cover
Contact Name
Veta Lidya Pasaribu
Contact Email
abdimasjurnal.unpam@gmail.com
Phone
+6289649781256
Journal Mail Official
andri.priadi91@gmail.com
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No.1, Pamulang Baru, Kec. Pamulang, Kota Tangerang 15417 Tel / fax : 0858 8011 8922 / 0852 3993 0270
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL ABDIMAS TRIDHARMA MANAJEMEN
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 27157105     EISSN : 2716070X     DOI : DOI: 10.32493/ABMAS
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen : jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Mei dan September oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Januari tahun 2020. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian pada bidang ekonomi. Lingkup Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen adalah Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dosen -Dosen Prodi Manajemen Universitas Pamulang meliputi penelitian pemasaran, sumber daya manusia ,keuangan ,dan Kewirausahaan. Mohon dibaca panduan dengan baik. Penulis yang ingin menyerahkan artikel ke Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen :jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang, harus mematuhi panduan penulisan. Jika artikel yang dikirim tidak sesuai atau ditulis dalam format yang berbeda dengan panduan, maka akan DITOLAK oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Para editor hanya menerima artikel yang sesuai dengan format yang telah ditetapkan. Artikel ditulis dalam bahasa indonesia. Proses penerimaan, review, dan penerbitan artikel pada Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen sepenuhnya dilakukan melalui open journal system (OJS). Penulis yang akan mengirimkan artikel wajib memperhatikan pedoman penulisan dan menulis artikel sesuai dengan template artikel yang sudah disediakan. Artikel yang tidak sesuai ketentuan dan template serta memiliki tingkat kemiripan dengan sumber lain lebih dari 40% akan langsung ditolak.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020): ABDIMAS" : 15 Documents clear
PEMANFAATAN WEB E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH Khotimatus Sa’diyah; Evita Vibriana; Niera Feblidiyanti
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 1, No 2 (2020): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i2.p99-109.y2020

Abstract

Sosial media sekarang telah memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Kini berbagi informasi kepada pengunjung atau follower bukan satu-satunya keuntungan menggunakan sosial media bagi sebuah bisnis. Jauh lebih yang utama adalah agar produk dapat laku dipasar dan banyak diminati pelanggan. Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini berjudul “Pemanfaatan Web E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Menengah”.Adapun mitra dalam program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini adalah pelaku Usaha Kecil Mikro Pertanian (UKMP) kota Depok yang berada di Desa Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Pelaku usaha mengeluhkan tentang penjualan mereka yang kurang berkembang meskipun sudah menggunakan sosial media dalam pemasarannya sehingga kurang memberikan profit secara maksimal.Berdasarkan permasalahan yang dihadapi anggota pelaku Usaha Kecil Mikro Pertanian kota Depok, melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat para dosen dan mahasiswa dari Universitas Pamulang,mencoba membantu pelaku usaha melalui pengembangan metode pemasaran melalui web e-commerce secara tepat agar usahanya bisa berkembang. Diharapkan dengan penyuluhan penggunakan web e-commerce sebagai alat bantu pemasaran dapat meningkatkan penjualan produk.Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa kegiatan yaitu tahap persiapan meliputi observasi dan perizinan, penyusunan penganggaran kegiatan, pengajuan proposal, dan tahap implementasi pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yakni melalui metode ceramah, diskusi dan tanya jawab.Kesimpulan dari pengabdian ini adalah pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di Balai Pertemuan Desa Sukmajaya Kelurahan Rangkapan Jaya Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok pada 5 - 6 Oktober 2019 dengan tema pemasaran menggunakan web e-commerce terbukti dapat meningkatkan pengembangan produk mitra bisnis baik dari sisi pendapatan maupun dari sisi pengurangan biaya pemasaran.Kata Kunci: Pemasaran, UKM, Sosial media, e-Commerce
PERANAN KOMUNIKASI PADA SEBUAH ORGANISASI YANG BERTUJUAN MENINGKATKAN MOTIVASI Sri Sukapti; Styo Budi Utomo; M. Zaenal Muttaqin Abdi; Sonny Sonny; Widya Candra Dewi
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 1, No 2 (2020): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i2.p16-24.y2020

