cover
Contact Name
Berta Bekti Retnawati
Contact Email
patria@unika.ac.id
Phone
+6282223137973
Journal Mail Official
patria@unika.ac.id
Editorial Address
Jl.Pawiyatan Luhur IV/1 Bendan Duwur Semarang 50234
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 26565455     DOI : 10.24167
Jurnal Pengabdian pada Masyarakat PATRIA diterbitkan oleh LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat) Universitas Katolik Soegijapranata memuat berbagai artikel ilmiah yang menyajikan implementasi berbagai disiplin ilmu yang bersinergi dengan masyarakat untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada dan memberikan pelayanan pada masyarakat. Sesuai namanya, PATRIA adalah bangsa, dalam hal ini Jurnal ini berkeinginan memberikan wadah untuk tulisan-tulisan yang berkontribusi dalam memberikan pelayanan pengabdian bagi bangsa Indonesia. Tulisan dalam jurnal ini untuk diseminasi gagasan dan hasil penellitian yang dapat diterapkan dalam masyarakat untuk kemudian mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan Jurnal Patria ini adalah membantu menyebarluaskan berbagai aktifitas dan kegiatan pengabdian masyarakat dari berbagai ide, pikiran, maupun integrasi dari berbagai disiplin ilmu. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yakni Desember dan Juni.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2: September 2019" : 8 Documents clear
Pendampingan dan Peningkatan Sarana Promosi di Food Court Graha Masyithoh, Menur Pumpungan, Surabaya David Andrian; Leonardo Agustinus
Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2: September 2019
Publisher : Universitas Katolik Soegijapranata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/patria.v1i2.2088

Abstract

Abstrak : Di kota besar seperti Surabaya, banyak sekali dijumpai food court di berbagai sudut kota, dengan ciri, kelompok, dan pasarnya masing-masing, mulai dari yang mewah di dalam plaza / mall hingga yang lebih sederhana, yang pada tahun-tahun belakangan merupakan lokasi tertentu sebagai wadah berdagang para pedagang kaki lima (PKL) yang disediakan oleh Pemkot Surabaya. Salah satu food court di daerah Surabaya Timur adalah food court Graha Masyithoh di jalan Menur Pumpungan No.34, Surabaya, yang merupakan bagian dari klinik Graha Masyithoh. Selama ini, para pedagang di food court ini mengeluhkan sepinya pengunjung karena berbagai hal seperti ketergantungan dengan jam operasional klinik, letak kurang strategis karena tertutup tingginya gedung apartemen di sebelahnya, hingga problem fasilitas di dalamnya. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika berinisiatif untuk melakukan pendampingan pada para pedagang dan promosi dalam membantu food court ini untuk lebih dikenal masyarakat sekitar.Kata kunci : Food court, promosi Abstract:  In a big city like Surabaya, we can find a lot of food courts everywhere with their own characteristics, starting from the luxury and glamorous one in various malls to the more conservative one with cheaper price. One of the latter is food court Graha Masyithoh in Jln. Menur Pumpungan No. 34 Surabaya, which is part of a medical center with the same name. All this time, the merchants in this food court always struggle with less and less consumer every day. The reasons are its dependency from patients of the medical center only, high building of apartment next to the food court which make it cannot be seen clearly, and lack of facilities inside the food court. Through this community service activities, the team from Universitas Katolik Darma Cendika plan to give some promotion means to this food court in order to help them to be more known by people around them.
Strategi Pelatihan Hidroponik Sebagai Pemberdayaan Masyarakat Yang Bernilai Ekonomis Lusy Halim; Yunita I
Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2: September 2019
Publisher : Universitas Katolik Soegijapranata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/patria.v1i2.2069

