JURNAL ABDIMAS TRIDHARMA MANAJEMEN
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen : jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Mei dan September oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Januari tahun 2020. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian pada bidang ekonomi. Lingkup Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen adalah Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dosen -Dosen Prodi Manajemen Universitas Pamulang meliputi penelitian pemasaran, sumber daya manusia ,keuangan ,dan Kewirausahaan. Mohon dibaca panduan dengan baik. Penulis yang ingin menyerahkan artikel ke Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen :jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang, harus mematuhi panduan penulisan. Jika artikel yang dikirim tidak sesuai atau ditulis dalam format yang berbeda dengan panduan, maka akan DITOLAK oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Para editor hanya menerima artikel yang sesuai dengan format yang telah ditetapkan. Artikel ditulis dalam bahasa indonesia. Proses penerimaan, review, dan penerbitan artikel pada Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen sepenuhnya dilakukan melalui open journal system (OJS). Penulis yang akan mengirimkan artikel wajib memperhatikan pedoman penulisan dan menulis artikel sesuai dengan template artikel yang sudah disediakan. Artikel yang tidak sesuai ketentuan dan template serta memiliki tingkat kemiripan dengan sumber lain lebih dari 40% akan langsung ditolak.
Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 2 No. 3 (2021): ABDIMAS Agustus 2021"
:
15 Documents
clear
TIME MANAGEMENT FOR MILLENIAL IN PANDEMIC ERA
Krisnaldy, Krisnaldy;
Ruslam, M. Khadafi;
Lesmana, Andikah Putra;
Rizky, Fery Khaeru;
Putera, Alif Aria;
Rahmaditomo, Johario Bahar
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 2 No. 3 (2021): ABDIMAS Agustus 2021
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p1-9.y2021
Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk melaksanakan salah satuTri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini,keberadaan perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangandan penerapan keilmuan dalam masyarakat.Metode kegiatan yang digunakan adalah tim pelaksana mengunjungi Yayasan pondokpesantren dan panti asuhan nurul ikhsan yang beralamat di KP.MOMONGGOR RT/01/01 DESAKERANGGAN KEC.SETU KABUPATEN TANGERANG SELATAN, Kranggan, Kec. Setu, KotaTangerang Selatan, Banten 15312 dan memberikan pengabdian kepada masyarakat mulai tanggal21Maret 2021. Pelatihan ini bertujuan agar siswa dan siswi mengunjungi Yayasan pondok pesantrendan panti asuhan nurul ikhsan yang masih berusia remaja memahami pentingnya time managementatau manajemen waktu untuk meraih tujuan-tujuan yang lebih besar dan bisa menerapkanperencanaan waktu tersebut dalam kehidupannya mulai sekarang, terutama sebagai bekal dalammenghadapi kesulitan ekonomi seperti di masa pandemi saat ini.Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah bertambahnya keilmuan danketerampilan siswa-siswi Yayasan pondok pesantren dan panti asuhan nurul ikhsan, khususnya dibidang manajemen yaitu perencanaan keuangan yang akan menjadi bekal mereka dalam mengelolawaktu, baik di masa normal maupun di masa kesulitan ekonomi seperti sekarang .Ilmu yang didapatkan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan mampumemberikan semangat dalam menyampaikan pengetahuan dan memberikan motivasi sertaberkontribusi bagi generasi muda, baik di lingkungan sekolah, kampus maupun masyarakat.Kata Kunci : Manajemen Waktu, Covid -19
MANAJEMEN PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI KELURAHAN PAMULANG BARAT
Pratama, Angga;
Jati, Waluyo;
Soepandi, Amun;
Senen, Senen;
Arief, Muhammad
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 2 No. 3 (2021): ABDIMAS Agustus 2021
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p10-17.y2021