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para siswa khususnya calon dan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMK Al Amanah, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan tentang bagaimana mengelola dan mengembangkan organisasi. Selain itu memberikan pengetahuan akan pentingnya pola komunikasi di dalam organisasi. Kemudian para siswa juga diberikan wawasan tentang bagaimana meningkatkan motivasi di dalam berorganisasi.Sasaran kegiatan PKM adalah para siswa-siswi SMK Al Amanah, khususnya para calon dan pengurus OSIS serta guru yang menjadi pembina OSIS. Permasalahan diselesaikan melalui tiga (3) tahapan yaitu: persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap persiapan diawali dengan melakukan survei lokasi untuk memeroleh informasi terkait kebutuhan para siswa dan pengurus OSIS sekaligus membangun komunikasi dengan civitas sekolah seperti kepala sekolah dan guru yang merupakan pembina OSIS. Tahap pelaksanaan difokuskan untuk menyiapkan semua kebutuhan kegiatan, seperti membuat rancangan anggaran biaya, proposal, penyusunan materi dan menyiapkan alat kelengkapan. Tahap evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan dan menyimpulkan data dari masing-masing tahapan kegiatan.Hasil kegiatan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini terlihat dari antusias para peserta. Para peserta memeroleh input dari materi-materi yang disampaikan yang meliputi materi keorganisasian, komunikasi dan motivasi. Kegiatan juga mendapat dukungan penuh dari para civitas sekolah di antaranya: kepala sekolah dan para guru yang menjadi pembina OSIS. Kegiatan ini dinilai menambah khazanah keilmuan bagi para siswa lantaran tidak diperoleh di proses belajar kelas.Kata kunci: organisasi, komunikasi, motivasi, OSIS, Kota Tangerang Selata
RENDAHNYA INTENSI ANAK UNTUK CURHAT KEPADA ORANG TUA PADA SISWA MTS MATHLAUL ANWAR Sugeng Widodo; Lilis Suryani; Lili Sularmi; Yuga Pratama; Rini Dianti
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 1, No 2 (2020): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i2.p67-74.y2020

