cover
Contact Name
Dinar Pratama
Contact Email
sustainablejurnal@gmail.com
Phone
+6285266038611
Journal Mail Official
sustainablejurnal@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/sus/about/editorialTeam
Location
Kab. bangka,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 26550695     DOI : https://doi.org/10.32923
Core Subject : Education, Social,
Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about the quality of education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners.
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2022): Sustainable" : 27 Documents clear
Upaya Guru dalam Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rejang Lebong Ririn Eka Monicha; Okni Aisa Mutiara Sendi; Idi Warsah; Ruly Morganna
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.925 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v5i1.2230

Abstract

Keberhasilan belajar peserta didik menjadi sebuah prestasi yang tak ternilai bagi seorang pendidik. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap upaya guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rejang Lebong. Penelitian ini megadopsi metode kualitatif. Subjek dalam penelitian yaitu guru pendidikan agama Islam yang selanjutnya diwawancara untuk mendapatkan data. Penelitian ini mendapatkan hasil akhir bahwa Upaya pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rejang Lebong sudah terjalankan dengan mempersiapkan pembelajaran serta kegiatan pembelajaran dengan perangkat pembelajaran yang dibungkus melalui kerjasama sehingga akan terjalan dengan efisien dan efektif, dengan demikian pengelolaan kelas akan nyaman dan kondusif melalui pengaturan situasi dan kondisi yang terdapat dikelas, kemudian dari kesiapan belajar siswanya dan penataan ruangan kelas yang digunakan untuk mempermudah proses kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi pembelajaran PAI yaitu masih menggunakan metode konfensional seperti ceramah, diskusi dan tanya jawab, praktek dan pembiasaan.
Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Relasi Dan Fungsi Vera Wahyuni
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.375 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v5i1.2232

Abstract

The test instrument is one aspect of the learning process that is used to produce learning outcomes or the level of knowledge of students. The research method used in this research is descriptive quantitative research. The population in this study were all students of class VIII SMP Negeri 1 PGRI Batanghari which consisted of 5 classes, with research samples namely class VIII B and class VIII A, the results of this study showed content validity based on experts with an average V index of more than 0,3 then for empirical validity 14 of 15 are declared valid with an average result of more than 0.3, then the reliability test shows the results of 0.740 > 0.6 so it can be said that a valid and reliable mathematical communication ability test is used to measure communication skills mathematics relational materials and functions
Resiliensi Siswa Selama Proses Pembelajaran Jarak Jauh: Korelasi Self-Regulation di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Bangka Yandi Rasyid Hafizallah; Zulkarnain Zulkarnain
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1227.853 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v5i1.2239

Abstract

This study aims to explain the effect of self-refulation abilities on student resilience during the distance learning process during the Covid-19 pandemic at Bangka High School. The overall result of the calculation of self-regulation with a cumulative score percentage of 82.36% with a very high category. While the student resilience variable during the distance learning process during the covid 19 pandemic at Bangka High School with a cumulative value percentage of 76.01% in the high category. The significance level obtained through the two variables tested through correlation and regression tests has a significance of 0.00. Meanwhile, the results of the determination test show that self-regulation has an effect on student resilience during the distance learning process by 61.1%. While the rest (100% -61.1 = 38.9%) is influenced by other variables or variables that are not examined
Pengaruh Kepemimpinan Inovatif Dan Iklim Sekolah Terhadap Mutu Layanan Pendidikan Jumiati Safitri; Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1132.5 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v5i1.2248

Abstract

Penelitian ini menganalisis sejauh mana pengaruh kepemimpinan inovatif dan iklim sekolah terhadap mutu layanan pendidikan pada pondok pesantren MAS Jeumala Amal di Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh. Perolehan data melalui hasil analisis yang dilakukan pada 60 responden yang merupakan tenaga pendidik dan kependidikan pada MAS Jeumala Amal. Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptive survey menggunakan hipotesis Asosiatif. Adapun tujuan penelitian untuk menghitung besaran pengaruh; (1) Kepemimpinan inovatif terhadap mutu layanan pendidikan; (2) Iklim sekolah terhadap mutu layanan pendidikan; (3) Kepemimpinan inovatif dan iklim sekolah terhadap mutu layanan pendidikan. Hasil uji hipotesis analisis regresi sederhana diperoleh bahwa kepemimpinan inovatif berpengaruh terhadap mutu layanan pendidikan sebesar 79,9%, iklim sekolah berpengaruh terhadap mutu layanan pendidikan sebesar 54,4%, dan melalui analisis regresi berganda diperoleh bahwa kepemimpianan inovatif (X1) dan iklim sekolah (X2) berpengaruh secara simultan terhadap mutu layanan pendidikan (Y) pada pondok pesantren MAS Jeumala ‘’Amal di Pidie Jaya sebesar 79,9%. Dapat disimpulkan kepemimpinan inovati dan iklim sekolah berpengaruh terhadap mutu layanan pendidikan. Implikasinya, efektivitas kepemimpinan inovatif dan pengelolaan iklim sekolah kondusif mempengaruhi mutu layanan pendidikan.
Studi Literature: Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi berbasis Multimedia Interaktif pada Perguruan Tinggi Marheni Marheni; Kusnadi Kusnadi
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.551 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v5i1.2249

