambil dari prosentasi perhatian guru kepada peserta didik, penggunaan alat peraga pada pembelajaran, dan peningkatan program sekolah.   Berdasarkan nilai hasil dari siklus I menunjukkan 11 guru atau 68,75% belum menggunakan alat peraga pembelajaran, bekerja sebagai rutinitas saja dan  5 atau 31,26% guru yang sudah memiliki kinerja sesuai standar pelayanan. Setelah dilakukan penelitian menggunakan supervise pendidikan dalam hal ini khususnya supervise akademik. Hasil menunjukkan siklus II hasilnya yaitu 3 guru atau 18,75% belum menggunakan pembelajaran inovatif, menggunakan alat peraga dan adanya peningkatan kinerja. Terdapat 13 guru atau 81, 25% mengalami peningkatan. Setelah dibandingkan hasil dari siklus I dan siklus II terdapat peningkatan kinerja. Dapat disimpulkan bahwa dengan supervisi pendidikan dapat meningkatkan kinerja guru di SDN Barusari 01 Semarang.

Page 1 of 1 | Total Record : 10