cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jalan Sampangan Baru IV B / 9 A Semarang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
ISSN : 24772240     EISSN : 24773921     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the publication.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022" : 15 Documents clear
PENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia terdiri atas empat keterampilan berbahasa, salahsatunya menyimak.  Hasil observasi di SMP Negeri 38 Semarang ditemukan bahwa keterampilan menyimak siswa pada kategori kurang, hal ini dibuktikan dari penelitian awal yang menunjukkan presentase ketuntasan hanya mencapai 60,87%. Berdasarkan tersebut, tentunya perlu dialkukan upaya tindakan agar pembelajaran menyimak dapat tercapai dengan optimal, salah satunya melalui penerapan media audiovisual. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal menyimak. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I jumlah pada kategori cukup 4 siswa, kemudian pada siklus II pada kategori cukup 0.  Pada kategori sangat baik meningkat dari 17 siswa disiklus I menjadi 23 di siklus II.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI PADA MATER SYAJA’AH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fakta lapangan di UPTD SPF SMP Negeri 1 Singkil Utara menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga hal itu menyebabkan  siswa  lemah dalam memiliki kemampuan berpikir kritis, aktif, kreatif serta mengkonstruksi pengetahuannya, dimana kemampuan tersebut dapat berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar. Hasil pre-test pada kondisi awal, hanya 13 orang dari 32 orang siswa saja yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata sebesar 74,22. Untuk itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar, diantaranya menerapkan pembelajaran dengan model quantum teaching. Peneltiian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa adalah 74,22 (dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 41%), pada Siklus I nilai rata-rata siswa adalah 87,81 (dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 50%) dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 90,00 (dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 88%). Dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal yang terjadi mulai dari kondisi awal, Siklus I dan Siklus II, dapat disimpulkan bahwa melalui model Pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar bidang studi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti pada materi Syaja’ah.
PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 MELALUI METODE SUPERMIK PINTER
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran di MTS Swasta Simpang masih rendah untuk itu diperlukan pembinaan agar guru memiliki kompetensi yang baik dalam menyusu rencana pelaksanaan pembelajaran, dinatranya menggunakan metode supermik pinter. Metode penelitian yang diguanakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan selama dua siklus, dimana disetiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaa, observasi, dan refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Supermik Pinter tersebut kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP berbasis Kurikulum 2013 mengalami peningkatan dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut ditunjukkan data kualitas RPP guru sebagai berikut: kondisi awal: cukup: 25 orang (100%), baik: tidak ada (0%) dan amat baik: tidak ada (100%); siklus I: cukup: tidak ada (0%), baik: 19 orang (76%) dan amat baik: 6 orang (24%); sedangkan siklus II: cukup: tidak ada (0%), baik: tidak ada (0%) dan amat baik: 25 orang (100%). Berdasarkan kajian teori dan hasil tindakan, simpulan hasil penelitian bahwa “Supermik Pinter” dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP Berbasis Kurikulum 2013.
IMPLEMENTASI PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI RAGAM GEJALA SOSIAL
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Problem Solving yang bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik dalam memecahkan permasalahan. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali tatap muka. Diawali dengan observasi prasiklus sebanyak 2 kali tatap muka. Hasil yang ditunjukkan pada siklus I belum nampak perubahan yang signifikan dari peserta didik. Dimana hasil observasi guru dan kolaborator menunjukkan hasil perolehan nilai siswa kelas X IPS 1 dalam kondisi prasiklus rerata 72,03. Pada siklus I hasil perolehan siswa meningkat menjadi rerata 73,51 dan pada siklus II terdapat kenaikan rerata nilai yang diperoleh para siswa yaitu 81,86. Model Problem Solving ini menekankan kreativitas peserta didik dalam mempelajari dan memahami pelajaran sosiologi khuusnya materi Ragam Gejala Sosial.
PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN CARA MENGHITUNG VOLUME PEKERJAAN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi diharapkan dapat menjadi sebuah terobosan untuk menambah minat peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menghitung volume pekerjaan pada pelaksanaan konstruksi bangunan gedung berbasis video dan menganalisis efektifitasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan pendekatan ADDIE. Analisis validasi kelayakan dan kepraktisan menggunakan metode intraclass correlation coefficients berbantuan software SPSS v.19, sedangkan analisis keefektifan video yang dikembangkan menggunakan uji t. Hasil pengembangan dan analisa data yang dihasilkan video pembelajaran dinyatakan oleh ahli materi dengan skor 4,03 (layak) dan oleh ahli media dengan skor 4,28 (sangat layak). Pada aspek kepraktisan, video pembelajaran diuji oleh peserta didik dengan hasil skor koefisien reproduksibilitas 0,9 (sangat praktis). Hasil analisa data uji keefektifan, menunjukkan bahwa skor rata- rata N-Gain score untuk kelas eksperimen sebesar 56,73% (cukup efektif). Didapatkan dari hasil uji t perbedaan signifikan dari sebelum ke sesudah menggunakan media pembelajaran video yang dikembangkan, dengan nilai peningkatan selisih 11,23. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video yang dikembangkan sangat layak, sangat praktis dan cukup efektif untuk meningkatkan kompetensi menghitung volume pekerjaan pada pelaksanaan konstruksi bangunan.
PENINGKATAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN KE SEKOLAH MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru yang profesional tentunya sangat diperlukan dalam dunia pendidikan, sikap dari seorang guru akan berpengaruh terhadap kulitas sumber daya manusia yang ada di lembaga sekolah tersebut, sehingga guru memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan, namun di SD Negeri Kataan terdapat permasalahan yang terjadi di setiap gurunya yakni kurang disiplin dalam melakukan kegaiatan pembelajaran, diantarnya kehadiran guru di sekolah. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut yakni dengan melakukan supervisi akademik. Metode penlitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penlitian tindakan sekolah yang dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri atas empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan setelah dilakukuan kegaiatan supervisi akademik kedisiplinan guru meningkat dari angka 10 % kedisiplinan awal penelitian dalam siklus pertama telah meningkat sebesar 39,62 % dan dari 10 % menjadi 49,62 %. Pada siklus II kedisiplinan meningkat sebesar 46,38 % dari 49,62 % menjadi 96 %.
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS RICHPEACE SOFTWARE PADA KOMPETENSI PEMBUATAN POLA BUSANA DIGITAL
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu karakteristik pembelajaran abad 21 adalah pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran. Secara spesifik, penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan e-Modul berbasis richpeace software; 2) menganalisis kelayakan e-Modul berbasis richpeace software; dan 3) menganalisis keefektifan e-Modul berbasis richpeace software untuk meningkatkan kompetensi pembuatan pola busana digital pada siswa SMK program keahlian tata busana. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Analisis validasi kelayakan dan kepraktisan menggunakan metode intraclass correlation Coefficients berbantuan software SPSS v.19, sedangkan analisis keefektifan e-Modul yang dikembangkan, menggunakan uji t. Berdasarkan hasil pengembangan dan analisa data, dihasilkan e-Modul berbasis richpeace software dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dengan nilai (97,0) dan sangat layak oleh ahli media dengan nilai (96,3). Kepraktisan e-Modul yang dikembangkan juga diuji oleh guru tata busana, dengan hasil sangat praktis (97,5). E-Modul yang dikembangkan juga diuji keefektifannya dengan uji – t, dengan hasil terdapat perbedaan signifikan dari sebelum ke sesudah menggunakan e-Modul, dengan nilai peningkatan selisih 18,5 dan p-value 0,000), serta memiliki nilai N-Gain sebesar 0,93 yang bermakna e-Modul yang dikembangkan sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, e-Modul yang dikembangkan sangat layak, sangat praktis dan sangat efektif untuk meningkatkan kompetensi pembuatan pola busana digital pada siswa SMK program keahlian tata busana %.