Abstract

Curhat atau curahan hati merupakan saat di mana satu orang mencoba untuk menceritakan sesuatu kepada orang-orang yang dianggap dekat, dan biasanya yang diceritakan itu masalah personal.Misal tentang pekerjaan, pasangan, keluarga, dan lain sebagainya. Mungkin orang akan berasumsi bahwa orang yang curhat itu butuh pendapat orang lain guna mencari solusi untuk masalahnya. Tapi ada juga yang curhat bukan untuk mencari solusi, melainkan hanya ingin didengar kisahnya.Karena wanita kebanyakan menceritakan masalah itu lebih karena ingin empati dan simpati.Jadi ketika diberikan solusi yang simple dan to the point, justru merasa tidak didengarkan.Kadang ada juga pria yang seperti itu.Secara garis besar orang curhat ada 3, pertama ingin mencari solusi, kedua ingin pengakuan atau respons positif, ketiga ingin mencari perhatian. Curhat bukan cuma karena ingin mencari solusi, tapi bisa juga karena alasan lain.Curhat (curahan hati) dibutuhkan setiap orang karena tak selamanya manusia bisa mengatasi kegundahan, mengadukan kegelisahan, menguraikan rasa sakit hati dan menyelesaikan permasalahannya sendiri.Curhat bisa juga ditindaklanjuti sebagai aktivitas berbagi pengalaman, bertukar pikiran dan berbagi perasaan, terutama dengan orang-orang terdekat yang kita percayai.Karena itu, curhat menjadi kebutuhan psikis yang dianggap penting oleh banyak orang.Sebagai ajang berbagi, curhat memiliki banyak manfaat, asal dicurahkan kepada orang yang tepat.Pertama, melegakan dan menenangkan perasaan.Di saat sedih dan gundah, kita butuh teman walaupun hanya untuk sekedar mendengarkan keluh kesah kita.Curhat kepada sahabat, keluarga dan orang-orang terdekat paling tidak bisa meringankan beban yang menghimpit perasaan.Apalagi jika orang tempat kita curhat memberikan respon yang baik.Hati dan pikiran kita bisa jauh lebih tenang.Kedua, curhat bisa membuat hubungan semakin dekat dan erat, baik dengan keluarga maupun sahabat.Kedekatan timbul karena rasa nyaman, rasa percaya dan adanya rasa menghargai dan dihargai. Orang yang jadi tempat curhat akan merasa dihargai dan dipercaya karena umumnya curhat menyangkut masalah pribadi, sehingga ia juga bisa lebih memahami pribadi sahabatnya yang curhat tersebut. Demikian pula orang yang curhat, dengan adanya respon dari pendengar curhatnya, ia merasa dihargai, dimengerti dan merasa orang tersebutKata Kunci:Intensi curhat , Anak, Orang Tua
PENGENALAN DIGITAL MARKETING DAN PELATIHAN E-COMMERCE SEBAGAI BENTUK KEWIRAUSAHAAN DINI BAGI PELAJAR SMK LINGGA KENCANA DEPOK Hasanudin Hasanudin; Ananda Hadistia; Ayu Puspa Lestiyadi; Siti Aprilliani; Ani Meryati
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 1, No 2 (2020): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i2.p110-116.y2020

Abstract

Kegiatan pegabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membahas bentuk strategi yang digunakan dalam perkembangan teknologi ke depan. Pengenalan digital marketing dan pelatihan e-commerce memiliki peranan penting dalam strategi pemasaran terutama sebagai bentuk kewirausahaan dini bagi pelajar SMK Lingga Kencana Depok. Adapun metode yang dilakukan berupa penyampaian materi dalam bentuk teori presentasi dan praktik/penerapan pembuatan konten digital marketing baik melalui media sosial maupun melalui e-commerce.Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebelum pelaksanaan PKM, para pelajar SMK Lingga Kencana Depok belum begitu mengenal istilah-istilah terkait dengan pemasaran produk lewat media online, namun setelah pelaksaan kegiatan diketahui para pelajar SMK Lingga Kencana Depok dapat memahami dasar-dasar pemasaran melaui media sosial ataupun melalui e-commerce secara sederhana. Kegiatan PKM berperan positif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam pemasaran ataupun penjualan melalui digital marketing dan e-commerce.Metode kegiatan yang digunakan adalah bekerjasama dengan SMK Lingga Kencana Depok yang berada di Jl.Raya Sawangan no. 47, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat dan mencari pemasalahan yang ada di tempat tersebut sehingga dapat memberikan solusi yang tepat dalam memotivasi para peserta yang adalah pelajar SMK sehingga mereka bisa memanfaatkan perkembangan pemasaran dan penjualan secara online dengan tepat sasaran. Setelah di analisis maka kami memberikan pelatihan dalam bentuk materi dan praktek yang bertujuan mengembangkan kemampuan para pelajar SMK untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan via media daring (online).Kata kunci : PKM, digital marketing , e-commerce, Daring
PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA PADA KELOMPOK PENGAJIAN IBU-IBU SEKELURAHAN PAMULANG BARAT TANGERANG SELATAN Bulan Oktrima; Muliahadi Tumanngor; Waluyo Jati; Tri Wartono; Ade Ratna Sari
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 1, No 2 (2020): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i2.p25-32.y2020