Abstract

Abstract : The purpose of the community service programs undertaken in the area of RT. 03, RW. 04, Kelurahan Klampis Ngasem, Surabaya was to provide training in hydroponics in order to introduce hydroponic plants, to beautify the environment to look beautiful, and to support the partners’ economic needs. The program used the method of mentoring partners by means of counseling and training in hydroponic plants. The stages of community service activities included counseling on hydroponics, training in vegetable cultivation of hydroponic system, implementation of activities and evaluations. Assistance to the community by means of hydroponics was capable of beautifying the environment and supporting the Surabaya Government’s  Green and Clean program and producing healthy and more widely marketable hydroponic plants, thus improving the citizens’ welfare.Abstrak : Program pengabdian masyarakat yang dilakukan di daerah RT. 03 – RW. 04, Kelurahan Klampis Ngasem, Surabaya, bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang tanaman hidroponik untuk memperkenalkan tentang tanaman hidroponik, memperindah lingkungan agar tampak asri, serta menunjang kebutuhan ekonomi mitra. Metode yang dipakai pada program ini adalah pendampingan mitra melalui penyuluhan dan pelatihan tanaman hidroponik.  Tahapan kegiatan pengabdian dilakukan melalui penyuluhan tentang hidroponik; pelatihan budidaya sayuran sistem hidroponik, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi.  Pendampingan kepada masyarakat melalui hidroponik ini, dapat memperindah lingkungan dan mendukung program Pemerintah tentang Surabaya Green and Clean, serta dapat menghasilkan tanaman hidroponik yang sehat dan dapat dipasarkan secara lebih luas, sehingga meningkatkan kesejahteraan warga.
Optimalisasi Program Pemasaran Bagi Pelaku Usaha Agrowisata Stroberi Rully Arlan Tjahyadi; A. Rinny Maharsi; Chandra Kuswoyo; Nonie Magdalena; Allen Kristiawan Kristiawan; Ariesya Aprillia; Cen Lu; Kartika Imasari; Agus Aribowo; Kezia Kurniawati; Felicia Abednego; ika Gunawan; Anny Nurbasari; Asni Harianti; Maya Malinda; Nur Nur; Henky L. Suwarno; Yolla Margaretha; Vinsensius Vinsensius; Jessica Agrippina Fedora; Agatha Evania Alanarima
Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2: September 2019
Publisher : Universitas Katolik Soegijapranata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/patria.v1i2.2304

Abstract

Abstrak -  La Fresa sebagai salah satu perusahaan di Lembang memiliki beberapa unit bisnis, salah satu bisnis yang menjadi perhatian khusus adalah wisata stroberi. Hampir semua agrowisata strawberry menawarkan produk dan layanan serupa kepada setiap konsumen. Agar dapat bersaing dan unggul, agrowisata harus mampu berorientasi pada proses pemenuhan keinginan dan kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, Jurusan Manajemen Universitas Kristen Maranatha melakukan kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk mengoptimalkan strategi pemasaran La Fresa. Kegiatan ini terdiri dari tiga tahap: (1) identifikasi Segmen, Penargetan, dan Positining (STP), serta bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh La Fresa dengan teknik Diskusi Kelompok Fokus (FGD); (2) identifikasi preferensi konsumen untuk agrowisata stroberi dan mengusulkan program pemasaran khusus ke La Fresa dengan teknik distribusi kuesioner; (3) presentasi dan konseling hasil dari FGD dan Riset Pasar.Keywords: Agrotourism, Marketing Mix, Segmentation Targeting Positioning Abstract -  La Fresa as one of the corporations in Lembang has several business units, one of the businesses that is of particular concern is strawberry tourism. Almost all strawberry agrotourism offers similar products and services to each consumer. In order to be able to compete and excel, agrotourism must be able to be oriented towards the process of fulfilling consumer desires and needs. Therefore, Departement of Management Maranatha Christian University conducts Research and Community Service activities in order to optimize marketing strategy La Fresa. This activity consists of three stages: (1) identification of Segments, Targeting, and Positining (STP), as well as the marketing mix that has been carried out by La Fresa with Focus Group Discussion (FGD) techniques; (2) identification of consumers' preferences for strawberry agrotourism and proposed specific marketing programs to La Fresa with questionnaire distribution techniques; (3) presentation and counseling of results from the FGD and Market Research.Keywords: Agrotourism, Marketing Mix, Segmentation Targeting Positioning
Potensi Pariwisata di Desa Katurei Kecamatan Siberut Barat Daya Kabupaten Kepulauan Mentawai Ni Luh Anggela; Peter Ardhianto
Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2: September 2019
Publisher : Universitas Katolik Soegijapranata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/patria.v1i2.2077

