cover
Contact Name
Rizky Nurulfa
Contact Email
jpja@unj.ac.id
Phone
+6285716480707
Journal Mail Official
jpja@unj.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta Jl. Pemuda 10 Rawamangun Jakarta Timur, 13220, Telp. 0214893534
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA)
ISSN : -     EISSN : 27471454     DOI : 10.21009
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November, memuat artikel berisi hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan adaptif memuat artikel yang meliputi ide-ide konseptual, teori pembelajaran dan aplikasinya, penelitian model pembelajaran dan hasil pembelajaran di bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 02 (2024): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 07, No. 02, November 2024" : 5 Documents clear
Pengaruh Lari Jarak Pendek terhadap Penurunan Cairan Tubuh pada Siswa Ekskul Futsal Ridho, Muhammad Rasyid; Mighra, Bazzar Ari; Widyaningsih, Heni; Ibrahim, Saipulloh
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 7 No. 02 (2024): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 07, No. 02, November 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v7i02.55462

Abstract

Penelitian ini akan menjelaskan tentang pengaruh lari jarak pendek terhadap penurunan cairan tubuh pada siswa ekstrakurikuler futsal MTs Soebono Mantofani. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian The One Groups Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 orang, dengan pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Teknik pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik sederhana yang dilanjutkan dengan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan total pengeluaran cairan sebesar 1.150ml dengan rata-rata sebesar 76,66ml. Selanjutnya diperoleh nilai t hitung = 6,4875 ≥ t tabel = 1,761 dan terdapat pengaruh antara lari jarak pendek terhadap penurunan cairan tubuh (p < 0,05).
Model Pembelajaran Smash dan Block Bola Voli pada Siswa Sekolah Menengah Atas Ghifari, Muhammad Rafi Al; Samsudin; Setiawan, Iwan; Chaniago, Herman
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 7 No. 02 (2024): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 07, No. 02, November 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v7i02.55463

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran terbaru yaitu menciptakan model pembelajaran smash dan block bola voli untuk siswa SMA. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Mei-Juni 2024. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode Research and Development. Terdapat 4 model pembelajaran yang dinilai belum layak dan 17 model pembelajaran yang dinilai layak. Hasil yang diperoleh dari angket siswa skala kecil adalah 87,85% untuk tingkat kemudahan dan 86,66% untuk tingkat kemenarikan, kemudian hasil yang diperoleh dari angket siswa skala besar di SMA Negeri 33 Jakarta adalah 87,11% untuk tingkat kemudahan dan 87,63%. untuk tingkat kemenarikan, kemudian hasil yang diperoleh dari angket siswa skala besar di SMA Negeri 95 Jakarta adalah 86,91% untuk tingkat kemudahan dan 87,14% untuk tingkat kemenarikan, kemudian hasil yang diperoleh pada skala eksperimen adalah 87,18% untuk tingkat kemudahan dan 87,50% untuk tingkat kemenarikan model pembelajaran smash dan block bola voli yang peneliti buat.
Model Pembelajaran Kebugaran dengan Metode Adventure Challenge menggunakan Media Scan Barcode pada Peserta Didik Kelas V Fatkhurohman, Muhammad Dian; Nurulfa, Rizky; Hasibuan, Muchtar Hendra
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 7 No. 02 (2024): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 07, No. 02, November 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v7i02.55464

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat model pembelajaran kebugaran dengan metode adventure challenge menggunakan media scan barcode pada peserta didik kelas lima sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan ADDIE yang akan menghasilkan produk berupa desain pembelajaran. Pembuatan awal model pembelajaran kebugaran menggunakan 12 model awal yang kemudian di validasi dan menghasilkan 10 model yang dinyatakan layak. Berikutnya diimplementasikan dengan jumlah sampel 12 siswa di SD Negeri Sindangsari IV Kabupaten Tangerang. Model pembelajaran kebugaran pada siswa sekolah dasar ini diharapkan dapat dijadikan referensi guru pendidikan jasmani dalam proses pembelajaran khususnya pada materi kebugaran. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setelah melalui uji validasi dengan justifikasi ahli, menghasilkan produk model pembelajaran kebugaran sebanyak 10 model, dan layak digunakan pada pembelajaran pendidikan jasmani.
Pengaruh Outdoor Education Untuk Meningkatkan Gerak Dasar Lokomotor Pada Anak Usia 5-6 Tahun Apriyanti, Selvia; Wasan, Aan; Widyawan, Dena
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 7 No. 02 (2024): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 07, No. 02, November 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v7i02.55465

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau sejauh mana kegiatan pembelajaran di luar kelas untuk membentuk gerak dasar lokomotor pada anak. penelitian dilaksanakan di TK RIA Pembangunan, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Adapun waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan Pre Test dan Post Test Design. Populasi dalam peelitian ini adalah anak kelas Tk B TK RIA Pembangunan. Sampel penelitian adalah anak Tk B Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 15 anak. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner dan Treatment. Kemudian dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik uji-t dengan hasil T-Value sebesar 16,11 yang menunjukkan adanya pengaruh outdoor education dalam meningkatkan gerak dasar lokomotor pada anak usia 5-6 tahun.
Model Pembelajaran Bertahan dan Menyerang Permainan Bola Voli pada Siswa Sekolah Menengah Atas Sari, Nisya Puspita; Samsudin; Prabowo, Eko
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 7 No. 02 (2024): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 07, No. 02, November 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v7i02.55466

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk menghasilkan suatu model pembelajaran bertahan dan menyerang bola voli bagi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Penelitian ini menghasilkan suatu produk berupa buku tentang model pembelajaran bertahan dan menyerang permainan bola voli bagi siswa SMA yang telah melalui tahap revisi dan validasi oleh ahli pembelajaran, ahli bola voli dan guru penjas serta menghasilkan 16 model yang telah diujicobakan di tiga sekolah. Hasil angket menunjukkan tingkat kemudahan model sebesar 91,1% dan tingkat kemenarikan sebesar 90,67% untuk uji coba kecil, tingkat kemudahan sebesar 90% dan tingkat kemenarikan sebesar 91,21% untuk uji coba besar, tingkat kemudahan sebesar 89,84% dan tingkat kemenarikan sebesar 90,75% untuk uji coba eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian ini dinyatakan bahwa model pembelajaran bertahan dan menyerang bola voli bagi siswa SMA dapat dijadikan acuan untuk proses pembelajaran atau digunakan dalam pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5