Abstract

Pengabdian ini berjudulPengelolaan Keuangan Keluarga Pada Kelompok Pengajian Ibu-Ibu Sekelurahan Pamulang Barat, Tangerang Selatan.Tujuan pengabdian ini adalah untukMembantu memberikan arahan mengenai Manajemen Keuangan, Pengelolaan keuangan keluarga, dan apa yang harus dilakukan oleh pada Kelompok Pengajian Ibu-Ibu Sekelurahan Pamulang Barat.Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa kegiatan yaitu tahap survei yaitu sosialisasi dilakukan dengan menyusun berbagai hal yang akan disampaikan pada saat kegiatan pengabdian yang akan dilakukan yang meliputi: penyusunan materi yang akan diberikan, penyusunan jadwal pemberian materi, pembagian tugas tim pengabdian dan survei ke lokasi pengabdian. Tahap sosialisasi yaitu sebelum kegiatan pengabdian dilaksanakan terlebih dahulu dilakukan tahap sosialisasi yaitu melakukan silaturahmi dengan ketua yayasan, menyampaikan maksud dan tujuan pengabdian ini. Pada tahap ini juga dilakukan jalinan kerjasama dan menentukan jadwal kegiatan pengabdian. Tim pelaksana kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah dosen Fakultas Ekonomi jurusan manajemen sebanyak 5 orang. Tim pengabdian memberikan materi tentang manajemen keuangan dan pengelolaan keuangan.Kesimpulan dari pengabdian ini adalah Peserta diberikan materi mengenai Pengelolaan keuangan dimana sifatnya administratif yang berkaitan dengan kegiatan perencanaan anggaran, penyimpanan, penggunaan, pencatatan dan pengawasan keluar masuknya uang/dana, kelompok Ibu-ibu pengajian sekelurahan Pamulang Barat.Kata Kunci: Keuangan Keluarga, Penghasilan Keluarga, dan Pengeluaran Keluarga
MEMPERSIAPKAN GENERASI MUDA YANG KREATIF DAN INOVATIF DALAM MENGHADAPI INDUSTRI 4.0 DI RUMAH GEMILANG INDONESIA (RGI) DEPOK Aceng Abdul Hamid; Ade Irawan; Laily Maknin Zubaedah; Nurselvy Nurselvy
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 1, No 2 (2020): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i2.p75-83.y2020

Abstract

Pengabdian ini berjudulmempersiapkan generasi muda yang kreatif dan inovatif dalam menghadapi industri 4.0 di Rumah Gemilang Indonesia (RGI) depok.Tujuan pengabdian ini adalah untukMembantu memberikan arahan terhadap kepala keluarga, wanita ,dan anak-anak apa dampak dari kekerasan dalam rumah tangga dan Memberikan semangat dan motivasi bagi kepala keluarga,wanita dan anak anak dalam menjalani kehidupan yang lebih baik. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bagianTri Dharma Perguruan Tinggi yang melibatkan segenap sivitas akademik: dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan serta alumni.Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di RGI Depok bertujuan untuk Menumbuhkan motivasi kreatifitas dan inovasi, mengasah kemampuan berwirausaha, Membudayakan semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kreatifitas serta menumbuh kembangkan kesadaran dan orientasi wirausaha peserta didik di RGI Depok. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini menggunakan metode ceramah, diskusi, presentasi serta game-game menarik yang berkaitan dengan materi diskusi. Setelah dilakukan kegiatan ini peserta didik RGI Depok dapat mengaplikasikan serta mengembangkan kreativitasnya untuk dapat bersaing saat ini.Kata Kunci :RGI Depok, Penyuluhan, Kreatif, Inovati
STRATEGI PEMASARAN USAHA KREATIF DAUR ULANG LIMBAH ANORGANIK PADA BANK SAMPAH ASRI BERSERI DIPERUMAHAN GRIYA PAMULANG ASRI RT. 06 / RW.009 BENDA BARU PAMULANG TANGERANG SELATAN – BANTEN Yenni Cahyani; Suciati Muanifah; Yulianto Yulianto; Syamsul Mu’arif
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 1, No 2 (2020): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i2.p117-124.y2020