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Potensi Pariwisata di Desa Katurei Kecamatan Siberut Barat Daya Kabupaten Kepulauan Mentawai. Oleh karena itu, berkaitan dengan pengembangan pariwisata yang terjadi di Desa Katurei, studi ini mendeskripsikan hal-hal yang menjelaskan tentang apa saja potensi wisata di Desa Katurei. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan data kualitatif. Data diperoleh dari studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dari hasil yang diperoleh menjelaskan bahwa Desa Katurei memiliki potensi sebagai desa wisata. Sayangnya kurang adanya pergerakan dari BUMDes membuat desa Katurei belum dapat mengembangkan potensi wisatanya sehingga diharapkan adanya kegiatan pendampingan bagi anggota BUMDes. Desa Wisata diharapkan dapat membantu permasalahan perekonomian yang ada di desa Katurei. 
Pengembangan UMKM Dupa Melalui Strategi Marketing Berbasis Kemitraan Endi Sarwoko; Iva Nurdiana Nurfarida; Ninik Indawati; Moh. Ahsan
Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2: September 2019
Publisher : Universitas Katolik Soegijapranata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/patria.v1i2.2306

Abstract

Abstrak — Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilaksanakan di Desa Petungsewu Kecamatan Wagir Kabupaten Malang sebagai Desa Mitra, dengan fokus pada pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dupa. Masalah yang dihadapi pengrajin dupa di desa Mitra adalah masih menghasilkan dupa mentah, kesulitan pemasaran sehingga pendapatan usaha masih rendah. Tujuan program adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat pengrajin dupa melalui diversifikasi produk yaitu menghasilkan produk dupa wangi kemasan, dan penerapan strategi pemasaran produk dengan pola kemitraan. Metode yang diterapkan adalah pelatihan dan pendampingan produksi dupa wangi kemasan, penciptaan merek dagang, dan merintis kemitraan dengan pelaku usaha dupa yang sudah berhasil. Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan sebagai bagian dari pengembangan hasil produksi atau diversifikasi produk, sehingga tidak hanya memproduksi dupa setengah jadi, tetapi mampu menghasilkan produk jadi dikemas dan siap dijual. Pola kemitraan yang dilakukan dengan cara perdagangan umum dalam bentuk kerjasama pemasaran, produk dari pengrajin dupa dari desa mitra disetorkan kepada pelaku usaha mitra untuk dijual. Hasil kegiatan pengrajin dupa sudah mampu menghasilkan dupa wangi kemasan dengan merk Gunung Katu sebagai produk unggulan, produk dupa wangi Gunung Katu mulai dikenal pasar, dan memperoleh nilai tambah usaha berupa peningkatan pendapatan.Abstract — Community service activities are carried out in Petungsewu Village, Wagir District, Malang Regency as Mitra Village, with a focus on empowering incense micro, small and medium enterprises (MSMEs). The problem faced by incense craftsmen in Mitra village is that it still produces raw incense, marketing difficulties so that business income is still low. The aim of the program is to increase the income of the community of incense craftsmen through product diversification, namely producing fragrant incense packaging products, and implementing a product marketing strategy with a partnership pattern. The method applied is training and mentoring the production of fragrant incense packaging, creating trademarks, and initiating partnerships with successful incense businesses. Training and assistance are carried out as part of the development of production or product diversification, so that not only producing semi-finished incense, but able to produce finished products that are packaged and ready for sale. The partnership pattern is carried out by means of general trading in the form of marketing cooperation, products from incense craftsmen from partner villages are deposited to partner business actors for sale. The results of the incense craftsman activity has been able to produce incense fragrance packaging with the Gunung Katu brand as a superior product, Gunung
Pendampingan terkait Konsep diri, Kepemimpinan & Kewirausahaan bagi Pelajar SMA/SMK/MA Penerima Beasiswa BAZNAS Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Anggaran 2019 Andriyastuti Suratman; Majang Palupi
Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2: September 2019
Publisher : Universitas Katolik Soegijapranata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/patria.v1i2.2082