Abstract

Pembelajaran merupakan proses transfer ilmu yang dilakukan oleh pendidik kepada pembelajar. Proses pembelajaran merupakan perubahan dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti akan beberapa hal. Baru-baru ini, pembelajaran dilakukan secara daring untuk meminimalisir dari penyebaran virus Covid-19. pembelajaran daring dapat menimbulkan tingkat kebosanan yang bisa dialami oleh mahasiswa di berbagai perguruan tinggi negeri. Selain itu, mahasiswa juga menganggap pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi pembelajaran seperti Zoom, Google Meeting dan sebagainya terlalu monoton, karena sebagian mahasiswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Disisi lain mahasiswa lebih banyak mendengarkan penjelasan dari dosen saja. Pembelajaran yang dilakukan seperti itu, tidaklah cukup efektif diterapkan dalam meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa. Dari permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk memakai media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk memfasilitasi siswa saat pembelajaran. Media pembelajaran tersebut tidak hanya digunakan pada saat pembelajaran daring, namun bisa digunakan pada saat pembelajaran offline. Media merupakan alat yang dipakai oleh dosen untuk menyampaikan pesan kepada mahasiswa. Pesan yang dimaksudkan tersebut adalah materi mata kuliah Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk menganalisis terkait penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata kuliah akuntansi di perguruan tinggi. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang diguanakan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang diguanakan dalam jurnal ini adalah menggunakan studi literatur. Studi literatur yang digunakan adalah menganalisis terkait beberapa buku, beberapa jurnal, beberapa artikel, dan beberapa sumber relevan dari penelitian yang relevan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif efektif dalam memfasilitasi siswa dalam pembelajaran, khususnya pada mata kuliah akuntansi.
Keberagaman Produktivitas Guru Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Pada SDN Lebbek II Mohammad Imam Sufiyanto; Khairunisa Khairunisa; Roviandri Roviandri
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.955 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v5i1.2262

Abstract

Penelitian ini menjelaskan berbagai ragam dari kegiatan guru sekolah dasar dimana, merupakan guru penggerak yang selalu aktif dan produktif dalam proses pembelajarannya, guru penggerak merupakan guru yang mampu memimpin pembelajaran dan selalu siap menghadapi masalah pembelajaran dengan tantangan globalisasi. Produktivitas guru dapat dilihat dari perencanaan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan dan ujian akhir, melaksanakan berbagai analisis hasil ulangan harian, menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, serta membimbing kepada guru lain dalam proses pembelajaran; membuat sebuah alat pelajaran/alat peraga, mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum, membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar anak didik. Produktivitas kerja guru juga dilihat dari penelitian yang dilakukan, menulis artikel, dan keikutsertaan dalam forum ilmiah, serta pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman dari kegiatan guru dimasa pandemi covid-19 yang menjadi acuan sebagai agenda guru dimasa pandemi covid-19. Metode penelitian berupa deksriptif kualitatif yang merupakan beberapa bentuk pengumpulan data seperti transkrip wawancara terbuka, deskripsi observasi, serta analisis dokumen dan manuskrip lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah dimasa pandemi guru menjadikan acuan kurikulum untuk mengajar lebih baik dalam, mengembangkan silabus, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan menilai hasil belajar. Kesimpulannya guru sebagai tenaga penggerak dan garda terdepan dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19 menjadi lebih baik dan relevan terdahap teknologi pembelajaran.
The Relationship between Learning Strategies and Learning Style Preferences toward Learners’ Reading Comprehension Aisyah Pratiwi
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (854.479 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v5i1.2293

