cover
Contact Name
Qorry Meidianingsih
Contact Email
qorrymeidianingsih@unj.ac.id
Phone
+6281297142104
Journal Mail Official
jrpms@unj.ac.id
Editorial Address
Gedung Dewi Sartika Lt. 6, Kampus A Universitas Negeri Jakarta Jln. Jl. Rawamangun Muka, RT.11/RW.14, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
ISSN : -     EISSN : 26214296     DOI : https://doi.org/10.21009
Core Subject : Education,
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah (JRPMS) is a journal that is published by the mathematics education study program of MIPA, Jakarta State University. The manuscript published in JRPMS was the result of research in the field of school mathematics education and contributed significantly to the dissemination of knowledge in the field of mathematics education, both theory and application.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah" : 10 Documents clear
Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Vivied Eka Pratiwi; Joko Soebagyo
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.062.02

Abstract

Pembelajaran matematika memerlukan suatu kemampuan yang dapat menghantarkan siswa untuk mendukung dalam memahami materi yang disebut kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau trend penelitian kemampuan penalaran matematis dan melihat peluang penelitian tentang kemampuan penalaran matematis dimasa depan. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui google scholar dari tahun 0 - 0 dengan keywords mathematical reasoning ability dan mathematic education. Peneliti menganalisis 491 artikel dari 980 artikel asli dari tahun 1971-2022. Penelitian ini memanfaatkan penggunaan perangkat lunak PoP dan VOSviewers untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti membuat kesimpulan bahwa terdapat istilah mathematical word problem dan istilah low ability mathematics group yang dapat digunakan untuk melakukan perkembangan dalam penelitian kemampuan penalaran matematis dimasa depan.
Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal PISA Matematika Berdasarkan Mathematization Terhadap Materi Aljabar Di SMPN 97 Jakarta Andreani, Frisca; Meiliasari; Lukman El Hakim
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.062.07

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan siswa proses matematisasi dan mengetahui keterkaitan kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika level PISA berdasarkan tipe soal Aljabar yang diberikan pada tiap level. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan studi kasus sebagai pendekatannya. Subjek penelitian ini adalah 18 orang siswa kelas IX SMPN 97 Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan yang dominan ialah pada tahapan Understanding the Problem. Kesalahan ditunjukkan dengan kurangnya pemahaman dalam soal. Kesalahan yang cukup banyak dialami ialah tahapan Formulating Mathematical Model. Kesalahan ditunjukkan dengan tidak dapat menghubungkan soal dengan konsep matematika yang ada. Kesalahan yang sedikit dilakukan tanpa kesalahan pada tahapan sebelumnya ada pada tahapan Mathematical Problem Solving dan Reflection. Kesalahan ditunjukkan dengan proses penyelesaian yang tidak sesuai dengan tujuan, tidak teliti, tidak dapat emnghubungkan lagi pada soal. Kesalahan paling banyak berdasarkan konten soal ada pada konten pekerjaan. Pada konten pekerjaan, paling banyak di tipe grafik dan sisanya di tipe soal cerita. Kesalahan yang cukup banyak terjadi ada di konten saintifik berupa tipe grafik dan pola. Kesalahan yang lebih sedikit terjadi pada konten sosial di tipe grafik dan pribadi di tipe soal cerita. Kata kunci: Analisis Kesalahan, PISA, Matematisasi, Aljabar.
Penggunaan Media Google Classroom Terhadap Respon Siswa pada Materi Persamaan Nilai Mutlak Nanda Sarah Sinta; Yuyun Yunarti
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.062.04