Abstract

This activity is initiated by a community service team with BAZNAS Special Region of Yogyakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta) as a partner. This activity was funded by Directorate of Research and Community Service (Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) of Universitas Islam Indonesia. This team did synergy with BAZNAS DIY that has scholarships program for high school - SMA/SMK/Madrasah Aliyah students totaling 105 participants in the entire Yogyakarta Province. Mentoring was delivered in three stages or meetings; about Islamic self-concept and SWOT analysis with classical method, leadership and teamwork with outbond method and entrepreneurship with classical and student center learning by forum group discussion. This activity was also preceded by a forum discussion with BAZNAS DIY leaders and ended with a report.
Peningkatan Keterampilan Industri Rumah Tangga Bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Desa Cibadak, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Prasetyorini Prasetyorini; Moerfiah Moerfiah; Iyan Mulyana
Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2: September 2019
Publisher : Universitas Katolik Soegijapranata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/patria.v1i2.2307

Abstract

Abstrak — Desa Cibadak adalah Desa yang terletak di Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Salah satu kendala di bidang ekonomi di Desa Cibadak adalah pada aspek industri, terutama industri rumah tangga. Berdasarkan masalah ini, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pakuan melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dimulai dengan kegiatan untuk meningkatkan keterampilan ibu rumah tangga di Desa Cibadak untuk menghasilkan industri rumah tangga melalui pelatihan dan pelatihan pendampingan dalam pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO). Melalui kegiatan ini, diharapkan ibu rumah tangga tidak hanya memiliki keahlian untuk membuat produk kreatif dari industri rumah tangga tetapi dapat memasarkannya sehingga di masa depan mereka dapat membantu kesejahteraan ekonomi keluarga. Kegiatan telah dilakukan dari tanggal 19 April 2019 hingga 16 Juni 2019. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 20 ibu rumah tangga di wilayah Desa Cibadak. Hasil evaluasi dari kegiatan yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan keterampilan ibu rumah tangga di Desa Cibadak untuk menghasilkan produksi industri rumah tangga yang diharapkan dapat meningkatkan ekonomi keluarga. Salah satunya adalah peningkatan kemampuan peserta untuk membuat VCO.Abstract — Desa Cibadak is a Desa located in Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. One of the obstacles in the economic field in Desa Cibadak is in the industrial aspects, especially the home industry. Based on these problems the Faculty of Mathematics and Natural Sciences of Universitas Pakuan carried out Community Service activities which began with activities to improve the skills of housewives in Desa Cibadak to produce home industries through training and mentoring training in making Virgin Coconut Oil (VCO). Through these activities, it is expected that housewives not only have the expertise to make creative products from home industries but can market them so that in the future they can help the family's economic prosperity. Activities have been carried out from the date of April 19, 2019 to June 16, 2019. Activities were attended by 20 housewives in the Desa Cibadak area. The results of the evaluation of the activities that have been carried out indicate an increase in the skills of housewives in Desa Cibadak to produce home industry production which is expected to improve the family economy. One of them is the increase in the ability of participants to make VCO.
Membangun Percaya Diri Anak Panti Asuhan Melalui Kreativitas Majalah Dinding Sekolah Martika Dini Syaputri; Ian Michael
Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2: September 2019
Publisher : Universitas Katolik Soegijapranata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/patria.v1i2.2096

Abstract

Abstrak: Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang diwujudkan melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini dilakukan di salah satu Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) atau Panti Asuhan di Surabaya. Kegiatan yang dilakukan selama 3 (tiga) bulan dilakukan dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapi oleh dampingan. Metode dalam menemukan akar masalah ialah dengan menggunakan analisis sosial serta melakukan wawancara secara mendalam dengan anak asuh, pengurus serta alumni. Pengalaman masa lalu yang buruk, lingkungan keluarga yang kurang baik, latar belakang yang tidak jelas maupun perlakukan yang berbeda ketika di masyarakat menjadikan dampingan kurang percaya diri. Bahwa percaya diri sangat berpengaruh untuk kesuksesan dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, melalui program KKN ini, pendamping ingin membentuk rasa percaya diri dengan menggunakan media majalah dinding sekolah. Sehingga lingkungan sekolah akan memberikan respon yang positif bagi dampingan.Abstrack: Mentoring at the Community Service orphanage in Surabaya. Activities  carried out for 3 (three) months to solve the problem  at hand. The method used to solve problems with social analysis and in depth interviews  to orphanages, management and graduate. Bad past experience, poor family environment, unclear background and different treatments when in the community make  them less confident. That self-confidence is very influential for success in the future.  Therefore, through this KKN program, we want to build self-confidence by using the school wall magazine media. So  that the school environment will respond positively to them. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8