Abstract

objectives of this research are to find out: (1) the relationship between learning strategies and learning style preferences toward learners’ reading comprehension, (2) the relationship between learning strategies and learners’ reading comprehension and (3) the relationship between learning style preferences and learners’ reading comprehension. This was a correlational research which had been conducted at the twelfth graders of SMKN 6 Bekasi. Isaac and Michael table with 0.05 as the level of significant error was used as the way to determine the number of the sample. From the table, 161 learners became the The sample of this research with the use of simple random sampling as the way to choose the samples. Strategy Inventory of Language Learners (SILL) questionnaires, Perceptual Learning Style Preferences (PLSP) questionnaires and Indonesian National Examination were used as the instruments of this research. All of those instruments were tried out to obtain the valid and reliable items. Then, the data were analyzed using multiple regression. Based on the research result, the research findings were as follows: (1) there is significant relationship between learning strategies and learning style preferences toward learners’ reading comprehension; (2) there is significant relationship between learning strategies and reading comprehension; (3) there is no significant relationship between learning style preferences and reading comprehension. Finally, it can be inferred that (1) the combination of learning strategies and learning style preferences relate with learners’ reading comprehension; (2) learners’ reading comprehension does not significantly depend on learning style preferences but significantly depend on learning strategies.
Adaptasi dan Inovasi Kegiatan Belajar Mengajar selama Pandemi pada Sekolah Luar Biasa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Luna Febriani; Kiki Listari
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.029 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v5i1.2322

Abstract

Education is one of the sectors that has been significantly affected by the Covid-19 pandemic. In the past, education was mostly done by learning in class or face-to-face, but when there was a pandemic, education was mostly done online which was bridged by gadgets. In addition, if the teaching and learning process is carried out directly, it will be divided into schedules to avoid crowds. Changes in education then make schools, teachers and students have to be able to adapt, especially in special schools that have students with special needs considering the process of teaching children with special needs is not easy. This research examines the strategies and innovations carried out by special schools in the Province of Bangka Belitung Islands. The research method used is a qualitative research method by using the sociological perspective of education to analyze the results of the research. The conclusion shows that during the pandemic, special schools in the province of Bangka Belitung Islands made adaptations and innovations in teaching and learning activities adapted to pandemic conditions. Adaptations and innovations carried out include learning carried out at home, dividing schedules or incoming shifts for students, forming groups of covid response officers whose members involve students, making drinks to ward off Covid from school gardens and others.
Optimalisasi Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Sejak Dini Imam Hanafi
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.129 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v5i1.2391

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan kajian terhadap optimalisasi pengembangan kecerdasan spiritual anak sejak dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Adapun hasil kajian dari penelitian ini memberikan informasi baru dan menjelaskan salah satu potensi luar biasa yang terdapat dalam diri seorang anak yang kadang kurang, bahkan tidak tergarap dengan baik di sekolah karena selama ini sekolah hanya fokus menggarap pada ranah kognitif saja. Walaupun hanya terbatas pada ranah kecerdasan spiritual, namun dampaknya sangat luar biasa jika betul-betul digarap secara tepat dan benar oleh lembaga pendidikan baik sekolah maupun madrasah.
Standar Pengelolaan Program Pendidikan Nonformal Dari Perspektif Akreditasi Ahmad Ahmad
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 5 No 1 (2022): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.577 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v5i1.2403

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjabarkan standar pengelolaan program Pendidikan Non-Formal dari perspektif akreditasi. Seperti yang kita ketahui bahwa Pendidikan nonformal adalah pendidikan yang dilaksanakan di luar jalur pendidikan formal yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan pelengkap pendidikan formal. Banyak program-program yang terdapat di dalamnya dan masing-masing programnya memiliki standar pengelolaannya sendiri. Standar pengelolaan dimaksudkan agar menjadi acuan dalam mengelola sebuah program dan juga sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab bagi seluruh pihak yang terlibat dalam program tersebut. Data pada penulisan artikel ini didapat dari hasil pencarian informasi yang bersifat kontekstual tanpa menggunakan struktur penelitian tertentu. Standar Nasional Pendidikan terdiri dari 8 standar yang masing-masing harus dimiliki oleh satuan program pendidikan nonformal agar satuan dan program tersebut mempunyai sertifikasi dan juga terakreditasi baik.

Page 1 of 3 | Total Record : 27