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar dan semangat siswa (respon siswa) dalam pembelajaran online salah satunya yaitu dengan menerapkan pembelajaran menggunakan aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring. Salah satu media pembelajaran daring yang digunakan saat ini dan sedang berkembang adalah google classroom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media google classroom terhadap respon siswa pada mata pelajaran matematika di SMK Muhammadiyah 1 Metro pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang berbasis ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Metro tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah instrument angket google classroom dan respon siswa. Analisis yang dilakukan ditinjau dari segi validitas isi, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis korelasi dan signifikansi korelasi dengan bantuan program microsoft excel dan SPSS V.25.0. Hasil analisis diperoleh signifikansi korelasinya memiliki hubungan yang kuat, hal ini ditunjukan dengan hasil perhitungan korelasi dengan menggunakan uji hipotesis korelasi product moment diperoleh hasil nilai korelasi sebesar 0,663 yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara kedua variable tersebut, selanjutnya dilakukan uji signifikansi yang menunjukan p-value sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan penggunaan media google classroom terhadap respon siswa, artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.
Pembudayaan Literasi Numerasi dalam Kegiatan Inti Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama Rahmayanti, Danica Zerlinda; Sutama
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.062.03

Abstract

Numerical literacy skills are needed in all aspects of life, both in education, work and society. Numerical literacy continues to grow so that it requires humans to continue to adapt in various aspects of education. Numerical literacy is seen as an evolution and is used as a foundation for the development of education in Indonesia so that the cultivation of numeracy literacy is very important. The research objectives in this article are twofold. 1) Describe controlled training of numeracy literacy culture groups in core activities. 2) Describe the independent training of numeracy literacy culture in core activities. The type of research used by the researcher is qualitative research. This research was carried out on students of SMP Negeri 1 Matesih. The research was conducted from May to September 2022. The research subjects were seventh grade students of SMP Negeri 1 Matesih. Data collection techniques were carried out by collecting documents, collecting theories, interviewing mathematics teachers, direct observation and giving questionnaires. Data validity by triangulation. Data analysis techniques using two ways, namely data reduction, data presentation and conclusions. There are two research results in this article. 1) Controlled training of numeracy literacy culture groups in core activities is carried out with open discussions during mathematics learning. 2) Independent training of numeracy literacy culture in core activities is carried out by giving independent assignments as an exercise. The teacher gives several tasks to support the level of students' understanding of a material.
Pengembangan Multimedia Berbasis Android dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Maghfiroh, Laelatul; Tri Murdiyanto; Wijayanti, Dwi Antari
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.062.08

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa produk multimedia interaktif berbasis android dengan pendekatan kontekstual pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi dan pendekatan yang digunakan masing-masing adalah sistem persamaan linier dua variabel dan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, dan merujuk pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu 1) Analyze; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; dan 5) Evaluation. Pengembangan produk multimedia interaktif berbasis android menggunakan aplikasi Smart Apps Creator. Produk yang dihasilkan mendapat penilaian dari ahli dengan rincian sebesar 91,5% dari validasi ahli materi dan Bahasa, dan sebesar 83,7% dari validasi ahli media. Penilaian evaluasi uji coba guru kelompok kecil dan besar masing-masing 97,2% dan 97,4%. Penilaian evaluasi uji coba siswa kelompok kecil dan besar masing-masing 95,7% dan 96,67%. Adapun nilai rata-rata keseluruhan produk multimedia interaktif berbasis android berdasarkan validasi dari ahli dan evaluasi uji coba adalah sebesar 93,7% dengan kriteria sangat baik. Sehingga, produk multimedia interaktif berbasis android dengan pendekatan kontekstual dinyatakan valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi kelas VIII SMP.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self-esteem Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 6 Kota Bekasi Nurlailatul Qiram; Ellis Salsabila; Meidianingsih, Qorry
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.062.05