Abstract

Program Pemanfaatan pengolahan sampah berupa pemanfaatan sampah rumah tangga menjadi industri kerajinan tangan yang kreatif semakin giat dikembangkan oleh berbagai daerah di Indonesia, program ini juga berkembangan di kecamatan Benda Baru , Tangerang Selatan – Banten di kecamatan ini pada perumahan Griya Asri Pamulang terdapat kelompok kecil Bank Sampah yang bernama BANK SAMPAH ASRI BERSERI adalah Ibu- ibu rumah tangga.Persoalan utama yang dihadapi oleh kelompok ibu-ibu ini adalah pada pemasaran hasil produk, salah satu upaya yang ingin dikembangkan adalah memasarkan produk kerajinan ini baik melalui off line dengan membuka gerai toko atau pun melalui jejaring social seperti facebook, whattshap, instagram sebagai upaya promosi, yang sementara ini promosi yang dilakukan masih seputaran mengenal produk produk tersebut pada wilayah sekitar dan teman – teman grup. Keputusan pengambilan tema ini diawali dari hasil survey dan interaksi dengan pengurus BANK SAMPAH maupun dengan anggota bank sampah yang melakukan aktivitas membuat kerajinan tangan dari hasil daur ulang sampah. Pelatihan strategi pemasaran ini dilakukan dengan memberikan penyuluhan bagaimana stategi yang tepat dalam memasarkan produk ini. Luaran yang dihasilkan oleh program ini adalah ketrampilan yang dimiliki oleh para pengurus dan anggota bank sampah dalam bentuk kemampuan memasarkan produk olahan daur ulang sampah sehingga terbentuk ekonomi produktifKhalayak sasaran sasaran yang akan menerima kegiatan penyuluhan ini adalah Pengurus dan anggota Bank Sampah Asri Berseri, yang kesemua nya adalah ibu – ibu Rumah Tangga, bahwa pertimbangan memilih kaum ibu adalah karena ibu berperan penting dalam mengatur jalannya roda rumah tangga atau keluarga dan penyumbang sampah rumah tangga terbesar dalam aktivitas rumah tangganya sehari-hari.Realisasi Pemecahan permasalahan adalah dengan melakukan acara kunjungan ke Bank Sampah Griya Asri dan memberikan penyuluhan pengetahuan terkait dengan Strategi Pemasaran usaha kreatif daur ulang sampah anorganik dalam bentuk seminar.Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat merintis dan mengembangkan usaha yang sekarang hanya dikelola secara tradisional perorangan menjadi usaha ekonomi mikro produktif, terutama dalam hal pemasaran hasilnya, maka dengan adanya program ini mitra dapat meningkatkan pemasaran hasilnya melalui kelembagaan usaha yang lebih konvensional dan aplikatif dan Pengurus dan anggota memiliki keterampilan mengelola dan mengembangkan pemasaran produk hasil daur ulang sampah baik secara offline maupun online sehingga dapat meingkatkan volume penjualan produk kerajinannya, sehingga berdampak pada peningkatan pendapatan mitra.Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Ekonomi Produksti, Promosi
PENYULUHAN PERANAN SDM YANG POTENSIAL TERHADAP KEMAJUAN PERUSAHAAN DI PT SEJATI GRUP Nurwita Nurwita; Windy Agustina; Wahadi Siamto; R. Roro Metarini; Muhammad Gandung
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 1, No 2 (2020): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i2.p33-41.y2020