Salah satu dari tujuan Tridharma Perguruan Tinggi selain Pendidikan danPenelitian adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Hal ini diatur dalam Pasal 20dan 24 Undang-Undang. No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yangmenyatakan bahwa adanya otonomi oleh Perguruan Tinggi, Penelitian Ilmiah danPengabdian Kepada Masyarakat. Sebagai pertanggungjawaban kami, maka dalammelaksanakan tugas tersebut telah kami susun laporan kegiatan pengabdian kepadamasyarakat.Dengan mempertimbangkan latar belakang diatas maka kami berinisiatif untukmembentuk Pengabdian Kepada Masyarakat di Kelurahan Pamulang Barat khususnyakepada para pegawai agar dapat meningkatkan kinerjanya dalam rangka pelaksanaanprogram pengelolaan sumber daya manusia di Kelurahan Pamulang Barat. Tujuan daripengabdian ini adalah untuk meningkatkan kinerja para pegawai yang diukur darikemampuan pegawai dalam melakukan pelayanan.Semua kegiatan yang dilakukan dari pengabdian kepada masyarakat inidiharapkan akan memberikan manfaat baik secara internal (akademisi) dan eksternal(masyarakat umum). Dalam pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosenserta mahasiswa Fakultas Ekonomi program studi Manajemen Universitas Pamulangdiharapkan mampu memberikan solusi dan pembekalan teknis manajemen dalampeningkatan kinerja para pegawai di kelurahaan pamulang barat agar dapat bersaingdalam sebuah organisasi khususnya pegawai kelurahan pamulang barat dalam pentingnyapemanfaatan teknologi tepat guna yang ada di wilayah kelurahan pamulang baratselanjutnya lalu kemudian dilakukan evaluasi secara menyeluruh dan bertahap.Kata Kunci : Sumber Daya Manusia, Kinerja, Teknologi
PENYULUHAN PENGELOLAAN KEUANGAN USAHA KECIL MENENGAH PADA UKM MERTA YASA BALI
Tumanggor, Muliahadi;
Oktrima, Bulan;
Metarini, Rr. Ayu;
Jamaludin, Jamaludin;
Abidin, Ali Zaenal
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 2 No. 3 (2021): ABDIMAS Agustus 2021
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p18-25.y2021
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu darma dari tri dharmaperguruan tinggi, maka dari itu melakukan PKM merupakan suatu keharusan bagi Dosen minimal1 kali dalam satu semester. Dengan demikian, pada kesempatan ini Tim Dosen Prodi ManajemenUnpam melakukan PKM pada UKM Merta Yasa, Bali. Dengan sasarannya adalah pengusahaUsaha kecil menengah. adapun tema yang diangkat adalah “Penyuluhan Pengelolaan KeuanganUsaha Kecil Menengah Pada Ukm Merta Yasa, Baliâ€. Perekonomian suatu negara sangatbergantung dengan usaha yang dilakukan oleh warganya. Beberapa pengusaha mulai denganmodal kecil atau menengah. Dengan bantuan Pemerintah, usaha UKM dapat berkembang pesat.Usaha mandiri yang bisa diupayakan pengusaha UKM, adalah memilih jenis usaha yangpopuler dan strategi pengembangan yang jitu. UKM adalah jenis bisnis yang dijalankan denganskala kecil dan menengah dan bukan anak perusahaan atau cabang perusahaan mana pun. Jadisecara tidak langsung pengertian UKM adalah usaha kecil memiliki pemasukan di bawah 300 jutadengan jumlah pekerja di bawah 20 orang. Sedangkan usaha menengah dengan pemasukan dibawah 500 juta dengan jumlah karyawan di bawah 30 orang. Masalah utama yang sering terjadidalam tata kelola keuangan UKM, yaitu tidak ada perencanaan kas, penghasilan selalu habis untukdibelanjakan, minimnya pengetahuan dan keterampilan manajemen keuangan.Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan para peserta dalammanajemen keuangan UKM, peningkatan kerampilan dalam perencanaan dan pengelolaan kas,dan peningkatan dalam pengelolaan keuangan.Kata kunci: Manajemen Keuangan, Pengelolaan Keuangan, Usaha Kecil Menengah
PELATIHAN BERBASIS ONLINE DI ERA COVID -19
Pasaribu, Veta Lidya Delimah;
tobing, Daniel bagus saputra lumbang;
firdaus, Angga;
setiawan, agil;
vida, sonya mutiara;
mustakim, hakki rizki
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 2 No. 3 (2021): ABDIMAS Agustus 2021
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p26-32.y2021
Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk melaksanakansalah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, melalui kegiatan Pengabdian KepadaMasyarakat ini, keberadaan perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan pemahaman danpenerapan mengenai pemanfaatan sebagai media untuk meneruskan kegiatan yang tidak dapatdilakukan secara tatap muka selama pandemi COVID-19.Metode kegiatan yang digunakan adalah tim pelaksana mengunjungi yang beralamat dikelurahan pamulang barat jl.surya kencana no 1 pamulang, Tangerang Selatan dan memberikanpelatihan pada Hari senin 23 maret 2021. Pelatihan ini bertujuan agar karyawan dapatmemahami pentingnya peran teknologi di era covid-19 untuk mempermudah jalannyapekerjaan.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini karyawan memanfaatkan teknologi i untukkegiatan Work From Home, Disimpulkan bahwa memanfaatkan teknologi untuk tetapmelaksanakan kegiatan karena fasilitas dan fitur dari teknologi yang memiliki keunggulan dankemudahan untuk dipergunakan oleh berbagai kalangan kariyawan.Kata kunci : Pelatihan berbasis online, kinerja kariawan.