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis dan interaksi antara model pembelajaran dengan self-esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII.G dan VIII.I SMP Negeri 6 Kota Bekasi. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari 5 soal uraian materi lingkaran untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis dan 10 pernyataan angket untuk mengukur self-esteem siswa dalam pembelajaran matematika. Hasil pengujian hipotesis dengan ANOVA Dua Arah menggunakan , dapat disimpulkan (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan self-esteem siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Bogor Tresna Ayu, Padwina; Tri Murdiyanto; Hidajat, Flavia Aurelia
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.062.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Di antara seluruh desain metode kuasi eksperimen, pada penelitian ini digunakan post-test only control group design. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII-B dan VIII-C di SMP Negeri 5 Bogor. Kemampuan representasi matematis siswa diukur menggunakan instrumen penelitian yaitu 3 soal uraian pada materi peluang yang telah valid dan reliabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi , didapat bahwa dan sehingga , maka ditolak dan nilai Cohen’s effect size yang diperoleh adalah 0,976 yang termasuk pada kategori besar dengan persentase 82%. Berdasarkan hasil yang telah didapat, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bogor.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Android dengan Model Discovery Learning pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 20 Jakarta Novelina Santoso, Anisa; Ellis Salsabila; Haeruman, Leny Dhianti
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.062.06

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan adobe animate cc dengan model discovery learning pada materi teorema pythagoras untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran ini memperoleh persentase kelayakan melalui proses uji validasi oleh para ahli dan uji coba kelompok kecil dan besar oleh siswa dan guru yaitu sebagai berikut, uji validasi oleh para ahli materi dan bahasa didapat persentase sebesar 91%, uji validasi oleh para ahli media didapat persentase sebesar 83%, uji coba kelompok kecil didapat persentase sebesar 98%, dan uji coba kelompok besar didapat persentase sebesar 96%. Sehingga berdasarkan hasil tersebut didapatkan rata-rata persentase sebesar 92% atau dapat diinterpretasikan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android dengan model discovery learning pada materi teorema pythagoras ini sangat layak untuk dimanfaatkan dan digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VIII SMP.
Comparison of Mathematical Learning Capabilities Among Students Using the Reciprocal Teaching and Problem Posing Model Kharis, Selly Anastassia Amellia; Tri Murdiyanto; Wijayanti, Dwi Antari; Zubir, Edward
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.062.01

Abstract

The purpose of this study is to ascertain whether students who learn to utilize the reciprocal teaching model have a greater understanding of mathematical topics than students who learn to use the problem posing approach. This research was carried out at SMP Negeri 97 Jakarta for seventh grade students on the subject of Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). This study was conducted using a quasi-experimental design. A two-stage random sampling method was employed for the sampling process.The first stage is purposive sampling, in this case three classes are selected which are taught by the same teacher. Then the second stage is cluster random sampling, from three classes that are normally distributed, homogeneous and have the same average, two classes are randomly selected as experimental class I (reciprocal teaching model) and experimental class II (problem posing model). The research instrument used was the final test of the ability to understand mathematical concepts on the subject of PLSV as many as 6 questions. Validity testing uses content, construct, and empirical validity. Calculation of the reliability of the instrument using the Cronbach Alpha correlation formula and obtained a reliability coefficient of 0.714 which is classified as high. The research hypothesis was tested using t-test statistics.The result show that the ability to understand mathematical concepts of students who learn to use the reciprocal teaching model is higher than problem posing model.
Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry pada Materi Logaritma SMA Kelas X Andita Sulistyaningrum; Makmuri, Makmuri; Tian Abdul Aziz
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.062.09

Abstract

Perubahan pelaksanaan pendidikan menjadi pembelajaran daring membuat guru dan siswa perlu beradaptasi, begitu juga dengan sumber belajar yang digunakannya. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, siswa kesulitan dalam memahami materi matematika terutama logaritma. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul matematika berbentuk elektronik yang menerapkan model pembelajaran guided inquiry dalam menyajikan materi logaritma dengan menggunakan Construct 2 serta mengetahui kelayakan modul yang dihasilkan. Penelitian merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. Materi logaritma disajikan dalam empat kegiatan belajar. Hasil rata-rata penilaian modul elektronik sebesar 91,37% sehingga dapat disimpulkan bahwa modul memiliki kriteria sangat layak.

Page 1 of 1 | Total Record : 10