PENGEMBANGAN E-MODUL PENATAAN SANGGUL GALA SMK PROGRAM KEHALIAN TATA KECANTIKAN
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Sanggul Gala sangat identik dengan eskploasi pemahaman, kreativitas, dan imajinasi agar menghasilkan sanggul sesuai tema yang dikehendaki. Referensi buku dan modul yang terbatas, serta minimnya media pembelajaran sangguk gala menyebabkan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Hal ini bertolak belakang dengan kondisi faktual yang ada, bahwa siswa SMK bidang keahlian tata kecantikan dituntuk untuk berfikir kritis dan imajinatif dalam proses pembelajaran Sanggul Gala. Permasalahan yang ingin diungkap adalah: 1) Bagaimana pengembangan e-Modul Sanggul Gala; dan 2) bagaimana keefektifan e-Modul Sanggul Gala dalam meningkatkan kreativitas siswa program keahlian tata kecantikan?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) megembangkan e-Modul Sanggul Gala; dan 2) menguji keefektifan dalam meningkatkan kreativitas siswa program keahlian tata kecantikan. Penelitian menggunakan metode R&D (Research and Development) mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel penelitian adalah siswa SMK Negeri 1 Kota Tegal, Program Keahlian Tata Kecantikan. Berdasarkan hasil validasi ahli media pembelajaran, didapatkan bahwa hasil pengembangan media pembelajaran e-Modul Sanggul Gala telah memenuhi kriteria: 1) tingkat validitas: 81,67% (valid); 2) tingkat kelayakan: 3,56 (layak), (3) tingkat reliabilitas; 0,364 (reliable). Pada tahap uji coba e-Modul dan video Sanggul Gala pada siswa SMK Program Keahlian Tata Kecantikan, didapatkan hasil rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 29.7% pada semua aspek (kognitif, afektif dan psikomototik). Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran e-Modul Sanggul Gala signifikan dalam meningkatkan aspek kognitif, afektif dan psikomototik siswa program keahlian tata kecantikan.
PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN KARIR VOKASIONAL PENGOLAHAN PENYAJIAN MAKANAN BAGI SISWA SMK
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang ingin diungkap:1) Bagaimana pengembangan modul bimbingan karir vokasional Pengolahan penyajian makanan bagi peningkatan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa?;2) Bagaimana kelayakan modul bimbingan karir vokasional pengolahan penyajian  makanan bagi peningkatan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa?; 3) Bagaimana kepraktisan modul bimbingan karir vokasional pengolahan penyajian makanan bagi peningkatan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa?; 4) Bagaimana efektivitas modul bimbingan karir vokasional pengolahan penyajian makanan bagi peningkatan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa?. Penelitian ini menerapkan metode R&D (Penelitian dan pengembangan). Desain penelitian yang dipilih adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Unit analisis penelitian ini adalah modul bimbingan karir vokasional desain fashion. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar penilaian terhadap modul bimbingan karir vokasional desain fashion; (2) angket kepraktisan modul dan (3) angket untuk mengukur tingkat pengambilan keputusan karir siswa. Validitas lembar penilaian diperoleh dari perhitungan CVR dan reliabilitasnya menggunakan rumus ICC. Validitas angket kepraktisan menggunakan rumus koefisien korelasi point biserial, dan reliabilitas angket menggunakan rumus KR20.
PENGEMBANGAN MODUL APLIKASI IBIS PAINT X UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KREATIVITAS DALAM PEMBUATAN DESAIN BUSANA PESTA
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan sangat membantu terutama dalam peningkatan mutu pembelajaran. Perkembangan yang ada menuntut dunia pendidikan menyesuaikannya. Karakteristik peserta didik pada abad XXI yang merupakan generasi melek digital membuat guru harus bisa memahaminya sehingga perlu adanya media pembelajaran yang menyesuaikan perkembangan teknologi. Secara spesifik, penelitian ini bertujuan untuk: Mengembangkan modul pada mata pelajaran Desain busana; Menegtahui kelayakan modul pada mata pelajaran menggambar busana; dan; Mengetahui peningkatan kreativitas mata pelajaran desain busana secara digital siswa kelas XI melalui media Ibis Paint X. Penelitian pengembangan media pembelajaran berupa modul ini mengguakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Analisis data yang digunakan penelitian ini terdiri dari: Menentukan kelayakan modul; Menentukan kepraktisan modul; Menentukan tingkat kreativitas siswa. Uji kelayakan modul dengan kategori sangat layak. Kepraktisan modul dengan kategori sangat praktis. Modul yang dikembangkan juga diuji keefektifannya memiliki nilai N-Gain sebesar 78 yang bermakna modul yang dikembangkan efektif dan hasil tingkat kreativitas siswa dengan kategori kreatif.  Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, modul yang dikembangkan sangat layak, sangat praktis dan kreativitas pelajaran Desain busana secara digital pada siswa SMK kompetensi keahlian tata busana.

Page 1 of 2 | Total Record : 15