PENYULUHAN DAN PEMBERIAN MATERI DAN DEMO/PRAKTEK PELATIHAN SALON KECANTIKAN KHUSUS PEMASANGAN BULU MATA DENGAN KONSENTRASI PADA PENGELOLAAN KEUANGAN
Akhmad, Akhmad;
Supatmin, Supatmin;
Hermawan, Hengki;
sutiman, Sutiman;
Nurwita, Nurwita
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 2 No. 3 (2021): ABDIMAS Agustus 2021
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p33-39.y2021
Undang-undang No. 20 tahun 2003 pasal 20 serta pasal 24 mengatur perihal dasarhukum pelaksanaan dari salah satu tujuan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu perihalPenelitian dan Pengabdian kepada masyaraat atau PKM. Adapun isi dari pasal tersebutperihal Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan bahwa adanya otonomi olehPerguruan Tinggi, Penelitian Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat atau PKM.Sebagai pertanggungjawaban Dosen sebagai Beban kerjanya selain mengajar, makadalam melaksanakan tugas tersebut telah kami susun laporan kegiatan pengabdian kepadamasyarakat/PKM.Sealanjutnya pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, dilakukanPengabdian Kepada Masyarakan dengan mengangkat judul “Penyuluhan dan pemberianmateri dan demo praktek salon kecantikan khusus Pemasangan Bulu Mata dengankonsentrasi pada pengelolaan Keuangan pada rumah yatim piatuâ€. Pelatihan iniditujukan agar warga panti asuhan dan seluruh pengelola dapat memiliki kemampuanmanajemen keuangan yang baik dan kemandirian dalam berwirausaha. Hal tersebutdisiapkan sejak dini dari awal dimulainya kegiatan wirausaha agar kedepannyakemampuan ini dapat mendukung proses berwirausaha dengan sangat maksimal dan tepatperhitungan sehingga usaha yang ditekuni dapat berkembang terus menerus dari waktuke waktu serta dapat membentuk kemandirian dalam berwirausaha.Sesuai dengan perihal tersebut diatas maka akan dilaksanakan PengabdianKepada Masyarakat (PKM) di Rumah yatim piatu Al-Amien, Ciater Kota TangerangSelatan. Dimana saat ini anak - anak panti asuhan Al - Amien sudah memulai merintisusaha secara bersama - sama guna mengajarkan dan mendidik kemandirian. Rintisanusaha tersebut masih dikelola secara sederhana oleh anak – anak panti asuhan denganmanjemen pengelolaan yang belum baik dan masih bersifat rutinitas, terutama mengenaipentingnya pengelolaan manajemen keuangannya.Kata Kunci : Kewirausahaan, Manajemen Keuangan
BAGAIMANA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA DIRI PESERTA DIDIK DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA YPMS DARUSSALAM KEDAUNG PAMULANG
Agrasadya, Agrasadya;
Apriansyah, Muger;
Kencana, Putri Nilam;
Sunarto, Ading;
Irawati, Laila
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 2 No. 3 (2021): ABDIMAS Agustus 2021
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p40-45.y2021
Kegiatan pegabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikanbagaimana meningkatkan motivasi belajar pada diri peserta didik di era pandemi covid-19 pada YPMS Darussalam agar menjadi siswa/i yang kreatif dalam menghadapitantangan di masa pandemic covid-19.Metode yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)ini adalah memberikan sosialisasi serta role play dalam konteks mensosialisasikanbagaimana cara meningkatkan motivasi belajar pada diri peserta didik agar menjadisiswa/i yang kreatif dalam menghadapi pembelajaran di era pandemi covid-19. Adapuntahapan-tahapan yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu: Tahapan PersiapanMengunjungi YPMS Darussalam Kedaung Pamulang untuk mengajukan proposalPengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Pembagian kerja (jobdesk) anggota kelompokPKM, Penyusunan bahan/materi yang akan dibawakan saat kegiatan PKM berlangsung,Tahapan Pelatihan, Membawakan materi pelatihan (training) tentang bagaimana carameningkatkan motivasi belajar pada diri peserta didik, Role Play, bagaimana mekanismenpembelajaran