Abstract

Pengabdian ini berjudulPenyuluhan Peranan SDM( Sumber Daya Manusia) yangPotensial Terhadap Kemajuan Perusahaan di PT Sejati Grup.Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan sumber Daya Manusia yang bekerja pada PT Sejati Grup dan mengetahui pengaruh SDM yang potensial terhadap Kemajuan Perusahaan jika memiliki karyawan yang sudah memiliki kemampuan potensial di dalam bidang pekerjaan nya.Adapun metode yang dilakukan dalam PKM ini adalah Presentation dengan memberikan presentasi materi yang berkaitan dengan Penyuluhan SDM yang potensial terhadap kemajuan perusahaan.Metode Discuss dengan cara memberikan kesempatan kepada mitra memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan tema PKM, metode Case dengan cara memberikan informasi terkait dengan kasus ,dan metode Evaluation dengan cara melakukan evaluasi terhadap apa yang sudah dilakukan oleh pihak mitra dan memberikan solusi apa yang akan dilakukan jika telah mengetahui bagaimana sudah mengetahui sumber daya manusia potensial dan dampak nya terhadap kemajuan Perusahaan setelah melakukan Penyuluhan PKM yang diadakan di PT Sejati Grup.Kesimpulan dari pengabdian ini adalah Kegiatan PKM telah dilaksanakan dengan lancar dan baik serta telah memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang SDM untuk Kemajuan Perusahaan .Maka dapat disimpulkan bahwa manajemen SDM merupakan suatu proses yang meliputi serangkaian tindakan, dimana unsur-unsur dan fungsi- fungsi manajemen dipekerjakan se-efisien dan efektif mungkin dengan bantuan Karyawan sebagai Sumber Daya Manusia yang bertujuan untuk mencapai goals dan sasaran yang telah ditentukan sesuai dengan kebutuhan akan adanya kemajuan perusahaan serta berdasarkan atau melebihi standar kompetensi kerja yang telah ditetapkan mulai dari input, proses, sampai pada out- put nya.Harapannya agar dapat menjadikan sumber informasi yang positif dan diunakan sebagai bahan, sumbangan pikiran, serta saran yang dapat membantu PT Sejati Grop menerapkan operasinya, baik secara langsung maupun tidak langsung yang berkaitan dengan Sumber Daya Manusia yang Potensial terhadap Kemajuan Perusahaan.Kata Kunci: Peranan SDM yang Potensial , Kemajuan Perusahaan
PEMANFAATAN LIMBAH GELAS AIR MINERAL SEBAGAI BAHAN DASAR BUNGA HIAS YANG CANTIK DAN MENARIK DI PKBM NEGERI 26 BINTARO JAKARTA SELATAN Dewi Sartika; Aan Purnama; Riski Dwi Nugroho; Yusran Daeng Matta; M Restu Wijaya
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 1, No 2 (2020): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i2.p84-90.y2020