yang tepat agar menjadi siswa/i yang kreatif dalam menghadapi pandemicovid-19, Ice Breaking (games), agar peserta pelatihan (siswa/i YPMS Darussalam) tidakmengantuk dan tidak bosan dalam mendengarkan paparan materi.Hasil pengabdian masyarakat yaitu kami mengunjungi YPMS Darussalam danmengusulkan proposal yang telah kami buat agar kegiatan PKM dapat direalisasikan. Atasberbagai pertimbangan, akhirnya pimpinan YPMS Darussalam Kedaung Pamulangmemutuskan untuk memberikan izin kepada kami, Dosen Program Studi SarjanaManajemen Universitas Pamulang, untuk dapat mengadakan sosialisasi dan pelatihankepada peserta didik di YPMS Darussalam Kedaung Pamulang. Judul ini kami anggappenting karena dalam menghadapi era pandemi covid-19 dibutuhkan peningkatanmotivasi belajar siswa/i yang kreatif dan kompeten di bidangnya sehingga mampumelaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik dan maksimal. Dengan adanyasosialisasi dan pelatihan ini diharapkan dapat membawa dampak yang positif kepadaYPMS Darussalam pada umumnya dan para peserta didik pada khususnya agar semakintermotivasi dan mengembangkan motivasi belajarnya.Kata Kunci: Motivasi, Pandemi, Covid-19
PENYULUHAN STRATEGI PEMASARAN ONLINE DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DIKELURAHAN CINANGKA, KECAMATAN SAWANGAN, KOTA DEPOK
Hamid, Aceng Abdul;
Zubaedah, Laily Maknin;
Irawan, Ade;
Nurselvy, Nurselvy
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 2 No. 3 (2021): ABDIMAS Agustus 2021
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p46-53.y2021
Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) merupakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yangwajib dilakukan oleh setiap dosen di Universitas Pamulang. Kegiatan PKM ini bertujuan untukmembantu warga Kelurahan Cinangka dalam berinovasi dengan cara menggali potensi yang adaguna mensejahterakan kehidupan keluarga pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Secarakhusustujuan kegiatan PKM (1) Membangkitkan jiwa wirausaha warga dengan caraberinovasiuntuk memanfaatkan teknologi untuk melakukan penjualan via online (2) Meningkatkanpenghasilan warga di masa pandemi. (3) Memberikanpemahaman strategi pemasaran yang sesuaidengan masa pandemic covid-19. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan peninjauan lokasi rencanaPKM dan mengetahui permasalahan yang ada di lokasi tersebut dengan cara brainstorming antaradosen dan beberapa pemuka masyarakat. Kemudian TIM PKM menawarkan solusi daripermasalahan yang ada dan disetujui maka dilakukanlah kegiatan PKMini dan diakhir PKMwarga akan diberikan kuesioner kepuasan dan perbaikan yangdiperlukan untuk kegiatan PKMlanjutan lainnya.Kata Kunci : Pemasaran online, pandemic covid 19, cinangka
MENUMBUHKAN EKONOMI KREATIF KERAJINAN TANGAN PADA BAHAN LOAK TERHADAP SANTRI AL-KAMILAH DI MASA PANDEMI
Sari, Melvi Mulyana;
Ulumiah, Rifia Ashfiyail;
Ervani, Aprillia;
Octarisa, Maida Zerlina;
Silviyani, Silviyani;
AN, Wiwik Hasbiyah
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 2 No. 3 (2021): ABDIMAS Agustus 2021
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p54-61.y2021
Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk mengetahui caramemanfaatkan bahan bekas sehingga menjadi barang yang bernilai tinggi dan bernilai jual secarakreatif di masa pandemi yang dilaksanakan di Yayasan Al-Kamilah yang berada di SawanganDepok. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah dengan memberikan penyuluhan danmemberikan contoh bagaimana membuat kerajinan. Hasil dari pelaksanaan PKM ini, diharapkankita dapat lebih memanfaatkan bahan bekas menjadi bahan yang bermanfaat pada masa pandemi.Kata Kunci : Memanfaatkan bahan bekas, Pandemi Covid 19
PENYULUHAN PERAN ORGANISASI KARANG TARUNA DALAM PELATIHAN PENINGKATAN KESEHATAN DAN PERENCANAAN KEUANGAN DI MASA PANDEMI
Budhiarjo, Intan Sari;
Arif, Fathan;