Abstract

Pengabdian ini berjudul Pemanfaatan Limbah Gelas Air Mineral Sebagai Bahan Dasar Bunga Hias Yang Cantik Dan Menarik di Sekolah PKBM Bintaro Jakarta Selatan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu memberikan wawasan dan ide kreatif kepada anak anak di Sekolah PKBM Bintaro dalam hal memanfaatkan limbah gelas air mineral menjadi bunga hias yang cantik agar menambah daya jualnya sehingga diharapkan dapat menjadi tambahan penghasilan sehingga peserta didik disini dapat menjalani kehidupan yang lebih baik.Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa kegiatan yaitu tahap survei yaitu sosialisasi dilakukan dengan menyusun berbagai hal yang akan disampaikan pada saat kegiatan pengabdian yang akan dilakukan yang meliputi: penyusunan materi yang akan diberikan, penyusunan jadwal pemberian materi, pembagian tugas tim pengabdian dan survei ke lokasi pengabdian. Tahap sosialisasi yaitu sebelum kegiatan pengabdian dilaksanakan terlebih dahulu dilakukan tahap sosialisasi yaitu melakukan silaturahmi dengan ketua yayasan, menyampaikan maksud dan tujuan pengabdian ini. Pada tahap ini juga dilakukan jalinan kerjasama dan menentukan jadwal kegiatan pengabdian. Tim pelaksana kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah dosen Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen sebanyak 5 orang. Tim pengabdian memberikan materi tentang Pemanfaatan Limbah Gelas Air Mineral Sebagai Bahan Dasar Bunga Hias Yang Cantik Dan Menarik di PKBM Negeri 26 Bintaro Jakarta Selatan dan akan memberikan pelatihan disana oleh dosen UNPAM dan bekerja sama dengan Pembina Sekolah PKBM Negeri 26 Bintaro tersebut.Kesimpulan dari pengabdian ini adalah peserta belum memiliki pengetahuan tentang bagaimana mengelola limbah gelas air mineral. Peserta juga belum mengetahui bagaimana cara membuat bunga hias yang cantik yang berasal dari limbah gelas air mineral tersebut. Harapan kami dengan pengabdian ini dapat membuka wawasan masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya keilmuan bagi para Para Masyarakat tentang proses pembuatan bunga hias cantik yang berasal dari limbah gelas air mineral yang sudah tidak terpakai dan Ilmu yang diperoleh pada Pengabdian Masyarakat kali ini diharapkan mampu memberikan semangat baru bagi kita dalam menyampaikan materi dan motivasi serta berkontribusi bagi generasi muda, baik di lingkungan sekolah, kampus dan keluargaKata Kunci: Limbah Gelas Air Mineral, Bunga Hias Canti
SOSIALISASI DAN PELATIHAN E-LITIGASI DI LEMBAGA BANTUAN HUKUM UNGGUL TANGERANG SELATAN GUNA MENINGKATKAN PROFESINALISME DALAM RANGKA PENDAMPINGAN MASYARAKAT PENCARI KEADILAN MELALUI APLIKASI KOMPUTER Oksidelfa Yanto; Susanto Susanto; Yoyon M. Darusman; Bambang Wiyono; Rizal S. Gueci
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 1, No 2 (2020): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i2.p1-9.y2020

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul “Sosialisasi dan Pelatihan E-Litigasi di Lembaga Bantuan Hukum Unggul Tangerang Selatan Guna Meningkatkan Profesionalisme dalam Rangka Pendampingan Masyarakat Pencari Keadilan Melalui AplikasiKomputer” adalah sebagai upaya pemenuhan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan di LBH Unggul yang berdomisili kantor di Villa Pamulang Jl. Ismaya II Blok U 11 No 29 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten pada tanggal 24 November 2019.Berdasarkan hal di atas, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan informasi dan atau tambahan pengetahuan mengenai sistem e-litigasidalam rangka mendukung penggunaan teknologi di Pengadilan merupakan suatu hal yang bermanfaat. sebagai wujud eksistensi Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk memberikan konstribusi besar kepada pengembangan dan penerapan ilmu kepada masyarakat.Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa ekspositori yaitu penyampaian materi secara verbal dan inquiry yaitu pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kreatif kritis dan analitis terkait penggunaan sistem elitigasidalam peradilan cepat untuk menghindari pungutan liar serta peluang korupsi yang mungkin terjadi di Pengadilan.Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat yang diperoleh adalah beberapa pengacara yang tergabung dalam LBH Unggul sudah mulai mendaftarkan akun e-courtnya dan menambah pengetahuan dalam penggunaan fitur-fitur dalam sistem e-court dan elitigation.Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan gambaran serta informasi berkaitan dengan cara penggunaan sistem e-litigation sebagai fasilitas berbasis teknologi dalam upaya pembayaran perkara serta birokrasi lainnya dengan basis online kepada pengacara di LBH agar dapat menyelesaikan kasus perkara lebih efisien dan cepat.Kata Kunci : Pengabdian, E-Litigation, Pengadilan, Teknologi

Page 1 of 2 | Total Record : 15