Susilawati, Susilawati;
Akbar, Arief Rahman;
Anggraeni, Rizka Putri
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 2 No. 3 (2021): ABDIMAS Agustus 2021
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p62-74.y2021
Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk melaksanakan salahsatu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakatini, keberadaan perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan kontribusi besar kepadapengembangan dan penerapan keilmuan dalam masyarakat.Metode kegiatan yang digunakan adalah tim pelaksana mengunjungi Karang Taruna yangberalamat di Jalan Pondok Salak RT.005/RW.022, Kelurahan Pondok Benda, KecamatanPamulang Kota Tangerang Selatan dan memberikan pelatihan mulai tanggal 03 – 05 April 2021.Pelatihan ini bertujuan agar Karang Taruna yang rata-rata masih berusia remaja memahamipentingnya peran organisasi Karang Taruna atau pelatihan peningkatan kesehatan danperencanaan keuangan untuk meraih tujuan-tujuan keuangan yang lebih besar dan bisamenerapkan perencanaan keuangan tersebut dalam kehidupannya mulai sekarang, terutamasebagai bekal dalam menghadapi kesulitan ekonomi seperti di masa pandemi saat ini.Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah bertambahnya keilmuan danketerampilan remaja Karang Taruna, khususnya di bidang peningkatan kesehatan danperencanaan keuangan yaitu pelatihan yang akan menjadi bekal mereka dalam mengelolakesehatan dan keuangan, baik di masa normal maupun di masa kesulitan ekonomi sepertisekarang. Ilmu yang didapatkan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkanmampu memberikan semangat dalam menyampaikan pengetahuan dan memberikan motivasiserta berkontribusi bagi generasi muda, baik di lingkungan sekolah, kampus maupun masyarakat.Kata kunci : Peningkatan Kesehatan, Perencanaan Keuangan, Masa Pandemi
PENYULUHAN MARKETING DIGITAL YANG TEPAT UNTUK PRODUK OLAHAN IBU-IBU PKK KELURAHAN PAMULANG BARAT
Sudarso, Eko;
Ishak, Gos;
Abidin, Ali Zainal;
Prasetyo, Hendri;
Oktrima, Bulan
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 2 No. 3 (2021): ABDIMAS Agustus 2021
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p75-79.y2021
Perdagangan dengan melalui media Elektronik adalah aktivitas penyebaran, penjualan,pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan internet. Adapuntujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk menanamkan pemahamanbagaimana manajemen pemasaran yang efektif bagi ibu-ibu PKK; mengetahui peran usaha kecildan mikro dalam pemasaran online serta menanamkan pemahaman bagaimana pemasaran berbasisonline efektif melalui disiplin ilmu yang benar di Kelurahan Pamulang Barat, Kota TangerangSelatan.Dalam melaksanakan kegiatan PKM digunakan beberapa meode pelatihan, yaitu: 1)Metode Ceramah/Presentasi. Metode ceramah/presentasi dipilih untuk memberikan penjelasantentang: a. Memberikan pengetahuan terkait pemasaran online. b. Presentasi mengenai materi ecommerce; 2) Metode Tanya Jawab. Metode tanya jawab sangat penting bagi para pesertapelatihan. Metode ini memungkinkan menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya tentangpengelolaan pemasaran online; 3) Sharing Session Tentang mengoptimalkan pemasaran melaluionline. Sharing session ini diberikan kepada para peserta pelatihan dalam memberikan masukandan bimbingan untuk mempraktekan materi yang diperoleh. Harapannya, peserta pelatihan dapatmenguasai materi pelatihan yang diterima dan dapat diaplikasikan dalam mengelola usahanya.Adapun hasil dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah pengenalanmanajemen pemasaran berbasis online di Kelurahan Pamulang Barat. Dengan cara manajemenyang benar dalam pemasara online dengan media E-commerce dapat meningkatkan keuntungandengan memperhatikan produk yang akan dijualnya melalui media online.Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, E-commerce